23 Tempat Wisata Pontianak Favorit Traveler

217
Wisata Rumah Bentang Radak Pontianak
Sumber gambar: Pontianak Kota Mini

Wisata Kota Pontianak

Makanan Khas Pontianak

Oleh-Oleh Khas Pontianak

Wisata Pantai Pontianak

Air Terjun di Kalimantan Barat

Objek Wisata di Singkawang


Tempat Wisata Pontianak – Dilintasi garis Khatulistiwa, Kota Pontianak adalah salah satu kota besar di Pulau Kalimantan yang juga dikenal akan sungai Kapuas-nya. Ibukota Kalimantan Barat ini juga kerap menjadi tujuan liburan domestik mengingat daya tarik wisata yang dimilikinya.

Untuk Toppers yang penasaran seperti apa objek wisata di Pontianak yang bisa dikunjungi, simak rekomendasi tempat wisata di Pontianak paling favorit berikut:

Baca juga: Tips Traveling yang Harus Diperhatikan agar Liburan Maksimal

Pilihan Objek Wisata Terbaik di Pontianak

1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa Pontianak
Sumber gambar: Wikimedia

Nggak cuma sebagai ikon, Tugu Khatulistiwa yang berlokasi sekitar 3 km dari kota Pontianak ini merupakan kebanggaan masyarakat pontianak. Selain bisa berwisata menikmati arsitektur dari tugu ini, di objek wisata andalan Pontianak ini Toppers bisa mempelajari informasi-informasi seputar garis Khatulistiwa.

Keunikan lain dari destinasi liburan di Pontianak ini adalah pada saat tanggal 21 – 23 Maret atau 21 – 23 September, terdapat fenomena di mana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa sehingga semua benda yang berada di atas garis ini tidak akan memiliki bayangan.

Lokasi:  Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Jam Operasional: Setiap Hari 07.00 – 22.00
Tiket Masuk: Rp 1.000,-

2. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas Pontianak
Sumber gambar: Pontianak Kota Mini

Untuk Toppers yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai Kota Pontianak dan Provinsi Kalimantan Barat, Museum Negeri Sejarah Budaya Khas bisa jadi destinasi liburan di Kalimantan Barat selanjutnya untuk dikunjungi.

Destinasi wisata edukasi di Kalimantan Barat ini memamerkan koleksi Geografika/Geologika berupa peta dan jenis batu-batuan; koleksi biologika, arkeologika, historika, numismatika, dan keramologika berupa tempayan, piring, mangkuk, sendok, dan lainnya yang berasal dari China, Vietnam, Jepang, Eropa, dan keramik lokal Singkawang.

Lokasi: Jl. Jenderal A. Yani, Pontianak 78121
Jam Operasional: Setiap Hari 07.00 – 22.00
Tiket Masuk: Rp 1.000,-

3. Keraton Kadriah

Wisata Kota Pontianak - Keraton Kadriah
Sumber gambar: Flickr

Tempat wisata Pontianak selanjutnya adalah sebuah Bangunan Keraton peninggalan Kesultanan Pontianak. Keraton Kadrianh ini didirikan pada 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, sultan pertama Kesultanan Pontianak.

Selain menikmati kemegahan arsitektur bangunan bersejarah di Pontianak ini, Toppers juga bisa menemukan berbagai benda-benda bersejarah seperti meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis serta perabot-perabot bersejarah peninggalan Sultan dan Permaisuri.

Disini, terjadap juga Al-Quran yang ditulis tangan sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

Lokasi: Jl. Tj. Raya No.1, Dalam Bugis, Pontianak Tim., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243
Jam Operasional: Setiap Hari 10.00 – 18.00

4. Rumah Bentang Radakng

Wisata Rumah Bentang Radak Pontianak
Sumber gambar: Pontianak Kota Mini

Satu lagi destinasi wisata Kalimatan Barat dimana Toppers bisa mengagumi kemegahan arsitektur Nusantara adalah Rumah Betang Radakng. Replika rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat ini bahkan meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Panjang rumah ini mencapai 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter.

Walau hanya replika, rumah adat dari Suku Dayak Kanayatn ini masih kerap digunakan untuk berbagai aktivitas seni dari Suku Dayak di Kalimatan Barat.

Lokasi: Jalan Letjen Sutoyo, Kalimantan Barat

5. Masjid Jami Pontianak

wisata masjid jami pontianak
Sumber gambar: IndonesiaKaya

Terkenal juga sebagai Masjid Sultan Syarif Abdurrahman, destinasi wisata religi di Kalimatan barat ini merupakan salah satu masjid tertua yang menjadi saksi terbentuknya kota Pontianak.

Berdiri megah di tepian Sungai Kapuas, Masjid Jami Pontianak berdiri dengan empat tingkat Atap dan bergaya pantung untuk menghindari banjir saat Sungai Kapuas meluap.

Lokasi: Kampung Beting, Kelurahan Dalam Bugis, Pontianak Timur

6. Kampung Wisata Kuantan

Kampung wisata di Pontianak
Sumber gambar: Tribunnews

Wisata di tepi Sungai Kapuas lain yang bisa Toppers kunjungi saat berlibur ke Pontianak adalah Kampung Wisata Kuantan. Hadir dengan beragam warna-warni menarik dan juga karya seni lukisan mural, wisata ini tergolong tujuan wisata Kalimantan Barat yang instagramable.

Selain menikmati serunya suasana kampung, Toppers juga bisa menikmati senja yang romantis sembari berwisata kuliner dengan berbagai makanan khas yang dijajakan di tepian sungai Kapuas.

Lokasi: Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan

7. Pantai Pasir Panjang

Wisata Pantai Pasir Panjang di Pontianak
Sumber gambar: Pontianak

Untuk yang mengunjungi Pontianak karena wisata alamnya, Pantai Pasir Panjang bisa jadi tujuan wisata Pontianak yang wajib disinggahi. Dengan pasir putih yang bersih serta air laut yang jernih, pantai ini juga dikenal sebagai spot surfing favorit. Untuk kamu yang tidak suka berselancar, menghabiskan waktu bersantai di tepian pantai juga bisa jadi pilihan liburan yang menarik.

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang
Harga tiket: Rp 10.000

8. Aloe Vera Center

Aloe vera center - Wisata di Pontianak
Sumber gambar: Wikimedia

Aloe Vera Center adalah pusat budidaya tanaman lidah buaya yang kerap menjadi daya tarik wisata kota Pontianak. Selain menemui hamparan kebun lidah buaya, Toppers juga bisa mengintip proses pengolahan Aloe Vera menjadi berbagai produk seperti dodol, permen, hingga berbagai kosmetik.

Berkunjung kesini, jangan lupa bawa berbagai produk olahan lidah buaya sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Lokasi: Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78242

Baca juga: 7 Manfaat Lidah Buaya dan Cara Penggunaannya

9. Paradise-Q Waterpark

Paradise Q Park
Sumber gambar: Tribunnews

Belibur ke Pontianak bersama anak-anak dan ingin mencari tempat bermain? Paradise-Q Waterpark bisa jadi pilihan. Waterpark terbesar di Pontianak ini menawarkan berbagai wahana permainan air yang seru mulai dari Kolam Ombak, Spiral Water Slide, Race Water, dan banyak sekali wahana seru lainnya, lho!

Lokasi: Jalan Arteri Supadio KM 12,8 No. 6, Sungai Raya, Pontianak
Harga tiket: Rp 125.000
Jam Operasional: Senin- Jumat (11.00 – 18-00), Sabtu- Minggu (10.30 – 17.30)

10. Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville
Sumber gambar: Detik

Untuk yang ingin menikmati suasana alam yang asri, wisata Kalimatan Barat satu ini bisa jadi jawabanmu. Dipenuhi hingga 46 jenis bunga Bougenville, Toppers bisa menikmati indahnya suasana taman yang asri. Selain bunga, ada berbagai tanaman buah juga yang memenuhi komplek wisata alam seluah 1.5 hektar ini.

Lokasi: Kaki Bukit Gunung Pasi, Desa Sijangkung
Harga tiket: Rp 10.000
Jam operasional: Setiap hari 09.00 – 21.00

11. Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Batu Layang
Sumber gambar: Kemendikbud

Tempat wisata Kalimantan Barat selanjutnya adalah sebuah kompleks pemakanan dari keluarga kesultanan Pontianak. Dengan makan utama Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, Sultan pertama Pontianak di kompleks ini juga terdapat enam Sultan lainnya.

Lokasi: Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

12. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung
Sumber gambar: Tribunnews

Taman Nasional Gunung Palung memiliki luas  sekitar 90.000 hektar merupakan lokasi wisata alam di Kalimantan Barat yang wajib dikunjungi jika Toppers memiliki jiwa petualang.

Dengan ekosistem yang sangat lengkap mulai dari hutan tropis, hutan bakau, rawa, hjingga pegunungan bisa ditemui di dalam Taman Nasional ini. Dengan berbagai spesies flora dan faunia yang eksotis, di sini juga bisa ditemui spesies Anggrek Hitam yang hampir punah di sekitar Sungai Matan.

Lokasi: Padu Banjar, Simpang Hilir, Ketapang, Kalimantan Barat

13. Lemukutan Island

Pulau Lemukutan - Wisata di Pontianak
Sumber gambar: Tribunnews

Destinasi wisata sekitar Pontianak selanjutnya ini merupakan tempat yang pas untuk pecinta snorkeling dan menikmati keindahan panorama bawah laut perairan Kalimantan Barat. Dengan suasana yang masih alami, Pulau Lemukutan bisa jadi alternatif wisata Kalimantan Barat yang sangat menarik.

14. Pelabuhan Seng Hie

Wisata Pelabuhan Seng Hie Pontianak
Sumber gambar: Tribunnews

Dengan sungai Kapuas yang membentang di tengah Kota Pontianak, membuat wisata kota Pontianak sangat erat dengan sejarah maritim. Untuk Toppers yang tertarik melakukan wisata sejarah di kota Pontianak, mengunjungi Pelabuhan Seng Hie yang bersejarah bisa jadi pilihan.

Pelabuhan tertua di Pontianak ini merupakan pelabuhan bongkar muat yang awalnya adalah dermaga niaga milik pengusaha China, Theng Seng Hie sebelum akhirnya di ambil Belanda pada masa kolonialisasi.

Lokasi: Jalan Tanjung Pura, Benua Melayu Laut, Kota Pontianak

15. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit penjamur Bengkayang
Sumber gambar: Kompas

Tujuan wisata Kalimantan Barat selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang. Dengan jarak 4 jam perjalanan dari kota Pontianak, Bukit Penjamur Bengkayang menjadi destinasi yang pas untuk berkemah dengan panorama awan yang cantik saat Toppers berada di puncak.

perlengkapan traveling

16. Hutan Kota Untan

Wisata alam Pontianak Hutan Kota Untan yang juga dikenal sebagai Arboretum Sylva Untan adalah rumah bagi berbagai tanaman khas Kalimantan yang budidayakan untuk kepentingan ilmu pengetahuian.

Didalam kompleks wisata alam kota Pontianak ini Toppers bisa menemukan hingga 190-an jenis pohon, 80-an species Anggrek, dan berbagai species fauna serta serangga. Tempat ini juga bisa jadi pilihan untuk melakukan jogging, outbond, atau sekedar mengeluarkan lensa kamera favoritmu untuk berburu foto.

Lokasi: Bansir Laut, Kota Pontianak
Jam Operasional: 24 Jam

17. Taman Alun-alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas
Sumber gambar: Wisata Pontianak

Sungai Kapuas memang merupakan salah satu ikon kebanggaan kota Pontianak. Jadi, tak lengkap rasanya berlibur ke Pontianak tanpa menikmati wisata sungai Kapuas. Detinasi wisata Taman Alun-Alun Kapuas bisa jadi tujuanmu untuk menikmati pemandangan sungai Kapuas sekaligus beraktivitas bersama keluarga saat mengunjungi kota Pontianak.

Selain itu, di sekitar taman ini juga sangat mudah ditemui berbagai jajanan khas Pontianak yang bisa kamu cicipi.

Lokasi: Jalan Rahadi Usman, Tengah, Kota Pontianak
Jam Operasional: 06.00 – 22.00 WIB

18. Air Terjun Riam Merasap

Wisata di Pontianak - Air Terjun Riam Merisap
Sumber gambar: Wikipedia

Kalimantan Barat terkenal juga akan wisata air terjun.  Jika Toppers mengunjungi perbatasan Kabupaten Sambas dengan Negeri Serawak, kamu bisa menemukan banyak air terjun yang masih alami, salah satu yang terpopuler adalah air terjun Riam Merasap yang merupakan hulu dari Sungai Sajingan.

Dengan keadaan sekitar yang sangat alami, panorama alam di kawasan air terjun setinggi 20 meter ini akan memanjakan mata dan menenangkan pikiranmu.

Lokasi: Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

18. Kampung Beting

Wisata Kampung Beting di Pontianak
Sumber gambar: Pontianak Post

Kampung Beting adalah obyek wisata kota Pontianak yang wajib masuk daftar saat berlibur ke ibu kota Kalimantan Barat. Kampung wisata yang berdiri di atas tepian Sungai Kapuas ini merupakan tempat berdirinya Istana Kesultanan Pontianak dan juga Masjid Jami yang telah di bahas sebelumnya.

Toppers juga bisa mengunjungi Jembatan Geretak terpanjang didunia yang menjadi penghubung setiap rumah yang berdiri terapung diatas permukaan sungai ini.

19. Pantai Kijing

Selain Sungai, wisata kota Pontianak juga didominasi pantai-pantai indah. Salah satunya adalah Pantai Kijing yang disempurnakan dengan panorama pasir putih dan barisan nyiur tang asri. Toppers juga disajikan pemandangan lautan dengan bentangan bukit indah yang berada berseberangan dengan objek wisata kota Pontianak satu ini.

Lokasi: Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Cungai Kunyit, Pontianak Barat

20. Danau Biru Singkawang

wisata danau biru singkawang
Sumber gambar: Flickr

Mengunjungi objek wisata di sekitar Pontianak, sempatkan dirimu singgah ke Danau Biru yang berada di Singkawang. Dihiasi air danau yang jernih kebiruan dan dikelilingi perbukitan, panorama di objek wisata Kalimantan Barat satu ini sulit ditandingi. Siapa sangka bekas pertambangan emas ini kini justru menjadi tujuan wisata favorit saat singgah ke Kalimantan Barat.

Lokasi: Jalan Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang

21. Pulau Randayan

Wisata Pulau Randayan Pontianak
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Ingin melakukan Island Hoping saat berlibur ke Kalimantan Barat? Pulau Randayan  bisa jadi pilihan wisatamu. Wisata Pulau Randayan dan juga pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya sudah populer sebagai salah satu destinasi wisata alami di Kalimantan Barat.

Untuk mencapai objek wisata Kalimantan Barat satu ini, Toppers bisa menyebrang melalui Dermaga Teluk Suak ataupun Dermaga Pantai Samudera Indah dengan jarak tempuh sekitar 1 hingga 2 jam.

22. Pulau Temajuk

Wisata kota Pontianak
Sumber gambar: Kompas

Pulau Temajuk termasuk salah satu objek wisata kota Pontianak yang terkenal dimana eksotisme khas pantai-pantai Borneo menjadi nilai jual utama dari wisata Pulau Temajuk. Birunya permukaan laut serta pasir pantai yang putih dan bersih bisa menemanimu bersantai di objek wisata Kalimantan Barat yang hanya berjarak 4 KM dari perbatasan dengan negara Malaysia ini.

Lokasi: Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat

23. Jembatan Kapuas

Wisata Jembatan Kapuas Pontianak
Sumber gambar: Trubus Life

Salah satu objek wisata Pontianak yang tepat untuk menikmati pemandangan Sungai Kapuas adalah mengunjungi Jembaran Kapuas. Saking indahnya, melakukan selfie di tepian sungai dengan latar belakang Jembatan Kapuas menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat berlibur ke kota Pontianak.

Lokasi: Jalan Sultan Hamid II, Tj. Hulu, Kota Pontianak

Baca juga: 12 Oleh-Oleh Khas Pontianak Terunik dan Menarik

Itulah berbagai destinasi liburan di Pontianak, Kalimatan Barat yang bisa memberikan pengalaman seru untuk Toppers. Sudah temukan objek wisata kota Pontianak mana saja yang akan dikunjungi saat berlibur ke Kalimantan Barat? Yuk, siapkan perlengkapan traveling terbaikmu dan dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik dengan mudah serta praktis melalui aplikasi Tokopedia.

Selamat menjelajahi Kota Pontianak!

Tiket Pesawat Tokopedia
Tiket pesawat