Menjelajahi 13 Pesona Obyek Wisata di Kebumen Paling Populer

0
1584
Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Tribunnews

Tempat Wisata di Kebumen – Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di utara, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas di sebelah barat.

Dahulu, wilayah Kebumen merupakan sebuah kadipaten yang menyatu dalam daerah Kesultanan Cirebon (1430-1677) hingga pada tahun 1830, Kebumen menjadi sebuah kabupaten yang termasuk Karesidenan Bagelen dan di tahun 1901, ketika digabungkan dengan Karesidenan Kedu, kemudian Kebumen menjadi kabupaten, yang termasuk Karesidenan Kedu.

Selain sejarah panjangnya, daya tarik Kebumen lainnya adalah potensi pariwisata yang dimilikinya. Ada banyak obyek wisata di Kebumen yang kerap menjadi pilihan rekreasi baik bagi warga setempat ataupun wisatawan dari luar Kebumen.

Tertarik jelajahi keindahan tempat wisata di Kebumen? Berikut rekomendasi destinasi obyek wisata di Kebumen yang bisa Toppers kunjungi:

Baca juga: 12 Objek Wisata di Batu Malang paling Hits

Rekomendasi Tempat Wisata di Kebumen

1. Pantai Karangbolong

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Facebumen

Berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Suwuk yang berada di Kecamatan Puring, Pantai Karangbolong merupakan pantai indah di Kebumen yang memiliki karakteristik pasir pantai yang berwarna keabuan dengan butiran halus.

Pantai Karangbolong menjadi salah satu obyek wisata di Kebumen favorit karena bentang alamnya yang eksotis. Dihiasi bebatuan karang berbagai ukuran dan tebing-tebing, pantai ini juga dikelilingi pepohonan ditepiannya, menambah kesejukkan dan kesegaran dari tempat wisata di Kebumen satu ini.

Lokasi: Karangbolong, Buayan, Kebumen, Jawa Tengah

2. Pantai Logending

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Kebumen memang menyimpan banyak destinasi wisata pantai yang menarik untuk Toppers jelajahi. Salah satunya adalah Pantai Logending yang memiliki hamparan pasir berwarna putih.

Berlokasi di Desa Ayah, tempat wisata di Kebumen ini juga dikenal dengan nama Pantai Ayah. Sembari menikmati keindahan alam Pantai Logending, Toppers juga bisa menikmati ragam kuliner yang dijajakan di warung-warung makan yang berada di sekitar obyek wisata Kebumen ini.

Lokasi: Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah

3. Pantai Karang Agung

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Tribunnews

Destinasi wisata pantai di Kebumen selanjutnya adalah Pantai Karang Agung yang terkenal akan bentang pantai yang dihiasi batu-batu karang nan eksotis. Pantai yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat juga terkenal akan suasananya yang masih sepi oleh pengunjung. Jadi, untuk Toppers yang ingin mencari ketenangan dan bersantai tempat wisata di Kebumen bisa jadi pilihan yang tepat.

Lokasi: Argopeni, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah

4. Pantai Sawangan

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: IDNTimes

Berbeda dengan destinasi-destinasi wisata pantai di Kebumen sebelumnya, Pantai Sawangan yang berada di Desa Karangduwur ini justru paling terkenal untuk dinikmati dari kejauhan, tepatnya dari atas puncak Bukit Sawangan.

Dari atas bukit ini, Toppers bisa memandangi indahnya pantai dari ketinggian dan panorama bentang Samudera Hindia yang mengagumkan! Ditambah dekorasi yang membuat tempat ini semakin instragramable, obyek wisata di Kebumen ini pas untuk Toppers yang ingin berburu foto-foto liburan keren.

Lokasi: Tj. Nagasari, Karangduwur, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah

5. Gua Jatijajar

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Wisata Jateng

Gua Jatijajar yang berlokasi di Desa Jatijajar adalah tujuan wisata di Kebumen populer lainnya yang wajib masuk dalam daftar wajib tempat yang Toppers kunjungi saat berada di Kebumen. Gua yang memiliki kedalaman mencapai 250 meter ini terbentuk dari berbatuan kapur yang sangat eksotis.

Tak perlu khawatir, karena tempat wisata di Kebumen telah dilengkapi fasilitas jalan setapak lengkap dengan pagar pembatas, membuat Toppers menjadi lebih mudah menjelajahi tempat wisata di Kebumen ini.

Lokasi: Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah

6. Gua Barat

Tak jauh dari obyek wisata di Kebumen sebelumnya, ada pula Gua Barat yang tak kalah seru untuk Toppers jelajahi. Berbeda dengan Gua Jatijajar yang telah dikelola sebagai tempat wisata alam komersil, Gua Barat masih sangat terjaga kealamiannya. Mulai dari satalktit dan stalakmit yang sangat ekstotis, hingga air terjun dengan ketinggian mencapai 32 meter bisa Toppers temukan di dalam Gua Barat.

Namun, untuk bisa menjelajahi tempat wisata di Kebumen ini, jumlah pengunjung dibatasi hanya sebanyak 10 orang dan wajib ditemani oleh pemandu guna menjaga kelesetarian kondisi Gua Barat yang masih sangat alami ini.

Lokasi: Kalikarang, Jatijajar, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah

7. Gua Petruk

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Wikipedia

Kebumen memang merupakan tujuan wisata yang pas untuk Toppers yang gemar bertualang menyusuri keeksotisan gua. Selain Gua Jatijajar dan Gua Barat, masih ada Gua Petruk yang menawatkan pemandangan tak kalah memukau.

Obyek wisata alam di Kebumen yang merupakan bagian dari kawasan wisata eko-karst Gombong Selatan ini memiliki kedalaman panjang mencapai 100 meter dengan susunan tiga lantai yang dinamakan Dasar, Hindu, dan Petruk.

Dikarenakan kealamiannya dan medan yang cukup sulit, menyusuri obyek wisata Kebumen satu ini wajib ditemani pemandu. Meskipun tak mudah untuk mencapai ujung dari gua, pemandangan ujung Gua Petruk dimana Toppers bisa menikmati indahnya pantai dan air terjun tentu membuat medan yang sulit tersebut menjadi tak berarti.

Lokasi: Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Majalengka, Surga Tersembunyi Jawa Barat

8. Curug Silancur

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Perpusda Jateng

Karena masih belum banyak diketahui orang, tempat wisata di Kebumen selanjutnya ini mungkin memiliki medan yang tak mudah untuk dilewati. Namun, dengan pemandangan alam menyegarkan dan indah yang ditawarkan oleh Curug Silancur menjadikan medan sulit tersebut bisa terbayarkan lunas.

Dikelilingi rimbunan pepohonan hijau dan aliran air yang tidak terlalu deras membuat Toppers bisa menyegarkan diri dengan bermain air di bawah air terjun ini.

Lokasi: Wadasmalang, Karangsambung, Pujegan, Wadasmalang, Kebumen, Jawa Tengah

9. Bukit Pranji

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Gong Radio

Pilihan tempat wisata di Kebumen lainnya adalah Bukit Pranji yang berada di Desa Pengaringan. Dari obyek wisata Kebumen satu ini, Toppers bisa menikmati keindahan alam Kebumen dari ketinggian. Tak hanya itu, Bukit Pranji juga terkenal akan panorama matahari terbenam dan matahari terbitnya yang sangat indah.

Selain itu, pemandangan malam hari dari atas Bukit Pranji juga tak kalah cantik. Tak heran jika tempat wisata di Kebumen ini juga kerap menjadi lokasi camping.

Lokasi: Desa Pengaringan, Kecamatan Pejaguan, Kebumen, Jawa Tengah

10. Bukit Pentulu Indah

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Tribunnews

Selain Bukit Pranji ada pula Bukit Pentulu Indah, salah satu destinasi tempat wisata di Kebumen kekinian yang tengah hits. Dari atas tempat wisata satu ini, Toppers bisa menikmati kemegahan panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang sangat menakjubkan.

Dengan pemandangan indah kawasan purba Cagar Geologi Karangsambung, tempat wisata di Kebumen satu ini juga jadi lokasi favorit liburan pecinta fotografi.

Lokasi: Jl. Karangsambung, Area Kebun Dan Hutan, Kaligending, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

11. Benteng Van Der Wijk

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Netral News

Selain ragam wisata alam, Kebumen juga memiliki destinasi wisata sejarah, yakni Benteng Van der Wijk yang merupakan peninggalan abad Belanda dari abad ke-18/ Memiliki luas mencapai 3.606 m2, Bangunan benteng ini masih berdiri megah dan menjadi salah satu pilihan wisata di Kebumen favorit.

Lokasi: Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Sidayutengah, Sidayu, Kec. Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

12. Hutan Mangrove Logending

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Warta Kebumen

Untuk Toppers yang berlibur ke Pantai Karangbolong, selain keindahan pantai, masih ada obyek wisata menarik lainnya yang bisa Toppers sambangi, yakni hutan mangrove Karanbolong. Telah difasilitasi dengan jembatan kayu, Toppers bisa menyusuri rimbunnya hutan Bakau dengan spot-spot foto yang tak kalah instagramable dari obyek wisata di Kebumen lainnya.

Lokasi: Jl. Jalan Ayah – Karangbolong, Argopeni, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

13. Cagar Alam Geologi Karangsembung

Destinasi tempat wisata di Kebumen
Sumber gambar: Lintas Kebumen

Di Kebumen terdapat sebuah cagar aloam yang terkenal akan keasrian serta pemandangan yang masih alami. Cagar Alam Geologi Karangsembung sendiri berfungsi sebagai sarana pendidikan serta penelitian dan merupakan salah satu lokasi dengan jenis batuan terlengkap yang ada di muka bumi. Menarik, bukan?

Lokasi: Jl. Karangsambung KM.19, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Baca juga: Pilihan-pilihan Jalur Alternatif Mudik di Jawa dan Sekitarnya

Tak sedikit bukan tempat-tempat menarik yang bisa Toppers jelajahi saat liburan ke Kebumen? Agar rencana traveling ke Kebumen maksimal, gunakan aplikasi Tokopedia untuk penuhi semua kebutuhan traveling terbaik! Mulai dari pesan tiket pesawat, tiket kereta, booking hotel, dan berbagai perlengkapan traveling bisa Toppers beli dengan mudah dan praktis lewat satu aplikasi saja!

Sudah siap jelajahi tempat wisata di Kebumen favoritmu?