18 Objek Wisata Kupang NTT paling Memukau

0
5697
Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Objek Wisata Kupang – Meskipun Nusa Tenggara Timur selama ini sudah sangat terkenal dengan Pulau Komodo-nya, namun provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste ini juga menyimpan segudang destinasi wisata lain yang nggak kalah menarik untuk dieksplorasi, lho. Khususnya di Kupang, ibukota NTT itu sendiri.

Di Kota Kupang, Toppers bisa menikmati wisata pantai, air terjun, gua, dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja tujuan tempat wisata di Kupang yang paling memukau? Simak artikel berikut ini, yuk!

Baca juga: 12 Wisata Pulau di Nusa Tenggara Barat Terbaik

Rekomendasi Objek Wisata di Kupang Terfavorit

1. Pantai Lasiana

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Berjarak 12 km dari pusat kota Kupang, objek wisata pantai di Kupang ini menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata berkat perpaduan pasir putih dan air laut berwarna biru jernih.

Apalagi dengan jejeran 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar, keelokan Pantai Lasiana akan semakin terasa. Karena ombak yang ada nggak terlalu besar, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di tempat wisata Kupang ini lho. Mulai dari berenang, memancing, bermain sepak bola, atau sekedar menyusuri bibir pantai.

Lokasi: Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 2.000,-

2. Pantai Batu Nona Kupang

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Tribunnews

Pantai Batu Nona Kupang menawarkan keindahan pemandangan sunset yang memesona. Memang, pengunjung disarankan untuk datang ke objek wisata di Kupang ini kala senja karena di siang hari, sinar matahari yang terik akan sangat mengganggu.

Ada kisah unik nan tragis di balik penamaan pantai ini. Konon, dahulu ada seorang gadis cantik yang frustasi karena putus cinta dan menjatuhkan diri dari tebing pantai setinggi 15 m. Jasad gadis tersebut nggak pernah berhasil ditemukan, namun seketika muncul sebuah batu setinggi 2 meter yang bentuknya menyerupai seorang gadis. Batu tersebut akhirnya dinamakan Batu Nona karena warga Kupang biasa memanggil gadis dengan sebutan nona.

Namun sayangnya batu itu kini telah hilang terkikis ombak. Kendati demikian, pemerintah setempat sudah membangun 3 patung gadis agar legenda masyarakat ini tetap hidup. Pantai ini merupakan objek wisata favorit Kupang bagi para fotografer karena banyak hal menarik untuk diabadikan, seperti  jajaran pohon lontar dan aktivitas para nelayan yang pulang melaut.

Lokasi: Jalan Timor Raya Km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 08:00 – 23:00 WITA
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

perlengkapan traveling

3. Pantai Nunsui

Seperti objek wisata Pantai di Kota Kupang lainnya, Pantai Nunsui juga memiliki karakteristik yang sama, yaitu landai. Pantainya yang landai justru merupakan daya tarik wisata karena ketika air surut, akan nampak banyak batu-batu yang berserakan.

Batu-batu yang nggak tersusun rapi ini malah dapat menjadi objek foto yang menarik. Selain itu, pohon bakau yang tumbuh sendiri di tujuan wisata Kupang satu ini juga menjadi penanda spot yang pas untuk melihat pemandangan matahari terbenam dengan berhiaskan kerlap-kerlip lampu di kota Kupang yang terlihat di kejauhan.

Lokasi: Oesapa, Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

4. Pantai Manikin

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Tribunnews

Keunikan tempat wisata di Kupang yang satu ini ada pada saat air pantai sedang surut di sore hari. Saat pantai surut, bersiaplah untuk menyaksikan pemandangan unik dari jutaan batu koral yang bercampur bongkahan batu akik yang bebas terhampar di garis Pantai Manikin sepanjang tiga kilometer ini.

Seperti pantai-pantai lainnya di Kupang, Pantai Manikin merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Muara sungai yang langsung terhubung dengan pantai ini juga menyuguhkan pemandangan unik. Lapar melanda? Jangan khawatir. Toppers dapat menyantap berbagai kuliner seperti jagung bakar, ubi rebus dan pisang rebus yang dijajakan warga setempat.

Lokasi: Tarus, Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

5. Pantai Pasir Panjang

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Detik

Belum ke Kupang namanya kalau belum menikmati indahnya sunset di kota ini. Toppers bisa menikmati sejuknya angin pantai ditemani suara debur ombak di Pantai Pasir Panjang. Sesuai namanya, tempat wisata terkanal di Kupang ini memiliki bibir pantai yang cukup panjang.

Banyak warga sekitar melakukan aktivitas di sore hari, seperti bermain sepak bola dengan semangat atau sekedar memilih duduk di atas pasir sambil menyaksikan semburat oranye dari matahari terbenam.

Lokasi: Jalan Timor Raya, Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Pantai Tablolong

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Pantai Tablolong merupakan salah satu objek wisata di Kupang yang wajib dikunjungi. Nama Tablolong sendiri diambil dari nama perkampungan nelayan kecil yang berada di ujung timur.

Pantai yang terletak di ujung selatan kota Kupang ini memiliki pasir putih dan merupakan jalur migrasi ikan dari perairan laut Timor menuju Laut Sawu. Pantai Tablolong juga merupakan penghasil rumput laut terbesar di provinsi NTT, lho.

Lokasi: Tablolong, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 2.000,-

topi pantai

7. Pantai Koepan

Kupang seolah nggak pernah ada hentinya menawarkan wisata bahari yang memukau setiap pengunjungnya, salah satunya Pantai Koepan. Pantai yang terletak di teluk Kupang ini selalu dipadati warga ketika senja tiba. Hal yang khas dari tempat wisata di Kupang ini adalah adanya tiang-tiang Pelabuhan Lama Kupang yang dibangun oleh bangsa Portugis ketika menjajaki Indonesia pada tahun 1645 silam.

Selain dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam, pengunjung juga dapat menikmati berbagai pilihan jajanan yang dijajakan di pinggir pantai seperti bakso, aneka mi, pisang goreng dan tahu goreng.

Lokasi: Lahilai Bissi Kopan, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

8. Pantai Kelapa Tinggi

Pantai Kelapa Tinggi ibarat sebuah surga yang belum terjamah di Kupang. Paduan pasir putih dan birunya laut seakan menjadi magnet yang mampu menarik siapapun untuk singgah lama di objek wisata Kota Kupang ini.

Semilir angin, rumbai-rumbai daun pohon kelapa, serta deburan ombak memancarkan suasana majestic tersendiri yang menghipnotis. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menepi sejenak dari hiruk-pikuk suasana perkotaan yang padat.

Lokasi: Dusun Kelapa Tinggi, Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

9. Pantai Neam

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Wisata Hits NTT

Pantai Neam merupakan salah satu pantai tersembunyi di Kupang, bahkan beberapa warga Kupang pun nggak mengetahui keberadaan pantai ini, lho. Dalam perjalanan menuju wisata pantai Kupang ini, pengunjung harus melewati pedesaan, jalan berliku, serta hutan belantara yang total waktunya mencapai 3 jam dari pusat kota Kupang.

Perjuangan ini akan segera terbayar ketika melihat sebuah gua yang dikelilingi rimbunnya pepohonan yang sangat eksotis. Keindahan Pantai Neam bertambah dengan ombak besar serta pesona sunset yang menutupi gunung karang.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kuliner Kupang untuk Manjakan Lidah

10. Pulau Kera

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Pos Kupang

Eits, jangan salah sangka dulu. Pulau Kera bukan merupakan sebuah pulau yang dihuni ratusan kera, kok. Malah, nggak ada satu pun kera atau monyet yang dapat dijumpai di pulau ini. Nama kera kemungkinan berasal dari kata kerang yang lama kelamaan huruf ng nya menghilang karena pengaruh penyebutan warga suku Bajo, suku yang mendiami pulau ini, yang menyebut ng menjadi n.

Pulau Kera merupakan pulau kecil yang berukuran 1 kilometer persegi dan dihuni nggak lebih dari 100 kepala keluarga. Rumah penduduk disini sangat sederhana, yakni tiang yang diberi penutup seperti gubuk.

Nggak ada satu warung makan pun yang dapat ditemui, sehingga para pengunjung disarankan membawa makanan sendiri. Tujuan wisata Kupang satu ini menyuguhkan pantai berpasir putih dengan air laut yang sangat jernih sehingga sangat cocok untuk Toppers yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang.

Lokasi: Desa Uiasa, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

11. Air Terjun Oenesu

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Meskipun Kupang terkenal sebagai daerah yang panas dan gersang, serta musim kemaraunya yang panjang, namun hal ini nggak sama sekali berlaku di kawasan Air Terjun Oenesu.

Air terjun ini bak oase di tengah teriknya sinar matahari kota Kupang. Meskipun musim kemarau melanda, objek wisata Kupang ini nggak pernah kering, lho, meskipun volume airnya nggak sebanyak ketika musim penghujan. Uniknya, air terjun ini terdiri atas empat tingkat air terjun yang pada setiap tingkatnya terdiri atas sebuah kolam alami.

Lokasi: Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 2.000,-

12. Air Terjun Tesbatan

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Awalnya Blogspot

Air Terjun Tesbatan merupakan salah satu oasis lainnya di tengah hawa kota Kupang yang panas dan gersang. Memasuki kawasan air terjun, pengunjung akan langsung disambut oleh hutan dengan jalan setapak kecil.

Air Terjun Tesbatan memiliki tiga tingkat, dan air terjun tingkat pertama merupakan yang paling ramai karena letaknya yang mudah diakses. Air terjun yang di tengah merupakan yang paling indah karena memiliki dinding yang paling lebar, namun akses menuju objek wisata Kupang ini agak sulit karena medan yang harus dilalui agak terjal.

Lokasi: Desa Oenoni II, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 2.000,- – Rp 5.000,-

13. Taman Nostalgia

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Jika kebetulan sedang berada di pusat kota Kupang, maka sempatkanlah waktumu untuk menyambangi tempat yang menjadi ikon kota ini. Yap, Taman Nostalgia memang merupakan tempat para warga berkumpul menghabiskan waktu menjelang sore hari.

Nggak hanya dilengkapi dengan fasilitas bermain untuk anak, taman ini juga menyediakan jogging track. Ada juga monumen Gong Perdamaian Nusantara yang terletak di tengah-tengah taman. Banyak pengunjung yang nggak melewatkan kesempatan untuk berswafoto.

Lokasi: Jalan Frans Seda, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Kelapa Lima, Kupang, NTT
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

14. Taman Rekreasi Gua Monyet

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Tribunnews

Taman Rekreasi Gua Monyet sangat cocok untuk Toppers yang menginginkan suasana teduh di tengah teriknya sinar matahari di kota Kupang. Meskipun bernama gua monyet, tapi Toppers nggak perlu khawatir akan diganggu oleh monyet yang berkeliaran bebas karena jumlahnya sangat sedikit. Hanya ada dua monyet yang hidup bebas dan satu ekor yang berada di kandang.

Lokasi: Jalan R.A Kartini No. 1, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang
Jam Operasional: Setiap Hari 08:00 – 17:00 WITA
Tiket Masuk: Rp 2.000,-

15. Pantai Ketapang Satu

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Tribunnews

Nggak heran kalau menikmati pemandangan sunset di kota Kupang dapat dilakukan di mana saja karena kota ini langsung berhadapan dengan Teluk Kupang. Nah, salah satu tempat wisata Kupang menarik untuk menghabiskan waktu senja adalah Pantai Ketapang Satu.

Pantai ini kerap ramai dikunjungi para pasangan muda-mudi untuk memadu kasih. Bahkan, Pantai Ketapang Satu sering dijadikan tempat untuk menyatakan cinta, lho.

Lokasi: Jalan Sumatera, Todekisar, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 1.000,-

16. Gua Kristal

Objek wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Gua Kristal merupakan salah satu destinasi wisata di Kupang yang menyimpan pesona tersembunyi. Bagaimana nggak? Bahkan banyak warga Kupang yang nggak mengetahui keberadaan gua ini.

Memang, nggak ada petunjuk khusus untuk mencapai tempat wisata di Kupang ini, dan nggak ada pihak yang mengelola tempat wisata potensial ini, lho. Bahkan, pintu masuknya pun masih dipenuhi semak belukar dan jalan menuju ke Gua Kristal juga dipenuhi karang.

Gua ini dinamakan kristal karena ada ribuan liter air yang terjebak di dasar gua yang berwarna sangat jernih seperti kristal.

Lokasi: Bolok, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

17. Kupang Waterpark

Kupang Waterpark merupakan taman rekreasi air yang pertama kali dibangun di kota Kupang. Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas bermain air yang lengkap, sampai dengan 22 fasilitas yang dapat digunakan oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Permainan air yang paling diminati adalah yellow racing, sebuah seluncuran berbentuk spiral dengan panjang 8 meter yang cukup memacu adrenalin. Selain itu, ada juga fasilitas permainan air yang dinamakan istana balon, three racing slide dan ATV motor track.

Lokasi: Jalan WJ Lalamentik Oebufu, Oebofo, Kupang, Nusa Tenggara Timur
Jam Operasional: 09:00 – 18:30 WITA
Tiket Masuk: Rp 25.000,- – Rp 40.000,-

kacamata anti fog

18. Subasuka Waterpark

Hal unik dari waterpark ini yang nggak dimiliki taman rekreasi air lain adalah lokasinya yang berada di bibir pantai. Yap, Subasuka Waterpark memang sengaja memilih lokasi ini agar pengunjung lebih merasa menyatu dengan alam.

Berbagai macam wahana air seperti perosotan, family raising, plaza air mancur, kolam renang, hingga ember tumpah dapat dinikmati oleh pengunjung. Jika kelelahan, Toppers juga dapat bersantai sejenak di gazebo yang terbuat dari bambu.

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim.
Jam Operasional: 09:00 – 17:00 WITA
Tiket Masuk: Rp 20.000,-

Baca juga: 7 Waterpark di Indonesia Yang Tidak Kalah Dari Waterpark Luar Negeri

Nah, itu dia 18 rekomendasi objek wisata di Kupang, Nusa Tenggara Timur yang akan membuat liburanmu terasa makin seru. Jadi, objek wisata manakah yang paling menarik perhatianmu? Apapun pilihannya, pastikan perlengkapan traveling-mu lengkap, ya, Toppers! Bingung cari tiket pesawat murah ke NTT? Yuk, Mulai Aja Dulu cari tiket pesawat dengan berbagai promo menarik dan nikmati liburan terbaikmu hanya di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel