Cari Destinasi Wisata Budaya dan Pantai? 3 Tempat ini Bisa Jadi Rekomendasi Lho!

262
Wisata Kebudayaan Batak di Sekitar Danau Toba

oleh Agnes Anna Agustina – Nakama Tokopedia

Indonesia terkenal dengan alam, suku dan etnis yang beragam. Apalagi kalau bicara tentang destinasi wisata budaya Nusantara yang amat menarik, tidak heran kalau sekarang ini destinasi budaya Indonesia menjadi sasaran pecinta travelling ditambah lagi dengan mudahnya menemukan rekomendasi dari media sosial.

Salah satu rekomendasi destinasi budaya yang bisa kamu kunjungi kali ini datang dari Provinsi Sumatera Utara yang khas dengan suku Batak. Suku Batak sudah pasti memiliki marga yang diwarisi dari keturunan keluarga. Bukan sekadar nama lho, setiap marga memiliki arti dan silsilah tersendiri yang menarik untuk diketahui.

Baca juga: 30 Destinasi Wisata Kota Medan Terbaik paling Populer

Menelusuri Jejak-jejak Budaya Batak dan Keindahan Alam Sumatera Utara

1. Tugu Toga Marbun

Destinasi wisata budaya Batak ini datang dari salah satu Marga Suku Batak, terletak di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya Desa Bakara. Bukan hanya menarik untuk dikunjungi, tempat ini mempunyai sejarah yang sayang kalau dilewatkan.

Untuk menuju ke Desa Bakara, biasanya memakan waktu kurang lebih 6-7 jam dari kota Medan menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum yang langsung menempuh perjalanan ke desa Bakara. Sepanjang perjalanan kamu juga bisa merasakan udara segar, pemandangan hutan rindang dan danau Toba yang terlihat jelas dari jalan lintas Sumatera.

Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi penulis

Desa inilah destinasi wisata budaya Batak yang bisa jadi rekomendasi menarik untuk dikunjungi. Desa Bakara menjadi awal keturunan marga Marbun. Menurut silsilah, awalnya Marbun adalah nama kepala keluarga yang tinggal di desa Bakara, kabupaten Humbang Hasundutan, kecamatan Bakti Raja yang memiliki 3 anak.

Dan saat ini, nama tersebut menjadi marga untuk keturunan mereka, yaitu Lumban Batu, Banjarnahor dan Lumban Gaol. Ayah dan ketiga anaknya tersebut di kenang dalam simbol tugu di desa Bakara, dikelilingi rumah warga dan dikenal dengan nama Toga Marbun.

Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi penulis

Tepat dibelakang Toga Marbun berdiri juga 3 bangunan yang masing-masing diberi nama untuk mengenang anaknya, yang pertama Lumban Batu, kedua Banjarnahor dan ketiga Lumban Gaol. Sebagai informasi, keturunan dari Suku Batak mengambil Marga dari anak laki-laki dan sampai saat ini marga-marga yang ada di belakang nama menjadi identitas keluarga dan keturunannya.

Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi penulis

2. Pantai BulBul

Beralih dari Desa Bakara tapi masih di Provinsi Sumatera Utara, ada destinasi alam menarik lainnya yaitu pantai di kawasan Danau Toba nih! Namanya Pantai Bulbul yang terletak di Balige, untuk menuju Pantai BulBul juga melalui jalur darat dengan angkutan umum atau mobil pribadi, tersedia juga penginapan didaerah sekitar, jadi kamu tidak perlu khawatir kalau ingin menghabiskan waktu yang lama di sana.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Tidak hanya melihat keindahan Danau Toba, kamu bisa sekadar menyewa perahu untuk berkeliling, menyewa Jet Ski atau menaiki Banana Boat. Tidak hanya itu restaurant yang tersedia disekitar pantai makin melengkapi keindahan danau Toba.

Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi penulis

3. Pantai Raya Tigaras

Tidak hanya Pantai BulBul, ada rekomendasi lainnya yang bisa kamu pilih untuk jadi destinasi pantai di kawasan Danau Toba nih, namanya Pantai Raya Tigaras. Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Tigaras, Simalungun. Kalau kalian berkunjung ke pantai ini, wajib banget sewa pondok/saung di sekitar pantai karena nantinya akan disuguhi menu yang tidak kalah enak untuk dicoba.

Biasanya wisata pantai Raya Tigaras ini jadi destinasi keluarga karena wahana yang tersedia bisa diikuti oleh segala umur termasuk anak-anak. Tapi tetap berhati-hati ya karena ombak di danau Toba cukup besar terutama di sore hari.

Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi penulis
Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi penulis

Baca juga: 25 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits di Medan

Nah dari ke tiga destinasi itu kira-kira tertarik berkunjung kemana nih? Ditambah lagi pasti masih banyak destinasi menarik lainnya dikawasan danau Toba. Semoga artikel ini bisa jadi rekomendasi kamu ya!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel