12 Tujuan Wisata di Turki Paling Populer

69
Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Daily Sabah

Tempat Wisata di Turki – Turki merupakan salah satu negara tujuan liburan yang sangat populer. Hal ini bisa dilihat dengan jumlah wisatawan yang meningkat setiap tahunnya. Objek wisata di Turki yang beragam mulai dari keindahan alam hingga bangunan bersejarah menjadi salah satu alasan mengapa Toppers layak menjadikan Turki sebagai destinasi liburan selanjutnya.

Agar liburan di Turki lebih maksimal, intip rekomendasi tempat wisata di Turki paling populer berikut!

Baca juga: 12 Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun Terbaik

Destinasi Wisata di Turki Terbaik

1. Hagia Sophia

Destinasi Wisata Turki
Sumber gambar: Wikipedia

Hagia Sophia bisa dibilang merupakan salah satu ikon pariwisata di Turki. Bangunan bersejarah yang megah ini pernah difungsikan sebagai Gereja dan juga Masjid. Namun, kini bangunan yang mulai dibangun sejak tahun 532 ini difungsikan sebagai Musem. Selain kaya akan nilai-nilai sejarah, objek wisata di Turki ini juga menyimpan kemegahan arsitektur bangunan hasil rancangan ilmuwan Yunani pada masa lampau yang sangat menakjubkan.

2. Topkapi Palace

Destinasi wisata di Turki
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi wisata di Turki yang masih berbau sejarah dan arsitektur lainnya adalah Topkapi Palace. Kompleks bangunan museum yang megah ini dahulu merupakan tempat tinggal dari Sultan Ottoman Turki sekaligus sebagai pusat dari pemerintahan kerajaan.

Daya tarik lain dari tempat wisata di Turki yang dibangun sejak 1459 pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II adalah keberadaan Basilica Cistern, sebuah tangki air raksasa dengan arsitektur dan rancangan menakjubkan. Tak sedikit wisatawan yang mengunjungi objek wisata Turki satu ini hanya untuk melihat keunikan Basilica Cistern.

3. Pamukkale

Destinasi wisata di Turki
Sumber gambar: World Atlas

Tak hanya berbagai bangunan bersejarah sebelumnya, Turki juga memiliki destinasi wisata alam yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Pamukkale. Tempat wisata di Turki yang sangat eksotis satu ini terbentuk dari fenomena alam sehingga menghasilak lansekap bebatuan putih yang tersusun bertingkat.

Selain panorama uniknya, tujuan wisata Turki ini memiliki kolam air panas yang bisa Toppers gunakan untuk berendam dan menenangkan diri.

Baca juga: Pemandian Air Panas di Bandung yang Layak Kamu Singgahi

4. Capodocia

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Daily Sabah

Salah satu daya tarik utama dari pariwisata di Turki adalah pemandangan balon-balon udara yang menghiasi birunya langi di Coppadocia. Dari atas warna-warni balon Udara, Toppers bisa melihat berbagai kawasan kuno bersejarah di Turki yang masih dilestarikan seperti Urgup, Goreme, Ihlara, Valley, dan berbagai tempat yang juga dikenal sebagai objek wisata Turki favorit.

5. Galata Bridge

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Istanbul Daily City Tours

Dibangun pada 1836, Galata Bridge merupakan struktur jembatan di Turki dengan perpaduan gaya Arsitektur Eropa dan Asia. Selain keunikan arsitekturnya, alasan mengapa objek wisata Turki ini layak Toppers singgahi adalah keberadaan kafe-kafe dan restoran yang berada pada bagian bawah jembatan.

Ya, keunikan lain dari tempat wisata di Turki, Galata Bridge adalah struktur bertingkatnya dimana bagian atas digunakan sebagai jalur trasportasi dan bagian bawah merupakan kios-kios kafe dan juga restaurant.

6. Benteng Rumeli Hisari

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Wikipedia

Masih ingin melihat sisa-sisa kemegahan kerajaan Turki Usmani di masa lampau? Objek wisata Turki selanjutnya ini bisa jadi tujuan wisatamu selanjutnya. Benteng Rumelli merupakan banguan pertahanan yang dibangun atas inisiasi Sultan Mahmed II untuk menjaga keamanan wilayah. Hingga kini, bangunan Benteng Rumelli masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu pilihan tujuan wisata di Turki paling favorit.

Baca juga: Tempat Liburan di Jepang Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi!

7. Dolmabahce Palace

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Get Your Guide

Objek wisata di Turki lainnya adalah Dolambahce Palace, bangunan Istana peninggalan kesultanan Ottoman Turki yang berada di tepi garis pantai Selat Bosphorus. Banguan ini dahulu difungsikan sebagai pusat administratif pemerintahan pada 1869 hingga 1922. Berbeda dengan bangunan bersejarah lain di Turki yang identik dengan arsitektur klasik Ottoman, di tempat wisata Turki satu ini lebih identik dengan Arsitektur Boroque yang terkenal kemewahannya sehingga dekorasi-dekorasi emas dan kristal cukup banyak ditemui jika Toppers mengunjungi objek wisata Turki ini.

8. Blue Mosque

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Stocksy United

Blue Mosque yang memiliki nama asli Masjid Sultan Amet adalah destinasi wisata Turki selanjutnya yang bisa jadi pilihan Toppers. Dijuluki Masjid Biru karena memang tempat wisata di Turki yang dibangun sejak 1616 ini didominasi penggunaan keramik biru yang jumlahnya mencapai 20.000 keping baik pada bagian interior maupun eksterior-nya.

9. Kastil Bodrum

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: AskIdeas

Dikenal juga sebagai Petronium, Kastil Bodrum dibangun pada tahun 1402. Maskipun sudah berusia sangat tua, objek wisata di Turki yang kini berfungsi sebagai museum ini masih terawat sangat baik. Kini, Kastil Bodrum berfungsi sebagai “Museum of Underwater Archaeology” dimana Toppers bisa menemukan koleksi benda-benda bersejarah dan juga karya seni yang berasa dari kapal yang karam di lautan Aegean.

10. Gunung Nemrut

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Unesco

Alternatif tujuan wisata di Turki selanjutnya adalah Gunung Nemrut. Berada tak jauh dari kota Adiyaman, Toppers bisa menemukan sisa-sisa kompleks makam yang dibangun oleh Raja Antiochus I Theos of Commagene pada era sebelummasehi. Dibawah megahnya Gunung Nemrut, Toppers bisa menemukan sisa-sisa kemgahan patung-patung berukuran besar. Waktu paling tepat untuk mengunjungi objek wisata Turki satu ini adalah di sore hari karena panorama matahari terbenam di Gunung Nemrut sangatlah indah.

11. Istiklal Street

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi wisata di Turki selanjutnya ini cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata belanja saat liburan ke Turki. Di sepanjang jalan 1.4 KM di Koya Istanbul ini, Toppers bisa menemukan berbagai toko yang menjajakan beragam produk mulai dari pakaian, buku, hingga makanan. Selain itu di Istiklal Street juga terdapat destinasi hiburan seperti bioskop, tempat makan, hingga klub malam.

12. Grand Bazaar

Destinasi Wisata di Turki
Sumber gambar: Vistil Turkey

Masih belum puas berwisata belanja di Istiklal Street? Cobalah singgah ke Grand Bazaar, salah satu pasar tertua dan terbesar di dunia. Objek wisata Turki ini telah ada sejak tahun 1455 dan kini telah terdapat tak kurang dari 4.400 gerai toko yang menajajakan beragam barang dan tersebar di 61 jalan di Grand Bazaar.

Baca juga: 5 Tips Hemat Roaming Selama Liburan di Luar Negeri

Dengan keindahan berbagai tempat wisata di Turki tersebut, tak heran jika banyak wisatawan menjadikan Turki sebagai tujuan wisata favorit. Sudah siap untuk menjelajahi beragan destinasi wisata Turki favorit untuk liburanmu selanjutnya? Yuk, mulai persiapan liburan ke Turki lebih mudah dan maksimal menggunakan aplikasi Tokopedia! Mulai dari pilihan perlengkapan traveling terlengkap hingga pesan tiket pesawat dengan harga terbaik bisa Toppers lakukan secara online dengan praktis di aplikasi Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel