15 Tempat Wisata Kuliner Banyuwangi yang Wajib Kamu Kunjungi

3401
Tempat wisata kuliner di Banyuwangi
Sumber gambar: Merdeka

Tempat Wisata di Banyuwangi

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi

Wisata Kuliner Banyuwangi


Tempat Wisata Kuliner Banyuwangi – Nggak hanya menyimpan keindahan alam yang asyik untuk dieksplorasi, Banyuwangi juga menawarkan pengalaman wisata kuliner yang kaya akan cita rasa. Kelaparan di tengah jalan ketika berkunjung di Banyuwangi? Jangan khawatir! Berikut adalah daftar tempat wisata kuliner di Banyuwangi yang wajib Toppers kunjungi.

Baca juga: 29 Destinasi Wisata Kuliner Lezat di Jogjakarta

Destinasi Wisata Kuliner di Banyuwangi

  • Pecel Pitik di Desa Kemiren
Wisata Kuliner Banyuwangi
Sumber gambar: Detik

Desa Adat Osing Kemiren nggak hanya menyimpan kebudayaan tradisional yang unik, namun juga kuliner khas yang lezat bernama pecel pitik. Makanan ini biasa disajikan ketika acara adat sedang berlangsung. Kudapan satu ini mirip dengan pecel yang biasa ditemui di banyak tempat. Pecel pitik berbahan dasar ayam kampung yang diurap menggunakan bumbu dan ditaburi parutan kelapa.

Perlu diketahui bahwa kelapa yang digunakan nggak dimasak terlebih dahulu, lho.  Namun justru hal inilah yang membuat pecel pitik terasa enak dan lezat. Untuk bisa mencicipi wisata kuliner di Banyuwangi satu ini, pastikan Toppers datang disaat-saat menjelang perayaan adat masyarakat Banyuwangi, ya!

Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68432

  • Sego Cawuk Bu Mantih
Tempat wisata di Banyuwangi
Sumber gambar: Kompas

Sego cawuk atau nasi cawuk merupakan makanan yang sangat pas disantap setelah seharian beraktivitas. Bahan dasar panganan ini adalah nasi yang ditaburi parutan kelapa, kemudian ditambah kuah yang berasal dari bumbu-bumbu pilihan.

Sebagai pelengkap, ada tambahan lauk seperti dendeng, telur, pepes ikan, dan masih banyak lagi. Jika Toppers penasaran akan cita rasa sego cawuk, datanglah ke Warung Bu Mantih yang menyediakan kuliner populer khas Banyuwangi ini. Sebagai tips, datanglah ke tujuan wisata kuliner Banyuwangi ini lebih awal karena biasanya mulai jam 11:00, lauk sudah mulai habis.

Lokasi: Warung Bu Mantih, Jalan Wahid Hasyim (Dekat Stasiun Rogojampi), Prejengan, Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 07:00 – 15:00
Kisaran Harga: Rp 7.000,- – Rp 15.000,-

  • Sego Tempong Mbok Wah
Tempat wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Detik

Dalam bahasa Jawa, tempong memiliki arti tampar. Makanan yang satu ini dinamakan demikian karena rasanya yang nampar, alias sangat enak. Sebenarnya menu kuliner ini mirip nasi campur. Nasi putih disajikan dengan berbagai lauk lalu dilengkapi dengan sambal khas bernama sambal tempong. Apabila ingin mencicipinya, Toppers bisa datang langsung ke Warung Mbok Wah.

Nggak hanya sego tempong, warung makan di Banyuwangi ini juga menyediakan olahan seafood seperti kepiting dan cumi. Harga yang dipatok untuk seporsi sego tempong sangat murah, lho. Hanya dengan merogoh kocek Rp 7.000, kamu sudah bisa mendapatkan nasi putih dengan lauk berupa sayuran rebus, ikan asin, teri jengki dan juga sambal tempong. Jadi bisa irit pengeluaran selama liburan, deh!

Lokasi: Warung Mbok Wah, Jalan Gembrung No. 22, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 08:00 – 23:00
Kisaran Harga: Rp 7.000,-

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
  • Rujak Soto Mbok Mbret
Tempat wisata kuliner Banyuwangi
Sumber gambar: Detik

Siapa bilang semua wisata kuliner di daerah Jawa bercita rasa manis? Lain halnya dengan panganan yang satu ini, rujak soto khas Banyuwangi memadukan dua jenis makanan ke dalam satu piring, yaitu rujak yang disiram dengan kuah soto. Selain bentuknya unik, rasanya juga sudah tentu enak. Rujak diracik seperti biasa, lalu ditambahkan kuah soto yang dilengkapi daging babat dan telur puyuh.

Lokasi: Warung Mbok Mbret, Jalan Raya Jember No. 72, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 08:00 – 16:00
Kisaran Harga: Rp 20.000,-

  • Sego Bungkus Bu Poer

Banyuwangi seakan nggak pernah ada habisnya menawarkan berbagai tujuan wisata kuliner olahan nasi. Kali ini, makanan khas dari kabupaten bekas markas Kerajaan Blambangan yang akan dibahas adalah sego bungkus atau nasi bungkus. Meskipun dinamakan demikian, menikmati panganan di destinasi wisata kuliner Banyuwangi ini nggak harus dibawa pulang, kok. Ini karena nasi dibungkus menggunakan daun pisang.

Tersedia berbagai macam pilihan nasi seperti nasi putih, nasi jagung, nasi kuning dan nasi merah. Untuk lauknya, Toppers dapat memilih oseng-oseng, ayam goreng, berbagai olahan ikan serta gudeg.

Lokasi: Warung Bu Poer, Jalan PB Sudirman, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 06:30 – 12:00
Kisaran Harga: Rp 12.000,-

Mie lidi
  • Mi Kuah Warung Kepiting

Banyuwangi yang menyimpan segudang pesona lautnya sudah pasti memiliki tempat wisata kuliner makanan laut Banyuwangi yang kaya akan cita rasa. Nggak terkecuali di tempat wisata kuliner ini, yang menjadikan kepiting sebagai menu andalannya.

Kepiting disajikan bersama mi yang sudah diracik menggunakan bumbu khusus. Paduan dua panganan ini menciptakan cita rasa yang nggak ada duanya. Eits, tenang, Toppers yang tidak hobi makan kepiting juga dapat memesan menu lainnya di tujuan wisata kuliner di Sukabumi ini, kok.

Lokasi: Warung Kepiting, Jalan Kepiting No. 29B, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 11:00 – 23:00
Kisaran Harga: Rp 10.000,00 – Rp 15.000,00

  • Mi Ayam Ahem

Masih soal kuliner mi, makanan yang satu ini nggak boleh dilewatkan oleh pecinta mi ketika berkunjung ke Banyuwangi. Mi ayam atau mi pangsit yang dijajakan di Warung Ahem ini dijamin dapat membuat perut kenyang karena porsinya yang cukup banyak.

Mi yang ada disini teksturnya kenyal dan daging ayam yang disediakan berlimpah serta bercita rasa lezat berkat bumbu yang meresap secara sempurna. Jangan lupa minta pada penjual untuk menambahkan bakso di atasnya agar terasa makin lengkap.

Lokasi: Warung Ahem, Jalan Haryono No. 93, Tukangkayu, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 11:00 – 23:00
Harga: Rp 13.000,-

  • Rawon Bu Atik
makanan khas indonesia yang namanya unik - rawon setan surabaya

Rawon merupakan salah satu panganan khas daerah Jawa Timur. Kombinasi nasi putih hangat serta potongan daging yang disiram kuah lezat berwarna gelap nggak pernah gagal memuaskan lidah para pecinta wisata kuliner Banyuwangi. Salah satu rumah makan yang menyediakan berbagai menu rawon adalah Rumah Makan Bu Atik.

Rawon biasa, rawon paru, rawon empal dan rawon buntut goreng, semuanya tersedia disini. Biasanya juga ada sambal dan lalapan kecambah yang disediakan sebagai pelengkap. Jangan lupa menyantap kuliner satu ini berbarengan dengan kerupuk.

Lokasi: Warung Bu Atik, Jalan Ahmad Yani No. 83, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 07:00 – 22:00
Kisaran Harga: Rp 22.000,00 – Rp 27.000,00

  • Pecel Rawon Mbak Sumi

Jika sebelumnya telah dibahas tentang rawon, makanan yang satu ini menggabungkan rawon dengan pecel. Yap, pecel rawon namanya. Pecel yang menyegarkan dan lezat dengan bumbunya yang khas, dipadukan dengan kuah rawon yang gurih. Biasanya kuah rawon disajikan tanpa menggunakan daging

Lokasi: Warung Mbak Sumi, Jalan Ahmad Yani No. 37, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Depan SMPN 01 Kota)
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Kisaran Harga: Rp 25.000,-

bakso
  • Bakso Kiki Genteng

Bakso merupakan salah satu makanan yang telah akrab di lidah masyarakat Indonesia. Di Banyuwangi, juga ada, lho, tempat makan bakso yang enak dan sudah terkenal seantero kota. Bakso Kiki Genteng namanya.

Kelezatan wisata kulinernggak perlu diragukan lagi karena tempat ini selalu ramai pengunjung. Bakso yang disajikan juga beragam pilihannya, mulai dari bakso kasar, bakso halus, hingga bakso telur.

Lokasi: Jalan KH. Hasyim Asyari, Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 09:00 – 21:00
Kisaran Harga: Rp 10.000,-

  • Lodeh Koro Pedas Warung Lya

Lodeh adalah makanan bercita rasa pedas lainnya di Banyuwangi. Lodeh dipadukan dengan salah satu jenis sayuran bernama koro, serta dilengkapi dengan tempe dan tahu. Sebagai tambahan, ada juga lauk yang biasa disediakan seperti ayam, ikan, paru, peyek, dan sebagainya.

Lokasi: Jalan Raya Situbondo No. 425, Wongserejo, Alasrejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Harga: Rp 20.000,-

Perlengkapan travelling bayi
  • Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi

Toppers ingin merasakan sensasi makan ikan bakar segar yang langsung ditangkap di laut sambil melihat pemandangan pulau Bali dari kejauhan? Jika ya, maka Pantai Blimbingsari merupakan tempat yang wajib disinggahi. Ditemani semilir angin pantai, pengalaman makan ikan bakar di tempat ini nggak akan dapat terlupakan begitu saja.

Lokasi: Pantai Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

  • Ayam Pedas Rantinem
Tempat wisata kuliner di Banyuwangi
Sumber gambar: Merdeka

Jika Toppers termasuk penyuka kuliner pedas, maka ayam pedas dapat menjadi alternatif yang tepat untuk memuaskan rasa laparmu. Ayam terlebih dahulu dibakar untuk kemudian diolah menggunakan kuah yang pedas dan lezat. Ayam pedas ini akan sangat nikmat jika disantap bersama nasi putih hangat dan lalapan.

Lokasi: Jalan Raya Jember, Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Samping Kantor Pos Genteng)
Jam Operasional: 15:00 – 22:00
Kisaran Harga: Rp 20.000,-

  • Warung Pesantogan Kemangi Kemiren
Tempat wisata di Banyuwangi
Sumber gambar: Detik

Warung makan di Banyuwangi yang satu ini dinamakan pesantogan atau yang dalam bahasa Jawa berarti tempat nongkrong karena memang tempat ini sangat cocok untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. Tempat wisata kuliner di Banyuwangi ini juga dapat dijadikan tempat bercengkrama dengan teman atau rekan seperjalanan.

Banyak menu makanan khas Banyuwangi yang ditawarkan seperti pecel pitik, misalnya. Minuman tradisional juga tersedia disini seperti minuman khas Kemiren, temulawak dan beras kecur.

Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68432
Jam Operasional: 11:00 – 24:00
Harga: Rp 15.000,-

  • Warung Biru

Sedang berjalan-jalan di pusat kota Banyuwangi? Jangan lupa mampir ke Warung Biru untuk memuaskan rasa laparmu. Di tujuan wisata kuliner Banyuwangi ini, aneka olahan laut seperti ikan dan cumi tersaji secara lengkap. Ada juga menu lainnya yang nggak kalah enak, seperti ayam goreng yang menjadi salah satu menu andalan di tempat kuliner ini.

Lokasi: Jalan Kapten Pierre Tendean, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: 09:00 – 17:00

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Kopi Asli Indonesia

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Banyuwangi yang wajib Toppers kunjungi. Setelah seharian berkeliling destinasi wisata, memang paling enak menyantap makanan khas Banyuwangi. Lengkapi perlengkapan traveling-mu hanya di Tokopedia!

tiket kereta api

Bagikan Artikel