9 Destinasi Wisata Kuliner Pangkal Pinang Terbaik

2193
Destinasi Wisata Kuliner Pangkal Pinang
Sumber gambar: Dream

Wisata Kuliner di Pangkal Pinang –  Berwisata ke Pangkal Pinang rasanya tak lengkap jika kegiatan menjelajahi kuliner Pangkal Pinang tidak dilakukan. Setiap daerah di Indonesia sudah terkenal dengan makanan khas daerahnya masing-masing, termasuk Pangkal Pinang.

Kota yang terletak di Pulau Bangka ini memiliki segudang wisata kuliner yang wajib Toppers cicipi Kira-kira, apa saja tempat wisata kuliner enak di Pangkal Pinang? Yuk, simak sampai habis 9 rekomendasi wisata kuliner Pangkal Pinang versi Tokopedia!

Baca juga: 11 Tempat Snorkeling Wajib Coba Liburan Ini

Destinasi Tempat Makan & Wisata Kuliner di Pangkal Pinang

  • Tahu Kok Yen Yen
Destinasi Wisata Kuliner Pangkal Pinang
Sumber gambar: Bangka Pos

Tahu Kok Yen Yen merupakan tempat makan tahu kok di Pangkal Pinang, yang halal pertama yang tersedia di Pulau Bangka. Tahu kok merupakan jenis makanan yang terbuat dari tahu dan ikan tenggiri dan diolah menjadi bentuk bakso ikan rebus, bakso ikan goreng, bakso tahu ikan goreng, bakso tahu ikan kukus dan kulit tahu berisi bakso ikan lalu disiram dengan kuah kaldu dari rebusan air kacang kedelai.

Tidak hanya menyediakan menu tahu kok, Toppers juga dapat memesan menu lainnya, seperti bihun, kwetiau dan mie ayam di salah satu destinasi wisata kuliner favorit di Pangkal Pinang ini.

Lokasi: Jl. Yang Zubaidah no. 148, Pangkal Pinang, Pulau Bangka, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00-20.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 12.000 – Rp 20.000

  • Waroeng Tung Tau
Destinasi Wisata Kuliner Pangkal Pinang
Sumber gambar: Dream

Waroeng Tung Tau telah berdiri sejak 1938 dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Pangkal Pinang yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan sebagai warung kopi yang buka selama 24 jam.

Menu favorit dari Waroeng Tung Tau adalah kopi hitamnya yang dinamakan Kopi O dan roti panggang yang diolah tanpa pengawet. Roti Panggang Telur merupakan menu wajib yang harus Toppers coba jika mengunjungi warung makan di Pangkal Pinang ini. Waroeng Tung Tau juga menyediakan banyak menu lain seperti nasi goreng, bubur dan kwetiau.

Lokasi: Jl. Depati Hamzah, Semabung Lama, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin – Minggu 00.00-23.59 (24 jam)
Kisaran Harga: Mulai Rp 7.000 – Rp 39.000

  • Otak-otak Amui

Otak-otak Amui merupakan tempat makan yang menyajikan otak-otak asli Belinyu. Amui adalah sang pemilik yang mengolah langsung menu makanan yang disediakan di Otak-otak Amui sehingga konsistensi akan kualitas makanan di tempat makan di Pangkal Pinang ini tetap terjaga.

Tidak hanya menyediakan otak-otak khas Belinyu, destinasi wisata kuliner di Pangkal Pinang yang berlokasi di pinggir jalan ini juga menyediakan berbagai macam menu lainnya, seperti talas goreng, pempek, kemplang, es kacang merah, es campur hingga berbagai oleh-oleh khas Bangka.

Lokasi: Jl. Melintas, No. 23, Bintang, Rangkui, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Sabtu 07.00-21.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 3.000

Makanan Ringan
  • Resto Anggrek

Resto Anggrek terkenal dengan menu favorit Es Anggrek, dan nama es anggrek diambil dari nama restoran itu sendiri. Sebagai salah satu restoran di Pangkal Pinang yang ramai dikunjungi di Pangkal Pinang, sebenarnya Es Anggrek adalah hanya segelas es yang diblender lalu dicampur dengan kacang merah serta sirup buatan sendiri.

Esnya yang sangat lembut dan rasa sirupnya yang khas membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mencicipi salah satu es yang terkenal di Pangkal Pinang ini.

Lokasi: Jln. Mayor Syafri Rachman No. 12, Pangkal Pinang, Pulau Bangka 33131, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp –

  • Warung “Mie Koba” Iskandar
Destinasi Wisata Kuliner Pangkal Pinang
Suimber gambar: Detik

Mie Koba adalah salah satu menu kuliner andalan yang wajib dicoba ketika berada di Pangkal Pinang. Mie yang terkenal di Bangka ini mengandalkan kaldu seafood kentalnya sebagai ciri khas. Tujuan wisata kuliner Pangkal Pinang ini menyediakan mie koba yang berkuah warna coklat dengan cita rasa laut yang sangat kuat.

Lokasi: Gedung Nasional, Taman Sari, Gedung Nasional, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-20.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 12.000 – Rp 15.000

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
  • Martabak Acau 89
Destinasi Wisata Kuliner Pangkal Pinang
Sumber gambar: Sukita

Ingin menikmati martabak bangka di kota asalnya? Coba Martabak Acau 89 di Pangkal Pinang, deh! Di wisata kuliner Pangkal Pinang ini, Toppers bisa menjumpai banyak sekali jenis martabak yang ditawarkan, mulai dari martabak manis basah, martabak gurih hingga martabak manis kering.

Telah berdiri sejak 1980, Destinasi wisata kuliner martabak di Bangka ini sudah terkenal dengan rasa manisnya yang pas sehingga bagi siapapun yang tidak menyukai rasa manis di martabak akan tetap bisa mencicipi kelezatan Martabak Acau 89 ini.

Lokasi: Jalan Soekarno Hatta No.9, Semabung Baru, Kecamatan Girimaya, Semabung Baru, Kec. Girimaya, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Minggu 13.00-20.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 13.000 – Rp 58.000

  • Aroma Laut
Destinasi Wisata Kuliner Pangkal Pinang
Sumber gambar: Okezone

Biasanya, Toppers tak hanya memikirkan menu yang disediakan dari sebuah restoran sebagai prioritas, namun juga suasana tempat unik yang belum pernah kamu kunjungi. Jika kamu adalah salah satunya, Aroma Laut merupakan pilihan wisata kuliner di kota Pangkal Pinang yang pas untuk merasakan sensasi baru untuk makan di atas kapal dengan pemandangan laut.

Ikan Lempah Kuning adalah menu rekomendasi yang bisa kamu cicipi saat mengunjungi restoran Aroma Laut. Menu ini berbahan dasar ikan kakap yang dibumbui dengan bumbu kuah khas Bangka.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Pasir Padi, Pangkal Pinang, Pulau Bangka 33147, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Minggu 00.00-23.59 (24 jam)
Kisaran Harga: Mulai Rp –

pempek palembang
  • Latrassee Bistro

Latrassee Bistro pada awalnya adalah sebuah rumah lalu diubah menjadi restoran yang menyediakan makanan khas Bangka. Dibangun sejak abad 19, Destinasi wisata kuliner Pangkal Pinang ini menawarkan suasana yang cukup unik seperti mendatangi layaknya sebuah museum. Setiap sisi bangunannya seakan menjelaskan sejarah rumah tersebut. Aneka lempah dan seafood merupakan dua menu andalan dari restoran di Pangkal Pinang ini.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Opas Indah, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Minggu 10.00-22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp –

  • Fina Mie Ayam Bangka & Martabak
Destinasi Wisata Kuliner Pangkal Pinang
Sumber gambar: Radar Bangka

Fina Mie Ayam Bangka & Martabak menyediakan berbagai menu seperti mie ayam, mie ayam jamur, mie ayam bakso jamur, mie ayam bakso, mie ayam pangsit hingga martabak.

Mengapa mie ayam? Tempat makan di Pangkal Pinang ini menawarkan cita rasa yang berbeda dengan mie ayam yang biasa dijual di pasaran karena bahan dasar mulai dari mie, bakso hingga bumbunya diolah sendiri oleh sang pemilik.

Tiak hanya menjual aneka mie ayam, Destinasi wisata kuliner di Pangkal Pinang ini juga menyediakan martabak sebagai camilan pelengkap, Toppers!

Lokasi: Jl. Kh.. Ali Mustafa No. 126, Rt. 02 / Rw. 01, Kel. Masjid Jamii, Kec. Rangkui, Bintang, Rangkui, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Minggu 10.00-22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 13.000 – Rp 28.000

Baca juga: Tips Traveling yang Harus Diperhatikan agar Liburan Maksimal

Nah, jadi itulah 9 rekomendasi tempat makan atau wisata kuliner favorit di Pangkal Pinang versi Tokopedia! Jadi, tempat makan mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu ketika berada di Pangkal Pinang? Apapun pilihanmu, jangan lupa juga untuk membawakan oleh-oleh khas Pangkal Pinang untuk orang terkasih yang sedang menunggu di rumah.

Yuk, Mulai Aja Dulu rencanakan liburanmu ke Pangkal Pinang dan datangi tempat makan khas dan terkenalnya!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel