Menjelajahi 11 Destinasi Wisata di Kepulauan Seribu

0
161
Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Pulau Perak

Tempat Wisata di Kepulauan Seribu – Gugusan Kepulauan Seribu yang merupakan bagian dari Provinsi DKI Jakarta terkenal sebagai salah satu destinasi wisata alam terindah di Nusantara. Terdiri dari 105 pulau yang tersebar baik berpenghuni maupun pulau tak berpenghuni, wilayah Kepulauan Seribu sendiri merupakan bagian dari zona konservasi Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.

Tak heran jika Wisata Kepulauan Seribu kerap menjadi destinasi liburan favorit bagi para wisatawan, khusunya untuk Toppers penggemar aktivitas islands hopping, snorkeling, dan juga diving.

Lalu, apa saja daya tari wisata di Kepulauan Seribu yang bisa Toppers jelajahi? Berikut pilihan tujuan tempat wisata di Kepulauan Seribu untuk maksimalkan petualangan wisata bahari di gugusan kepulauan ini!

Baca juga: 10 Destinasi Surfing Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Destinasi Wisata di Kepulauan Seribu

1. Pulau Tidung

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Jakarta Tourism

Salah satu wisata pulau di Kepulauan Seribu yang paling populer adalah Pulau Tidung. Untuk Toppers yang ingin wisata low-budget, umumnya Pulau Tidung bisa jadi tujuan yang tepat karena disini banyak warga yang menawarkan penginapan-penginapan murah jika Toppers ingin bermalam.

Destinasi wisata di Kepulauan Seribu ini sendiri terdiri dari dua buah pulau yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang keduanya dihubungkan oleh jembatan yang dikenal dengan julukan Jembatan Cinta. Jembatan ini sendiri menjadi daya tarik wisata tersendiri karena panorama sunset yang ditawarkan dari jembatan ini sangatlah cantik.

Seperti pulau-pulau di Kepulauan Seribu lainnya, Pulau Tidung juga menawarkan pantai-pantai dengan pasir halus keputihan yang bisa Toppers jelajahi untuk sekedar bermain di pasir, bersepeda, atau mencoba berbagai wahana permainan air seperti banana boat yang tersedia di sini.

2. Pulau Pari

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Kompas

Pilihan lain untuk wisata murah di Kepulauan Seribu selain Pulau Tidung adalah Pulau Pari. Selain bisa bermain di pantai-pantai Pulau Pari, ada banyak sekali pulau-pulau kecil disekitarnya yang bisa Toppers sambangi dengan menyewa perahu nelayan sekitar. Posisinya yang belum begitu jauh dari pelabuhan di Jakarta juga membuat Pulau Pari jadi pilihan wisata di Kepulauan Pari yang cukup Populer.

3. Pulau Macan

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: MerahPutih

Berbeda dengan kedua pulau sebelumnya, di Pulau Macan semua penginapan yang ada di pulau ini merupakan kelas resort. Tak heran jika Toppers ini bermalam di destinasi wisata pulau satu ini, budget yang perlukan mungkin akan lebih besar. Namun, harga tersebut akan sebanding dengan pengalaman bermalam di pondok-pondok indah yang tersebar di tepian pulau ini.

Tak cuma alam asri dan pantai indah yang bisa Toppers jelajahi saat berada di tempat wisata Kepulauan Seribu satu ini, perairan di sekitar Pulau Macan juga terkenal sebagai salah satu titik snorkeling terbaik dan favorit wisatawan.

Jika Toppers ingin menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Macan, tak perlu khawatir. Meskipun tidak menginap di pulau ini, Toppers tetap bisa menikmati sensasi snorkeling di perairan pulau macan dengan menggunakan perahu nelayan.

4. Pulau Bidadari

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Tribunnews

Tak kalah cantik dibandingkan Pulau Macan, destinasi wisata Kepulauan Seribu selanjutnya adalah Pulau Bidadari. Pulau Bidadari yang telah dikembangkan sebagai kawasan resor ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Kepulauan Seribu karena fasilitas-fasilitas wisata dan rekreasi di pulau ini cukup lengkap. Salah satu yang paling menarik adalah terowongan bawah air dimana Toppers bisa merasakan sensasi berjalan di bawah air melihat beragam ikan berenang di sekitar perairan Pulau Bidadari.

5. Pulau Ayer

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Pulau Ayer

Tujuan wisata di Kepulauan Seribu selanjutnya adalah Pulau Ayer yang terkenal dengan julukan Mutiara Kepulauan Seribu. Bagaimana tidak dianggap Mutiara? Keindahan alam dan perairan di Pulau Ayer memang sangatlah memukau.

Dilengkapi berbagai cottage yang dibangun terapung di atas perairan dangkal yang jernih di sekitar pulau, destinasi tempat wisata di Kepulauan Seribu ini akan mengingatkanmu dengan wisata kelas dunia seperti Maladewa dan sejenisnya.

6. Pulau Kotok

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Jakarta Tourism

Untuk Toppers pecinta snorkeling atau diving, Pulau Kotok bisa jadi pilihan tempat wisata di Kepulauan Seribu yang tepat untukmu. Pulau yang masih alami dan terkenal akan dermaga kayu panjang di pesisir pantainya ini memang memiliki keindahan taman bawah laut yang sangat memukau. Mulai dari berbagai terumbu karang perairan dangkal hingga ikan-ikan koral bisa Toppers jumpai ketika snorkeling di perariran sekitar Pulau Kotok.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kepulauan Talaud Terindah!

7. Papatheo Island

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Pulau Perak

Dikenal juga dengan nama Pulau Petondan Kecil, Papatheo Island adalah pilihan destinasi wisata di Kepulauan Seribu lainnya yang cocok untuk penggemar olahraga air menyelam. Namun, berbeda dengan titik-titik selam lainnya di Kepulauan Seribu yang menawarkan keindahan alam bawah laut, titik selam di Papatheo Island ini terkenal sebagai lokasi “Wreck Diving” atau menyelam ke obyek bangkai kapal yang telah tenggelam.

Menelusuri Kapal Kargo sepanjang 100 meter yang berada di kedalaman 30 meter dari permukaan air laut tentu akan memberikan sensasi menyelam yang jauh berbeda!

8. Pulau Perak

Berada lebih ke utara dari kawasan Kepulauan Seribu, dibandingkan pulau-pulau lainnya, mungkin Pulau Perak terbilang memiliki lokasi yang cukup jauh. Namun, hal ini justru membuat suasana di tempat wisata Kepulauan Seribu satu ini masih sangat alami dengan udara menyegarkan bebas polusi serta perairan yang jernih.

Untuk Toppers yang ingin menenangkan diri dan menyegarkan pikiran, Pulau Perak bisa jadi salah satu tempat wisata di Kepulauan Seribu yang bisa Toppers coba sambangi.

9. Pulau Semak Daun

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Liputan6

Hampir semua destinasi wisata pulau-pulau yang telah dibahas sebelumnya menawarkan panorama matahari terbenam yang indah nan romantis. Namun, menikmati panorama matahari terbit di perairan Kepulauan Seribu ternyata tak kalah memukau, lho.

Salah satu tujuan wisata di Kepulauan Seribu yang terkenal akan panorama matahari terbitnya adalah Pulau Semak Daun. Pulau satu ini merupakan salah satu lokasi camping favorit dimana Toppers bisa mencoba pengalaman lebih dekat dengan alam dengan bermalam di pantai.

Tak cuma menikmati indahnya langit malam bertabur bintang, Toppers juga bisa menyalakan api unggun atau mengadakan pesta BBQ di Pulau Semak Daun. Dan, yang tak boleh sampai terlewatkan adalah menikmati momen-momen matahari terbit dari garis permukaan lautan yang indah.

10. Pulau Gosong Perak

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: Flickr

Berbeda dengan pulau-pulau sebelumnya, Pulau Gosong Perak yang kerap disebut dengan nama Pulau Gosong saja ini hanyalah berupa hamparan pasir kecil yang baru bisa Toppers kunjungi saat air laut tengah surut.

Ketika air laut tengah pasang, maka pulau ini akan menghilang bak tak pernah ada daratan sebelumnya di tempat ini. Tak cuma unik, perariran di sekitar pulau ini juga merupakan titik snorkeling yang digemari para wisatawan yang berlibur ke Kepulauan Seribu.

11. Pulau Onrust

Destinasi Tempat Wisata di Kepulauan Seribu
Sumber gambar: National Geographic Indonesia

Tak cuma keindahan alam, Kepulauan Seribu juga memiliki destinasi wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi, yakni Pulau Onrust. Mengunjungi Pulau Onrust Toppers bisa menemukan sisa-sisa benteng Belanda di masa perang dunia ke-2.

Menyusuri sisa-sisa reruntuhan bangunan bersejarah di Pulau Onrust ini memberikan nuansa eksotisme berbeda pada panorama perairan Kepulauan Seribu.

Baca juga: Petualangan Menyusuri 22 Taman Nasional di Indonesia

Banyak sekali bukan destinasi wisata di Kepulauan Seribu mempesona yang takkan gagal untuk menyegarkan pikiranmu. Pulau mana yang jadi tujuan wisata favoritmu di Kepulauan seribu?

Agar Island Hopping di Kepulauan Seribu makin maksimal, lengkapi kebutuhan traveling-mu di Tokopedia. Mulai dari tas travel, alat snorkeling dan perlengkapan diving hingga pesan tiket kereta dan tiket pesawat kini bisa Toppers lakukan dengan mudah melalui aplikasi Tokopedia!

Bagikan Artikel