15 Daya Tarik Wisata Kutai Kartanegara yang Memukau

0
104
Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: GetBorneo

Tempat Wisata di Kutai Kartanegara – Semenjak diumumkan menjadi Ibukota baru bersama Panajam Paser Utara, Kutai Kartanegara menjadi pusat perhatian banyak orang. Salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur ini sendiri memiliki topografi wilayah yang sebagian besar bergelombang dan berbukit-bukit dan juga terkenal akan keindahan alamnya.

Keindahan alam dari Kutai Kartanegara sendiri bisa dilihat dari berbagai destinasi obyek wisata yang ada di Kutai Kartanegara. Untuk Toppers yang masih penasaran dengan keindahan dari calon Ibukota baru Indonesia ini, berikut pilihan tempat wisata di Kutai Kartanegara yang bisa Toppers jelajahi:

Baca juga: Wisata Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur

Destinasi Tempat Wisata di Kutai Kartanegara

1. Pulau Kumala

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Viva

Rekomendasi tempat wisata di Kutai Kartanegara yang pertama adalah Pulau Kumala, seubuat pulau kecil yang berada ditengah-tengah dari Sungai Mahakam. Untuk bisa menyebrang ke salah satu obyek wisata andalan di Kutai ini, Toppers perlu melewati Jembatan Repo-Repo yang terkenal dengan strukturnya yang berwarna kekuningan.

Di Pulau Kumala sendiri telah banyak tersedia sarana rekreasi dan wisata yang bisa Toppers nikmati. Beberapa diantaranya adalah “Sky Tower” setinggi 100 meter untuk menikmati pemandangan kota dari ketinggian, kereta gantung yang menghubungkan Pulau Kumala dan daratan utama, taman bermain anak, dan berbagai sarana lainnya.

Sampai saat ini, potensi pariwisata serta fasilitas yang ada di Pulau Kumala masih terus dikembangkan agar pulau ini bisa menjadi tujuan wisata dan rekreasi di Kutai Kartanegara.

Lokasi: Kalan K.H. Ahmad Muksin, Tenggarong, Timbau, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

2. Wisata Bukit Biru

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Kompas

Untuk Toppers yang ingin mencari destinasi wisata di Kutai Kartanegara yang menawarkan panorama alam yang indah, Wisata Bukit Biru bisa jadi pilihan obyek wisata di Kutai yang tepat.

Dari puncak tempat wisata Kutai Kartanegara ini, Toppers bisa memandang keindahan kota dan bentang alam indah di Kutai Kartanegara dari ketinggian. Bukit Biru sendiri juga menjadi salah satu spot untuk berburu pemandangan matahari terbenamyang cantik.

Lokasi: Jl. Pahlawan, Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

3. Samboja Lestari

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Tribunnews

Berada di wilayah Samboja, Toppers bisa berkunjung ke Samboja Lestari, program reintroduksi orangutan pertama yang didirikan oleh Yayasan BOS pada tahun 1991 yang khusus untuk menyediakan perawatan dan rehabilitasi bagi orangutan yang kehilangan habitat atau induk mereka.

Di kawasan wisata alam Kutai Kartanegara ini, Toppers bisa mengamati orangutan langsung di habitat aslinya dan mempelajari proses konservasi serta rehabilitasi satwa yang dilindungi satu ini.

Lokasi: Jalan Balikpapan-Handil Km. 44, Kecamatan Margomulyo Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur,

4. Bukit Bangkirai

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: GetBorneo

Masih berada di kawasan Samboja, Toppers bisa berkunjung ke hutan wisata Bukit Bangkirai yang dikelola oleh PT. Inhutani. Tempat wisata di Kutai Kartanegara ini menjadi habitat bagi beragam flora dan fauna mulai dari 3.000 jenis jamur-jamuran, 13 jenis rotan, 24 jenis tanaman Anggrek, termasuk Anggrek Hitam, 113 jenis burung, dan berbagai jenis mamalia, serangga dan satwa lainnya. Keindahan alam dan keragaman hayati di Bukit Bengkirai menjadikannya obyek wisata alam sekaligus edukasi yang menarik di Kutai Kartanegara.

Lokasi: Karya Merdeka, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

5. Pantai Ambalat Samboja

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Viva

Bagi Toppers pecinta pantai, di Kutai Kartanegara Toppers juga bisa menemukan obyek wisata pantai untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Amabalat yang merupakan singkatan dari Amborawang Laut.

Pantai ini memiliki pasir kecoklatan dan kontur yang landai. Dikelilingi pepohonan Pinus, menambah kesejukan dan kesegaran suasana dari tempat wisata pantai di Kutai Kartanegara satu ini.

Lokasi: Kelurahan Amborawang Laut , Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai kertanegara, Kalimantan Timur.

Baca juga: Menyusuri 12 Desa Adat di Indonesia yang Mendunia

6. Desa Brubus

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Wikipedia

Jika Toppers ingin mengenal lebih dalam sejarah yang ada di Kutai Kartanegara, Desa Brubus yang berada di daerah Muara Kaman bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Kutai yang bisa Toppers kunjungi.

Daerah Murah Kaman sendiri dahulu merupakan pusat pemerintahan dari Kerajaan Kutai Martadipura yang pernah dipimpin oleh Rajanya yang termasyur, Raja Mulawarman. Mengunjungi Desa Brubus yang berlokasi 48 mil dari Kota Tenggarong, Toppers masih bisa menmui sisa-sisa peninggalan dari Kerajaan Hindu tertua di Nusantara tersebut seperti Situs Bukit Brubus, Candi Tanjung Serai, Lesong Batu, danjuga Museum Muara Kaman yang menyimpan berbagai artefak peninggalan dari sejarah kerajaan Kutai Martadipura.

Lokasi: Desa Brubus, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur

7. Danau Jempang

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara selanjutnya adalah Danau Jempang yang memiliki luas sekitar 15.000 HA, menjadikannya danau terbesar yang ada di Kalimantan Timur. Saking luasnya, danau ini terlihat bagaikan lautan.

Ditepian sekitar tempat wisata di Kutai Kartanegara ini, Toppers masih bisa menjumpai perumahan terapung yang berdiri berderet-deret di permukaan air yang menjadi perkampungan bagi masyarakat lokal di sana.

Lokasi: Kecamatan Jempang, Kutai Barat, Kalimantan Timur

8. Danau Semayang

Sumber gambar: Tribunnews
Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara

Selain Danau Jempang, ada pula Danau Semayang yang bisa menjadi pilihan tujuan obyek wisata di Kutai Kartanegara Toppers selanjutnya. Berjarak sekitar 65 mil dari Kota Tenggarong, di Danau ini Toppers bisa menemukan Ikan Pesut, sejenis lumba-lumba yang hidup di air tawar yang memiliki nama ilmiah Orcela fluminalis.

Mengunjungi tempat wisata di Kutai Kartanegara ini, Toppers bisa mengamati keindahan alam danau yang menenangkan dihiasi aktivitas para nelayan tradisional yang tengah menangkap ikan.

Lokasi: Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur

9. Goa Batu Gelap

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Jelajah Samboja

Bagi Toppers yang ingin membangkitkan jiwa petualang, sempatkanlah diri kunjungi Gua Batu Gelap. Gua yang dihiasi oleh stalaktit dan stalatmin ini juga memiliki sungai bawah tanah.

Obyek wisata di Kutai Kartanegara satu ini juga sarat akan legenda rakyat. Konon, dahulu pada saat pesata panen, salah seorang penduduk desa menabuh gederang menggunakan ekor ikan pari yang mengakibatkan seluruh pesta panen tersebut dikutuk. Bebatuan yang ada di dalam Gua Batu Gelap kini yang berbentuk menyerupai meja, kursi, dan manusia dalam berbagai posisi dipercaya merupakan penduduk desa yang dikutuk pada masa lampau.

Lokasi: Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

10. Museum Mulawarman

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: GetBorneo

Tujuan wisata di Kutai Kartanegara selanjutnya adalah Museum Mulawarman yang merupakan salah satu museum paling terkenal di Kalimantan. Menyimpan ribuan koleksi artefak bersejarah mulai dari peninggalan-peninggalan dari dinasti Ming, Qing, Yuan, hingga hadiah-hadiah dari kesultanan di masa lampau bisa Toppers temukan dengan mengunjungi obyek wisata edukasi di Kutai Kartanegara ini.

Lokasi: Jl. Tepian Pandan, Panji, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Baca juga: Petualangan Menyusuri 22 Taman Nasional di Indonesia

11. Taman Kota Raja Tenggarong

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Kaltim Post

Taman Kota Raja Tenggarong ini merupakan sebuah ruang terbuka publik yang berada di tepian sungai Mahakam yang telah dilengkapi berbagai fasilitas rekreasi sehingga menjadikannya salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup menarik.

Buka selama 24 jam, taman kota ini akan terlihat lebih cantik ketika senja tiba dimana berbagai lampu hias berwarna-warni membuat suasana obyek wisata di Kutai Kartanegara ini menjadi lebih hidup.

Lokasi: Jalan Wolter Monginsidi Nomor 16, Timbau, Tenggarong, Kutai Negara, Kalimantan Timur.

12. Ladang Budaya

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Tribunnews

Kerap disingkat menjadi Ladaya, tempat wisata Kutai Kartanegara ini merupakan sebuah taman wisata yang dilengkapi sebuah kebun binatang mini. Berbagai binatang khas Kalimantan Timur, seperti Burung Enggang, Beruang Madu, Uwa-uwa serta Burung Merak bisa Toppers temukan di tempat wisata di Kutai satu ini.

Lokasi: Jalan H. Bachrin Seman, RT.12, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

13. Pondok Labu

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Visiting Kutai Kartanegara

Berlokasi sekitar 25 km dari pusat kota Tenggarong, Toppers bisa mengunjungi Pondok Labu, sebuah perkampungan suku Dayak Benuaq. Tak hanya bisa melihat langsung Lamin, rumah adat dari Suku Dayak, jika beruntung Toppers juga bisa menyaksikan beberapa upacara adat tahunan Suku Dayak Benuaq seperti Ngugu Tahun di tempat ini.

Lokasi: Kampung Pondok Labu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

14. Tanjung Isuy

Selain di Kampung Pondok Labu, masih ada tujuan wisata di Kutai Kartanegara lainnya yang bisa Toppers samabangi untuk mengenal labih jauh kebudayaan Suku Dayak Benuaq yakni di Desa Tanjung Isuy.

Berkunjung ke obyek wisata budaya di Kutai Kartanegara ini, Toppers bisa menginap dan bermalam di “Lamin” serta menyaksikan berbagai upacara penyambutan tamu dan pertunjukan seni khas masyarakat Dayak Benuaq.

Di obyek wisata Kutai Kartanegara ini, Toppers juga bisa melihat langsung proses pembuatan Ulap Doyo, kain tenun khas masyarakat Dayak Benuaq yang terbuat dari serat doyo.

Lokasi: Jempang, Kutai Barat, Kalimantan Timur

15. Lamin Mancong

Destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara
Sumber gambar: Tribunnews

Rumah adat “Lamin” Khas suku Dayak Benuaq lainnya bisa Toppers temui di Desa Mancong. Rumah adat ini dikenal dengan nama julukan “Lamin Mancong” dan merupakan Salah satu Lamin tertua dari Suku Dayak Benuaq. Bangunan ini sendiri pernah menjalani proses pemugaran oleh oleh EHIF (Equatorial Heritage International Foundation).

Selain melalui jalur darat, Toppers bisa mengunjungi destinasi tempat wisata di Kutai Kartanegara ini dengan menyusuri sungai Ohong menggunakan perahu kecil. Aliran sungai yang berliku dengan pemandangan alami yang eksotis di sisi-sisi sungai menjadi pengalaman wisata tersendiri bagi Toppers.

Lokasi: Kampung Mancong, Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Baca juga: Mencicipi Kelezatan Kuliner Khas Dayak dari Daratan Kalimantan

Mulai dari eksotisme alam, keindahan adat dan budaya hingga sejarah, Kutai Kartanegara menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk ditelusuri. Untuk lebih mengenal calon ibukota baru Indonesia ini, tak ada salahnya manfaatkan momen liburanmu selanjutnya untuk jelajahi berbagai tujuan tempat wisata di Kutai Kartanegara tersebut.

Dan, untuk buat rencana liburan ke Kutai Kartanegara jadi lebih mudah, gunakan aplikasi Tokopedia untuk sempurnakan pengalaman traveling-mu. Mulai dari pesan tiket pesawat atau tiket kereta, beli tiket hiburan dan perlengkapan traveling, hingga booking hotel bisa dilakukan dengan praktis lewat Tokopedia!

Jadi, sudah siap mulai petualangamu di Kutai Kartanegara?

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel