18 Tujuan Wisata Dieng Paling Hits untuk Liburan Kekinian

0
8313
Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Tribunnews

Tempat Wisata di Dieng – Bicara soal liburan kekinian, dataran tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang berada di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Dikenal akan bentang alamnya yang sangat memukan, ada banyak sekali tujuan obyek wisata di Dieng yang wajib masuk daftar liburanmu selanjutnya saat mengunjungi Dieng.

Untuk Toppers yang berencana menghabiskan liburan selanjutnya untuk menjelajahi keindahan alam Dieng, berikut rekomendasi destinasi tempat wisata di Dieng terbaik yang bisa jadi referensimu!

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Pangandaran Paling Populer

Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng

1. Bukit Sikunir

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Wikimedia

Untuk Toppers yang berlibur ke Dieng untuk berburu panorama matahari terbit yang indah, Bukit Sikunir bisa jadi salah satu destinasi wisata di Dieng yang tepat untukmu. Obyek wisata Dieng yang berlokasi di Desa Sembungan yang merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa ini memang terkenal jadi tujuan para penggemar fotografi untuk mengabadikan momen matahari terbit yang sangat indah.

Namun, untuk bisa mendapatkan pemandangan yang indah tersebut, Toppers perlu mendaki bukit sebelum menjelang subuh dan harus berhadapan dengan dinginya terpaan angin. Tentunya perjuangan ini akan sebanding setelah Toppers bisa melihat langsung pemandangan matahari terbit yang legendaris di Bukit Sikunir.

2. Telaga Warna

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Tribunnews

Berada di Kejajar, Wonosobo, Telaga Warna adalah destinasi wisata di Dieng selanjutnya yang menjadi salah satu tujuan traveling favorit. Keunikan dari destinasi wisata di dataran tinggi Dieng ini adalah warna air dari telaga yang warnanya mampu berubah-ubah karena kandungan belerang yang ada di dalamnya.

Dikelilingi dengan alam yang masi asri, menambah keindahan dari panorama obyek wisata di Dieng satu ini.

3. Gunung Prau

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Beritagar

Jika Toppers gemar mendaki atau memiliki jiwa petualang, Dieng memiliki salah satu destinasi pendakian yang cukup digemari, yakni Gunung Prau. Memiliki puncak di ketinggian 2.565 mdpl, destinasi tempat wisata di Dieng ini tak cuma menawarkan udara segar khas pegunungan, namun juga keindahan panorama alam dari ketinggian.

Toppers juga bisa menikmati keindahan momen matahari terbenam yang romantis di puncak gunung Prau, bermalam dan mendapatkan pemandangan matahari terbit yang tak kalah fantastis di tempat wisata Dieng ini.

4. Kawah Sikidang

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Tribunnews

Tak terlalu jauh dari obyek wisata Bukit Sikunir, Toppers bisa coba kunjungi Kawah Sikidang, destinasi tempat wisata di Dieng yang menawarkan eksotisme kawah belerang. Jangan lupa untuk kenakan masker saat mengunjungi tempat wisata Dieng satu ini untuk menghindari dirimu menghirup gas beracun yang dihasilkan oleh belerang di kawasan ini.

5. Candi Arjuna

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Tak cuma keindahan alam, Dieng juga menawarkan destinasi wisata sejarah yang tak kalah menarik. Berada di Dieng Kulon, Banjarnegara, Toppers bisa menyambangi Candi Arjuna, sebuah peninggalan kuno dari Kerajaan Mataram yang dahulu dibangun untuk menyembah Dewa Siwa.

Terdapat lima buah candi dalam kompleks Candi Arjuna yang dikelilingi rerumputan dan taman yang asri.

6. Candi Gatot Kaca

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Selain Candi Arjuna, ada pula Candi Gatot Kaya yang diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Ratu Sima. Obyek wisata di Dieng ini sendiri merupakan bagian dari cagar budaya pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Bedekatan dengan Candi Gatot Kaca, Toppers juga bisa menemukan beberapa candi kuno lainnya yang tak kalah memukau.

7. Telaga Merdada

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Memiliki luas mencapai 21 hektar, Telaga Merdada adalah telaga terluas di Dieng. Membendang diantara bukit Pangonan dan Sumurup, pemandangan alam di tempat wisata Dieng satu ini mampu menyegarkan mata dan juga pikiran.

Disekeliling telaga ini terdapat pula ladang pertanian yang berbentuk undakan terasering menyesuaikan permukaan lahan yang miring, menambah eksotisme pemandangan di obyek wisata Dieng ini.

8. Batu Pandang Ratapan Angin

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Wisata Dieng

Untuk Toppers yang belum puas menikmati keindahan alam yang ditawarkan dataran tinggi Dieng, Batu Pandang Ratapan Angin yang berada di ketinggian 2010 mdpl bisa jadi destinasi wisata Dieng selanjutnya untuk dikunjungi.

Di tempat ini sendiri sesuai namanya Toppers bisa bebatuan di bagian puncak bukit dimana Toppers bisa mengagumi keindahan alam dari ketinggian sembari menikmati hembusan angin yang dikatakan mampu menghasilakn suara-suara gemerisik bak siulan.

9. Gua Semar

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Pesona Wisata

Berlokasi di kawasan perbukitan antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon, Toppers bisa menemukan Gua Semar yang dipercaya merupakan tempat pertapaan para raja Jawa dan pemimpin negara di masa lampau.

Destinasi tempat wisata Dieng yang dikeramatkan ini tak cuma menyimpan cerita mistis yang panjang, namun juga pemandangan indah nan misterius yang dijamin akan membuatmu penasaran untuk menelusurinya.

Baca juga: 24 Candi Hindu-Buddha di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

10. Air Terjun Sikarim

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Salah satu pesona wisata yang ditawarkan dataran tinggi Dieng adalah keindahan air terjun atau curug-curug yang bisa Toppers temukan di kawasan ini. Salah satunya adalah Curug Sikarim.

Destinasi tempat wisata yang berlokasi di Sembangun ini dikelilingi oleh perbukitan berselimut pepohonan rindang yang sangat asri. Ditambah aliran air yang jernih, menambah atmosfer menyegarkan dari tempat wisata ini.

11. Air Terjun Sirawe

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Tempo

Selain air terjun Sikarim, masih ada pula air terjun Sirawe yang mengalir deras dari ketinggian sekitar 80 meter. Berbingkai tebing terjal dan hijaunya pepohonan menambah eksotisme yang ditawarkan oleh destinasi tempat wisata alam di Dieng satu ini.

Tak cuma keindahan pemandangannya, hal unik yang ditawarkan oleh curug Sirawe adalah fenomena perpaduan aliran air dingin dan air panas yang terjadi secara alami di air terjun ini.

12. Curug Winong

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Kompasiana

Pilihan lagi destinasi wisata air terjun di kawasan Dieng selanjutnya adalah Curug Winong yang mengalir deras menyusuri tebing dengan kemiringan sekitar 70 derajat dari ketinggian 70 meter.

Obyek wisata yang berada di Desa Temanggung ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit tak cuma karena Toppers bisa menyegarkan diri sembari bermain air, namun juga karena banyaknya spot foto yang sangat menarik yang ditawarkan oleh tempat wisata Dieng satu ini.

13. Museum Kailasa

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Untuk Toppers yang ingin mempelajari sejarah di dataran tinggi Dieng, selain mengunjungi Candi-Candi yang berada di dataran tinggi Dieng, Toppers juga bisa mampir ke Museum Kailasa.

Tujuan tempat wisata sejarah di Dieng ini menyimpan berbagai koleksi seperti artefak-artefak yang berasal dari candi-candi kuno yang ditemukan di kawasan dataran tinggi Dieng seperti arca, kemuncak, lingga dan yoni, serta berbagai macam patung dan artefak bersejarah lainnya.

Tak hanya itu, Museum ini juga menyimpan informasi sejarah terbentuknya dataran tinggi Dieng serta seni dan kebudayaan yang masih dilestarikan oleh masyarakat Dieng hingga saat ini.

14. Petak 9 Dieng

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Wisata Dieng

Petak 9 adalah nama lain dari Bukit Sidengkeng, tujuan wisata alam lainnya di Dieng. Sedangkan Petak 10 adalah nama pemetaan yang diberikan pada Bukit Sikunir. Tak berbeda jauh dari obyek wisata Bukit Sikunir, di petak 9 Toppers bisa memanjakan diri dengan panorama indah Dieng dari ketinggian. Hanya saja, di obyek wisata Dieng satu ini, Toppers bisa melihat lebih jelas keindahan Telaga Warna dari ketinggian.

15. Lubang Sewu

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Suara Merdeka

Terbentuk dari formasi bebatuan putih dengan teksur berlubang-lubang, destinasi tempat wisata Dieng satu ini kerap dijuluki sebagai Grand Canyon Mini di Wonosobo. Ketika musim hujan, bebatuan ini akan terendam oleh air Bendungan Wadaslintang. Namun, ketika air tengah surut, Toppers bisa menikmati pemandangan eksotis dari bebatuan yang sangat instagramable ini.

16. Dieng Plateau Theater

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Dieng Plateau Theater adalah bangunan cukup megah yang berdiri di Kawasan Dieng dan menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang menarik di Dieng. Di tempat ini Toppers bisa menyaksikan pemutaran Film Dokumenter seputar Dieng Plateau. Puas bertualang menyusuri eksotisme alam di Dieng, Dieng Plateau Theater bisa jadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi selanjutnya.

17. Sumur Jatulanda

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Detik

Untuk bisa menikmati keindahan dari Sumur Jatulanda, Toppers paling tidak harus mempersiapkan fisik dan stamina yang prima untuk mendaki 257 anak tangga sebelum bisa mencapai obyek wisata Dieng yang berada di Desa Pekasiran ini.

Terbentuk dari ceruk rekahan kawah yang digenangi air, Sumur Jatulandan memiliki diameter 90 meter dan kedalaman mencapai 200 meter. Menakjubkan, bukan?

18. Telaga Cebong

Destinasi tempat wisata di Dieng
Sumber gambar: Detik

Alternatif destinasi tempat wisata di Dieng selanjutnya Telaga Cebong yang berada di Desa Sembungan yang berlokasi tak jauih dari Bukit Sikunir. Berada di ketinggian 2.300 meter diatas permukaan air laut, obyek wisata Dieng ini kerap dijuluki sebagai Telaga di Atas Awan.

Keindahan alam di kawasan tempat wisata Dieng satu ini juga ditambah oleh perkebunan warga setempat disekitaran Telaga yang menambah kaya panorama alam yang ditawarkan oleh Telaga Cebong.

Baca juga: 13 Makanan Tradisional Khas Wonosobo Terlezat

Dengan banyaknya pilihan tempat wisata di Dieng, tak heran rasanya jika dataran tinggi Dieng menjadi salah satu tujuan traveling favorit! Sudahkah Toppers berkesempatan menjelajahi keindahan alam dataran tinggi Dieng? Tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalananmu ke Dieng untuk isi hari liburmu selanjutnya.

Dengan Tokopedia, Toppers bisa membeli tiket pesawat, tiket kereta, pesan kamar hotel, tiket hiburan, hingga beli perlengkapan traveling untuk buat rencana liburan ke Dieng jadi jauh lebih praktis!