Bertualang di 18 Tempat Wisata Tasikmalaya Terbaik

0
81
Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: KabarRantau

Tempat Wisata di Tasikmalaya – Dijuluki Sang Mutiara dari Priangan Timur, Tasikmalaya adalah Kota di Jawa Barat yang dahulu merupakan kabupaten sebelum kini berkembang menjadi kota. Julukan yang dimiliki Tasikmalaya tentu bukan tanpa alasan karena Tasikmalaya memang terkenal akan keindahannya.

Hal ini bisa Toppers lihat dari berbagai obyek wisata yang ada di Tasikmalaya. Untuk Toppers yang berencana untuk berlibur ke Tasikmalaya, berikut rekomendasi tempat wisata di Tasikmalaya yang bisa Toppers kunjungi:

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Rekomendasi Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya

1. Pantai Karang Tawulan

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya

Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisata di Tasikmalaya adalah keindahan pantai-pantai yang ada di wilayah ini. Seperti Pantai Karang Tawulan yang berada di Cilembang, Kecamatan Cihideung.

Meskipun berjarak cukup jauh dari pusat kota, namun keindahan dari tempat wisata di Tasikmalaya satu ini tentu takkan mengecewakanmu.

2. Pantai Pamayangsari

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Pantainesia

Selain Pantai Karang Tawulan, ada pula Pantai Pamayangsari yang terkenal akan ombaknya yang bersahabat dan juga menjadi lokasi balai konservasi penyu hijau yang langka dan dilindungi.

Selain bisa mengunjungi tempat penangkaran satwa penyu, di tempat wisata pantai Tasikmalaya ini, Toppers bisa bersantai sembari menikmati pemandangan pantai dan aktivitas para nelayan yang tengah melaut.

3. Pantai Sidangkerta

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: MerahPutih

Alternatif tempat wisata di Tasikmalaya selanjutnya adalah Pantai Sidangkerta yang memiliki panorama keindahan alam pantai yang tak kalah dari kedua wisata pantai sebelumnya. Karena lokasinya yang relatif dekat dari pusat kota Tasikmalaya, obyek wisata di Tasikmalaya ini merupakan salah satu destinasi liburan favorit.

Seperti Pantai Pemayangsari, di Pantai Sidangkerta Toppers bisa mengunjungi tempat penangkaran penyu yang ada di tempat wisata Tasikmalaya satu ini.

4. Pantai Selatan Cipatujah

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat

Destinasi wisata di Tasikmalaya yang menawarkan suasana pantai yang indah lainnya adalah Pantai Selatan Cipatujah. Selain atmosfer segar, panorama nan eksotis dari hamparan pasir pantai berbingkai tebing-tebing curam juga akan memanjakanmu.

Soal fasilitas, tempat wisata di Tasikmalaya ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti penginapan, tempat-tempat bersantai, hingga warung-warung makan.

Rekomendasi Tempat Wisata Curug di Tasikamalaya

5. Curug Sawer

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Republika

Tak hanya wisata-wisata pantai saja yang bisa Toppers eksplorasi di Tasikmalaya untuk menyegarkan pikiran. Ada banyak juga destinasi wisata air terjun yang bisa Toppers kunjungi di Tasikmalaya yang menawarkan atmosfer yang tak kalah menarik. Salah Satunya adalah Curug Sawer.

Pancuran air terjun yang menyebar dari Curug Sawer dengan indahnya panorama hutan dan bebatuan yang mengelilinginya menjadikan obyek wisata di Tasikmalaya ini sangat mempesona.

6. Curug Dengdeng

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Wikipedia

Menawarkan panorama yang kalah mempesona, Curug Dengdeng terkenal akan pancurannya yang bertingkat serta cukup luas. Ditambah dengan rindangnya pepohonan yang membuat atmosfer di tempat wisata Tasikmalaya ini semakin menyejukkan, Curug Dengdeng wajib masuk dalam daftar obyek wisata Tasikmalaya yang untuk dikunjungi.

7. Curug Agung Gulunggung

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Good News From Indonesia

Berbeda dengan destinasi wisata air terjun sebelumnya, pemandangan dari Curug Agung Galunggung ini justru baru bisa Toppers saksikan di malam hari. Hal ini dikarenakan lampu hias yang telah dipasang pada pancuran air terjun ini sehingga aliran airnya bisa memancarkan berbagai warna cahaya yang terlihat sangat cantik saat malam telah tiba.

8. Curug Pamutuh

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Okezone

Pilihan destinasi wisata air terjun lainnya di Tasikmalaya adalah Curug Pamutuh. Pancuran airnya yang tak terlalu deras jatuh ke permukaan air tenang yang jernis memberikan suasana menenangkan sekaligus indah.

Toppers bisa menikmati pemandangan dari tempat wisata Tasikmalaya ini sembari bermain air di Leuwi Hejo untuk menyegarkan diri. Ditemani asrinya lingkungan di sekitar Curug Pamutuh, tentu obyek wisata ini menawarkan sensasi yang berbeda dari tempat wisata lainnya.

Rekomendasi Destinasi Wisata Keluarga di Tasikmalaya

9. Taman Wisata Karang Resik

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: RRI

Untuk Toppers yang berlibur ke Tasikmalaya bersama keluarga, selain wisata alam Tasikmalaya juga memiliki beberapa pilihan destinasi wisata keluarga yang menarik. Salah satunya adalah Taman Wisata Karang Resik.

Tempat wisata di Tasikmalaya yang tengah hits ini dilengkapi berbagai wahana permainan dan rekreasi yang cocok untuk pengunjung dari beragam pilihan usia serta titik-titik foto yang instagramable untuk Toppers yang gemar fotografi.

10. Danau Lemona

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: OborMerah

Alternatif wisata keluarga di Tasikmalaya lainnya adalah Danau Lemona. Obyek wisata Tasikmalaya satu ini sebenarnya merupakan sebuah kolam ikan dengan ukuran yang besar serta dikelilingi saung-saung pada tepiannya yang menjajakan beragam kuliner yang bisa manjakan perut Toppers dan keluarga.

Tasikmalaya memang tak memiliki danau alami, tapi bukan berarti tak bisa menawarkan wisata air yang asyik. Di Danau Lemona, Anda bisa memanjakan mata sekaligus perut.

Danau merupakan kolam ikan besar, dengan sejumlah saung di pinggirannya. Untuk bisa sampai ke saung yang memang disediakan khusus untuk pengunjung, Anda harus meniti jembatan gantung terbuat dari bambu. Ini adalah salah satu titik ekstrem sekaligus seru untuk berfoto.

Tak ingin melewati jembatan, Anda juga bisa menuju ke saung dengan menggunakan perahu tarik. Wih seru!

Baca juga: Mencicipi Lezatnya 9 Kuliner Khas Tasikmalaya!

Tempat Wisata di Tasimalaya Lainnya

11. Tonjong Canyon

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: MerahPutih

Berlokasi di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujuh, Toppers bisa mengunjungi tempat wisata Tasikmalaya lainnya, yakni Tonjong Canyon yang dikenal akan panorama tebing bebatuan yang sangat eksotis. Dialiri sungai dan air terjun menambah keasrian dari obyek wisata alam Tasikmalaya satu ini.

12. Batu Paraga

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Wisata Malaya

Tak kalah eksotis dari Tonjong Canyon, masih ada Batu Paraga di Salopa, tempat wisata hits di Tasikmalaya lainnya yang menawarkan keindagan bak surga tersembunyi yang sangat menawan.

Meskipun perairan yang berbingkai bukit bebatuan ini terlihat sangat menyegarkan, Toppers perlu berhati-hati karena aliran sungai di tempat wisata di Tasikmalaya satu ini terkenal deras.

13. Jembatan Akar Santoaan

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: KabarRantau

Berbeda dengan keindahan alam di berbagai tempat wisata di Tasikmalaya sebelumnya, obyek wisata alam di Tasikmalaya satu ini menawarkan keunikan panorama yang menakjubkan. Terbentuk alam, Toppers bisa melihat jembatan yang terbentuk dari jalinan akar dua buah pohon yang tentunya anti-mainstream jika dibandingkan jembatan pada umumnya.

14. Goa Ciguha

Jika Toppers memiliki jiwa petualangan, cobalah jelajahi Goa Ciguha yang merupakan salah satu goa di Tasikmalaya yang masih jarang disentuh oleh keberadaan manusia sehingga kondisi stalaktit dan stalakmitnya yang sangat alami terlihat makin ekstotis.

Namun, kondisi goa yang berarir dan medan yang licin, menjelajahi tempat wisata di Tasikmalaya ini terbilang cukup berbahaya sehingga Toppers harus ditemani oleh pemandu yang telah ahli.

15. Karaha Bodas

Sekilas melihat Karaha Bodas, Toppers mungkin akan teringat pada Kawah Putih, obyek wisata di Bandung yang telah terkenal. Ya, Karaha Bodas yang merupakan kawah dari gunung api muda ini memang memiliki karakter yang menyerupai Kawah Putih yang terkenal ini.

Dikelulungi pepohonan pinus yang sangat rimbun, Karaha Bodas tampil kontras dan sangat menarik. Berkunjung ke tempat wisata di Tasikmalaya ini, sempatkan dirimu untuk abadikan pemandangan indahnya dengan lensa kamera andalanmu, ya!

16. Gunung Galunggung

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Liputan 6

Ingin menikmati keindahan alam Tasikmalaya dari ketinggian? Coba kunjungi Gunung Galunggung. Tak cuma keindahan alam nan asri, dari ketinggian tempat wisata ini Toppers juga bisa panorama perkotaan Tasikmalaya dari kejauhan.

Suasana menyegarkan dan sejuk di obyek wisata Tasikmalaya satu ini semakin indah kala malam tiba ketika pemandangan indah lampu-lampu kota bisa terlihat dari ketinggian Gunung Galunggung.

17. Desa Wisata Taraju

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya
Sumber gambar: Sportourism

Destinasi tempat wisata di Tasikmalaya yang asri lainnya adalah Desa Wisata Taraju. Desa yang sebagian besat warganya berkerja di pertanian dan perkebunan ini tak cuma menawarkan suasana desa nan hijau dan asri dengan pemandangan yang indah namun juga keramahan para penduduknya. Hal ini membuat Desa Taraju menjadi salah satu destinasi wisata cukup favorit di Tasikmalaya.

18. Kampung Naga

Desa Adat dan Wisata di Indonesia
Sumber gambar: Kompas

Bicara soal desa wisata di Tasikmalaya ada pula Kampung Naga, sebuah desa adat dimana Toppers bisa mengenal lebih dekat adat istiadat masyarakat Sunda. Berkunjung ke desa ini, Toppers akan melihat rumah-rumah penduduk yang masih sangat tradisional serta keseharian penduduk yang masih sangat menjunjung tinggi tradisi ada adat istiadat.

Berlibur ke obyek wisata di Tasikmalaya ini tentu akan berikan pengalaman berbeda yang berkesan untuk Toppers.

Baca juga: Menyusuri 12 Desa Adat di Indonesia yang Mendunia

Tak sedikit bukan ragam destinasi tempat wisata di Tasikmalaya yang bisa Toppers jelajahi saat mengunjungi Sang Mutiara dari Priangan Timur ini? Sudah tentukan obyek wisata Tasikmalaya mana yang akan masuk dalam daftar tujuan liburanmu selanjutnya?

Buat rencana traveling ke Tasikmalaya jadi makin mudah dan praktis melalui aplikasi Tokopedia. Mulai dari pesan tiket kereta, tiket pesawat, booking hotel dan beli perlengkapan traveling semuanya bisa Toppers lakukan cukup dengan satu aplikasi saja!

Bagikan Artikel