• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Wisata Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Ubud

Share

15 Wisata Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Ubud

Tempat Wisata di Ubud – Berbicara tentang tempat wisata di Bali, pantai bukanlah satu-satunya daya tarik wisata alam yang bisa Toppers temukan di Bali, lho. Masih ada banyak pesona keindahan alam yang bisa dijelajahi kala berkunjung ke Pulau Dewata ini.

Untuk Toppers yang berlibur ke Bali untuk mencari tempat wisata selain pantai, Ubud bisa jadi destinasi wisata yang tepat. Berbagi obyek wisata di Ubud didominasi keindahan alam dataran tinggi, seni dan budaya yang kental.

Tertarik untuk jelajahi kekayaan pariwisata di Ubud? Intip rekomendasi tujuan tempat wisata di Ubud berikut:

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Bali selain Pantai yang Nggak Kalah Indah

Rekomendasi Wisata di Ubud

1. Menikmati Keindahan Persawahan Tegalalang

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Shutterstock

Salah satu ikon wisata di Ubud adalah keindahan pemandangan sawah terasering bertingkat nan asri. Pemandangan indah dan menakjubkan ini bisa Toppers nikmati dengan berkunjung ke Tegalalang. Selain bisa menyelusuri persawahan yang sangat asri, ada banyak sekali tempat makan dan cafe di sepanjang jalan yang menghadap langsung ke pemandangan indah dari obyek wisata Ubud satu ini.

Tentunya makan siang atau sekedar brunch di tempat wisata Ubud ini akan memberikan pengalaman berbeda dan suasana yang sangat berkesan untukmu.

Lokasi: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali

2. Menyusuri Monkey Forest

tempat wisata bali - mongkey forest

Obyek wisata Ubud selanjutnya yang tak kalah terkenal adalah “monkey forest” yang kerap masuk daftar wajib para wisatawan yang berlibur ke Ubud. Selain hijaunya alam hutan yang rimbun, daya tari utama dari tempat wisata ini tentu adalah kawanan kera yang menghuni tempat ini. Saking menarik dan indah, destinasi tempat wisata di Ubud ini bahkan pernah menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film Hollywood, “Eat, Pray, and Love”.

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

3. Berburu Benda Kesenian di Pasar Seni Ubud

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Referensi Wisata

Bali memang terkenal akan kekayaan seninya, dan Ubud merupakan salah satu tujuan tepat di Bali untuk Toppers yang hendak berburu barang-barang artistik khas Bali. Pasar Seni Sukawati adalah tujuan wisata di Ubud yang terkenal akan ragam pernak-pernik kerajinan tangan artistik khas Pulau Dewata dan sekitarnya. Disinilah wisatawan bisa berburu beragam benda seni otentik untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Ubud.

Lokasi: Jalan Raya Ubud No.35, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

4. Menikmati Panorama Alam yang Instagramable di Campuhan Ridge Walk

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Balipedia

Destinasi wisata di Ubud yang menawarkan eksotisme pemandangan alam nan asri adalah Bukit Campuhan, atau yang lebih populer dengan nama “Campuhan Ridge Walk” Di obyek wisata Ubud satu ini, Toppers akan diajak menjelajahi jalan setapak, menyusuri keindahan tebing nan hijau dan juga bentang alam yang cantik lainnya.

Bukit Campuhan ini merupakan tujuan populer untuk berburu foto pre-wedding ataupun sekedar foto-foto liburan yang instagramable.

Lokasi: Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

5. Berziarah ke Goa Gajah

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Wikipedia

Berbicara soal wisata Pura di Bali, di Ubud Toppers juga bisa berwisata ziarah ke sebuah Pura yang telah berusia berabad-abad serta menawarkan suasana yang jauh berbeda dengan Pura-Pura di Bali pada umumnya karena Pura Goa Gajar berbentuk Goa dengan ukiran wajah gajah pada pintu masuknya.

Di kawasan tempat wisata Goa Gajah, Toppers juga bisa menemukan tempat pemandian dan juga sungai dengan air terjun yang memiliki panorama tak kalah indah.

Lokasi: Jl. Raja Goa Gajah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kab. Gianyar, Bali

6. Wisata Alam di Air Terjun Tegenungan

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Sportourism

Untuk Toppers yang menjadi tempat wisata di Ubud yang bisa menyegarkan pikiran, cobalah kunjungi Air Terjun Tegenungan. Meskipun lokasinya berada di Gianyah, dan bukan Ubud, namun untuk mengunjungi tempat wisata ini dari Ubud tidaklah jauh.

Waktu paling tempat untuk mengunjungi tempat wisata satu ini adalah di musim kemarau saat air terlihat jauh lebih jernih dan tentunya menyegarkan.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

7. Museum Seni Agung Rai

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Situs Budaya

Liburan di Ubud memang tak hanya identik dengan keasrian alam, namun juga nilai keseniannya yang tinggi. Arma Museum Ubud atau dikenal juga dengan nama Museum Seni Agung Rai adalah tujuan wisata di Ubud selanjutnya yang cocok jika Toppers ingin mencari tempat-tempat wisata yang artsy.

Tak hanya beragam koleksi lukisan bernilai seni tinggi, museum dan galeri ini juga memiliki lingkungan sekitar yang dihiasi oleh taman-taman indah sehingga menambah pesona tempat wisata di Ubud satu ini.

Lokasi: Jl. Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

8. Arung Jeram di Sungai Ayung

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Tribunnews

Untuk Toppers yang memiliki jiwa petualang, sempatkanlah diri untuk menyusuri derasnya aliran Sungai Ayung di Ubud dengan Arung Jeram. Tak cuma keseruan mengarungi jeram, panorama sekitar Sungai Ayung yang masih sangat asri menambah daya tarik dari salah satu pilihan wisata di Ubud ini.

Baca juga: Wisata Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur

9. Puri Saren

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Flickr

Berlokasi tepat di seberang Pasar Seni Ubud, Puri Saren adalah destinasi wisata di Ubud sarat akan nilai sejarah. Di sini Toppers tak hanya disajikan megah dan mempesonannya arsitektur khas Bali namun juga beragam koleksi benda bersejarah dan memiliki nilai seni tinggi.

Bangunan megah yang menjadi salah satu landmark wisata di Ubud ini sendiri dibangun sebagai istana Raja Ubud sehingga tak heran jika masih banyak artefak bersejarah peninggalan kerajaan Ubud masih bisa ditemukan di sini.

Lokasi: Jl. Raya Ubud No.8, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

10. Pura Dalem Agung Padangtegal

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Wikipedia

Berlokasi di dalam area “Monkey Forest”, Toppers bisa menemukan Pura Dalem Agung Padangtegal, sebuah pura megah yang dibangun sebagai bentuk pemujaan Dewa Hyang Widhi yang merupakan titisan dari Dewa Shiwa. Dipercaya telah berdiri sejak 1350, Pura Dalem Agung Padangtegal merupakan salah satu Pura yang memegang peranan penting dalam kehidupan spiritual dan kebudayaan masyarakat Ubud dan sekitarnya.

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

11. Menyusuri Desa Wisata Nyuh Kuning

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Bali Post

Destinasi wisata di Ubud lain yang tak kalah menarik untuk dijelajahi adalah Desa Wisata Nyuh Kuning dimana Toppers masih bisa menemukan kehidupan masyarakat adat yang masih sangat kental dengan kebudayaan Bali seperti hunian-hunian yang dibangun dengan konsep Tri Hita Karana yang berarti bahwa dewa ini dibangun dengan menjaga keharmonisan antara manusia dengan alam, manusia dengan manusia, serta manusia dengan Tuhan.

12. Wisata Sejarah di Gunung Kawi Ubud

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Kompas

Gunung Kawi Ubud merupakan situs arkeologi yang diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-11 pada masa Dinasti Udayana. Berbeda dengan Candi Hindu di wilayah Nusantara lainnya, di obyek wisata Ubud satu ini, Toppers akan menemukan candi-candi tersebut diukir kokoh di tebing batu dengan megah. Banyak yang percaya bahwa tempat ini merupakan tempat persemayaman abadi Raja-Raja Udayana.

Lokasi: Banjar Penaka, Tampaksiring, Gianyar, Bali

13. Museum Blanco Renaissance

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Wikipedia

Satu lagi destinasi tempat wisata di Ubud yang cocok untuk mengenal lebih jauh mengenai perkembangan kesenian di Bali. Di Museum Blanco Renaissance, Toppers bisa menemukan banyak koleksi lukisan karya Antonio Blanco, seorang Perancis yang menikahi wanita Balki dan menetap di Ubud.

Lokasi: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

14. Wisata Keluarga di Bali Bird Park

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Viator

Untuk Toppers yang berlibur ke Ubud bersama keluarga, Ubud juga menawarkan destinasi wisata keluarga yang tak kalah menarik, lho. Di Bali Bird Park, Toppers bisa menemukan tak kurang dari 1000 ekor burung dari 250 spesies mulai dari yang berasal Afrika dan juga Amerika Selatan. Obyek wisata di Ubud satu ini sendiri merupakan taman koleksi burung terbesar di Indonesia, lho.

Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

15. Safari Gajah di Desa Taro Ubud

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Get Your Guide

Alternatif tempat wisata di Ubud selanjutnya adalah Desa Taro Ubud dimana Toppers bisa menikmati serunya mengelilingi alam dengan menunggangi Gajah. Tentunya menikmati keindahan alam menjadi jauh lebih berkesan dengan ditemani mamalia raksasa ini, bukan?

Lokasi: Jalan Elephant Safari Park Banjar Desa Taro Tegallalang, Taro, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali

Promo Hotel Tokopedia

Baca juga: 18 Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicicipi di Pulau Dewata

Berbagai tempat wisata di Ubud ternyata tak kalah menarik bukan dengan tempat-tempat wisata pantai yang ada di sisi lain pulau Bali. Yuk, buat liburan ke Ubud jadi makin mudah dengan aplikasi Tokopedia. Mulai dari beli perlengkapan traveling, tiket pesawat hingga pesan kamar hotel dan tiket masuk wahana rekreasi bisa Toppers lakukan dengan mudah di Tokopedia!

Bagaimana? Sudah siap mulai petualanganmu untuk jelajahi berbagai destinasi wisata di Ubud tersebut?

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
© 2009-2024, PT Tokopedia