12 Tujuan Wisata Mojokerto Favorit untuk Liburan Seru

0
1856
Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Super Adventure

Tempat Wisata di Mojokerto – Berada 50 KM di barat daya kota Surabaya, Mojokerto merupakan salah satu Kota di Jawa Timur yang menjadi bagian dari kawasan metropolitan Gerbangkertosusila. Sebagai salah kota penyangga di Jawa Timur, Mojokerto juga terkenal akan berbagai potensi pariwisata yang dimilikinya.

Tertarik kunjungi Mojokerto? Berikut rekomendasi obyek wisata di Mojokerto yang bisa jadi pilihan rekreasi saat berkunjung ke Kota Onde-Onde ini!

Baca juga: 9 Pilihan Wisata Malam Terbaik di Surabaya yang Kekinian

Destinasi Tempat Wisata di Mojokerto

1. Coban Kembar Watu Ondo

Sumber gambar: Daka Tour

Daya tarik wisata di Mojokerto salah satunya adalah keindahan bentang alam yang bisa Toppers jelajahi. Coban Kembar Watu Ondo merupakan tujuan wisata di Mojokerto yang bisa Toppers kunjungi untuk merasakan langsung keindahan dari alam Mojokerto.

Sesuai dengan namanya, Toppers bisa menemukan dua buah air terjun yang mengalir berhadap-hadapan di obyek wisata Mojokerto satu ini. Tak cuma bisa menikmati keindahan panorama alam, Toppers juga bisa menyegarkan diri dengan bermain air di tempat wisata Mojokerto ini.

2. Coban Canggu

Destinasi tempat wisata Mojokerta
Sumber gambar: Tribunnews

Air terjun lainnya yang menawarkan pesona tak kalah indah adalah Air Terjun Coban Canggu yang ketinggianna mencapai 70 meter.Berlokasi di lereng gunung welirang pada ketinggian 800 mdpl, atmosfer yang ditawarkan obyek wisata di Mojokerto ini sangat menyejukkan.

3. Air Terjun Surodadu

Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Line Today

Selain kedua air terjun sebelumnya, masih ada air terjun Surodadu yang tak kalah terkenal. Obyek wisata alam di Mojokerto ini menawarkan pemandangan eksotis yang mempesona. Dikelilingi oleh hutan bambu, tempat wisata yang juga berada di lereng Gunung Welirang ini memiliki keindahan panorama yang mampu menyegarkan kepenatan pikiran.

4. Situs Trowulan

Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Liputan 6

Tak cuma wisata alam, Mojokerto juga merupakan destinasi wisata sejarah yang sangat menarik untuk ditelusuri karena ada banyak sekali situs purbakala peninggalan Kerajaan Majapahit yang bisa Toppers temukan di kota ini.

Jika Toppers tertarik untuk melihat langsung sisa-sisa dari peradaban kerajaan Majapahit, situs Trowulan bisa menjadi obyek wisata di Mojokerto yang tepat untukmu. Di kawasan situr Trowulan ada banyak sekali situs purbalaka seperti Candi Bajang Ratu, Kolam Segaran, Candi Tikus, hingga Makan Putri Campa yang bisa Toppers telusuri.

5. Museum Trowulan

Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Inspirasi Majapahit

Selain di Situr Trowulan, ada pula Museum Trowulan yang Toppers kunjungu utnuk melihat berbagai koleksi benda-benda serta artefak peninggalan dari kerajaan Majapahit di masa silam. Tak cuma dari kerajaan Majapahit, benda-benda bersejarah dari Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Kediri hingga Kerajaan Singasari juga bisa Toppers temukan di tempat wisata di Mojokerto ini.

6. Petirtaan Jolotundo

Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: GoodNewsFromIndonesia

Berlokasi di kawasan kompleks Candi Jolotundo, Petirtaan Jolotundo menjadi satu destinasi menarik yang harus dikunjungi saat jalan-jalan ke Mojokerto. Diperkirakan taman pemandian ini telah ada sejak 997 masehi yang digunakan sebagai tempat pemandian para keluarga kerajaan Majapahit.

Keunikan yang dimiliki tempat wisata di Mojokeryto ini ialah karena memiliki pancuran yang bertingkat, hal tersebut seperti menggambarkan nama Jolotundo itu sendiri yang berarti pancuran bertingkat. Tentu ini bisa jadi spot foto yang instagramable banget buat diabadikan.

Selain itu, pesona alam di sekitar kolam pemandian ini juga sangat eksotis sebab letaknya yang berada di lereng Gunung Bekal. Anda juga bisa mencoba sensasi mandi di pemandian para raja ini, lho. Tapi tak diperbolehkan memakai sabun atau shampoo, hanya main air saja. terarik mencoba?

7. Gunung Penanggungan

Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Super Adventure

Jika Toppers suka mendaki, Gunung Penanggungan bisa jadi tujuan wisata Mojokerto yang tepat unutkmu. Kerap dijuluki sebagai miniaturnya Gunung Semeru, gunung ini terbilang cukup mudah didaki sehingga cocok untuk pendaki pemula. Meskipun begitu, panorama dan keindahan yang ditawarkan dari tempat wisata ini tak kalah memukau dari gunung Semeru, lho.

8. Puncak Jengger

Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Hipwee

Satu lagi destinasi wisata di Mojokerto lainnya yang menawarkan keindahan panorama alam Mojokerto dari ketinggian, yaitu Puncak Jengger. Di tempat wisata Mojokerto satu ini, Toppers bisa dengan puas menyaksikan eksotisme dari perbukitan nan hijau dari ketinggian. Tentunya, jangan sampai Toppers lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen indah di Puncak Jengger dengan kamera terbaikmu!

9. Panorama Petung Sewu

Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Hotsta

Untuk kamu pemburu spot-spot foto yang instagramable di Mojokerto, cobalah mampir ke Panorama Petung Sewu. Obyek wisata kekinian di Mojokerto yang tengah hits ini tak cuma menawarkan pemandangan alam yang asri, namun berbagai properti dan dekorasi yang akan buat foto semakin kekinian juga tersedia di tempat wisata Mojokerto satu ini.

10. Sendi Adventure

Destinasi Tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Suara Mojokerto

Destinasi tempat wisata kekinian di Mojokerto selanjutnya adalah Sendi Adventure yang berada di Pacet. Tak berbeda jauh dengan Panorama Petung Sewu, di sini Toppers akan disajikan berbagai spot foto yang instagramable dengan latar belakang panorama alam yang cantik.

11. Bukit Semar Godang

Destinasi Tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Gramha

Masih belum puas dengan keindahan panorama alam yang ada di Mojokerto? Sempatkan dirimu untuk mampir ke Bukit Semar Gondang yang memiliki panorama indah dari bentang pegunungan Anjosmoro. Perpaduan panorama indah dan udara nan sejuk dan menyegarkan, dijamin Toppers akan betah berlama-lama di tempat wisata Mojokerto satu ini.

12. Mahavihara Majapahit Mojokerto

Destinasi tempat wisata di Mojokerto
Sumber gambar: Travel Today

Mahavihara Majapahit Mojokerto adalah destinasi wisata religi di Mojokerto, khususnya untuk umat Buddhis. Berdiri sejak 1989, obyek wisata Mojokerto ini terkenal akan keberadaan patung Buddha keemasaan berukuran besar dengan posisi sedang tidur. Patung Buddha Tidur yang juga bisa ditemukan di Thailand ini sendiri merupakan yang terbesar no.3 di Asia Tenggara, lho.

Selain patung Buddha, daya tarik dari obyek wisata di Mojokerto ini adalah arsitekturnya yang merupakan perpaduan dari gaya rumah Joglo Jawa dan gaya khas pecinan.

Baca juga: Menyusuri Kelezatan 9 Kuliner Khas Jember yang Populer

Itulah berbagai destinasi tempat wisata di Mojokerto yang bisa Toppers kunjungi saat berlibur ke Mojokerto. Untuk buat traveling ke Mojokerto lebih maksimal, rencanakan perjalananmu menggunakan aplikasi Tokopedia. Mulai dari pesan tiket pesawat, tiket kereta, hingga booking hotel dan beli tiket hiburan bisa dilakukan dengan praktis lewat Tokopedia.