Liburan? Hongkong aja! Yuk Intip 12 Tips Belanja Murah di Hongkong

2268
Liburan? Hongkong aja! Yuk Intip 12 Tips Belanja Murah di Hongkong

Tips Belanja di Hongkong – Toppers, buat kamu yang gila belanja alias shopaholic, dan juga gila jalan-jalan, pengalaman  liburan sambil belanja yang murah di Hongkong wajib hukumnya untuk kamu coba. Ya, kini Hongkong sudah menjelma menjadi pesona wisata baru di Asia, bahkan sudah menyaingi Singapura lho.

Salah satu daya tariknya adalah surga belanja yang sanggup menarik ribuan orang setiap bulannya. Jadi, buat Toppers yang ingin mulai petualangan belanja di Hongkong, ini dia 12 tips belanja murah di Hongkong yang bisa bantu maksimalkan pengalaman belanjamu!

Baca juga: 5 Surga Belanja di Korea Selatan yang Wajib Kamu Datangi

Tips Belanja di Hongkong

1. Siapkan dollar Hongkong dari jauh-jauh hari dari Indonesia

Untuk bisa belanja di Hongkong, tentu Toppers harus menyiapkan Dollar Hongkong. Karena nilai mata uang yang fruktuatif, antisipasi harga Dollar Hongkong yang menjulang dengan menukarkan dollar Hongkong jauh-jauh hari.

Hindari juga menukarkan dollar di Bandara ataupun sesampainya kamu di Hongkong karena kemungkinan harga dollar akan lebih tinggi. Melakukan riset harga dollar Hongkong juga bisa jadi nilai tambah yang akan membantu kamu mempersiapkan dollar Hongkong dengan harga lebih bersahabat.

Selain itu, tips belanja di Hongkong selanjutnya adalah mempersiapkan Rupiah. Membawa Rupiah sebagai cadangan uang saat di Hongkong bisa sangat membantu di saat-saat mendesak, lho.

Tips Belanja di Hongkong
Sumber gambar: South China Post

2. Bawa kamus dan kalkulator

Saat belanja di Hongkong, tentu bahasa menjadi salah satu kendala rumit yang kerap menghalangi. Jadi tips belanja di Hongkong selanjutnya adalah selalu mempersiapkan kamus elektronik. Mempelajari beberapa kosa kata yang berkaitan dengan belanja seperti bertanya soal harga juga merupakan tips persiapan wisata belanja ke Hongkong yang baik.

Membawa kalkulator atau menggunakan kalkulator di smartphone milikmu bisa jadi alat komunikasi yang praktis saat tawar menawar, lho! Kalkulator juga bisa mempermudahmu menghitung harga dalam rupiah sehingga kamu bisa menilai apakah barang belanjaan tersebut terlalu mahal atau sudah murah.

koper

3. Atur bagasi dan bawa tas koper kosong tambahan

Jika tujuan Toppers liburan ke Hongkong memang untuk belanja, bawalah baju secukupnya saja. Hal ini membantu memberikan ruang lebih untuk barang-barang belanjaanmu saat pulang dari Hongkong.

Membawa koper kosong juga menjadi tips belanja wajib saat wisata belanja ke Hongkong. Jangan lupa, menentukan bagasi dengan bijak akan membantumu untuk menghindari kelebihan bagasi saat pulang yang akan berujung pada biaya tambahan yang perlu kamu tanggung.

4. Pastikan kamu gak lebay soal barang bawaanmu.

Saat belanja, minimalisir barang-barang bawaanmu, terutama barang berharga seperti gadget dan perhiasan. Nggak cuma menyangkut kenyamanan saat berbelanja karena barang bawaan yang banyak tentu akan mempersulitmu dalam bergerak, tapi tips belanja di Hongkong satu ini juga terkait dengan faktor keamanan saat berbelanja itu sendiri.

stop kontak traveling

5. Layaknya belanja di Pasar, jangan malu untuk tawar menawar!

Tips belanja murah di Hongkong paling penting adalah jangan segan-segan untuk menawar harga saat berbelanja untuk pastikan kamu mendapatkan harga terbaik. Dengan keberainan menawar harga, Toppers bisa maksimalkan petualangan belanja murah di Hongkong-mu.

Lebih baik kamu sedikit “kejam” saat berbelanja, daripada Toppers harus membayar harga yang gak masuk akal. Lagipula, tawar-menawar memang hal yang biasa dilakukan di toko-toko di Hongkong.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Pastikan kamu belanja di tempat yang benar

Hongkong memiliki banyak pusat perbelanjaan. Supaya wisata belanja lebih menyenangkan, sebaiknya tentukan tempat-tempat yang mau kamu kunjungi, terutama yang memang menjual barang yang kamu incar. Misalnya, kalau kamu belanja yang murah meriah, di Ladies Market cukup murah dan kamu bisa menawarnya. Namun, jika Toppers tidak memiliki budget dan ingin berbelanja barang-barang branded, Harbour City, yang merupakan pusat perbelanjaan menengah atas bisa jadi pilihanmu.

Untuk yang suka barang antik, kamu bisa datang ke Wyndham Street, Hollywood Road, dan Sheung Wan. Tetapi, kalau kamu mau barang antik dengan harga yang lebih murah, berjalanlah ke sebelah barat Hollywood Road. Nah, kalau kamu ingin berburu kerajinan tangan, keramik, dan lukisan khas Hongkong, bisa datang ke Yue Hwa Chinese Products Emporium.

Tips Belanja Hemat di Hongkong
Hong Kong

Buat pecinta fashion, datangi saja Pacific Place di Admiralty, dan Festival Walk di Kowloon Tong. Nah, kalau mau belanja pakaian yang lebih murah, bisa kamu temukan di Jardine’s Bazaar yang ada di Causeway Bay, atau di Lee Garden Road. Hehehe.

Masih mau yang lebih murah? Jangan khawatir, Toppers bisa dateng ke pasar dadakan Tung Choi Street di Mongkok. Di sinilah pusatnya barang-barang murah, mulai dari pakaian, tas, hingga perhiasan.

Kalau mau belanja barang lainnya, kamu bisa berbelanja di pusat-pusat yang menjual barang tertentu, seperti komputer di Kowloon, giok di Jade Market, atau perlengkapan fotografi di Tsim Sha Tsui.

7. Suka produk kulit? Teliti ulang kualitas kulitnya!

Jika Toppers pecinta produk kulit, Hongkong bisa jadi surga belanja buatmu karena ada banyak toko yang menjual produk kulit dengan merek terkenal, seperti Louis Vuitton atau Gucci. Bahkan, kamu bisa menemukan produk dengan potongan harga yang lumayan murah lho. Tapi jangan langsung kalap membelinya, karena kalau gak teliti, kamu beresiko membeli barang yang gak sempurna. Faktanya, beberapa barang kulit bermerek gak semuanya dalam kondisi baik; ada juga yang cacat.

jam tangan water resistent

8. Belanja jam tangan? Pastikan bukan barang palsu ya.

Toppers, di Hongkong pasti banyak banget penjual jam tangan dengan berbagai merek. Ya, semuanya menggiurkan, terlihat asli, dan murah meriah. Tetapi, sekali lagi, harus teliti ya, Toppers. Karena faktanya, gak semua jam tangan yang dijual asli. Bahkan, gak sedikit jam tangan palsu yang dibanderol harga tinggi. Nah, supaya kamu gak kena tipu, pastikan toko yang kamu datangi sudah mencantumkan label harga di jam, dan juga periksalah kelengkapan suratnya.

9. Jangan asal beli, teliti ulang garansinya!

Belanja barang elektronik? Tips belanja di Hongkong selanjutnya adalah selalu perhatikan garansi dari barang-barang yang kamu beli, Toppers. Periksalah dengan teliti apakah barang yang kamu beli sudah dilengkapi kartu garansi berstempel. Perhatikan pula nomor seri, tanggal pembuatan, dan alamat toko sesuai dengan yang tertera di kartu garansi.

Karena banyak banget toko di Hongkong yang menjual barang black market yang gak memiliki surat-surat. Jadi, kamu harus lebih jeli ya, khususnya kalau membeli elektronik, gadget atau barang bermerek.

perlengkapan traveling

10. Jangan memotret barang dagangan ya!

Hal yang unik saat berbelanja di Hongkong adalah, kita gak boleh mengambil foto barang dagangannya. Ya, kalau ketahuan mengambil foto, siap-siap aja kena omel si pedagang ya. Jadi, sebaiknya kamu menahan diri untuk mengambil foto.

11. Kejahatan ada dimana-mana, jangan sampai kamu menjadi korban ya.

Kebiasaan buruk saat sedang belanja adalah kalap. Ya, sampai-sampai lupa akan barang bawaannya. Gak heran, kalau banyak yang kehilagan tas, dompet, gadget, bahkan barang belanjaan. Mulai dari tertinggal, terjatuh dan hilang hingga dicopet ataupun menjadi korban tangan-tangan jahil lainnya.

Nah, Toppers, ingat kejahatan itu ada dimana-mana, jadi pastikan kamu tetap was-was, walau kamu sedang bersenang-senang ya.

12. Lengkapi petualangan belanja di Hongkong dengan lezatnya kuliner,

Gak hanya wisata belanja yang terasa menyenangkan di HongKong. Tetapi kamu juga wajib mencicipi kuliner khas negeri ini. Cobalah teh Cina di kios-kios sepanjang Austin Road. Wah, dijamin enak deh. Untuk makanan halal, kamu bisa sambangi restoran Ebenezer’s, Aladdin atau Bismillah Fast Food di sekitar Nathan Road, Tsim Sha Tsui.

Baca juga: 10 Surga Wisata Belanja Murah di Bangkok-Thailand

Itulah 12 tips pintar belanja murah di Hongkong. Dengan tips belanja di Hongkong tersebut, nggak cuma pengalaman belanja di Hongkong jadi lebih seru, Toppers juga bisa menghemat dan lebih efisien baik dari segi biaya, waktu, dan juga tenaga, lho.

Sudah siap mulai petualangan shopping kamu di Hongkong?

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel