Bertualang di 15 Destinasi Tempat Wisata di Purwokerto

0
128
Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Purwokerto Guidance

Tempat Wisata di Purwokerto – Tak hanya dikenal sebagai Ibukota Kabupaten Banyumas yang berada di Provinsi Jawa Tengah, Kota Purwokerto juga dikenal sebagai Kota Kripik, Kota Transit, dan juga Kota Wisata. Julukan Kota Wisata untuk Purwokerto tentu tak berlebihan karena ada banyak sekali destinasi wisata di Purwokerto yang populer di kalangan wisatawan.

Punya rencana untuk menjelajahi pesona pariwisata Kota Purwokerto? Cek rekomendasi tempat wisata Purwokerto paling favorit berikut!

Baca juga: 15 Oleh-Oleh Khas Malang Terpopuler Paling Favorit

Tempat Wisata Purwokerto Terbaik

1. Batu Raden

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Bon Voyage Jogja

Destinasi obyek wisata di Purwokerto yang pertama adalah Obyek Wisata Baturraden yang berada di kecamatan Baturaaden. Berada di kawasan bawah kaki dari Gunung Slamet, Obyek Wisata Baturraden bisa dikatakan merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Purwokerto.

Tak hanya karena pemandangan asri yang memukau, fasilitas-fasilitas dan sarana rekreasi di tempat ini juga sudah sangat lengkap mulai dari kolam renang anak, berbagai wahana permainan, hingga teater yang dibuat dari bekas pesawat terbang yang kerop digunakan untuk pemutara berbagai film edukasi anak.

2. Goa Sarabadak

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Sportourism

Selain menawarkan pemandangan asri, destinasi tempat wisata di Purwokerto selanjutnya ini juga memiliki panorama eksotis nan memukau. Menjadi tempat pertemuannya aliran air panas yang mengandung belerang dengan air dingin menciptakan bebatuan keemasan yang menghiasi bibir goa ini

3. Telaga Sunyi

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Merdeka

Sesuai dengan namanya, destinasi tempat wisata di Purwokerto satu ini merupakan tujuan yang tepat untuk mencari ketenangan. Telaga Sunyi yang sumber airnya berasal dari mata air gunung Slamet ini terkenal akan airnya yang jernih dan menyegarkan. Ditambah dengan rerimbunan alam, membuat tempat wisata Purwokerto ini mampu menyegarkan pikiran yang penat.

4. Curug Telu

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Sportourism

Tak jauh dari Obyek Wisata Baturraden, masih ada destinasi tempat wisata di Purwokerto lainnya yang bisa Toppers coba kunjungi yakni Curug Telu, air terjun dengan suasana tak kalah menyegarkan dari obyek wisata alam Purwokerto sebelumnya.

5. Curug Ceheng

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Purwokerto Guidance

Destinasi wisata air terjun lainnya selain Curug Telu yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Purwokerto adalah Curug Ceheng. Dengan aliran air yang cukup tinggi dan suasana sekitar yang masih sangat hijau membuat atmosfer di tempat wisata Purwokerto satu ini sangat meneduhkan. Telah dikelola sebagai tempat wisata, Topper tak perlu khawatir soal keamanan dari tempat wisata ini.

Baca juga: 18 Tujuan Wisata Pantai di Yogyakarta Terpopuler

6. Curung Nangga

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Flickr

Jika kedua air terjun sebelumnya memiliki satu aliran tinggi, berbeda dengan Curug Nangga. Alternatif wisata air terjun di Purwokerto ini memiliki aliran air yang berundak-undak bak tangga sehingga pemandangan yang diberikan menjadi semakin eksotis.

7. Bukit Trangguasih

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Merdeka

Purwokerto memang menyimpan panorama keindahan alam yang sangat memukau. Dengan berkunjung ke Bukit Trangguasih Toppers bisa menikmati keindahan panorama tersebut lebih leluasa dari ketinggian. Tak hanya itu, di destinasi tempat wisata Purwokerto ini Toppers juga bisa berkemah dan menikmati indahnya pemandangan kota Purwokerto ketika matahari telah terbenam.

8. Gunung Slamet

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Kompas

Untuk Toppers yang gemar mendaki, di Purwokerto juga terdapat destinasi wisata yang tepat untukmu. Sebagai gunung terbesar di Jawa Tengah, Gunung Slamet memang memiliki jalur pendakian yang tak mudah. Namun, dengan keindahan alam yang menakjubkan ketika di puncak tertinggi Gunung Slamet, tentu semua rasa lelah mendaki akan terbayarkan.

9. Museum Bank Rakyat Indonesia

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Situs Budaya

Kota Purwokerto juga terkenal sebagai kota berdirinya cikal bakal Bank Rakyat Indonesia yang kini telah menjadi salah satu bank terbesar milik pemerintah. Tak heran di lokasi awal berdirinya Bank Rakyat Indonesia kini Toppers bisa menemukan Museum Bank Rakyat Indonesia yang tak hanya menceritakan perjalanan panjang sejarah lembaga keuangan yang awalnya bernama “De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden”, namun juga berbagai koleksi peralatan keuangan kuno yang digunakan pada sistem perbankan di masa lampau.

10. Masjid Saka Tunggal

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Situs Budaya

Berlokasi di Desa Cikakak, Masjid Saka Agung adalah destinasi wisata religi yang bisa Toppers kunjungi di Purwokerto. Masjid yang telah berusia tua ini dahulu merupakan salah satu lokasi petilasan dari salah satu Wali Songo.

Selain itu, di sekitar Masjid Saka Agung Toppers juga bisa menemukan rerimbunan hutan pinus yang menjadi rumah bagi para kera jinak yang telah menghuni hutan tersebut sejak dahulu kala.

Baca juga: 12 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Terkenal paling Favorit

11. Bukit Watu Meja

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Bernas

Meskipun untuk bisa mencapai puncak dari tempat wisata Purwokerto selanjutnya ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit hingga setengah jam, namun pemandangan alam yang ditawarkan oleh Bukit Watu Meja akan sebanding dengan rasa lelah karena menelusuri rerimbunan alam di obyek wisata Purwokerto ini.

Apalagi, sesampainya di puncak Bukit Watu Meja terdapat warung-warung yang menjajakan beragam jajanan khas Purwokerto seperti Pecel dan Tempe Mendoan yang lezat.

12. Small World

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Radar Banyumas

Small World merupakan tujuan wisata di Purwokerto kekinian yang tengah hits di kalangan anak muda. Di tempat wisata Purwokerto ini Toppers bisa berburu foto-foto dan selfie di berbagai replika dari landmark-landmark dunia yang terkenal lengkap dengan berbagai properti pendukungnya.

13. Bukit Pandang Munggang

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Amazing Indonesia

Alternatif tujuan tempat wisata di Purwokerto selanjutnya adalah Bukit Pandang Munggang, destinasi wisata kekinian untuk berburu selfie dan foto-foto instagramable. Berbeda dengan Small World, di obyek wisata Purwokerto ini pemandangan dari ketinggian dengan properti-properti instagramable menjadi daya tarik utamanya.

14. Goa Maria Kaliori

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Trend Purwokerto

Bagi Toppers penganut agama Katholik, Goa Maria Kaliori bisa menjadi salah satu destinasi tempat wisata religi di Purwokerto yang bisa dikunjungi. Berdiri di kawasan seluas 5,6 hektar, berbagai fasilitas seperti gereja, pendopo untuk beristirahat, tamn, dan lainnya melengkapi Goa Maria Kaliori.

15. Pemandian Kalibacin

Destinasi tempat wisata di Purwokerto
Sumber gambar: Wacana

Pilihan tempat wisata di Purwokerto selanjutnya adalah Pemandian Kalibacin. Daya tarik utama dari tempat wisata Purwokerto satu ini adalah kolam pemandian air hangat yang terkenal akan khasiat dari kandungan belerang yang ada didalamnya yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Baca juga: 10 Makanan Tradisional Purwokerto yang Paling Khas

Sudah temukan destinasi wisata Purwokerto mana yang akan Toppers jelajahi saat menyambangi Kota Kripik ini? Agar bertualang di tempat-tempat wisata di Purwokerto jadi lebih maksimal, gunakan aplikasi Tokopedia untuk permudah rencana traveling-mu! Mulai dari pesan tiket kereta dan tiket pesawat, beli berbagai perlengkapan traveling hingga pesan tiket hiburan dan booking hotel bisa dilakukan semua di Tokopedia, lho.

Yuk, mulai sekarang juga rencanakan liburan praktis ke Purwokerto dengan aplikasi Tokopedia!

Bagikan Artikel