10 Destinasi Kuliner Malam Jakarta Populer

0
578
wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Detik

Tempat Kuliner Malam Jakarta – Untuk Toppers yang suka lapar di malam hari, wisata kuliner malam pasti jadi kegiatan seru yang tak boleh dilewatkan. Di Jakarta sendiri ada banyak sekali destinasi kuliner malam yang bisa manjakan lidah dan usir rasa lapar yang kerap mengganggu di malam hari.

Bingung dimana lagi Toppers bisa temukan tempat makan seru di malam hari? Berikut rekomendasi destinasi wisata kuliner malam di Jakarta untuk kamu yang hobil kulineran malam-malam!

Baca juga: 32 Makanan Khas Betawi Lezat yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Malam Jakarta

1. Martabak Pecenongan

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Sportourism

Salah satu surga kuliner malam di Jakarta adalah kawasan pecenongan. Beragam kuliner khas malam bisa Toppers jelajahi di sepanjang pinggiran jalan. Kawasan wisata kuliner malam Jakarta populer ini telah ada sejak 1970-an. Jadi, tak heran jika banyak kuliner legendaris yang bisa Toppers temukan di kawasan ini salah satunya adalah Martabak Pecenongan.

Selain Martabak Pecenongan, kuliner legendaris di kawasan kuliner malam pecenongan lain yang bisa Toppers cicipi adalah Bubur Kwang Tung, Rumah Makan Pangkep 33, Restoran Chinese Food Putien, Sulaiman Resto, dan berbagai tempat makan lainnya.

Untuk menjelajahi wisata kuliner malam ini, Toppers bisa datang ke Jalan Pecenongan sejak jam 5 sore, namun semakin malam, kawasan ini akan semakin ramai baik oleh pengujung dan juga para penjaja kuliner.

2. Gulai Tikungan alias Gultik

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: RRI

Dari lokasinya saja, Toppers sudah bisa menduga dari mana asal-usul nama tempat wisata kuliner malam Jakarta yang telah ramai sejak tahun 1980-an ini. Berada di tikungan Jalan Mahakam, Blok M, Jakarta Barat, Toppers bisa menemukan banyak pedagang makanan yang menjajakan kuliner Gulai dengan harga yang sangat terjangkau.

Meskipun harganya sangat murah, jangan ragukan kelezatan dari cita rasa kuliner satu ini. Dengan porsi yang tak terlalu besar, jelas sepiring Gulai Tikungan saja takkan cukup memberikanmu rasa puas menikmati kuliner malam legendaris Jakarta satu ini.

3. Roti Bakar Eddy

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Bintang

Telah berdiri puluhan tahun, Roti Bakar Eddy menjadi salah satu buruan pecinta kuliner di Jakarta, khususnya pada saat malam hari. Sesuai dengan namanya, menu andalan dari destinasi wisata kuliner malam Jakarta satu ini adalah panganan Roti Bakar yang tersedia dengan berbagai pilihan topping.

Tempat makan yang mulau buka sejak pukul 18.30 malam hingga 02.30 subuh ini telah memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai lokasi. Diantaranya ada di Tanah Abang, Pondok Gede, Lenteng Agung, Margonda, Cibubur, Ciledug, Pondok Pucung, Haji Nawi, dan juga Blok M.

4. Sate Padang Aju Ramon

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Flickr

Untuk Toppers pecinta kuliner Sate Padang, Ajo Ramon adalah salah satu tempat makan yang tak boleh sampai kamu lewatkan. Tersebar di beberapa lokasi di Jakarta seperti Gunung Sahari, Cikajang Raja, ataupun Pejaten Raya, Sate Padang Ajo Ramon biasa akan lebih lezat disantap dengan tambahan keripik renyah. Dengan kuah kental yang gurih khas Kuliner Sate Padang, Ajo Ramon menjadi salah satu alternatif tujuan wisata kuliner malam di Jakarta.

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Manual Jakarta

Satu lagi kuliner malam legendaris di Jakarta yang wajib Toppers cicipi adalah Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Tak hanya rasa gurih yang sangat menggoda, keunikan lain dari tempat makan malam hari satu ini adalah proses memasaknya yang langsung dimasak dalam sebuah panci besar dalam porsi sangat besar.

Untuk bisa mencicipi lezatnya Nasi Goreng Kambing legendaris ini, Toppers bisa sambangi kedai makannya di kawasan Kebon Sirih sejak jam 4 sore dan tutup sekitar jam 2 atau 3 subuh setelah semua porsi Nasi Goreng habis terjual.

Baca juga: 32 Makanan Khas Betawi Lezat yang Wajib Kamu Coba

6. Sate Taichan Senayan

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Tribunnews

Toppers pecinta Kuliner Sate Taichan? Salah satu destinasi wisata kuliner malam di Jakarta yang cocok untuk kamu yang suka dengan sajian Sate Taichan adalah di kawasan Jalan Asia Afrika, Senayan.

Menjelang malam hari, kawasan ini menjelma menjadi kawasan kuliner yang dipenuhi oleh banyak sekali penjaja kuliner Sate Taichan. Tertarik mencicipinya?

7. Angkringan Blok M

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Detik

Menjelang malam tiba, area pelataran Blok M Square, Jakarta Selatan, menjelma menjadi salah satu kawasan kuliner yang sangat menarik untuk Toppers sambangi. Saat malam hari, tempat ini akan dipenuhi oleh angkringan penjaja makanan yang bisa Toppers cicipi.

Dikenal dengan tempat makan lesehan, ada banyak sekali ragam menu yang bisa Toppers coba di tempat kulineran malam hari Jakarta ini mulai dari pecel ayam, tongkol balado, ikan goreng, aneka seafood, dan berbagai menu-menu khas angkringan lainnya.

8. Kuliner Malam Jalan Sabang

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Flickr

Tak jauh dari Monas, tepatnya di Jalan Sabang juga terdapat salah satu kawasan wisata kuliner malam hari yang tak kalah menarik. Jika siang hari jalan ini akan penuh dengan hiruk-pikuk kendaraan, pada malam hari di pinggiran jalan Sabang akan dipenuhi dengan tenda-tenda pedagang makanan.

Mulai dari nasi goreng, sate madura, soto ayam, hingga beragam hidangan seafood bisa Toppers temukan dijajakan di tempat ini.

9. Bubur Ayam Barito

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Republika

Selain Bubur Kwang Tung di kawasan Pecenongan, tujuan wisata kuliner malam di Jakarta yang pas untuk Toppers yang ingin menyantap bubur adalah Bubur Ayam Barito yang berada di Jalan Gandaria Tengah.

Terkenal akan tekstur buburnya yang sangat lembut dan diperkaya banyak sekali topping, Bubur Barito yang terkenal sebagai tempat kulineran malam di Jakarta ini sudah buka sejak jam 7 pagi sehingga bisa jadi pilihan menu sarapan untukmu dan baru tutup saat tengah malam.

10. Pasar Kue Subuh Senen

wisata kuliner malam jakarta
Sumber gambar: Tribunnews

Berlokasi di Blok 3, 4 dan 5 Pasar Senen, Jakarta Pusat, Pasar Kue Subuh Senen merupakan alternatif tujuan wisata kuliner malam di Jakarta yang unik dan menarik untuk coba dijelajahi.

Sentra kue yang telah ada sejak 1988 ini menjadi tempat dimana beragam kue basah baik tradisional maupun kekinian dan makanan ringan lainnya bisa Toppers temukan dengan harga yang ramah di kantong. Mulai dari lapis legit, risoles, lemper, bika ambon, kue soes, selendang mayang, dan berbagai gorengan serta kue lainnya bisa Toppers temukan di tempat ini.

Tempat wisata kuliner malam satu ini sendiri sudah bisa Toppers datangi sejak jam 10 malam saat para pedagang sudah mulai membuka lapak-lapak mereka dan baru tutup ketika matahari terbit sekitar pukul 5 atau 6 pagi.

Baca juga: Menjelajahi Jejak Pecinan di Jakarta yang Bersejarah

Sebagai Kota Metropolitan tempat dimana kayanya budaya Indonesia bertemu, Jakarta memang banyak menyimpan destinasi wisata kuliner malam yang sangat bervariasi dan layak untuk dijelajahi. Sudah temukan tempat kulineran malam hari di Jakarta mana yang akan Toppers jelajahi selanjutnya?

Bagikan Artikel