• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Destinasi Ziarah Umat Muslim yang Tersebar di Seluruh Dunia

Share

10 Destinasi Ziarah Umat Muslim yang Tersebar di Seluruh Dunia

Ziarah merupakan salah satu tradisi yang biasa dilakukan oleh umat Muslim. Berikut destinasi tempat ziarah Islam di dunia terpopuler.


Tempat Ziarah Islam di Dunia – Ziarah merupakan kunjungan ke tempat yang dianggap suci atau mulia. Tempat-tempat tersebut bisa berupa makam, rumah ibadah, dan masih banyak lagi tempat yang dianggap suci.

Jadi, ternyata tidak hanya makam saja yang bisa dikunjungi untuk ziarah, Toppers. Tempat-tempat lain yang dianggap mulia dan mengandung sejarah Islam juga bisa dijadikan destinasi ziarah yang akan mendatangkan pahala dan juga pengetahuan tambahan.

Terdapat banyak tempat ziarah umat Muslim di seluruh dunia, terutama di Mekkah, Madinah, Indonesia, dan bahkan Rusia. Di Indonesia sendiri terdapat banyak destinasi ziarah yang tersebar di berbagai daerah.

Simak lebih lanjut untuk mengetahui tempat-tempat yang dijadikan tujuan ziarah umat Islam di berbagai wilayah di dunia!

Baca Juga: Setelah Umroh, Kunjungi 10 Tempat Wisata di Mekkah Berikut Ini!

Tempat Ziarah Umat Muslim di Dunia

1. Gua Hira – Mekkah, Arab Saudi

tempat ziarah islam di dunia
Sumber Gambar: New English Review

Gua Hira merupakan tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu dari Allah SWT, yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5. Karena nilai sejarah Islam di dalamnya sangat tinggi

Gua yang terletak di gunung Jabal Nur ini menjadi salah satu tujuan ziarah Islam utama ketika umat sedang pergi umroh ataupun haji. 

Letak Gua Hira ini kurang lebih adalah 6 km dari Masjidil Haram. Setelah menempuh jarak jalan tersebut, kamu juga harus mendaki gunung Jabal Nur selama kurang lebih 1 jam sampai menemukan gua ini. 

2. Gua Tsur – Mekkah, Arab Saudi

tempat ziarah islam di dunia
Sumber Gambar: Gana Islamika

Destinasi ziarah berikutnya merupakan gua lagi, tetapi kali ini letaknya di gunung Jabal Tsur. Nilai sejarah Gua Tsur adalah gua ini dijadikan tempat berlindung Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Assiddiq dari kaum Quraisy yang mengejar mereka ketika sedang hijrah menuju Madinah. Mereka menetap di sana selama 3 hari.

Konon katanya, kaum Quraisy sudah sempat mencapai gua tersebut, tetapi mereka tidak melihat keberadaan Rasulullah SAW dan Abu Bakar Assiddiq sama sekali. Alih-alih, mereka justru melihat gua tersebut ditutupi sarang laba-laba dan ada burung yang membangun sarang di atasnya.

Hal ini menggambarkan kekuasaan Allah SWT dalam melindungi Rasulullah SAW dari marabahaya.

3. Masjid Jin – Mekkah, Arab Saudi

tempat ziarah islam di dunia
Sumber Gambar: Alhijaz Travel

Masjid Al-Jin juga memiliki sebutan lain, yaitu Masjid Al-Bai’ah. Cerita di balik penamaan masjid ini adalah pada suatu masa, Rasulullah SAW sedang melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an (surat Ar-Rahman lebih spesifiknya.

Lalu sekelompok Jin lewat dan terpukau akan lantunan dan makna dari surat tersebut. Setelah itu, mereka berbaiat atau mengakui bahwa Rasulullah SAW merupakan utusan dari Allah SWT.

Cerita ini sungguh menarik dan memperlihatkan kekuatan dari lantunan ayat-ayat Al-Qur’an, sehingga banyak orang yang menjadikan masjid ini tujuan wisata religi mereka. 

4. Jabal Rahmah – Mekkah, Arab Saudi

tempat ziarah islam di dunia
Sumber Gambar: Travel Notes

Jabal Rahmah terletak di Mekkah, lebih tepatnya di sebuah bukit di Padang Arafah. Tempat ini menjadi lokasi bersejarah, karena merupakan tempat bertemunya Nabi Adam AS dan Siti Hawa.

Itu merupakan pertemuan pertama kali mereka setelah dipisahkan selama 200 tahun setelah diturunkan dari surga. Untuk mengenang pertemuan ini, dibangun tugu putih di puncak Jabal Rahmah. 

Orang-orang yang sedang pergi umroh atau naik haji sangat sering mengunjungi tempat ini, karena terdapat nilai sentimentil tersendiri dari cerita di baliknya.

5. Makam Akzirat dan Turukhan – Bashkiria, Rusia

tempat ziarah islam di dunia
Sumber Gambar: Russia Beyond

Tujuan ziarah pertama berada di Rusia, tepatnya di desa Bashkiria. Di Bashkiria, terdapat dua makam kuno dari abad ke-14 dan ke-12. Makam Akzirat merupakan makam yang dibangun pada abad ke-14 untuk Hj. Hussein-Bek, imam pertama di wilayah Bashkiria.

Selain makam Akzirat, terdapat juga makam Turukhan, seorang pengusaha muslim bijak yang dikatakan merupakan keturunan Genghis Khan.

Kedua makam ini dianggap sangat suci oleh warga di sekitar Bashkiria dan mendatangkan banyak pengunjung ziarah dari seluruh dunia.

sajadah turki
Beribadah semakin nyaman dengan sajadah Turki terbaik di sini!

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata di Madinah Terbaik

6. Mata Air Auliya – Bashkiria, Rusia

tempat ziarah umat muslim di dunia
Sumber Gambar: Ilustrasi/Management Events

Berikutnya adalah destinasi ziarah yang juga berada di Bashkiria, yaitu mata air Auliya. Mata air ini terletak di Gunung Aushtau, Pegunungan Ural Selatan dan berarti ‘suci’ dalam bahasa Bashkiria.

Tempat ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit pernapasan, pencernaan, dan juga batu ginjal. Jika ingin mengunjungi tempat ini, peziarah harus mendaki sampai puncak gunung Aushtau. 

Destinasi ziarah satu ini memiliki satu keunikan yang meningkatkan daya tariknya: mata air Auliya hanya mengalir satu bulan saja pada akhir Mei sampai awal Juni, dan dikatakan hanya memiliki khasiat setelah tanggal 15 Mei.

7. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin – Putrajaya, Malaysia

tempat ziarah umat muslim di dunia
Sumber Gambar: Wikimapia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ziarah tidak harus selalu dilakukan ke makam saja. Masjid yang memiliki julukan ‘Masjid Besi’ dan berkonsep ramah lingkungan ini merupakan salah satu contohnya. Ini telah jadi tujuan wisata religi warga Malaysia dan juga dari mancanegara.

Masjid yang terletak di Putrajaya, Malaysia ini memiliki arsitektur yang sangat memukau dan dilengkapi dengan teknologi gas district cooling—sebuah alternatif pendingin yang lebih ramah lingkungan.

Di bagian dalam masjid terukir kaligrafi Asmaul Husna yang terlihat sangat apik, lalu bagian luarnya dikelilingi taman hijau dan air mancur yang menjadikan area sekitar masjid begitu asri.

8. Makam Sunan Gunung Jati – Jawa Barat, Indonesia

tempat ziarah umat muslim di dunia
Sumber Gambar: Nadhatul Ulama

Makam Sunan Gunung Jati berlokasi di Cirebon, Jawa Barat. Daya tarik dari destinasi ziarah yang satu ini berada di perpaduan antara agama, kebudayaan, dan sejarah.

Makam ini merupakan tempat bersejarah untuk lahirnya agama Islam di Indonesia yang dibalut perpaduan budaya Jawa dan Tiongkok. Perpaduan ini lahir dari sejarah Sunan Gunung Jati yang pernah menikahi Ong Tien, seorang putri yang berasal dari Cina. 

Setiap tahun—khususnya pada bulan Ramadan, makam ini ramai didatangi peziarah dari seluruh Indonesia yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kebudayaan dan sejarah Islam di Tanah Air.

9. Makam Wali Pitu – Bali, Indonesia

tempat ziarah umat muslim di dunia
Sumber Gambar: Kintamani

Tujuan ziarah berikutnya berada di Bali, yaitu makam Wali Pitu. Makam Wali Pitu merupakan sebutan untuk tujuh makam orang muslim yang sangat dihormati oleh umat Islam di Bali. Ketujuh makam ini tersebar di tujuh lokasi yang berbeda-beda di Bali.

Makam yang termasuk ke dalam Makam Wali Pitu antara lain adalah Makam Wali Negara & Datuk Lebai-Melayu, Makam Wali Karangrupit, Makam Wali Bukit Bedugul dan Makam Wali Kembar Karangasem.

Ada pula Makam Wali Kusamba, Makam Wali Seseh Mengwi, Makam Pangeran Sosrodiningrat hingga Makam Ratu Ayu Anak Agung Rai.

10. Banten Lama – Banten, Indonesia

tempat ziarah umat muslim di dunia
Sumber Gambar: Good News from Indonesia

Banten lama merupakan tempat sisa kejayaan Kerajaan Banten. Di sini, terdapat Istana Surosoan, Situs Istana Kaibon, Benteng Spellwijk, dan Masjid Agung Banten.

Di dalam Masjid Agung Banten, terdapat kompleks makam Sultan Banten dan juga keluarganya. Makam ini dijadikan tujuan ziarah warga Indonesia, terutama pada saat bulan Ramadan.

Baca Juga: Menjelajahi 9 Destinasi Wisata Terbaik di Jeddah!

Nah, itulah daftar destinasi ziarah umat Islam di berbagai belahan dunia. Sejarahnya cukup menarik kan, Toppers? Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat ini di bulan Ramadan atau ketika memang sedang berkunjung ke daerah tersebut saja.

Jadi, mana yang jadi tujuanmu?

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
© 2009-2024, PT Tokopedia