• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Destinasi Wisata di Kepulauan Nias Terbaik

Share

11 Destinasi Wisata di Kepulauan Nias Terbaik

Tempat Wisata di Nias – Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi liburan favorit. Bila banyak orang yang mengidentikkan wisata di Sumatera Utara dengan Danau Toba, ternyata ada daya tarik wisata lainnya yang tak kalah indah untuk ditelusuri, lho. Kepulauan Nias salah satunya.

Berbagai destinasi tempat wisata di Nias terkenal sebagai surga tersembunyi di Sumatera Utara. Tak cuma keindahan panorama alam, kebudayaan dan juga tradisi yang ada di Nias juga menjadi keunikan tersendiri.

Yuk, intip berbagai tujuan tempat wisata di Kepulauan Nias dan sekitarnya yang wajib dikunjungi berikut:

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kepulauan Talaud Terindah!

Rekomendasi Tempat Wisata di Nias dan Sekitarnya

1. Pantai Tureloto

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: Tribunnews

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, Pantai Tureloto memiliki pemandangan yang sangat memukau. Selain birunya lautan, komposisi bebatuan karang yang terhampar di bibir pantai menambah eksotisme dari tempat wisata di Nias satu ini.

Kadar garam yang tinggi pada perairan di sekitar pantai juga membuat pantai ini kerap dijuluki “Laut Mati”-nya Indonesia.

2. Pulau Wunga Laguna

Destinasi wisata pantai selanjutnya di Nias berada di Pulau Wunga. Pantai berbentuk Laguna ini tercipta dari bencana gempa pada 2005 silam. Objek wisata Nias satu ini terkenal akan kebersihannya dan tentunya pemandangan alam yang masih sangat asri.

3. Pantai Toyolaya

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: Super Adventure

Alternatif destinasi wisata di Nias selanjutnya adalah Pantai Toyolawa yang terkenal sebagai salah satu pantai indah yang masih sangat sepi pengunjung. Salah satu aktivitas favorit di daerah wisata ini adalah berenang sembari menikmati keindahan alam bawah laut ataupun sekedar bersantai di pinggir pantai mengamati deburan ombak.

4. Pantai Gawu Soyo

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: Sportourism

Berbeda dengan wisata pantai pada umumnya, Pantai Gawu Soyo populer dengan hamparan pasirnya yang berwarna tak biasa, yakni merah muda. Perpaduan warna merah muda dan birunya air laut memberikan panorama yang sangat instagramable di tempat wisata Nias satu ini.

Objek wisata di Nias ini juga sarat akan kisah legenda mengenai pemuda bernama Laowomaru yang berhasil membunuh naga di pantai ini. Darah dari naga tersebutlah yang akhirnya memberikan warna kemerahan pada pasir pantai ini.

perlengkapan traveling

5. Pulau Asu

Pulau Asu merupakan tujuan wisata di Nias yang sangat populer. Kepopulerannya bahkan membuatnya kerap dijuluki sebagai “The Paradise on Earth”. Mulai dari pemandangan pantai yang indah, ombak yang menantang untuk surfing, hingga panorama alam bawah laut yang cantik untuk diving menjadi alasan mengapa banyak traveler mengunjungi objek wisata di Nias satu ini.

6. Pantai Sorake

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: INews

Untuk Toppers penggemar olahraga surfing, Pantai Sorake adalah salah satu destinasi wisata di Nias yang wajib untuk dikunjungi. Dengan ombak mencapai 30 meter, Pantai Sorake sangatlah populer bagi para penggemar surfing di seluruh dunia. Tak hanya ombaknya saja, tentu pemandangan asri khas pantai Nias menjadi nilai tambah dari destinasi tempat wisata Nias ini.

7. Desa Bawomataluo

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: Tempo

Tak cuma keindahan pantai dan alamnya, Nias juga terkenal akan kebudayaannya. Jika Toppers ingin mengenal lebih dekat mengenai budaya masyarakat Nias, Desa Bawomatalua bisa jadi tujuan wisata yang tepat saat singgak ke Nias.

Selain bisa merasakan atmosfer desa adat dengan bangunan-bangunan tradisional, disini Toppers bisa menyaksikan “Hombo Batu” atau lompat batu, kebudayaan lokal Nias yang sudah sangat tersohor.

8. Desa Wisata Orahili

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: Sumut Post

Selain Desa Bawomatalua, ada pula Desa Wisata Orahili yang merupakan wilayah megalithiukum tertua di Indonesia. Konon, Desa ini telah berdiri sejak 1.000 – 1.500 tahun sebelum masehi yang bisa dilihat dari dengan banyaknya peninggalan megalitik di Desa Orahili seperti berbagai jenis dan bentuk patung manusia, batu yang ditata berdiri tegak, batu datar dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Museum Pusaka Suku Nias

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: Steemit

Masih belum puas mempelajari mengenai budaya dan tradisi dari Nias? Cobalah kunjungi Musem Pusaka Nias, sebuah museum yang berisikan koleksi berbagai benda-benda budaya, seni, dan benda lainnya yang mengandung nilai sejarah bagi masyarakat Nias. Tempat wisata Nias satu ini tepat menjadi salah satu sarana edukasi yang menarik saat berlibur ke kepulauan Nias.

10. Air Terjun Humogo

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: Kompas

Wisata alam di Nias tak melulu soal pantai dan lautan. Toppers juga bisa coba kunjungi Air Terjun Humogo, salah satu objek wisata di Nias yang terkenal akan keindahan panoramanya. Berada di lingkungan alam yang asri, berkunjung ke destinasi wisata Nias ini akan berikan Toppers nuansa menyegarkan.

11. Kepulauan Hinako

Destinasi tempat wisata di Nias
Sumber gambar: GoMedan

Sebelumnya kita telah membahas Pulau Asu, salah satu tujuan wisata di Nias yang populer. Pulau Asu sendiri merupakan bagian dari Kepualau Hinako, gugusan kepulauan di kawasan Nias yang memang sudah sangat diakui keindahannya. Tak cuma Pulau Asu, di kawasan wisata kepulauan di Nias ini Toppers bisa menemukan berbagai pulau-pulau kecil indah lainnya untuk bertualang.

Baca: 9 Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau Favorit

Siapa sangka ada banyak sekali surga tersembunyi yang berada di Kepulauan Nias. Untuk liburanmu selanjutnya, berbagai objek wisata di Nias tersebut sangat pas untuk jadi pilihan refreshing dan menenangkan diri dari kepenatan aktivitas kota.

Tertarik jelajahi keindahan dari pariwisata Nias? Yuk, segera pesan tiket perjalanan melalui aplikasi Tokopedia dan mulai petualangan seru menjelajahi surga dunia yang tersembunyi di kepulauan Nias.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
© 2009-2024, PT Tokopedia