Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Liburan Seru di 20 Tempat Wisata di Mataram, Nusa Tenggara Barat Terbaru

24 September 2018
Share icon
Share
Liburan Seru di 20 Tempat Wisata di Mataram, Nusa Tenggara Barat Terbaru

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat – Sebagai ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram merupakan kota terbesar yang ada di pulau Lombok. Kamu dapat merasakan adat Sasak dan adat Bali yang kental di kota ini, sebab sebagian besar warga Mataram sangat menghargai budaya. Hal ini sontak membuat Mataram menyimpan wisata budaya yang menarik untuk dieksplorasi.

Nggak hanya itu, masih banyak lagi, lho, tempat-tempat menarik lainnya di Mataram yang recommended banget untuk dikunjungi. Penasaran? Yuk simak artikel berikut ini!

Baca juga: 18 Objek Wisata Kupang NTT paling Memukau

Destinasi Wisata di Matara, Nusa Tenggara Barat

  • Pantai Senggigi
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Info Budaya

Bicara soal Pantai Senggigi, tentu keindahannya sudah nggak perlu diragukan lagi. Pantai yang terletak di ujung barat pulau Lombok ini sudah tersohor sampai ke mancanegara, lho. Selain menikmati keindahan pantainya, banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan disini. Mulai dari sekedar menikmati udara segar di pantai dan hamparan laut biru yang menenangkan, sampai melihat aktivitas nelayan yang sibuk mencari ikan.

Berkat pantainya yang berbentuk teluk, pelancong dapat berenang dan snorkeling, juga bermain kano, kayak dan surfing. Memancing juga nggak kalah seru untuk dilakukan. Apabila sore hari tiba, kamu dapat bersantai sambil menunggu sunset yang dihiasi pemandangan Gunung Agung Bali di kejauhan.

Lokasi: Jalan Raya Senggigi KM 6-10, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83355
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 15.000,-

  • Pura Batu Bolong
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Explore Lombok Island

Masih berada di satu kawasan dengan Pantai Senggigi, kamu dapat menemukan keunikan sebuah pura yang terletak di pinggir pantai. Yap, mungkin kamu akan teringat pada Pura Tanah Lot di Bali ketika mengunjungi Pura Batu Bolong.

Bedanya, pura ini terletak di atas karang yang bagian tengahnya memiliki lubang besar, sehingga disebut batu bolong. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pura Batu Bolong adalah sore hari ketika matahari tenggelam di ufuk barat, menyisakan pemandangan pura yang khidmat ditemani deburan ombak dan aroma bunga khas upacara agama Hindu.

Lokasi: Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83355
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 20.000,-

  • Pantai Penghulu Agung

Jika kamu sedang mencari tempat untuk menenangkan diri di Lombok, Pantai Penghulu Agung adalah tempat yang cocok. Pasalnya, di pantai ini nggak ada sama sekali orang yang berjualan, sehingga suasananya sepi dan tenang.

Sejauh mata memandang, hanya ada hamparan pasir hitam, laut biru dan jajaran perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai. Kamu akan melihat banyak tumpukan batu besar untuk menghalau terjangan ombak besar yang ada disini.

Lokasi: Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Pantai Ampenan
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Wisata Lombok Sumbawa

Pulau Lombok memang menyimpan segudang wisata pantai dengan keindahannya masing-masing, nggak terkecuali Pantai Ampenan yang terletak di pusat kota Mataram. Kamu sebaiknya mengunjungi Pantai Ampenan saat matahari mulai tenggelam karena pemandangannya akan sangat menakjubkan. 

Toppers bisa menyaksikan sunset sembari bercengkrama dan menyantap makanan di meja-meja yang telah disediakan.

Lokasi: Jalan Pabean, Ampenan Utara, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Taman Mayura
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Lombok Insider

Memasuki komplek Taman Mayura, pengunjung akan langsung disambut dengan suasana yang terasa unik, yakni kombinasi suasana alam, religius dan juga bersejarah. Nggak mengherankan memang, karena di taman ini terdapat sebuah pura dengan sebuah kolam cantik di dekatnya. Jika kamu mencari suasana damai, sempatkanlah untuk datang kesini pada sore hari.

Lokasi: Jl. Purbasari, Mayura, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83239
Jam Operasional: 08:00 – 18:00 WITA
Tiket Masuk: Rp 2.500,-

  • Taman Narmada
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Kompas

Kata narmada memiliki arti mata air atau sumber kehidupan. Taman ini memang sangat lekat dengan agama Hindu karena di bagian atas taman, terdapat sebuah pura yang memiliki desain bertingkat atau biasa disebut punden berundak.

Hal yang menjadi daya tarik objek wisata di Nusa Tenggara Barat ini adalah Bale Pertirtaan yang merupakan mata air hasil pertemuan langsung dari Gunung Rinjani.

Lokasi: Jalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83371
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

  • The Griya

Masyarakat Mataram patut berbangga karena kota ini turut serta mendukung gerakan pelestarian lingkungan dengan menyulap sampah kertas menjadi sebuah produk kerajinan. Bahan dasar kertas sampah ini pun beragam, mulai dari kotak makanan, bungkus rokok, koran bekas, buku bekas, kardus, dan masih banyak lagi. Wah, selain unik juga ramah lingkungan, ya!

Lokasi: Jalan Layur, Ampenan Selatan, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83112
Jam Operasional: 10:00 – 20:00 WITA
Tiket Masuk: Gratis

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
  • Kota Tua Ampenan
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Indonesia Biz

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kawasan kota tua yang sering dijadikan sebagai tempat untuk menelusuri kembali jejak sejarah, nggak terkecuali di kota Mataram. Tepatnya di kawasan Ampenan, terdapat sebuah kota tua yang terkenal dengan bangunan kunonya.

Untuk memertahankan bentuk aslinya, nggak banyak penduduk setempat yang merenovasi bangunan tersebut, lho, melainkan hanya memberikan sentuhan warna baru agar nggak terlihat kusam. Kesan kuno malah menjadi daya tarik sendiri apalagi untuk pelancong yang menyukai wisata sejarah.

Lokasi: Jalan Yos Sudarso No. 25, Ampenan Tengah, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83511
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Masjid Islamic Centre NTB
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Tempo

Pulau Lombok nggak hanya identik dengan pantai dan wisata alamnya yang eksotis, lho. Ada sebuah bangunan yang nggak kalah ikonik, yakni Islamic Center, sebuah masjid megah yang memiliki menara menjulang hingga 114 meter.

Sebagai sebuah tempat ibadah, pengembang masjid ini juga menginginkan Islamic Centre NTB menjadi pusat kegiatan keagamaan, sehingga pusat pendidikan dan kebudayaan pun dibangun disini. Nggak hanya itu, daya tarik tempat ini juga ada di kubah masjidnya yang berhiaskan motif batik khas sasambo, motif batik khas dari NTB.

Lokasi: Jalan Udayana, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

Baca juga: 9 Masjid Bersejarah Tertua di Nusantara

  • Pura Meru
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Sebagai pura terbesar di Pulau Lombok, Pura Meru memiliki arsitektur yang unik, yakni atapnya bertingkat. Peninggalan zaman Hindu Jawa kuno masih dapat kamu saksikan lewat pura ini, meskipun sekarang Islam merupakan agama mayoritas yang dipeluk masyarakat Lombok.

Selain pura yang terbagi menjadi tiga bagian, pengunjung juga dapat menemukan dua gazebo dengan empat dan delapan tiang yang biasa digunakan ketika upacara keagamaan berlangsung. Ingin membeli oleh-oleh? Tersedia berbagai pilihan cinderamata yang dijajakan di Pasar Cakranegara dekat kawasan pura.

Lokasi: Jalan Selaparang No. 20B, Mayura, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83233
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Taman Udayana

Taman Udayana merupakan salah satu tempat yang kerap dijadikan tempat berkumpulnya warga Mataram untuk melakukan berbagai aktivitas. Nggak mengherankan memang karena taman ini dilengkapi segudang fasilitas, mulai dari jogging track sejauh 2-3 km, musala, pusat kebugaran, bahkan tempat latihan skateboard hingga lapangan basket! Pengunjung dapat menikmati udara segar berkat pepohonan rindang yang menghiasi taman.

Lokasi: Jalan Udayana, Pejarakan Karya, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83123
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Museum Negeri Nusa Tenggara Barat
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Situs Budaya

Jika kamu ingin melihat berbagai benda peninggalan sejarah masyarakat Nusa Tenggara Barat, museum ini sangat cocok untuk dikunjungi. Pengunjung dapat melihat koleksi bersejarah, mulai dari keramik sampai artefak budaya. Jumlah koleksi yang dimiliki museum ini bahkan mencapai 7.000 buah, lho.

Hal unik dapat dijumpai ketika memasuki museum, karena tepat di depan museum, terdapat sebuah buaya muara yang diawetkan. Buaya ini sempat membuat warga geger karena pernah memangsa seorang warga setempat.

Lokasi: Jalan Panji Tilar Negara No. 6, Taman Sari, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83117
Jam Operasional: Selasa – Minggu 08:00 – 15:00 WITA
Tiket Masuk: Rp 1.000,-

  • Taman Sangkareang
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Flickr

Apabila sedang berada di pusat kota Mataram dan ingin menemukan suasana nyamani namun nggak ingin bepergian jauh, datanglah ke Taman Sangkareang. Taman yang terletak sangat strategis di tengah kota ini menawarkan berbagai fasilitas, seperti taman bermain anak, maupun tempat untuk relaksasi.

Taman ini juga sering dijadikan tempat pelaksanaan berbagai event besar, lho, mulai dari pameran, pentas musik dan bersepeda santai.

Lokasi: Jalan Pejanggik, Mataram Barat, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83122
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Pura Agung Gunung Sari
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Hindu Damai

Kerajaan Bali memang sempat berjaya di Pulau Lombok pada masa lampau, dan peninggalannya masih dapat dilihat sampai sekarang, salah satunya Pura Gunung Agung Sari.

Berbeda dengan pura lainnya di kota Mataram dan Pulau Lombok, pura ini terletak jauh dari rumah-rumah penduduk, sehingga menciptakan suasana tenang. Pengunjung dapat merasakan aura spiritual Hindu yang kuat ketika pertama kali menginjakkan kaki di pura ini berkat aroma dupa yang kental dan semerbak.

Lokasi: Taman Sari, Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83351
Jam Operasional: 08:00 – 15:00 WITA
Tiket Masuk: Gratis

  • Desa Penujak
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Lombok Indonesia

Selain terkenal dengan wisata alamnya, kota Mataram juga terkenal dengan kerajinan tangannya, lho. Bahkan, ada satu desa yang dinobatkan menjadi desa penghasil gerabah tertua di Pulau Lombok. Desa Penujak namanya. Gerabah yang dihasilkan disini memiliki nilai budaya dan filosofinya tersendiri.

Dahulu, para nenek moyang sering menggunakan kendi untuk memasak, juga pada upacara kelahiran dan kematian. Nilai filosofis lainnya yang terkandung pada kendi adalah sebagai manusia, kita haruslah hidup sederhana. Di Desa Penujak, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan gerabah dari tanah liat hingga menjadi sebuah kendi yang dihiasi dengan berbagai motif unik.

Lokasi: Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Desa Beleka
Sumber gambar: Lombok Indonesia

Desa lainnya di Mataram yang terkenal sebagai desa penghasil kerajinan tangan adalah Desa Beleka. Desa ini merupakan desa industri kreatif terbesar di Pulau Lombok yang khusus memproduksi anyaman. Produk anyaman yang dibuat di desa ini beragam, mulai dari peralatan rumah tangga, hiasan dinding, pernak-pernik dekorasi, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Desa Beleka, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Pantai Sire
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Lombok Indonesia

Pulau Lombok seakan nggak pernah kehabisan wisata pantai indah untuk dieksplorasi, salah satunya Pantai Sire. Pantai yang terletak di kawasan Lombok Utara ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, yakni 3,8 km. Para pelancong dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti canoeing, snorkeling dan berenang.

Uniknya, nggak jauh dari bibir pantai, pengunjung dapat menemukan hamparan rumput hijau, sehingga Pantai Sire semakin asyik untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga.

Lokasi: Pantai Sire, Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat 83352
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

  • Pantai Cemare

Beranjak ke ujung barat Pulau Lombok, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Pantai Cemare. Pantai ini memiliki perairan muara yang tenang dengan berhiaskan hijaunya pohon bakau yang tumbuh di sebelah timur pantai. Rimbunnya pohon kelapa, pohon pandan dan pohon cemara juga menambah kesan asri Pantai Cemare.

Lokasi: Labuan Tereng, Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83364
Jam Operasional: Sabtu – Kamis 08:00 – 18:00 WITA
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

  • Pantai Loang Baloq
Objek Wisata di Mataram Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: RRI

Pantai Loang Baloq menjadi salah satu tempat wisata menarik khususnya bagi warga Mataram. Dengan birunya laut dan kapal-kapal nelayan yang bersandar di tepinya, pemandangan ini mampu mengulas senyum setiap orang yang melihatnya.

Nggak hanya itu, Pantai Loang Baloq juga memiliki sebuah taman rekreasi kecil, lho, yang dapat menjadi hiburan di tengah padatnya aktivitas.

Lokasi: Tanjung Karang, Sekarbela, Mataram, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 2.000,-

  • Pantai Nipah

Nggak hanya Pantai Senggigi, Pantai Nipah juga memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang biru. Kamu hanya perlu waktu 20 menit untuk sampai ke pantai ini dari Pantai Senggigi.

Asyiknya, perjalanan menuju ke pantai ini akan dihiasi pemandangan bukit hijau yang memanjakan mata. Sesampainya di Pantai Nipah, kamu akan langsung disambut dengan suara deburan ombak dan deru ingin yang mengalun ke telinga.

Lokasi: Malaka, Pemenang, Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa tenggara Barat 83352
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan 12 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut!

Itulah 20 tempat wisata di Mataram dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Pulau Lombok. Jadi, destinasi wisata yang mana, nih, yang paling memikat hati? Yuk, Mulai Aja Dulu temukan tiket pesawat dengan harga terbaik dan jelajahi keindahan tempat wisata Mataram hanya di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

10 Kota & Daerah Terpanas di Indonesia Lengkap dengan Suhunya
Travel dan Kuliner
10 Kota & Daerah Terpanas di Indonesia Lengkap dengan Suhunya
Editor Picks
8 Manfaat Masker Tepung Beras untuk Wajah
8 Manfaat Masker Tepung Beras untuk Wajah
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia