16 Pilihan Tujuan Wisata Kota Tokyo Terbaik untuk Para Traveler

30

Tempat Wisata di Tokyo – Jepang merupakan salah satu destinasi liburan paling favorit dari Asia. Dan, sebagai ibukota Jepang, Tokyo tak hanya sebagai pusat pemerintahan, tapi juga menyimpan pesona wisata yang menarik. Berbagai objek wisata di Tokyo menjelma menjadi destinasi liburan dunia yang mempesona.

Berlibur ke Tokyo, Toppers juga akan menemukan variasi tempat wisata menarik sesuai dengan minat dan kegemaranmu. Mulai dari budaya dan sejarah, rekreasi, hingga belanja dan kuliner! Penasaran seperti apa serunya tempat wisata Tokyo? Simak rekomendasi tempat wisata Tokyo terbaik favorit traveler berikut!

Wisata Kuil di Tokyo

1. Sensoji (浅草寺)

Sensoji - Tempat Wisata di Tokyo
Sumber gambar: Go Tokyo

Jepang memang pilihan tujuan wisata religi yang kaya akan arsitektur kuil-kuil yang menarik. Salah satu tempat wisata kuil di Tokyo yang bisa Toppers singgahi adalah Kuil Sensoji yang terletak di Asakusa.

Sensoji sendiri adalah situs kuil Buddha Kuno yang buat sebagai penghormatan pada Bodhisattva Kannon (Guan Yin) atau yang populer juga sebagai Dewa Keberkahan. Kuil di Tokyo ini memang populer sebagai salah satu tujuan wisata kota Tokyo.

Sebagai situs tertua yang berada di kota Tokyo, Sensoji tentu menyimpan kekayaan sejarah yang panjang. Tempat wisata di Tokyo ini sangat pas untuk Toppers yang ingin melihat keunikan arsitektur sekaligus melihat perjalanan sejarah di Tokyo. Lebih seru lagi, kamu bisa menyempatkan mampir ke Nakamise yang berada dekat kuil ini untuk berburu jajanan pasar khas Tokyo yang lezat.

2. Meiji jingu (明治神宮)

Kuil Meiji - Tempat Wisata di Tokyo
Sumber gambar: Old Tokyo Guide

Destinasi wisata kuil di Tokyo lain yang bisa jadi pilihan Toppers adalah Kuil Meiji, sebuah kuil Shinto yang didirikan sebagai dedikasi kepada para roh dewa dari Kaisar Meiji dan Istrinya, Empress Shōken.

Mengunjungi kuil ini, biasanya pada bagian lengkungan kuil atau Torii para penganut Shinto dan Buddha akan membungkukkan badan sebelum masuk dan saat hendak meninggalkan Kuil. Kemudian, kamu akan menemukan Temizuya, air sumur yang digunakan untuk membilas tangan kiri lalu tangan kanan. Kemudian biaslah mulut dengan tangan kiri sebelum membasuh kembali tangan kiri. Terakhir, bilas menggunakan timba.

Memasukki bangunan utama kuil, pengujung biasanya akan membungkukkan badan dua kali dan menggenggam tangan sebanyak dua kali. Setelah itu, Toppers bisa memanjatkan doa-doa didalam hati sebelum membungkuk sekali lagi dan meninggalkan kuil.

Mengunjungi obyek wisata di Tokyo satu ini, Toppers tak cuma akan dibuat berdecak kagum dengan megahnya kuil tradisional ini, tapi juga keunikan adat istiadat dan pengalaman tradisi yang takkan terlupakan.

3. Yasukuni Shrine (靖國神社)

Kuil Yasukuni - Tempat wisata di Tokyo
Sumber gambar: Harry Turtledove Wiki

Kuil Yasukuni adalah tujuan wisata kuil di Tokyo selanjutnya yang dibangun sebagai bentuk penghormatan dan dedikasi terhadap para tentara atau prajurit Jepang yang gugur saat berperang atas nama Kaisar Jepang.

Alkisah pada saat Kaisar Meiji menginjakkan kakinya di Tokyo Shokonsha untuk pertama kalinya di tahun 1874, ia menuliskan sebuah puisi yang berbunyi, “Saya meyakinkan Anda siapa yang bertempur dan mati untuk negara Anda bahwa nama Anda akan tinggal selamanya di tempat suci ini di Musashino”.

Sejak itulah kuil ini dibangun dan hingga kini masih sering dikunjungi sebagai bentuk penghormatan kepada para prajurit-prajurit Jepang ataupun sebagai destinasi wisata di Tokyo

Wisata Belanja di Tokyo

4. Nakamise (仲見世)

Nakamise
Sumber gambar: JW Web Magazine

Liburan ke Tokyo tak akan lengkap tanpa berwisata belanja. Salah satu tempat wisata belanja Tokyo satu ini berada dekat dengan Sensoji dan merupakan pusat perbelanjaan tertua di Jepang, lho.

Di pusat perbelanjaan ini, Toppers nggak cuma bisa menemukan berbagai souvenis khas Jepang yang bisa lengkapi perjalanan liburan  di Tokyo seperti Yukata, hingga kipas lipat khas Jepang tapi sempatkan juga dirimu mencicipi berbagai kuliner tradisional khas Akasuka, Tokyo yang dijamin bakal memanjakan lidahmu.

5. Harajuku (原宿)

Harajuku - Wisata Belanja di Tokyo
Sumber gambar: World Nomads

Siapa nggak tahu Harajuku? Harajuku sendiri merupakan salah satu distrik diantara Shinjuku dan Shibuya di Tokyo yang terkenal sebagai pusat berkembangnya fashion eksentrik anak muda.

Kini, Harajuku tak cuma terkenal sebagai tempat shopping jalanan, tetapi juga obyek wisata di Tokyo yang cukup menarik untuk dijelajahi.

6. Ginza (銀座)

Ginza - Wisata Belanja di Tokyo
Sumber gambar: Wikipedia

Obyek wisata belanja di kota Tokyo selanjutnya Ginza. Berbeda denga Harajuku, Ginza justru merupakan pusatnya mode dan fashion high class.

Sebagai salah satu kawasan real estate termahal di dunia, Toppers bisa menikmati suasana di tempat wisata Tokyo sembari berjalan kaki dan berbelanja di akhir pekan karena sepanjang akhir pekan kawasan ini dibebaskan atau ditutup untuk kendaraan bermotor.

Berjalan kaki menjelajahi kawasan Ginza, Toppers akan merasakan pengalaman berbeda menyusuri suasana kota Tokyo.

7. Akihabara Electric Town (秋葉原)

Akihabara Electronic - Wisata Belanja di Tokyo
Sumber gambar: TravellersPoint

Berbeda dengan destinasi wisata belanja Tokyo sebelumnya, di Akihabara Toppers bisa menemukan berbagai jenis perangkat elektronik terbaru dan paling lengkap di Jepang. Nggak perlu khawatir saat berbelanja disini, karena hampir semua penjaga toko di Akihabara mampu menguasai banyak bahasa sehingga bisa melayani berbagai turis dari mancanegara.

Ingin update gadgetmu saat berlibur ke Tokyo? Akhibara bisa jadi jawabannya!

Wisata Budaya dan Sejarah di Tokyo

8. Imperial Palace & East Garden (皇居)

Tempat wisata di Tokyo
Sumber gambar: World Nomads

Sebagai kota megapolitan yang sangat maju, Tokyo juga menyimpan banyak kekayaan budaya dan sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Destinasi wisata Tokyo yang bisa Toppers singgahi untuk melihat kekayaan budaya dan sejarah Jepang adalah Istana Kekaisaran Tokyo.

Pada tanggal-tanggal tertentu, Toppers bisa memasuki pekarangan dalam Istana dan jika kamu cukup beruntung, kamu bisa melihat anggota keluarga kekaisaran di Balkon Israna. Perlu diingat bahwa pada tanggal 2 Januari (Salam Tahun Baru) dan 23 Desember yang merupakan Hari Ulang Tahun Kaisar, bangunan istana dan taman dalam tidak terbuka untuk umum.

Salah satu bagian dari kawasan Istana Kekaisaran yang terbuka untuk umum dan menjadi pilihan wisata favorit di Tokyo adalah Imperial Palace East Gardens. Taman ini sendiri merupakan bekas dari benteng pertahanan pada zaman Edo, yaitu Honmaru dan Ninomaru.

Meskipun bangunan utama dari benteng ini tak lagi berdiri, di tempat wisata kota Tokyo ini Toppers masih bisa melihat gerbang masuk dan beberapa rumah penjaga pada masa benteng kuno tersebut berdiri.

9. Kabukiza (歌舞伎座)

Kabuki-za - Tempat wisata di Tokyo
Sumber gambar: The Japan Times

Salah satu kesenian dari Jepang yang mendunia adalah pertunjukkan drama Kabuki. Mengunjungi kota Tokyo, Toppers bisa sempatkan untuk mengunjungi Kabuki-za yang berada di Ginza. Kabuki-za sendiri merupakan teater terkenal yang memiliki pertunjukkan  setiap bulannya.

Selain pertunjukkan Kabuki, arsitektur dari gedung ini juga sangat menarik. Sebagai salah satu  bangunan budaya tertua, bangunan Kabuki-Za ini terdaftar sebagai properti Budaya Tangible oleh badan pemerintahan Jepang untuk urusan budaya pada tahun 2002. Makin tertarik untuk mengujunginya, bukan?

10. Hachiko Statue (ハチ公) yang Ikonik

Hachiko - Tempat wisata di Tokyo
Sumber gambar: Go Tokyo

Kisah Hachiko merupakan salah satu kisah nyata yang sangat populer dan mendunia asal Tokyo, Jepang. Kisahnya sendiri bercerita tentang seorang profesor di Universitas Tokyo, Hidesaburō Ueno yang memelihara seekor anjing Akita bernama Hachiko.

Setiap harinya, Hachiko kerap menunggu sang pemiliki di Stasiun Shibuya untuk menjemputnya pulang bekerja hingga pada Mei 1925, sang Profesor tak pernah lagi kembali ke Stasiun Shibuya karena mengalami pendarahan otak dan meninggal.

Selama sembilan tahun lamanya, setiap hari Hachiko masih menunggu sang profesor di Stasiun Shibuya hingga akhirnya ia juga meninggal pada 1935. Kisah mengharukan ini kemudian dengan cepat menyebar dan kini kesetiaan dari Hachiko menjadi simbol loyalitas nasional. Sebuah patung menyerupai Hachiko kemudian di bangun di stasiun Shibuya dan menjadi salah destinasi favorit untuk para wisatawan.

Taman Rekreasi dan Museum di Tokyo

11. Tokyo Disneyland & Tokyo DisneySEA (東京ディズニーランド)

Tokyo Disneyland
Sumber gambar: Tokyo Disney Resort

Selain berbagai tempat wisata Tokyo tadi, Ibukota Jepang ini juga menyimpan banyak destinasi rekreasi yang tersohor, lho. Salah satunya adalah Tokyo Disneyland. Berdiri di atas lahan seluas 115 hektar, di kawasan hiburan produksi Walt Disney Group ini juga terdapat Tokyo DisneySea yang merupakan tamah hiburan dengan pengunjung terbanyak ke-4 di dunia, lho!

Buat yang ingin bertamasya bersama keluarga di Tokyo, Tokyo Disneyland dan DisneySea jelas merupakan destinasi wisata di kota Tokyo yang wajib Toppers singgahi. Dengan berbagai wahana dan karakter-karakter Disney populer, destinasi liburan di Tokyo satu ini takkan memberikanmu pengalaman yang mengecewakan.

12. Gundam Museum

Museum Gundam - Tempat Liburan di Tokyo
Sumber gambar: Live Tokyo

Gundam merupakan satu barang koleksi favorit yang hampir punya penggemar setia di seluruh penjuru dunia. Jika Toppers merupakan salah satunya, destinasi wisata kota Tokyo satu ini wajib banget dikunjungi.

Mulai dari replika Gundan raksasa hingga berbagai wahana dan tentunya koleksi-koleksi gundam bisa Toppers temukan di Museum Gundam yang berada di kota Tokyo ini.

13. Museum Ghibli

Tempat wisata di Tokyo - Museum Ghibli
Sumber gambar: Japan Info

Selain Gundam, satu lagi ikon budaya pop Jepang yang menduni adalah Studio Ghibli. Studio Ghibli sendiri merupakan studio animasi karya Hayao Miyazaki yang memproduksi banyak sekali film animasi populer dan mendunia seperti My Neighbor Totoro, Spirited Away, The Wind Rises dan juga Ponyo di Cliff by the Sea.

Berada di Mitaka, museum ini menjadi tujuan wisata favorit bagi para penggemar film-film dan karakter-karakter ikonik yang dilahirkan oleh Studio Ghibli.

Wisata Malam di Kota Tokyo

14. Roppongi (六本木)

Roppongi - Tempat wisata malam di Tokyo
Sumber gambar: Japan Nightlife

Sebagai kota yang maju, tentu pemandangan kota Tokyo memiliki daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata. Salah satu distrik di Kota Tokyo yang bisa dikunjungi saat liburan di Tokyo adalah Roppongi. Roponggi adalah kawasan Tokyo yang nggak ada matinya dan sangat cocok bagi kamu yang mencari hiburan malam.

Roponggi terkenal akan bar-bar, klub malam, dan juga restoran mewah untuk kamu yang ingin merasakan makan malam eksklusif di tengah kota Tokyo.

15. Tokyo Tower (東京タワー)

Tokyo Tower - Wisata di Tokyo
Sumber gambar: ArchiTravel

Salah satu ikon dari kota Tokyo yang juga populer sebagai destinasi wisata kota Tokyo adalah menara Tokyo. Memiliki tinggi 332,5 meter, dari atas menara ini pengunjung bisa melihat pemandangan kota Tokyo 360 derajat.

Nggak cuma dari atas, pemandangan dari bawah menara Tokyo sendiripun tak kalah cantik dengan hiasan lampu malam yang mempercantik menara yang telah lama menjadi simbol kota Tokyo.

16. Tokyo Skytree (東京スカイツリー)

Tempat wisata di tokyo - Skytree
Sumber gambar: Fast Japan

Selain menara Tokyo, kota Tokyo juga memiliki landmark baru yang kini tengah digandrungi yaitu Tokyo Skytree yang merupakan menara tertinggi di Jepang dengan ketinggian 634 meter.

Didirikan sebagai pemancar jaringan televisi dan radio untuk daerah Kanto, objek wisata kota Tokyo ini memiliki dua dek observasi yaitu Tembo Deck dan Tembo Gallery, tempat para pengunjung disuguhkan panorama cakrawala yang spektakuler Kota Tokyo.

Baca juga: 7 Negara yang Wajib Dikunjungi saat Liburan Musim Dingin

Banyak sekali bukan destinasi obyek wisata di kota Tokyo yang bisa buat liburan ke Tokyo menjadi pengalaman paling berkesan untukmu dan keluarga. Yuk, mulai persiapan liburanmu ke Tokyo bersama Tokopedia. Mulai dari koper, mantel musim dingin, stop kontak traveling, hingga berbagai perlengkapan traveling lainnya bisa Toppers dapatkan dengan mudah di Tokopedia.

Yuk, mulai petualanganmu di Kota Tokyo!

Banner Tiket Pesawat