Indah dan Penuh Sejarah, Ini 12 Tempat Wisata di Yordania Terbaik

0
86
tempat wisata di yordania, objek wisata di yordania, tempat wisata yordania terbaik

Yordania merupakan negara indah dan atraktif, serta penuh sejarah. Simak daftar tempat wisata di Yordania terbaik dan terpopuler berikut ini!


Tempat Wisata di Yordania – Menjelajah usai beribadah umroh tak ada salahnya. Melakukan perjalanan ke luar Mekkah dan mengunjungi negara lain tentu akan membuat perjalanan umroh semakin menyenangkan.

Selagi bisa berkunjung ke negara lain, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi negara Yordania. Mungkin masih terdengar asing, namun tak banyak yang tahu rupanya Yordania memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Penasaran apa saja tempat wisata terbaik di Yordania? Catat dan simak baik-baik ya, berikut daftarnya!

Baca Juga: Setelah Umroh, Kunjungi 10 Tempat Wisata di Mekkah Berikut Ini!

Tempat Wisata di Yordania Paling Menarik

1. Petra

tempat wisata di yordania
Sumber Gambar: Earth Trekker

Objek wisata di Yordania yang paling populer adalah Petra. Terletak di antara tebing-tebing gurun berwarna merah di sudut selatan Kota Yordania. Tempat wisata yang memesona ini merupakan simbol dari peradaban Nabatea Arab yang digunakan sebagai salah satu pos perdagangan terpenting di wilayah tersebut.

Petra diperkirakan telah ada sejak abad ke-4 SM lho Toppers. Salah satu tempat wisata Yordania terbaik ini tak jarang menjadi lokasi di mana film Hollywood seperti Indiana Jones dibuat.

2. Al-Khazneh

tempat wisata di yordania
Sumber Gambar: Dissolve

Selanjutnya, objek wisata di Yordania yang juga menarik untuk dikunjungi yakni Al-Khazneh. Bangunan ini menjadi destinasi wisata penting di Yordania karena menjadi legenda pada masa Kerajaan Nabatea.

Dikenal juga sebagai Ruang Harta, Al-Khazneh dipercaya sebagai tempat para bajak laut menyimpan harta jarahan mereka. Ada pula legenda yang menyebutkan bahwa Al-Khazneh difungsikan sebagai kantor keuangan pada Zaman Firaun Mesir nih Toppers.

Hmm menarik banget ya?

3. Jerash

tempat wisata di yordania
Sumber Gambar: Wikipedia

Jerash, atau dulu disebut Gerasa merupakan sebuah kota kuno Romawi yang berada di luar Italia. Lokasi kota ini sekitar 48 km dari kota Amman yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan darat kurang lebih satu jam perjalanan.

Ketika berkunjung ke Jerash, kamu akan menemukan pintu masuk yang besar dinamakan Hardian Arch. Hardian Arch ini merupakan seorang kaisar yang telah membuat Kota Jerash semakin terkenal.

Selain itu, kamu juga akan menemukan Temple of Zeus dan Oval Plaza di bagian dalam Jerash.

4. Wadi Rum

tempat wisata di yordania
Sumber Gambar: Lonely Planet

Kata ‘Wadi’ artinya lembah dan ‘Rum’ artinya tinggi atau menanjak, menggambarkan dengan jelas penampakkan Wadi Rum seperti apa. Selain hamparan gurun pasir sejauh mata memandang, ada pula bukit-bukit batu yang berwarna merah, oranye, juga kuning.

Wadi Rum merupakan salah satu tempat wisata Yordania terbaik karena menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO atau UNESCO World Heritage. Wadi Rum juga menjadi langganan lokasi shooting film-film Hollywood  lho Toppers.

5. Aqaba

objek wisata di yordania
Sumber Gambar: P&O Cruises

Kota Aqaba terletak di sebelah selatan Yordania yang sangat dekat dengan perbatasan Israel. Kota yang dihuni oleh 70.000 jiwa penduduk ini merupakan kota ilmiah, industri, budaya, sosial.

Dikenal juga dengan kota pantai, kamu bisa menemukan banyak resort-resort mewah di Teluk Tala di selatan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi reruntuhan arkeologi Tall Hujayrat Al-Ghuzlan.

Atau bisa juga melihat kebun kurma dari Shatt Al-Ghandour bahkan scuba diving melihat banyak ikan dan terumbu karang dari bawah laut.

6. Ajloun

objek wisata di yordania
Sumber Gambar: Atlas Tours

Ajloun atau Ajlun, merupakan sebuah kota yang berada di salah satu provinsi di Yordania yang lokasinya tidak jauh dari Kota Amman. Kota Ajloun sebagai salah satu tempat wisata di Yordania yang layak kamu kunjungi selama berlibur di negara tersebut.

Berkunjung ke Kota Ajloun kamu akan menemukan Ajloun Castle yang populer itu. Apalagi bagi Toppers yang ingin berlibur di Yordania sekarang bisa hiking ke puncak istana itu.

Untuk jam operasional, Ajloun castle ini buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga 7 malam.

tas traveling
Traveling makin praktis dengan tas traveling pilihan di sini!

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Religi selepas Umroh Terbaik

7. Dana Nature Reserve

objek wisata di yordania
Sumber Gambar: Wikipedia

Last but not least, Toppers yang sedang merencanakan liburan ke Yordania bisa mengunjungi Dana Nature Reserve. Cagar alam ini dikelilingi lembah dan perbukitan yang materialnya berupa bebatuan juga puncak tebing yang dipahat sejak dahulu kala.

Kawasan lindung terbesar se-Yordania ini menawarkan pemandangan gaya hidup kuno masyarakat Timur Tengah. Seperti suku Baduy di Indonesia, pada Dana Nature Reserve ini terdapat beberapa pondok-pondok batu kering di beberapa desa kuno yang bisa Toppers kunjungi. Kamu juga bisa menginap di sana untuk beberapa waktu.

8. Dead Sea

objek wisata di yordania
Sumber Gambar: News.com.au

Dead Sea atau Laut Mati membentang di daerah perbatasan antara Yordania dan Palestina. Danau ini dinamakan Dead Sea karena tidak ada tanda-tanda kehidupan dari dalam air garam ini.

Dead Sea memiliki kandungan garam tertinggi yang kurang lebih kadarnya sebesar 32% dibandingkan kadar garam rata-rata yang hanya 3%. Namun, bila Toppers berkunjung ke Dead Sea, Toppers mungkin akan menjumpai banyak orang yang berendam di sana dan mengoleskan lumpur Dead Sea ke tubuh.

Sebab lumpur itu dipercaya mengandung mineral dan kalium yang baik untuk kesehatan dan sirkulasi darah.

9. Madaba

tempat wisata yordania terbaik
Sumber Gambar: Atlas Tours

Salah satu tempat wisata Yordania terbaik yaitu Madaba. Kota Madaba terkenal dengan dominasi masjid dan beberapa menara juga situs tersembunyi yang telah ada sejak zaman Bani Umayyah.

Ada pula karya seni Byzantium yang banyak terdapat pada Gereja Katedral Ortodoks Saint George menambah cantik kota ini. Tempat wisata di Yordania yang satu ini juga memungkinkan Toppers untuk mencicipi Mezze sebagai makanan khas Yordania.

10. Irbid

tempat wisata yordania terbaik
Sumber Gambar: Culture Trip

Irbid sebagai tempat wisata di Yordania memiliki beragam objek wisata yang dapat kamu kunjungi. Mulai dari restoran hingga kafe yang buka hingga larut malam, atau museum-museum yang tersebar di kota ini.

Di sana juga terdapat beberapa universitas salah satunya Universitas Yamouk yang bergengsi. Dari Irbid, kamu juga dapat melihat Lembah Yordania, Umm Qais, Ajloun, dan masih banyak lagi.

11. Zarqa

tempat wisata yordania terbaik
Sumber Gambar: Wikipedia

Terletak di sudut Utara Kota Yordania, kota ini biasa dikenal dengan ‘the blue city’ yang memiliki jumlah populasi penduduk 635.160 jiwa. Meski tempat wisata di Yordania ini tidak memiliki reruntuhan arkeologi tetomik atau monumen bersejarah seperti di kota lainnya, namun Zarqa memiliki daya tarik tersendiri.

Dengan berkunjung ke kota Zarqa, Toppers bisa menemukan banyak jenis bangunan yang estetik sampai banyaknya toko-toko maupun pasar di berbagai sudut yang menjual makanan lokal dan buah tangan khas kota tersebut.

12. Mujib Nature Reserve

tempat wisata yordania terbaik
Sumber Gambar: Wild Jordan

Last, ada Mujib Nature Reserve yang wajib kamu kunjungi selama wisata di Yordania. Objek wisata ini menyajikan view sangat menakjubkan dengan adanya lembah sungai yang berliku, hingga lembah-lembah dengan sisi curam hasil pahatan beberapa abad lalu.

Mujib Nature Reserve biasanya dikunjungi oleh para wisatawan atau explorer yang ingin menjelajah sembari mendaki tebing hingga mencapai puncak.

Baca Juga: Banyak Objek Eksotis, Ini 12 Tempat Wisata di Maroko Terpopuler

Rekomendasi tempat wisata Yordania terbaik di atas hanyalah sedikit dari banyaknya objek wisata di Yordania yang juga mengagumkan untuk dikunjungi. Dengan berkunjung ke tempat-tempat di atas, tidak hanya sebagai bentuk refreshing saja, tapi juga bisa tahu soal sejarah yang ada pada objek wisata tersebut.

Nah, yuk persiapkan diri untuk melakukan perjalanan agar banyak pengalaman yang bisa Toppers dapat. Tentunya percayakan semua persiapan liburanmu bersama Tokopedia ya!

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel