• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

16 Destinasi Tempat Wisata di Myanmar Paling Favorit

02 September 2019
Share
16 Destinasi Tempat Wisata di Myanmar Paling Favorit

Tempat Wisata di Myanmar – Dikenal juga dengan nama Burma atau Birma, Myanmar adalah negara yang wajib masuk daftar liburan keliling Asia Tenggara-mu. Berlibur ke Myanmar, Toppers tak perlu takut dikecewakan karena ada banyak sekali destinasi wisata di Myanmar yang tak kalah indah dan memukau dibandingkan destinasi wisata lainnya di negara-negara Asia Tenggara.

Penasaran seperti apa obyek wisata yang ada di Myanmar? Intip rekomendasi tujuan tempat wisata di Myanmar berikut!

Baca juga:12 Destinasi Liburan Luar Negeri Bebas Visa

Rekomendasi Tempat Wisata di Myanmar

1. Kuil Ananda

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikimedia

Sama seperti halnya Thailand, Myanmar juga memiliki julukan sebagai negara 1000 pagoda karena disini Toppers bisa menemukan banyak sekali bangunan pagoda. Salah satu yang wajib Toppers kunjungi adalah Candi Ananda yang berlokasi di Kota Bagan.

Pagoda kuno yang dibangun pada tahun 1105 di masa kekuasaan Raja Kyanzittha ini tak cuma memiliki arsitektur megah yang sangat memukau, namun juga puncak pagoda berupa Stupa berlapis emas yang menjadi salah satu daya tarik utama dari destinasi wisata Myanmar satu ini. Tak hanya itu, di dalam kompleks candi ini juga terdapat patung Shin Arahan berlapiskan cat emas.

Shin Arahan sendiri merupakan biarawan asal Kerajaan Thaton yang dipercaya berhasil mengubah keyakinan dan agama dari Raja Anawrahta dan Raja Kyanzitta menjadi penganut ajaran Buddha dan membangun kompleks Candi dan Pagoda ini.

2. Pagoda Shwedagon

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi obyek wisata di Myanmar berupa pagoda selain Pagoda Ananda adalah Pagoda Shwedagon yang merupakan salah satu pagoda termegah yang ada di Myanmar. Kompleks pagoda yang didominasi warna keemasan ini dikelilingi oleh stupa-stupa yang memiliki arsitektur khas pagoda Myanmar yang sangat ikonik dengan sebuah stupa raksasa pada bagian tengahnya.

Pagoda yang tak cuma sarat akan nilai spiritual namun juga nilai sejarah di Myanmar ini merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Myanmar yang wajib masuk daftar tempat yang harus Toppers kunjungi saat liburan ke Myanmar.

3. Kyaiktiyo Pagoda atau Golden Rock Pagoda

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Ripleys

Berbeda dengan kedua destinasi wisata di Myanmar sebelumnya, Pagoda Kyaiktiyo atau yang juga terkenal dengan julukan “Golden Rock Pagoda” ini justru dikenal karena keunikannya yakni berupa sebuah batu yang berwarna keemasan dengan stupa pada bagian atasnya, berada ditepian tebing dengan kondisi sangat seimbang bak melawan gaya gravitasi.

Berlokasi di puncak gunung Kyaiktiyo, destinasi wisata Myanmar satu ini merupakan salah satu situs Buddha terpenting yang ada di Myanmar. Konon, pagoda unik ini bertengger di atas sehelai rambut Buddha, lho.

4. Danau Inle

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikipedia

Selain keindahan arsitektur Pagoda, Myanmar juga menawarkan bentang alam dengan panorama yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Salah satunya bisa Toppers temukan dengan singgah ke Danau Inle.

Ada banyak sekali kegiatan dan aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat wisata favorit Myanmar satu ini mulai menelusuri danau dan sungai menggunakan sampan, mengunjungi kuil-kuil dan biara yang berada di tepian danau hingga mencoba bermalam di penginapan-penginapan terapung yang ada di kawasan wisata Myanmar satu ini.

5. Mandalay Hills

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikipedia

Puas menikmati keindahan Danau Inle, obyek wisata di Myanmar selanjutnya ini akan menawarkan panorama alam yang berbeda namun tak kalah indah. Di Mandalay Hill, Toppers bisa berziarah ke Pagoda Sutaungpay yang berada di atas gunung. Namun, bukan hanya arsitektur pagoda saja yang menjadikan tempat wisata di Myanmar satu ini sangat menarik.

Lokasinya yang berada di ketinggian menawarkan pemandangan indah bentang alam Myanmar dari ketinggian. Salah satu waktu paling favorit untuk mengunjungi tempat wisata Myanmar satu ini adalah di sore hari ketika momen matahari terbenam menghiasi langit bak lukisan yang sangat indah.

6. Taung kalat

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikipedia

Jika eksotisme Mandalay Hills masih tak cukup untukmu, maka destinasi tempat wisata di Myanmar satu ini mungkin bisa menawarkan pemandangan yang jauh lebih menantang. Berdiri di atas puncak bukit, Taung Kalat merupakan situs ziarah dimana Toppers bisa menikmati keindahan kota Bagan, Myanmar dengan jelas dari ketinggian.

Namun, untuk bisa mencapai puncak dari tempat wisata Myanmar satu ini, setidaknya Toppers harus menaiki 770 anak tangga. Sepanjang perjalanan mendaki untuk mencapai puncak, Toppers akan ditemani monyet-monyet yang memang menghuni hutan di sekililing dari tempat wisata di Myanmar ini.

7. Mrauk U

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikimedia

Destinasi tempat wisata di Myanmar yang wajib Toppers kunjungi selanjutnya adalah Mrauk U, sebuah situs peradaban kuno yang menawarkan pemandangan yang sangat memukau.

Di obyek wisata Myanmar ini Toppers bisa melihat hamparan 700 bangunan pagoda dan kuil yang berdiri harmonis dengan alam dan para petani yang tinggal di desa sekitar tempat ini.

Dahulu, dipercaya terdapat lebih dari 6000 bangunan kuli dan pagoda yang berdiri megah di daerah ini. Namun, kejatuhan dinasti dan juga kondisi alam mengakibatkan runtuhnya Kerajaan Rakhine dan juga peradaban yang pernah berjaya di kawasan ini.

8. Kuil Bagan

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Okezone

Berbicara mengenai destinasi wisata kuil dan pagoda di Myanmar, Bagan merupakan salah satu kota di Myanmar yang banyak menawarkan obyek wisata seputar Pagoda. Tak hanya kuil, di kompleks kuil Bagan, Toppers juga bisa menemukan bangunan istana kuno yang sangat megah.

Ingin menikmati sensasi lebih menarik menikmati berbagai situs kuil dan pagoda kuno di kota Bagan? Tak perlu khawatir karena Toppers bisa mencoba mengitari kota Bagan dengan beragam kuil dan situs purbakalanya dengan menyewa balon udara, lho. Seru, bukan?

Baca juga: Traveling ke 12 Destinasi Tempat Wisata di Laos

9. Sungai Irawaddy

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikipedia

Menjadi sungai terpanjang di Myanmar dan salah satu yang terbesar di Asia, Sungai Irawaddy merupakan salah satu tujuan wisata di Myanmar yang cukup menarik untuk dijelajahi.

Untuk menelusuri sungai ini, Toppers bisa menyewa perahu wisata untuk menjelajahi berbagai situs purbakala dan sejarah yang ada di tepian sungai ini.

10. Goa Pindaya

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Detik

Umumnya, jika mengunjungi sebuah gua Toppers pasti akan membayangkan pemandangan eksotis dari stalaktit dan stalakmit yang menghiasi seluruh ruang di dalam gua. Namun, berbeda dengan Gua Pindaya yang ada di Myanmar.

Destinasi wisata di Myanmar ini justru penuh diselimuti oleh gambar-gambar Buddha di dinding-dinding Gua. Tak hanya itu, di dalam gua ini juga terdapat ribuan patung Buddha beragam ukuran dan bentuk yang semakin menambah keunikan dari tempat wisata di Myanmar.

11. Ngapali

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: WikiVoyage

Untuk para pecinta wisata pantai, Ngapali adalah destinasi wisata di Myanmar yang bisa jadi pilihanmu. Menawarkan suasana pantai menenangkan dengan pasir putih dan lautan biru, Ngapali merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Myanmar baik bagi turis lokal maupun mancanegara.

12. Pantai Ngwe Saung

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikimedia

Selain pantai Ngapali, ada pantai Ngwe Saung yang bisa jadi alternatif wisata pantai di Myanmar yang Toppers kunjungi. Sama halnya seperti Ngapali, destinasi wisata di Myanmar satu ini juga menawatkan suasana pantai yang sangat menenangkan dengan hamparan pasir halus yang luas dengan ombak laut yang cukup bersahabat.

13. Pagoda Mingun

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikipedia

Masih belum puas menjelajahi keindahan pagoda-pagoda yang ada di Myanmar? Maka Pagoda Mingun bisa menutup perjalananmu menjelajahi destinasi wisata pagoda yang ada di Myanmar.

Dari bentuknya mungkin Toppers merasa jika bangunan pagoda satu ini berbeda dengan pagoda-pagoda lainnya di Myanmar karena memang bangunan pagoda terbesar yang ada di Myanmar ini belumlah selesai.

Konon dahulu kala di masa pembangunan pagoda ini muncul ramalan mengenai keruntuhan kerajaan setelah selesainya pembangunan pagoda ini. Hal inilah yang kemudian membuat proses pembangunan dari Pagoda ini terhenti. Namun, meskipun belum selesai, bangunan ini masih merupakan pagoda terbesar yang ada di Myanmar.

Daya tarik lain dari destinasi wisata di Myanmar ini adalah keberadaan gigi sang Buddha tersimpan di dalam bagunan bersejarah ini.

14. Jembatan U Bein

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Shutterstuck

Membentang sepanjang 2 km, yang menjadi daya tarik dari jembatan U Bein adalah konstruksinya yang selurunya menggunakan kayu. Dengan konstruksi tradisional ini, jembatan kayu U Bein masih bisa berdiri kokoh diatas permukaan air sepanjang 2 km, lho.

Kebanyakan wisatawan menyukai dan mengunjungi tempat wisata di Myanmar satu ini adalah karena panorama matahari terbenam di tempat ini yang sangat indah dan romantis.

15. Chin Villages

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikipedia

Jika Toppers ingin mengenal lebih dalam mengenai adat dan budaya yang ada di Myamnar, Desa Chin mungkin bisa jadi pilihan wisata di Myanmar yang Toppers kunjungi selanjutnya. Berada di tepian sungai River di Mrauk U, masyarakat di desa ini masih menjunjung tinggi nilai budaya dan adat istidatan yang diturunkan dari nenek moyak mereka, termasuk tradisi membuat tato yang menutup wajah mereka.

16. Indein Villages

Destinasi tempat wisata di Myanmar
Sumber gambar: Wikipedia

Selain Desa Chin, Desa Indein atau Inthein yang berada di Taunggyi juga bisa menjadi tujuan wisata di Myanmar yang menarik. Daya tarik utama dari tempat wisata Myanmar satu ini adalah arsitektur bangunan-bangunan di desa yang masih sangat tradisional khas arsitektur vernakular Myanmar yang sangat unik dan indah.

Baca juga: Menyusuri 12 Desa Adat di Indonesia yang Mendunia

Bervariasi sekali bukan destinasi wisata yang ada di Myanmar? Obyek wisata Myanmar mana yang paling membuatmu penasaran? Daripada penasaran, segera rencanakan traveling-mu selanjutnya untuk menjelajahi keindahan negara ini.

Agar rencana liburan ke Myanmar jadi lebih mudah, mulai rencana liburan lewat aplikasi Tokopedia. Mulai dari beli perlengkapan traveling, pesan tiket pesawat, hingga kamar hotel dan tiket hiburan bisa dilakukan dengan mudah melalui Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

© 2009-2023, PT Tokopedia