Manjakan Lidah di 9 Destinasi Wisata Kuliner Sidoarjo Terbaik

0
109
Wisata Kuliner di Sidoarjo
Sumber gambar: IDNTimes

Tempat Wisata Kuliner di Sidoarjo – Untuk Toppers pecinta wisata kuliner, Sidoarjo merupakan salah satu tujuan wisata kuliner menarik yang berada di wilayah Jawa Timur. Dengan latar belakang kekayaan kuliner khas, menjadikan banyak destinasi wisata kuliner di Sidoarjo pilihan favorit para pelancong.

Berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Sidoarjo terbaik dan paling populer yang dijamin bakalan manjakan lidahmu dengan berbagai cita rasa lezat dan khas!

Baca juga: 22 Destinasi Wisata Terbaik di Surabaya & Sekitarnya

Wisata Kuliner Sidoarjo Terbaik

1. Rawon Gajah Mada

Wisata Kuliner di Sidoarjo
Sumber gambar: Viva

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang sudah sangat populer. Di Sidoarjo sendiri, rawon menjadi tujuan wisata kuliner favorit khususnya untuk Toppers penggemar wisata kuliner malam hari.

Mulai buka setiap jam 9 malam hingga 3 subuh, Rawon Gajah Mada menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Sidoarjo yang tak pernah sepi dari pengunjung. Dikenal akan dagingnya yang empuk serta ukurannya yang besar, kuliner Sidoarjo ini semakin lezat didampingi dengan beragam tambahan lauk seperti tempe, telur asin, hingga sambal tauge.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Pekauman, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

2. Lontong Kikil Sapi Pak Wadekan

Wisata Kuliner di Sidoarjo
Sumber gambar: Tribunnews

Destinasi wisata kuliner legendaris di Sidoarjo selanjutnya adalah Lontong Kikil Sapi Pak Madekan. Kuliner Sidoarjo ini digemari karena cita rasa kuah yang kaya akan bumbu namun terasa pas dan tidak terlalu pekat. Dengan banyak varian sup, warung makan yang buka sejak pukul 12 siang hingga 10 malam ini bisa jadi pilihan kulineran di Sidoarjo yang tepat baik saat makan siang ataupun makan malam.

Lokasi: Jalan Raya Sepanjang Tani Nomor 2, Sepanjang, Taman, Sidoarjo.

3. Warung Apung Rahmawati

Wisata Kuliner di Sidoarjo
Sumber gambar: Warung Apung

Warung Apung Rahmawati adalah tempat makan di Sidoarjo selanjutnya yang sangat tepat masuk daftar wisata kuliner di Sidoarjo yang wajib dikunjungi. Tempat makan yang kental akan suasana tradisional ini hadir dengan berbagai menu khas Nusantara yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Salah satu menu andalan di Warung Apung Rahmawati adalah Ayam Bakar Bumbu Rujak yang memiliki cita rasa pedas dan manis yang berpadu pas. Untuk Toppers yang hendak kulineran di Sidoarjo bersama kelurga, tempat makan satu ini bisa jadi pilihan yang tepat!

Lokasi: Jalan H. Sunandar Priyo Sudarmo Nomor 20-22, Sidokare, Sidoarjo.

4. Lontong Kupang Pak Misari

Wisata Kuliner di Sidoarjo
Sumber gambar: IDNTimes

Untuk Toppers yang menyukai kuliner seafood, Kupang bisa jadi salah satu pilihan kuliner yang layak untuk dicicipi saat berwisata kuliner di Sidoarjo. Kupang sendiri merupakan sejenis kerang atau tiram yang berukuran kecil yang kerap menjadi bagian dari hidangan khas daerah-daerah di pesisir Jawa Timur.

Di Sidoarjo sendiri, Toppers bisa mencoba Lontong Kupang Pak Misari yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Tempat makan di Sidoarjo yang terkenal ini menyajikan panganan kupang yang dilengkapi dengan kuah gurih yang sangat lezat bersama potongan lontong yang mengenyangkan.

Beroperasi sejak jam 9.30 pagi, tempat makan ini kerap diburu dan tutup sekitar jam 2 siang atau ketika semua Lontong Kupang habis terjual. Jadi, pastikan Toppers datang lebih awal agar tak kehabisan kuliner legendaris dari Sidoarjo ini, ya!

Lokasi: Jl. Mojopahit No.62, Bulusidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo

Baca juga: 15 Tujuan Wisata Kuliner Malang Favorit

5. Depot Ayam Goreng Gringging Lombok

Depot Ayam Goreng Gringging Lombok adalah tempat makan di Sidoarjo selanjutnya yang selalu diburu para traveler yang hendak wisata kuliner di Sidoarjo. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini tekenal akan sajian ayam gorengnya yang terkenal sangat gurih dan memiliki dahing sangat empuk. Dilengkapi lalapan segar serta sambal, destinasi wisata kuliner di Sidoarjo ini sangat pas untuk Toppers pecinta panganan ayam goreng.

Lokasi: Jalan Raya Tropodo No. 12B, Kepuhkiriman, Waru, Kabupaten Sidoarjo

6. Depot Langgeng

Tempat makan di Sidoarjo lainnya yang bisa jadi alternatif wisata kuliner di Sidoarjo adalah Depot Langgeng yang terkenal akan hidangan Sop Buntut yang sangat lezat. Tak hanya Sip Buntut, berwisata kuliner ke tempat makan ini, Toppers juga bisa mencicipi ragam sajian lezat lainnya seperti berbagai menu Iga serta beragam pepes yang nikmat.

Lokasi: Jl. Kh. Mukmin No.67, Sidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo

7. Ote Ote Porong

Bicara soal wisata kuliner khas Sidoarjo, tentu Ote-ote Porong adalah salah satu menu yang wajib untuk dicicipi. Jajanan tradisional yang terbuat dari berbagai bahan seperti rumput laut, tiram, dan daging-dagingan ini bisa Toppers temui di Rumah Makan Putri Sundah yang berada di seberang tanggul lumpur Lapindo.

Tempat makan di Sidoarjo ini sendiri sangat tradisional dan terkesan sangat tua. Namun, soal rasa masakan? Tentu banyak menu lezat lainnya yang bisa Toppers temukan selain Ote-ote Porong saat berwisata kuliner ke sini.

Lokasi: Jl. Raya Porong No.120, Mindi, Porong, Kabupaten Sidoarjo

8. Kedai Pakcik Abin

Jika Toppers yang ingin mencicipi masakan khas Melayu dan berbagai hindangan tradisional khas Sumatera, Kedai Pakcik Abin bisa jadi tujuan wisata kuliner di Sidoarjo selanjutnya yang bisa dikunjungi.

Salah satu hidangan andalan di tempat makan ini adalah mie aceh kepiting yang disajikan bersama seekor kepiting utuh sehingga mampu memuaskan rasa lapar Toppers. Tertarik mencicipinya?

Lokasi: Jl. Pagerwojo No.01, Nggrekmas, Pagerwojo, Sidoarjo, Jawa Timur

9. Sentra Kupang

Destinasi wisata kuliner di Sidoarjo lainnya yang bisa jadi tempat Toppers berburu sajian Kupang yang sangat khas adalah Sentra Kupang yang berada di Jalan Gedangan. Di sini, Toppers bisa temukan banyak penjual kuliner Lontong Kupang dan berbagai kuliner khas lainnya menjadikan tempat ini salah satu surga kuliner yang ada di Sidoarjo.

Lokasi: Jalan Raya Gedangan, Sidoarjo.

Baca juga: 9 Destinasi Wisata di Kota Malang yang Memberi Sensasi Berbeda

Sudah temukan destinasi wisata kuliner di Sidoarjo mana yang akan Toppers cicipi? Agar menjelajahi kuliner legendaris Sidoarjo lebih mudah, buat rencana traveling dengan aplikasi Tokopedia. Tak hanya beli berbagai perlengkapan traveling, Toppers juga bisa pesan tiket kereta, tiket pesawat, booking hotel dan penuhi kebutuhan perjalanan lainnya lewat satu aplikasi Tokopedia saja!

Kini, petualangan kuliner jadi jauh lebih mudah!

Bagikan Artikel