9 Destinasi Wisata di Madinah Terbaik

0
5653
Destinasi tempat wisata di Madinah
Sumber gambar: Wikipedia

Tempat Wisata di Madinah – Untuk Toppers yang hendak menunaikan ibadah Haji ataupun Umroh, Madinah tentu menjadi salah satu kota wajib yang akan Toppers kunjungi. Dalam agama Islam, Madinah merupakan kota suci kedua setelah Mekkah. Di kota ini pula Nabi Muhammad dimakamkan.

Namun, tak hanya untuk berziarah dan menunaikan ibadah Haji ataupun Umroh, ada banyak destinasi wisata religi ataupun sejarah yang bisa Toppers kunjungi selama berada di Madinah. Berikut inspirasi destinasi ziarah dan wisata di Madinah yang bisa Toppers jelajahi selama berada di Madinah:

Baca juga: Mengenal 5 Tempat Miqat Umroh, Ada di Mana Saja Kah?

Destinasi Tempat Wisata di Madinah

1. Masjid Quba

Destinasi tempat wisata religi saat Umroh
Sumber gambar: Wikipedia

Dibangun pada tahun 1 Hijriah oleh Nabi Muhammad, Masjid Quba merupakan salah satu masjid bersejarah yang ada di Kota Madinah. Menurut kisah, penduduk Quba adalah orang-orang pertama yang menyambut kehadiran Nabi Muhammad yang kala itu berhijrah ke Madinah.

Dahulu Nabi Muhaamd kerap mengunjungi Masjid Quba setiap hari sabtu untuk menunaikan Shalat. Tak heran jika sampai saat ini Masjid Quba masih ramai dikunjungi sebagai salah satu lokasi ziarah, khususnya ketika di hari Sabtu.

2. Masjid Nabawi

Destinasi tempat wisata religi saat Umroh
Sumber gambar: Tribunnews

Masjid selanjutnya yang dibangun oleh Nabi Muhammad di kota Madinah adalah Masjid Nabawi. Masjid yang kini menjadi salah satu Masjid terbesar yang ada di dunia ini merupakan tempat paling suci kedua bagi umat Muslim setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah.

3. Raudhah

Destinasi tempat wisata di Madinah
Sumber gambar: Islam

Masih berada di dalam kawasan Masjid Nabawi, Toppers bisa mengunjungi Raudhah atau taman surga yang dahulu merupakan tempat Nabi Muhammad beribadah, memimpin Shalat, hingga menerima wahyu. Hal ini membuat Raudhah menjadi salah satu tepat yang memiliki keutamaan lebih.

4. Jabal Uhud

Destinasi tempat wisata di Madinah
Sumber gambar: Dream

Tempat ziarah lainnya di Madinah yang memiliki keistimewaan adalah Jabal Uhud, sebuah Bukit yang dijanjikan kelak akan ada di surga. Berdiri megah setinggi 350 meter di utara kota Madinah, tempat ini dahulu juga merupakan tempat terjadinya pertempuran antara umat Muslim dan pasukan Mekah yang tejadi pada 23 Maret 625 Masehi.

5. Masjid Qiblatain

Destinasi tempat wisata di Madinah
Sumber gambar: Okezone

Berdiri di atas sebuah bukit kecil di Kota Madinah, Masjid Qiblatain tak hanya menjadi tempat bersejarah, namun juga unik karena dijuluki sebagai masjid berkiblat dua. Awal mula kiblat dua ini dikarenakan pada zaman dahulu orang-orang bani Salamah dan Nabi Muhamamad menunaikan ibadah Shalat menghadap ke Masjidil Aqsa sebelum kemudian turun wahyu dari Allah mengenai arah kiblat yang menghadap ke Ka’Bah sehingga Masjid ini dinamakan dengan nama Qiblatain yang memiliki makna berkiblat dua.

6. Pemakaman Al-Baqi

Destinasi tempat wisata religi saat Umroh
Sumber gambar: Republika

Destinasi tempat ziarah di Madinah selanjutnya adalah pemakaman Baqi yang merupakan tempat peristirahatan terakhir anggota keluarga Nabi Muhammad dan juga para sahabat Nabi. Hingga saat ini, tempat ini menjadi salah satu tempat yang disakralkan dan kerap dikunjungi oleh para jamaah yang tengah menjalani ibadah di Kota Madinah.

7. Sultanese Street

Tak hanya berbagai lokasi ziarah dan wisata religi serta sejarah, di Madinah Toppers juga sekalian berwisata belanja dan kulineran di Sultaniese Street. Di kawasan ini, Toppers bisa menemukan pusat perbelanjaan modern yang menyediakan hampir semua barang yang Toppers butuhkan.

Di tempat ini juga banyak restoran dan tempat makan populer yang tekenal akan kelezatannya!

8. Madain Saleh Tombs

Destinasi tempat wisata di Madinah
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi wisata sejarah di Madinah selanjutnya adalah Madain Saleh Tombs yang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO. Memiliki nama lain Al-Hijir atau Hegra, situs purbakala ini dipercaya sebagai peninggalan dari kaun Tsamud yang merupakan umat dari Nabi Saleh. Berdiri megah di tengah hamparan padang pasir, situs purbakala Madain Saleh menawarkan panorama menarik yang sulit untuk Toppers temukan di tempat lainnya.

9. Al Hejaz Railway Museum

Destinasi tempat wisata di Madinah
Sumber gambar: ArabsToday

Tempat wisata di Madinag lainnya yang tak kalah menarik untuk disinggahi adalah Al Hejaz Railway Museum yang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO lainnya yang ada di Madinah. Di Museum ini terdapat proyek kuno besar yang dicetuskan Sultan Ottoman untuk membuat jalur museum kereta yang menghubungkan Istanbul dengan Madinah.

Museum ini juga memiliki arsitektur klasik indah yang mendapatkan banyak pengaruh dari arsitektur Turki yang merupakan perpaduan dari gaya Timur Tengah dan jugda Budaya Barat.

Baca juga: Ibadah Umroh Lancar: 7 Tips Umroh Bersama Anak

Tak sedikit bukan destinasi ziarah dan wisata religi di Madinah yang bisa Toppers kunjungi sembari menunaikan ibadah di Kota Madinah? Sudah siap lengkapi rencana perjalanan ibadahmu ke tanah suci dengan destinasi yang lebih beragam?

Yuk buat rencana perjalanan ibadah ke Tanah Suci jadi lebih praktis dengan aplikasi Tokopedia. Mulai dari perlengkapan traveling hingga peralatan ibadah, semua bisa didapatkan dengan mudah dan praktis lewat Tokopedia!