16 Tujuan Wisata di ‘Kota Batik’ Pekalongan Terbaik

0
131
Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: SeribuKabar

Tempat Wisata di Pekalongan – Berada di kawasan jalur pantura yang menghubungkan langsung JakartaSemarangSurabaya dan juga berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Pekalongan merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan akan adat dan kebudayaannya. Mengunjungi Pekalongan, Toppers bisa menemukan beragam adat dan ritual seperti Sedekah Bumi, Syawalan, dan berbagai kebudayaan lainnya yang mungkin tak bisa dijumpai di daerah lainnya di Pulau Jawa.

Selain itu, Pekalongan juga dikenal sebagai Kota Batik karena tak cuma menjadi salah satu daerah penghasil Kain Batik, Batik Pekalongan sendiri memiliki ciri khas-nya tersendiri yang membuatnya digemari, khususnya para kolektor Batik.

Kekayaan adat dan budaya inilah yang menjadikan Pekalongan salah satu tujuan wisata yang cukup menarik untuk dijelajahi. Berikut rekomendasi tempat-tempat wisata di Pekalongan populer yang bisa jadiwi referensimu saat berkunjung ke Pekalongan!

Baca juga: 18 Destinasi Wisata Magelang untuk Alternatif Liburan

Rekomendasi Tempat Wisata di Pekalongan

1. Puncak Tugu Petungkriono

Destinasi tempat wisata  di Pekalongan
Sumber gambar: Cinta Pekalongan

Berbicara soal tempat wisata di Pekalongan, Puncak Tugu Petungkriono adalah salah satu pilihan destinasi yang kin tengah hits. Berada di Pegunungan Kandeng, di obyek wisata Pekalongan ini terdapat sebuah Tugu peninggalan Belanda sejak abad ke-17 yang dinamakan Tugu Trianggulasi.

Selain Tugu bersejarah ini, tentu panorama alam dari ketinggian yang sangat memukau jadi alasan utama mengapa Puncak Tugu Petungkriono menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Pekalongan.

Berkunjung ke obyek wisata Pekalongan ini, jangan lupa bawa kamera dan lensa terbaikmu untuk mengabadikan momen serta pemandangan yang indah di tempat ini, ya!

Lokasi: Tlogohendro, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah.

2. Bukit Watu Ireng

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Wisata Nasional

Berbeda dengan bukit sebelumnya, destinasi wisata di Pekalongan selanjuntya ini merupakan monolit alias sebuah batu berukuran sangat besar sehingga menjadi seperti bukit.

Memiliki luas mencapai 2 hektar, Bukit Watu Ireng memiliki ciri khas warnanya yang gelap kehitaman. Namun, pada bagian puncak bukit terdapat rerumputan dan vegetasi lainnya yang tumbuh.

Lokasi: Desa Lambur, Kandang Serang, Pekalongan, Jawa Tengah.

3. Bukit Pawuluhan

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Cinta Pekalongan

Tujuan tempat wisata di Pekalongan selanjutnya adalah Bukit Pawuluhan yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan momen matahari terbit yang sangat indah.

Namun, untuk bisa mencapai puncak dari tempat wisata Pekalongan ini, Toppers perlu menempuh medan perjalanan yang tak mudah. Tapi, dengan pemandangan asri dari pepohonan dan juga persawahan, tentu medan yang sulit ini akan terasa lebih ringan.

Lokasi: Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah

4. Mangrove Park Pekalongan

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Tak cuma perbukitan-perbukitan indah, Pekalongan yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa juga menawarkan ragam wisata alam bahari yang menarik, salah satunya adalah Mangrove Park Pekalongan.

Kawasan Ekowisata yang juga berperan untuk mencegah abrasi pantai ini menawarkan suasana hutan bakau yang sangat eksotis. Menyusuri tempat wisata dai melalui jembatan dengan hutan bakau di kiri dan kanan yang membentuk lorong mampu memberikanmu pengalaman tersendiri.

Lokasi: Desa Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

5. Curug Bajing

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Kabupaten Pekalongan

Daya tarik wisata lainnya yang bisa Toppers temukan di Pekalongan adalah air terjun atau curug, seperti Curuh Bajing yang berada di ketinggian 1300 mdpl. Aliran air terjun setinggi 70 meter ini berada di tengah-tengah kawasan yang masih alami sehingga semakin menambah keindahan dan kesegaran dari tempat wisata di Pekalongan satu ini.

Lokasi: Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

6. Curug Muncar

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Wisata Nasional

Wisata Curug lainnya di Pekalongan adalah Curug Muncar yang berlokasi di kawasan lereng Gunung Rogojembangan di dalam hutan milik Perhutani. Meskipun berada di kawasan yang masih sangat alami, fasilitas di kawasan wisata Pekalongan satu ini cukup memadai, lho.

Lokasi: Jl. Songgodadi, Watugajah, Curugmuncar, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah

7. Kedung Si Pingit Petungkriyono

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Tribunnews

Tak kalah menarik dari wisata air terjun sebelumnya, Kedung Si Pingit merupakan obyek wisata sejenis air terjun lainnya di Pekalongan. Meskipun air terjun di tempat ini tidak setinggi dan sederas destinasi wisata sebelumnya, tempat wisata Pekalongan ini digemari karena kesegaran air dan atmosfernya sehingga menjadi salah satu tujuan favorit untuk bermain air dan menyegarkan diri.

Dikelilingi tebing-tebing batu yang eksotis, memberikan nilai tambah bagi keindahan panorama di tempat wisata Pekalongan satu ini. Pemandangan ini pula yang membuat Kedung Si Pingit dijuluki “Black Canyon”

Lokasi: Desa Kayu Puring, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.

8. Pantai Wonokerto

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Pantainesia

Pekalongan juga terkenal akan keindahan pantai-pantainya. Berlokasi di Desa Wonokerto, Pantai Wonokerto adalah salah satu pilihan destinasi wisata pantai di Pekalongan yang terkenal akan panorama matahari terbenamnya yang sangat indah.

Untuk menyusuri keindahan kawasan wisata di Pekalongan ini, Toppers juga bisa menyewa perahu nelayan dan menyusuri garis pantai Wonokerto ini.

Lokasi: Desa Wonokerto, Wonokerto, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

9. Pantai Pasir Kencana

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Akurat

Wisata pantai di Pekalongan selanjutnya adalah Pantai Pasir Kencana yang lokasinya tak begitu jauh dari Pusat Kota Pekalongan. Tak hanya jarak yang mudah dijangkau, fasilitas di tempat wisata Pekalongan satu ini juga sangatlah lengkap mulai dari sarana Aquarium dimana Toppers bisa mengamati lebih dekat ragam biota laut, jembatan kanal, hingga panggung hiburan. Tak heran jika destinasi wisata di Pekalongan ini menjadi salah satu tujuan rekreasi favorit.

Lokasi: Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

10. Pantai Slamaran

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Republika

Dengan bebatuan penahan gelombang di sepanjang garis pantai, Pantai Slamaran adalah alternatif destinasi wisata di Pekalongan selanjutnya yang berlokasi tak begitu jauh dari Pantai Pasir Kencana.

Selain pemandangannya, daya tarik lain dari tempat wisata ni adalah legenda mengenai Dewi Lanjar yang dipercaya memiliki Keraton di pantai ini. Konon, Dewi Lanjar merupakan perempuan yang baru saja ditinggal mati oleh suaminya dan tengah berduka. Ia kemudian diangkat menjadi pengikut Ratu Kidul dan diperintahkan untuk mencegah Raden Bahu membuka hutan. Sayangnya ia kemudian dikalahkan dan memohon izin agar tetap bisa tinggal di laut Pekalongan.

Pantai Pasir Kencana dan Pantai Slamaran Indah jarakanya berdekatan, hanya terpisah oleh pelabuhan. Pemandangan kedua pantai ini pun mirip, dengan batu-batu penahan gelombang di sepanjang pantainya. Yang menarik, pantai ini memiliki cerita legenda tentang Dewi Lanjar.

Lokasi: Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

11. Museum Batik

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Liputan 6

Sebagai Kota Batik, tentu Batik menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Pekalongan. Untuk mengenal lebih dekat salah satu bentuk kebudayaan Indonesia yang telah diakui dunia ini, Toppers bisa mengunjungi Museum Batik yang berada di Pekalongan.

Beragam koleksi Batik bisa Toppers temukan di tempat wisata edukasi Pekalongan ini, mulai dari batik kuno, batik modern, dan ratusan jenis batik lainnya.

Lokasi: Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

12. Desa Wisata Bukit Lolong

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Tempo

Desa Wisata Lolong adalah tujuan wisata di Pekalongan lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Desa wisata ini memiliki fasilitas untuk berbagai kegiatan outdoor yang cukup lengkap termasuk lokasi arung jeram, tubing, hingga lokasi camping yang memiliki suasana pedesaan yang masih alami.

Jika Toppers berkunjung ke Desa ini ketikan musim Durian, maka Toppers bisa mengikuti festival Durian dan tentunya menikmati lezatnya buah Durian.

Lokasi: Karangrejo, Lolong, Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah

13. Kampung Batik Kauman

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Viva

Tujuan wisata selanjutnya di Pekalongan dimana Toppers bisa menikmati keindahan dari seni Batik adalah Kampung Batik Kauman. Selain lokasi desa yang berhias ragam pola batik, di sini Toppers bisa menyaksikan langsung proses pembuatan dari kain batik serta berbelanja berburu ragam pernak-pernik yang terbuat dari batik.

14. Wisata Bahari PPNP

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Cinta Pekalongan

Wisata Bahasi Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan atau yang lebih dikenal dengan nama Wisata Bahari PPNP adalah destinasi wisata Pekalongan lainnya yang tepat jika Toppers ingin menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan panorama Laut Jawa.

Telah dikelola dengan baik lengkap dengan berbagai fasilitas wisata, Wisata Bahari PPNP menjadi salah satu tujuan rekreasi keluarga favorit di Pekalongan.

Lokasi: Jalan W.R. Supratman, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

15. Gunung Rogojembangan

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: SeribuKabar

Untuk Toppers yang memiliki jiwa petualang dan memiliki hobi mendaki Gunung, maka Gunung Rogojembangan bisa menjadi destinasi tempat wisata di Pekalongan yang tepat untukmu.

Dengan puncak tertinggi mencapai 2.117 mdpl, Gunung Rogojembangan menawarkan keindahan panorama asri yang tak kalah mengagumkan dari destinasi wisata alam di Pekalongan lainnya.

Lokasi: Perbatasan Banjarnegara dan Pekalongan Jawa Tengah

16. Wisata Linggo Asri

Destinasi tempat wisata di Pekalongan
Sumber gambar: Tribunnews

Alternatif wisata di Pekalongan terkahir adalah Wisata Linggo Asri yang berlokasi di kawasan kaki Gunung Dieng yang terkenal akan atmosfer udaranya yang menyegarkan.

Tempat wisata di Pekalongan satu ini memiliki sarana rekreasi yang sangat lengkap mulai dari taman bermain anak, kebun binatang, kawasan outbond, lokasi arung jeram, dan berbagai fasilitas lainnya.

Lokasi: Yosorejo, Linggoasri, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah

Baca juga: 9 Oleh-Oleh Pekalongan paling Khas dan paling Diburu

Ternyata pesona wisata Pekalongan tidak hanya terbatas pada Batik-nya yang terkenal saja, bukan? Dengan variasi destinasi obyek wisata yang ada di Pekalongan, jelas Kota Batik ini layak jadi salah satu tujuan liburanmu selanjutnya.

Agar rencana liburan Toppers jadi lebih mudah dan praktis, download Aplikasi Tokopedia untuk beli perlengkapan traveling, pesan tiket pesawat dan tiket kereta, hingga tiket hiburan dan juga hotel. Kini, liburan jadi jauh lebih mudah!

Bagikan Artikel