9 Rekomendasi Destinasi Wisata Tarakan Favorit

0
223
Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Tempat Wisata di Tarakan – Menurut cerita rakyat, nama kota Tarakan berasal dari bahasa Tidung “Tarak” (bertemu) dan “Ngakan” (makan). Secara harafiah, nama Tarakan ini bisa diartikan sebagai tempat bertemunya para nelayan untuk beristirahat makan. Selain itu, dahulu Tarakan yang merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sesayap, dan Malinau juga menjadi daerah barter hasil tangkapan para nelayan.

Dengan sejarah panjang sejak zaman Kerajaan Tidung atau dikenal juga dengan nama Kerajaan Tarakan, salah satu kota terbesar dan terkaya di Kalimantan Utara ini menjadi salah satu destinasi yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Berikut rekomendasi tempat-tempat wisata di Tarakan yang bisa Toppers kunjungi saat singgah ke kota Tarakan:

Baca juga: Mencicipi 7 Kuliner Khas Tarakan yang Melegenda

Destinasi Tempat Wisata di Tarakan

1. Pantai Tanah Kuning

Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: Sportourism

Membentang sepanjang kurang lebih 1 KM di sisi timur Kalimantan, Pantai Tanah Kuning adalah obyek wisata di Tarakan yang terkenal akan suasananya yang menenangkan. Dengan ombak yang tak terlalu besar dan pasir putih yang halus, destinasi tempat wisata di Tarakan satu ini populer sebagai salah satu tujuan untuk menyegarkan pikiran.

2. Pantai Amal

Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: MerahPutih

Pantai memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Tarakan. Selain Pantai Tanah Kuning, masih ada Pantai Amal yang berada di Kecamatan Tarakan Timur. Menghadap ke arah Timur, tempat wisata Tarakan satu ini menawarkan panorama matahari terbit yang indah dan menawan.

Selain itu, salah satu yang terkenal dari pantai Amal adalah banyaknya tempat makan yang menjajakan kuliner khas di sekitar kawasan pantai ini sehingga menjadikannya tujuan wisata kuliner yang menarik.

3. Pantai Tanjung Batu

Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Destinasi wisata pantai selanjutnya di Tarakan adalah Pantai Tanjung Batu. Sesuai dengan namanya, di obyek wisata Tarakan satu ini Toppers akan melihat indahnya hamparan pasir pantai yang berbingkai bebatuan karang serta sejuknya pepohonan yang ada di pingggiran pantai. Sama seperti pantai di Tarakan lainnya, Pantai Tanjung Batu juga memiliki ombak yang tenang sehingga menambah teduh suasana di tempat wisata ini.

4. Pantai Binalatung

Masih belum puas bermain pantai di Tarakan? Cobalah kunjungi Pantai Binalatung, salah satu destinasi wisata pantai di Tarakan yang telah memiliki banyak fasilitas wisata memadai. Dengan banyaknya tempat yang menjajakan kuliner lezat, tempat wisata di Tarakan satu ini menjadi tujuan favorit rekreasi keluarga di akhir pekan.

5. Gunung Putih

Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: Tribunnews

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Tarakan ini memang populer karena tebing-tebing gunung kapur yang berwarna keputihan. Dengan tekstur dan relief alami serta warna keputihan yang kontras dengan lingkungan asri disekitarnya membuat tempat wisata Tarakan satu ini memiliki panorama eksotis yang sangat menarik.

6. Islamic Center Baitul Izzah

Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: Shutterstock

Berada di pusat kota Tarakan, Toppers bisa mengunjungi Islamic Center Tarakan yang merupakan pusat studi keagamaan yang dibangun megah pada 2012 silam. Selain pusat studi, terdapat pula Masjid Baitul Izzah yang berdiri megah dengan 3 buah kubah dan sebuah menara yang menjulang tinggi, menjadikan kawasan masjid ini sebagai masjid terbesar yang ada di Kalimantan Utara.

7. Hutan Mangrove Tarakan

Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Tarakan juga memiliki kawasan hutan bakau yang tak kalah menarik di kunjungi. Menjadi Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMD), kawasan seluas 22 hektar yang dibangun pada 2001 ini menawarkan eksotisme suasana hutan bakau rimbun yang bisa Toppers susuri dengan jembatan kayu yang ada di dalam kawasan ini. Tempat wisata di Tarakan ini juga menjadi rumah bagi kawanan Bekandan yang keberadaannya dilindungi.

8. Rumah Adat Baloy Tidung

Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: Situs Budaya

Ramah Baloy merupakan rumah adat masyarakat Suku Tidung yang mendiami Kalimantan Utara. Mengunjungi Baloy Tidung, Toppers tak hanya bisa melihat lebih dekat bagaimana arsitektur tradisional masyarakat Tidung di Tarakan, namun juga mengenal adat-istiadat serta kebudayaan Tidung lainnya seperti dengan mencoba pakaian adat masyarakat Tidung yang tersedia di tempat ini.

9. Museum Roemah Boendar

Destinasi tempat wisata di Tarakan
Sumber gambar: Merah Putih

Sesuai dengan namanya, bangunan museum ini memang berbentuk bundar. Bangunan yang merupakan peninggalan dari zaman kolonialisasi Belanda ini kini menjadi sebuah museum yang menyimpan koleksi peninggalan-peninggalam masa penjajahan Belanda dan juga pendudukan Jepang. Museum Roemah Boendar bisa menjadi alternatif tujuan wisata edukatif di Tarakan.

Baca juga: Wisata Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur

Itulah beberapa destinasi tempat wisata di Tarakan yang bisa Toppers coba kunjungi saat berada di kota ini. Sudah temukan obyek wisata mana saja yang akan masuk dalam rencana liburan ke Tarakan-mu selanjutnya?

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel