12 Tujuan Wisata Palangka Raya, Kalimantan Tengah Favorit

0
5055
Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: Situs Budaya

Tempat Wisata di Palangka Raya – Sebagai ibukota dari Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya merupakan salah satu kota terluas di Indonesia. Luas dari Palangka Raya sendiri sekitar 3,6 kali lipat dari luas Kota Jakarta.

Dibangun pada 1957, Palangka Raya awalnya direncanakan oleh Presiden Ir.Soekarno sebagai ibukota Indonesia di masa yang akan datang menggantikan Jakarta. Selain fakta sejarah ini, daya tarik lain dari kota ini adalah berbagai destinasi wisata di Palangka Raya yang tak kalah menarik dibandingkan wilayah-wilayah di Kalimantan lainnya.

Untuk Toppers yang memiliki rencana untuk traveling ke Palangka Raya, berikut rekomendasi tempat wisata di Palangka Raya yang bisa jadi pilihanmu.

Baca juga: Mencicipi 13 Makanan Khas Palangkaraya Terlezat

Rekomendasi Destinasi Wisata Palangkaraya Terbaik

1. Jembatan Kayahan

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: Kalteng Ekspress

Membentang sepanjang 640 meter melintasi Sungai Kahayan, Jembatan Kahayan memegang peranan penting dalam transportasi di Kota Palangka Raya. Selain itu, struktur megah jembatan ini juga menjelma sebagai salah satu tujuan wisata di Palangka Raya yang cukup menarik.

Tak jauh dari obyek wisata Palangka Raya ini, terdapat Taman Pasuk Kamelus, sebuah taman kota dimana Toppers bisa menikmati keindahan dan kemegahan dari Jembatan Kahayan.

Disarankan untuk mengunjungi destinasi tempat wisata ini di sore ini karena pemandangan matahari terbenam yang membentuk siluet Jembatan Kahayan sangatlah indah.

Lokasi: Jl. S. Parman, Langkai, Pahandut, Kota Palangka Raya

2. Sungai Kahayan

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: Get Borneo

Sebagai salah satu sungai terpanjang di Kalimantan yang juga melintasi kota Palangka Raya, Sungai Kahayan jelas menjadi salah satu destinasi wisata di Palangka Raya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Wisata menyusuri Sungai Kahayan, Toppers tak cuma akan disuguhkan dengan pemandangan asri disepanjang Sungai Kahayan, namun juga kehidupan Suku Dayak yang masih menghuni tepian dari sungai ini.

3. Bukit Tangkiling

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: Detik

Bukit Tangkiling merupakan salah satu destinasi wisata di Palangka Raya yang menarik untuk disambangi selanjutnya. Dipuncak bukit setinggi 500 meter ini, Toppers bisa berziarah ke biara pertapaan atau Bukit Doa Karmet serta Pura Kaharingan dan Pura Sali Paseban yang berdiri harmonis berdamping-dampingan.

Selain itu, Toppers juga bisa melakukan trekking menjelajahi keindahaan alam di tempat wisata Palangkaraya satu ini. Hijau dan rimbunnya pepohonan tentu mampu memberikan atmosfer yang menyegarkan.

Lokasi: Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya

4. Danau Tahai

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: Wikipedia

Rekomendasi tempat wisata di Palangka Raya selanjutnya adalah Danau Tahai, danau gambut dengan air yang berwarna kemerahan karena akar-akar pepohonan gambun yang menjalar di perairan ini.

Daya tarik lainnya dari objek wisata Palangka Raya ini adlaah keberadaa rumah-rumah terapung yang dikenal dengan nama “Rumah Lanting” yang terhubung satu sama lainnya dengan jembatan kayu.

Menikmati keindahan dari Danau Tahai sembari menyusuri jembatan kayu ini tentu akan jadi pengalaman yang mampu menyegarkan pikiran.

Lokasi: Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya

5. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: GetBorneo

Tak jauh dari Danau Tahai, terdapat destinasi tempat wisata di Palangka Raya lainnya yakni Penangkaran Orang Utan Bos Nyaru Menteng yang dimiliki oleh Yayasan Borneo Orang Utan Survival.

Tak cuma bisa melihat orang utan langsung di habitatnya yang masih asri, Toppers juga bisa berinteraksi langsung dengan orang utan yang hidup di penangkaran ini, lho.

Lokasi: Jl. Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

6. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang, Pangkalan Bun

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: Situs Budaya

Salah satu hal wajib saat berlibur ke Kalimantan, termasuk ke Palangka Raya adalah mengenal lebih dekat kebudayaan dari masyarakat Dayak. Berlokasi di Pangkalan Bun, Toppers bisa melihat langsung replika dari rumah adat “Betang” khas masyarakat Dayak di Pasir Panjang.

Menjadi salah satu tempat wisata di Palangka Raya, Toppers tak hanya bisa mengenal lebih dekat arsitektur dari rumah adat tetapi juga mengenal kebudayaan dan adat istiadat Dayak karena di rumah adat ini masih sering dijadikan sebagai pusat dari upacara adat, acara-acara kesenian dan pertunjukkan adat lainnya.

Lokasi: Desa Pasir Panjang, Jalan Utama Pasir Panjang

Baca juga: 7 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah Terbaik

7. Museum Balanga

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: MMC Kalteng

Alternatif wisata di Palangka Raya lainnya untuk Toppers yang masih ingin mengetahui lebih banyak mengenai Suku Dayak adalah Museum Balanga. Di sarana wisata edukasi ini, Toppers bisa melihat berbagai artefak dan hal-hal berkaitan dengan masyarakat Dayak mulai dari replika rumah adat, baju-baju tradisional, senjata, hingga berbagai perlengkapan ritual upacara serta hal-hal menarik lainnya.

Lokasi: Jl. Tjilik Riwut No.KM, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya

8. Fantasy Beach

Meskipun dikenal dengan nama Fantasy Beach, tempat wisata di Palangka Raya satu ini bukanlah pantai melainkan sebuah danau buatan yang terbentuk dari bekas penambangan pasir. Dilengkapi berbagai wahana rekreasi air mulai dari sepeda air hingga tempat memancing, Fantasy Beach menjadi salah satu pilihan tujuan wisata keluarga di Palangka Raya favorit.

Lokasi: Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah

9. Pantai Ujung Pandaran

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: Berita Sampit

Untuk yang ingin berburu keindahan pantai, di Palangka Raya Toppers bisa coba mengunjungi Pantai Ujung Pandaran yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Selain keindahan alam, jika beruntung Toppers juga bisa menyaksikan ritual Simah Laut yang diadakan setiap tahunnya sebagai penolak bala.

Lokasi: Ujung Pandaran, Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

10. Taman Nasional Sebangau

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: Kompas

Di Palangka Raya juga terdapat beberapa Taman Nasional yang bisa jadi pilihan destinasi wisata yang cocok untukmu yang berjiwa petualang, salah satunya Taman Nasional Sebangau.

Destinasi tempat wisata di Palangka Raya satu ini merupakan rumah bagi 808 jenis flora, 182 jenis burung, 54 spesies ular serta 35 spesies mamalia termasuk juga satwa-satwa seperti Orang Utan, Bekantan, Owa, Beruang Madu, Burung Rangkong dan satwa-satwa dilindungi lainnya.

Lokasi: Desa Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

11. Taman Nasional Tanjung Puting

Sumber gambar: Situs Budaya Indonesia

Selain Taman Nasional Sebangau, ada pula Taman Nasional Tanjung Puting yang merupakan salah satu cagar biosfer yang ditetapkan oleh UNESCO.

Berada di Teluk Pulai, obyek wisata di Palangka Raya ini juga merupakan habitat bagi berbagai habitat satwa dan flora dilindungi yang sangat penting dalam tak hanya dalam hal edukasi namun juga penelitian-penilitian di bidang terkait.

Lokasi: Teluk Pulai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

12. Taman Nasional Bukit Raya

Destinasi tempat wisata di Palangkaraya
Sumber gambar: OrangUtan

Tempat wisata di Palangka Raya lainnya yang berupa Taman Nasional adalah Taman Nasional Bukit Raya yang juga berperan sebagai wilayah resapan air untuk wilayah-wilayah di sekitarnya.

Sama seperti halnya Taman Nasional di Kalimantan lainnya, destinasi wisata alam di Palangka Raya ini merupakan rumah bagi hewan-hewan endemik yang dilindungi seperti Beruk Sikan Seluang, Baung Adung, Orang Utan, dan berbagai spesies satwa lainnya.

Lokasi: Rantau Malam, Serawai, Sintang, Kalimantan Barat

Baca juga: Petualangan Menyusuri 22 Taman Nasional di Indonesia

Dengan banyaknya pilihan destinasi wisata yang ada di Palangka Raya, tentu menjadikan kota ini tujuan liburan yang cukup menarik di Kalimantan Tengah, bukan? Tempat wisata Palangka Raya mana yang jadi favoritmu?

Yuk, permudah rencana petualanganmu menyusuri beragam pesona wisata di Palangka Raya tersebut dengan Tokopedia. Tak cuma bisa beli perlengkapan traveling dengan mudah dan praktis, kini pesan tiket pesawat, kereta api, hotel, hingga tiket-tiket wahana rekreasi bisa dilakukan juga di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!