12 Destinasi Wisata Kuliner Pekanbaru paling Lezat!

0
10037
Wisata Kuliner Pekanbaru

Wisata Kuliner di Pekanbaru –  Sebagai salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera, Pekanbaru tentu saja menyimpan segudang tempat makan dengan cita rasa khas budaya Melayu.

Bagi Toppers yang akan berkunjung ke kota yang dijuluki dengan Kota Bertuah ini, tak perlu pusing memilih, Tokopedia punya rekomendasi tempat wisata kuliner favorit di Pekanbaru. Yuk, simak daftar tempat makan di Pekanbaru hits berikut!

Baca juga: 9 Gadget Traveling yang Wajib Kamu Bawa Saat Liburan

Wisata Kuliner di Pekanbaru Riau

1. Pondok Gurih

Destinasi Wisata Kuliner di Pekanbaru
Sumber gambar: Seputar Riau

Hampir semua wisatawan yang berkunjung menjadikan Pondok Gurih sebagai tempat makan di Pekanbaru yang wajib dikunjungi. Pondok Gurih menawarkan beragam sajian menu khas nusantara.

Nama yang terkenal dan harganya yang sangat murah hingga sekarang tetap membuatnya menjadi destinasi wisata kuliner favorit para pelancong yang berkunjung ke Pekanbaru.

Lokasi: Jln. Jendral Sudirman No. 202, Kota Pekanbaru 28113, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Minggu 10.30 – 22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 3.000 – Rp 70.000

2. Rumah Makan Pondok Asam Pedas Baung

Wisata kuliner di Pekanbaru
Sumber gambar: Full Riau

Berkunjung ke Kota Pekanbaru rasanya takkan lengkap bila belum mencicipi menu khas Pekanbaru satu ini. Maka dari itu, RM Pondok Asam Pedas Baung menjadi destinasi jitu untuk merasakan resep-resep tradisional ala Melayu. RM Pondok Asam Pedas Baung menyajikan aneka jenis citarasa masakan Melayu yang kaya akan bumbu rempah-rempah.

Lokasi: Jl. Jend Sudirman, Kota Pekanbaru, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Minggu 10.30-22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 3.000 – Rp 130.000

3. Rumah Makan Padang Kota Buana

Wisata Kuliner Pekanbaru
Sumber gambar: Wikimedia

Kamu pecinta kuliner pedas? Tenang, Pekanbaru punya jawaban untuk kebutuhanmu akan makanan penggoyang lidah, yaitu “RM Padang Kota Buana”! RM Kota Buana menawarkan aneka varian menu masakan Minang yang dipadukan dengan citarasa lokal khas Melayu. Soal kepedasan, bisa dijamin, destinasi wisata kuliner di Pekanbaru satu ini tidak akan mengecewakan para pecinta kuliner pedas.

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto No. 16, Sukaramai, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 10350
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.30 – 20.30
Kisaran Harga: Mulai Rp 15.000

4. Bakmie Api Vs Sambel Api

Tempat Makan di Pekanbaru
Sumber gambar: Bertuah Pos

Kata “api” dimaksudkan pada api yang terdapat di dalam kuali memasak. Cara memasak unik itulah yang membuat kata Api disematkan pada nama salah satu tempat makan di Pekanbaru populer satu ini.

Soal “Sambel Api”, ada 2 makna berbeda. Selain itu, kata “Api” di sini juga mengacu pada rasanya yang luar biasa pedas. Mengetahui keranjingan warga Pekanbaru akan hidangan pedas, maka destinasi wisata kuliner Pekanbaru ini menghadirkan Sambel Api yang super pedas untuk memanjakan selera Toppers akan rasa pedas

Lokasi: Jalan Sisingamangaraja No.67, Kota Pekanbaru, Riau 28156
Jam Operasional: Senin – Minggu 11.00 – 23.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 10.000

5. Mr. Brewok Dining Room

Tempat Makan di Pekanbaru
Sumber gambar: Xplora

Hal yang menjadikan Mr. Brewok tujuan wisata kuliner populer di Pekanbaru adalah dekorasi restaurant yang unik, penuh dengan ciri khas ala lelaki macho dengan berbagai ilustrasi brewok, kumis, serta janggut. Resto di Pekanbaru ini sangat cocok untuk mereka yang ingin berlama-lama, sejenak santai menikmati suasana Kota Pekanbaru.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.321, Cinta Raja, Sail, Kota Pekanbaru, Riau 28128
Jam Operasional: Senin – Minggu 11.00 – 23.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 10.000 – Rp 50.000

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Cafe Gerobak Cokelat

A post shared by Gerobak Cokelat Pku Official (@gerobakcokelat_pku) on Sep 9, 2016 at 6:54am PDT

Hal menarik dari Cafe Gerobak Cokelat adalah sajian hidangannya yang semua berasal dari bahan cokelat. Nuansa cokelat itu tidak hanya berhenti pada hidangan, dekorasi cafe ini juga dibuat berdasarkan gaya serba cokelat. Rentang harga tempat makan di Pekanbaru yang tergolong murah juga menjadi daya pikat tersendiri terutama bagi anak muda.

Lokasi: Jalan Tuanku Tambusai Ujung, Tampan, Delima, Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Riau 28292
Jam Operasional: Senin – Minggu 12.00 – 22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 5.000 – Rp 35.000

7. Pukis Padusari

Kue yang dimasak dengan Cetakan Pukis sudah menjadi salah satu jajanan tradisional terkenal di seantero Indonesia. Salah satu tempat makan di Pekanbaru ini akan menawarkan sensasi kelezatan jajanan tradisional ini untuk para pemmburu kuliner.

Popularitas yang sudah meroket di kalangan wisatawan membuatnya destinasi wisata kuliner Pekanbaru ini tak pernah sepi, selalu ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan kenikmatan kuliner yang dimasak dengan gaya khas Pekanbaru ini.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kota Tinggi, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28155
Jam Operasional: Senin – Minggu 12.00 – 22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 2.000

8. Putu Bambu

Wisata Kuliner di Kota Pekanbaru
Sumber gambar: Info makan

Putu adalah kue kukus tradisional yang berbahan dasar beras. Cemilan tradisional ini sampai sekarang masih bertahan sebagai salah satu jajanan pasar favorit masyarakat. Di Pekanbaru, Putu Bambu inilah yang paling terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Pekanbaru favorit pelancong.

Lokasi: Simpang Jalan Melur – Jalan Cempaka, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Operasional: Senin – Minggu 17.00 – 23.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 5.000

9. L’Cheese Factory

Bagi para pecinta cake dan kue lainnya, L’Cheese Factory merupakan destinasi wisata kuliner Pekanbaru yang wajib kamu kunjungi. Aneka ragam kue yang ditawarkan seperti kue Brownies dan Kue Ulang Tahun selain tentu saja siap untuk memanjakan lidah para pelancong, harganya relatif terjangkau.

Lokasi: Jl. Durian No.28, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau 28121
Jam Operasional: Senin – Minggu 07.00 – 22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 4.000 – Rp 400.000

10. Klapper Pie

Wisata Kuliner Pekanbaru
Sumber gambar: Ombolot

Tidak jauh dari cake, tempat kuliner Pekanbaru lain yang menyajikan jajanan manis adalah Klapper Pie. Di Klapper Pie tersedia segala jenis klappertaart serta berbagai jenis pie yang enak. Ukuran kecilnya sangat cocok untuk traveling, pas untuk dijadikan oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Sumatera No.66 dan SPBU Hang Tuah (depan BRI), Kota Pekanbaru, Riau
Jam Operasional: Senin – Minggu 07.00 – 21.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 6.000

11. Es Cendol Pak Jenggot

wisata kuliner pekanbaru
Sumber gambar: Tribunnews

Cuaca panas Kota Pekanbaru membuat kebutuhan akan es segar menjadi wajib. Hadirnya Es Cendol Pak Jenggot, tentu saja, mendapat sambutan pasar yang besar baik dari warga setempat maupun para wisatawan. Tujuan wisata kuliner di kota Pekanbaru ini cocok untuk melepaskan dahaga dan sejenak menyegarkan diri dari hawa panas Kota Pekanbaru.

Lokasi: Jl. Prof. Moh. Yamin, Kota Baru, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28155
Jam Operasional: Senin – Minggu 10.00 – 20.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 12.000

12. Martabak Purnama

Setiap berkunjung ke kota-kota besar di Indonesia, rasanya ada yang kurang bila belum mencicipi varian martabak di kota tersebut. Nah, Martabak Purnama ini merupakan salah satu martabak terbaik persembahan Pekanbaru yang wajib masuk daftar tujuan wisata kuliner Pekanbaru milikmu. Citarasa Melayu yang kaya akan rasa menyertai sajian martabak dari Martabak Purnama.

Lokasi: Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28125
Jam Operasional: Senin – Minggu 18.00 – 00.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 5.000

Baca juga: Tips Packing Untuk Para Pecinta Traveling!

Itulah berbagai pilihan wisata kuliner di Kota Pekanbaru untuk referensi liburanmu bersama keluarga. Untuk mencari Tiket Pesawat ke Pekanbaru dengan harga terbaik dengan praktis, Toppers kini bisa manfaatkan layanan pemesanan tiket online melalui aplikasi Tokopedia, lho. Yuk, mulai petualangan wisata kuliner di Pekanbaru milikmu sendiri!

Banner Tiket Pesawat