Mencicipi Kuliner Kediri: 9 Makanan yang tak Boleh Dilewatkan

0
2099
Destinasi tempat wisata di kediri
Sumber gambar: Tribunnews

Wisata Kuliner Kediri – Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Kota ini juga terkenal sebagai pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Tak cuma itu, Kediri juga memiliki kuliner tradisional khas yang juga cukup populer.

Berkunjung ke Kediri tentu takkan lengkap tanpa mencicipi ragam cita rasa kuliner khas Kediri. Berikut berbagai destinasi wisata kuliner di Kediri yang wajib Toppers cicipi saat berkunjung ke Kediri:

Baca juga: Menyusuri 9 Pemandangan Jalur Kereta Api Terindah di Nusantara

Wisata Kuliner Kediri

1. Nasi Pecel Sambal Tumpang

Destinasi Wisata Kuliner di Kediri
Sumber gambar: Resep Nusantara

Berbicara soal wisata kuliner di Kediri, Nasi Pecel Sambal Tumpang jelas menjadi salah satu primadona favorit. Soal isi dari pecel mungkin tak jauh berbeda dari pecel-pecel lainnya seperti telur, daging ayam suwir, tauge, dan sayuran lainnya. Namun, yang membuat kuliner Kediri ini special adalah tambahan Sambal Tumpang yang diolah dari fermentasi tempe. Dengan rasa pedas nan gurih, dilengkapi pula dengan rempeyek sebagai pelengkap, menambah sedap cita rasa dari kuliner Kediri satu ini.

2. Bli Puthu

Destinasi Wisata Kuliner di Kediri
Sumber gambar: Malang Culinary Lounge

Destinasi wisata kuliner di Kediri selanjutnya ini sangat pas untukmu yang menyukai makanan manis. Es Krim Bli Puthu merupakan produk es krim rumahan miliki Bli Puthu yang kelezatannya sudah sangat terkenal di Kediri dan sekitarnya.

Berbagai varian rasa dan olahan es krim mulai dari yang dikombinasikan dengan brownies, ataupun waffle bisa Toppers pilih sesuai selera.

3. Bakso Barokah 313

Destinasi tempat wisata di kediri
Sumber gambar: Makanan Daerah Kediri

Untuk penggemar kuliner bakso, di Kediri Toppers bisa menemukan salah satu kuliner legendaris yang sangat cocok untukmu, yakni Bakso Barokah 313. Bakso yang memiliki kuah rempah yang sangat gurih ini kelezatannya sudah sangat melegenda dan menjadi tujuan wisata kuliner wajib saat berkunjung ke Kediri. Tak cuma kuahnya saja, tektur bakso yang sangat empuk dan lembut juga menjadi daya tarik sendiri dari kuliner khas Kediri ini.

4. Sate Emprit Mbah Dharmo

Destinasi tempat wisata di kediri
Sumber gambar: Tribunnews

Sate ayam ataupun sate kambing mungkin sudah biasa, namun di Kediri Toppers bisa menikmati sate yang tak cuma lezat namun juga unik, yakni Sate Emprit. Sesuai namanya, wisata kuliner Kediri satu ini terbuat dari burung emprit, sejenis burung kecil yang kerap terbang bergerombol.

Tak cuma diolah menjadi sate, daging burung emprit ini juga diolah menjadi krengsengan yang tak kalah lezat. Diracik dengan berbagai bumbu, tentu Sate Emprit merupakan salah satu kuliner di Kediri yang wajib dicicipi.

5. Tahu Takwa

Destinasi tempat wisata di kediri
Sumber gambar: Radar Kediri

Tahu Takwa merupakan kuliner yang dibawa oleh warga asal daratan Tiongkok ketika bermigrasi ke wilayah Kediri, tepatnya pada 1912 ketika Lauw Seo Heok membuka usaha pembuatan tahu. Ciri khas dari kuliner populer di Kediri ini adalah warna permukaannya yang kuning keemasan serta teksturnya yang lebih padat dan juga kenyal. Saking populernya kuliner ini, membuat Kediri kerap dijuluki juga sebagai Kota Tahu.

Baca juga: Mencoba Kelezatan 12 Kuliner Khas Tegal Terbaik

6. Sate Bekicot

Destinasi tempat wisata di kediri
Sumber gambar: Tribunnews

Tak cuma Sate Emprit, masih ada sate unik lainnya yang bisa Toppers cicipi saat berwisata kuliner di Kediri, yakni Sate Bekicot. Kenyalnya daging bekicot yang diolah bersama berbagai rempah dan juga bumbu kacang menghadirkan cita rasa lezat yang unik.

Untuk Toppers yang tertarik mencicipi kuliner asal Kediri satu ini, cobalah kunjungi Dusun Jengkol, Plosoklaten, Kediri, dimana terdapat beberapa warung makan yang menjajakan kuliner unik ini.

7. Balungan Pecok Pedas

Destinasi tempat wisata di kediri
Sumber gambar: Tribunnews

Tujuan wisata kuliner di Kediri yang menawarkan cita rasa sangat menggoda lainnya adalah Balungan Pecok Pedas, sajian tulang sapi bersama kuah santan kaya rempah dengan cita rasa pedas yang sangat khas.

Sensasi menyeruput gurihnya sumsum tulang dikombinasikan cita rasa kaya dan pedas dari kuah santan tentu takkan gagal manjakan lidahmu saat berwisata kuliner di Kediri.

8. Nasi Bebek Kraton

Destinasi wisata kuliner di Kediri selanjutnya ini cocok untuk Toppers yang suka panganan berbahan dasar bebek. Tak hanya menyajikan olahan daging bebek yang memiliki rasa gurih dan tekstur empuk tanpa aroma amis, Nasi bebek Keraton juga terkenal akan sambal pelengkapnya yang lezat dan pedas. Disajikan bersama sepiring nasi hangat lengkap dengan lalapan segar tentu akan puaskan rasa laparmu selama berlibur di Kediri.

9. Kopi Pancal

Suka menikmati kopi kekinian? Berkunjung ke Kediri, cobalah Kopi Pancal. Berbeda dengan kopi kekinian, kopi Pancal masih diolah secara tradisional sehingga cita rasa asli kopi masih sangat terjaga.

Dalam Bahasa Jawa, pancal memiliki arti mengayuh sepeda karena penjual kopi Pancal awalnya menjajakan kopi dengan menggunakan sepeda. Namun, kini kuliner Kediri ini telah memiliki warung tetap dan Toppers masih bisa melihat sepeda yang digunakan untuk menjajakan kopi ini, lho.

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Tak cuma unik, ragam kuliner di Kediri juga terkenal akan kelezatannya. Jadi, jangan sampai Toppers melewatkan berbagai rekomendasi destinasi wisata kuliner tersebut saat bertandang ke Kediri.

Agar perjalanan ke Kediri makin maksimal, rencanakan perjalananmu bersama Tokopedia. Dengan Aplikasi Tokopedia, Toppers bisa pesan tiket kereta, tiket pesawat, booking hotel, hingga beli tiket wahana hiburan dan berbagai perlengkapan traveling lainnya dengan praktis di satu aplikasi saja, lho!