Berlibur ke 15 Tempat Wisata di Pangkal Pinang Bangka Terbaik

0
4548
Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Flickr

Tempat Wisata di Pangkal Pinang – Pangkal Pinang, ibukota provinsi Bangka Belitung Indonesia ini memang menjadi salah satu pilihan berlibur menarik. Bagaimana tidak? Dari data BPS Pangkal Pinang hingga tahun 2015 saja, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ada sekitar 1030 pengunjung tiap tahunnya dan wisatawan domestik sejumlah 170.000 wisatawan. Cukup banyak, bukan?

Jika kamu berlibur ke Pangkal Pinang, kira-kira objek wisata apa saja ya yang terbaik dan wajib kamu kunjungi? Nah, Tokopedia kali ini akan memberikanmu rekomendasi 15 tempat wisata di Pangkal Pinang. Yuk simak, Toppers!

Baca juga: 5 Pantai di Belitung Tersembunyi yang jadi Favorit Wisatawan

Tempat Wisata di Pangkal Pinang Terbaik

1. Pantai Pukan

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Tribunnews Bangka

Pantai Pukan adalah salah satu pantai yang perlu kamu datangi di Kota Pangkal Pinang. Walaupun tidak persis berada di kota, Pantai Pukan tetap mudah untuk diakses apalagi bagi kamu yang menyewa kendaraan atau memiliki kendaraan pribadi.

Lokasi: Jalan Lintas Timur, Selindung, Kec. Gabek, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Rp 5.000. Sewa pondok kisaran Rp 50.000

2. Bangka Botanical Garden

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Sebelum menjadi kawasan agrowisata di Bangka, kawasan ini adalah bekas galian tambang timah. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu dapat menikmati suasana sejuk alam sambil belajar mengenai pertanian, peternakan, dan perikanan terpadu secara organik. Terdapat peternakan kuda sebagai wisata edukasi bagi anak-anak.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 08.00-18.00
Harga Tiket: Gratis

3. Jembatan Emas Pangkal Pinang Bangka

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: InfoNawacita

Jembatan ini adalah jembatan yang terkenal di Kota Pangkal Pinang. Jembatan yang ditopang struktur gantungan dengan kabel ini memiliki pemandangan  indah terutama di malam hari. Bagian tengah jembatan ini bisa dibuka untuk kapal yang melintasdi Sungai Pangkal Balam.

Lokasi: Ketapang, Pangkal Balam, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

4. Alun-Alun Taman Merdeka

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Wisata Lengkap

Alun-alun Taman Merdeka sangat ramai dikunjungi apalagi di malam hari. Terdapat beberapa wahana permainan seru dan pedagang yang menjajakan kuliner nikmat. Atau, jika kamu hanya ingin bersantai, kamu bisa berjalan-jalan di taman yang ada

Lokasi: Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Masjid Raya Tua Tunu

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Kemenag

Masjid Kayu Tua Tunu terletak sekitar 7 km, tidak terlalu jauh dari pusat Kota Pangkalpinang. Berada di tengah hutan yang asri, dan arsitektur bangunan yang menawan, Masjid Raya Tua Tunu merupakan tempat wisata di Pangkal Pinang  yang cocok untuk wisata religi bagi pemeluk Islam.

Lokasi: Tua Tunu, Gerunggang, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Kelenteng Dewi Laut

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Flickr

Kelenteng ini konon telah berumur ratusan tahun, menjadikannya salah satu kelenteng bersejarah di kota ini.  Selain kelenteng Dewi Laut, terdapat beberapa kelenteng lain yang ada di Pangkalpinang. Namun cantiknya kelenteng ini menyuguhkan pemandangan berbeda karena letaknya yang menghadap langsung ke laut.

Lokasi: Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Rp. 5.000

7. Museum Timah Indonesia

objek wisata bangka - museum timah

Museum ini juga jadi salah satu daftar objek wisata di Pangkal Pinang yang populer. Pulau Bangka terkenal sebagai penghasil timah di Indonesia. Museum ini menyajikan cerita sejarah serta koleksi mengenai Bangka Belitung dan kelekatannya dengan aktivitas pertambangan.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.17, Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: Senin-Sabtu 09.00 – 15.00
Harga Tiket: Rp 5.000

8. Rumah Jendela Inspirasi

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Kompas

Rumah tempat wisata di Pangkal Pinang ini cukup unik karena dihiasi dengan jendela bekas yang dicat warna warni. Ratusan jendela dengan berbagai ukuran menghiasi nyaris sebagian besar bangunan yang terdiri dari dua lantai tersebut. Disini Toppers  bisa bersantai dan berfoto sembari melihat-lihat benda bernilai seni sengaja yang sengaja dipajang untuk memberikan pengetahuan tentang seni kepada pengunjung.

Lokasi: Jalan Haji Romawi Latief, Gerunggang, Kacang Pedang, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 10.00-22.00
Harga Tiket: Gratis

9. Menara Air Minum

Sumber gambar: GPS Wisata Indonesia

Menara ini adalah instalasi air minum yang pada jamannya mampu melayani lebih dari 10.000 penduduk Pangkal Pinang saat itu. Bangunan menara ini serupa dengan dua buah tangki raksasa yang disokong oleh instalasi bangunan yang ada di dalamnya ada pipa-pipa besar yang berperan untuk mengalirkan air ke tempat tinggal semua penduduk Pangkalpinang.

Lokasi: Kompleks Perumahan Timah Bukit, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

perlengkapan traveling

10. Gereja Maranatha

Gereja memang terkenal dengan arsitekturnya yang menarik. Suasana Gereja Maranatha yang syahdu akan membuat kamu betah berlama-lama disini.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Opas Indah, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional:
Harga Tiket: Gratis

11. Kelekak Community Bangka Belitung

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Radar Bangka

Dari 5 km pusat Kota terdapat Kelekak Community, merupakan kawasan hutan masyarakat yang dikembangkan menjadi keindahan alam berhias budaya lokal Bangka. Para pelancong dapat menikmati keindahan alam hutan, permainan budaya Bangka, mengunjungi rumah adat Bangka, peralatan dan perlengkapan tradisional masyarakat Bangka, makanan khas Bangka serta tempat peribadatan masjid kayu yang bercirikan budaya lokal.

Lokasi: Kawasan Hutan Taklok Tuatunu Pangkalpinang
Jam Operasional: 10.00-20.00
Harga Tiket:

12. Babel Bhay Park

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Deskgram

Salah satu tempat wisata di Pangkal pinang ini tersedia trek mengelilingi danau untuk jalan santai atau joging. Di sepanjang trek, terdapat sejumlah titik photo hunting menarik untuk sekedar ber-selfie ria atau bersantai dengan keluarga . Selain itu, juga terdapat kedai di sekitar lintasan joging. Jika kamu lelah atau sekedar ingin berkumpul dengan keluarga dan kerabat, kamu bisa beristirahat sambil memesan menu makanan atau minuman tersedia di cafe tersebut.

Lokasi: Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

13. Pantai Pasir Padi

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Tribunnews

Pantai ini cocok untuk kamu masukkan kedalam daftar tempat wisata di Pangkal Pinang yang harus kamu kunjungi. Nikmati keindahan pantai ditemani dengan hembusan angin pantai yang menenangkan.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

14. Kelenteng Kwan Tie

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Bangka Pos

Salah satu kelenteng tempat wisata di Pangkal Pinangyang bagus bisa kamu kunjungi di Pangkal Pinang, Kelenteng Kwan Tie. Pada Gang Singapur dan Pasar Mambo dekat Kwan Tie Miaw ini, sedang dikondisikan untuk menjadi China Town-nya Pangkal Pinang.

Lokasi: Jl. MH Muhidin No.1, Bintang, Rangkui, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Rp 5.000

15. Taman Wisata Kolong

Objek wisata Pangkal Pinang
Sumber gambar: Babel Review

Ini adalah tempat wisata di Pangkal Pinang yang menawarkan berbagai permainan air yang seru. Kamu bisa datang kesini sambil membawa keluarga dan bermain-main air untuk melepas penat.

Lokasi: Bacang, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang
Jam Operasional: 09.00 – 17.30
Harga Tiket: Rp 10.000 per orang

Baca juga: 3 Kedai Kopi Legendaris di Belitung yang Bisa Jadi Tempat Nongkrong Seru

Itulah tadi 15 tempat wisata favorit terbaik di Pangkal Pinang rekomendasi Tokopedia. Banyak kan? Nah maka dari itu, segera persiapkan rencana tempat wisata yang akan kamu kunjungi dan cari perlengkapan travelling terbaik hanya di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel