Maknyus! Belum Lengkap ke Semarang Kalau Belum Icip 15 Kuliner ini

0
1366
jajanan khas semarang - tahu gimbal
swikeegloris.wix.com

Tempat Wisata Kota Semarang

Oleh-oleh Khas Semarang

Wisata Alam Kota Semarang

Wisata Kuliner Kota Semarang

Tujuan Wisata Malam Semarang


Wisata Kuliner SemarangSemarang adalah salah satu destinasi yang wajib banget Toppers kunjungi saat musim libur tiba. Selain banyak tempat wisata bersejarah, seperti Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong, atau Pagoda dan Vihara Watugong, Semarang juga terkenal sebagai salah satu tujuan wisata kuliner yang legendaris.

Punya rencana singgah ke Ibu Kota Jawa Tengah ini? Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk cicipi ragam kuliner Semarang yang legendaris berikut!

Destinasi Wisata Kuliner di Semarang

1. Lumpia Gang Lombok

Bukan tanpa alasan Semarang disebut kota lumpia. Lumpia telah menjadi salah satu makanan khas kota Semarang sejak pemerintahan Presiden Soekarno lho. Kuliner Semarang hasil perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa ini sebenarnya sejenis gorengan yang berisi rebung, telur, daging ayam atau udang.

Salah satu destinasi wisata kuliner di Semarang yang terkenal akan kelezatan Lumpia-nya adalah “Loenpia Gang Lombok”. Konon, tempat kuliner legendaris Semarang satu ini merupakan salah satu toko lumpia tertua di Semarang, lho! Tak heran jika tempat ini jadi salah satu tujuan kulineran wajib saat berada di Semarang.

Lokasi: Jalan Gang Lombok Nomor 11, Semarang, Jawa Tengah.

jajanan khas semarang - lumpia semarang
sumber: wego.co.id

2. Tahu Gimbal

Tak hanya namanya yang unik, rasa yang di tawarka kuliner legendaris Semarang ini juga khas banget. Perpaduan tahu goreng, kol, lontong, toge, telur, dan gimbal (potongan bakwan udang yang digoreng) pasti bikin nagih. Apalagi ditambah dengan siraman bumbu kacang, menambah kekayaan cita rasa dari panganan ini.

Jika Toppers tertarik mencicipi tahu gimbal khas Semarang ini, tujuan wisata kuliner di Semarang yang bisa disinggahi adalah jalan Pahlawan. Di sepanjang jalan ini Toppers bisa menjumpai banyak sekali penjual tahu gimbal.

Selain di jalan pahlawan, alternatif lain untuk wisata kuliner Tahu Gimbal di Semarang yang tak kalah populer adalah Tahu Gimbal Pak Eddy yang berada di Jalan Pandanaran.

Lokasi: Jalan Pandanaran II, Shelter Taman KB, Semarang.

jajanan khas semarang - tahu gimbal
sumber: swikeegloris.wix.com

3. Babat Gongso Pak Karmin

Satu lagi kuliner legendaris khas Semarang yang wajib Toppers cicipi adalah babat gongso. Tidak seperti lumpia atau tahu gimbal yang mudah ditemukan, belum banyak tempat yang menyediakan babat gongso. Jika ingin menikmati kuliner satu ini, Toppers bisa berkunjung ke Babat Gongso Pak Karmin di kawasan Jembatan Mberok yang terkenal sebagai salah satu tujuan wisata kuliner Semarang favorit.

Babat gongso sendiri merupakan hidangan berupa babat dan jeroan sapi yang diracik dengan beragam rempah-rempah serta petis. Meski cita rasa pedas, gurih, dan manisnya sulit ditolak, Toppers yang memiliki masalah dengan kolesterol atau darah tinggi tidak disarankan untuk mencicipi menu satu ini.

Lokasi: Jalan Pemuda, Semarang, dekat Jembatan Berok.

kuliner khas semarang - babat gongso
sumber: hellosemarang.com

4. Es Cong Lik

Setelah lelah berburu beragam kuliner di kota Semarang, memang paling pas menikmati segarnya es cong lik. Es puter favorit di kota Semarang ini terdiri dari 2 scoop es, roti tawar, pacar cina, jelly, dan serutan kelapa muda. Buat pecinta durian, Toppers juga bisa menambahkan buah durian ke dalam es cong lik milikmu lho.

Yang membuat tujuan wisata kuliner Semarang ini istimewa adalah tidak digunakannya perasa ataupun pengawet pada es ini, lho.

Lokasi: Waroeng Semawis dan Simpang Lima Semarang (samping hotel Citraland).

jajanan khas semarang - es cong lik
sumber: ceritaperut.com

5. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Wisata kuliner ke Semarang belum lengkap jika belum mencicipi mie kopyok. Ciri khas kuliner khas Semarang ini terletak pada irisan tetelan daging, lontong, tauge, serta tambahan tahu dan kerupuk gendar.

Disebut mie kopyok karena cara pembuatan mie ini adalah dengan cara diaduk atau dikopyok dalam air panas.  Salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang terkenal dengan sajian mie kopyoknya adalah Mi Kopyok Pak Dhuwur yang berlokasi di jalan Tanjung Semarang.

Lokasi: Jalan Tanjung No.18A, Pandansari, Semarang, Jawa Tengah.

jajanan khas semarang - mie kopyok
sumber: flickr.com

6. Tahu Pong

Lagi cari cemilan di Semarang? Tahu pong bisa jadi pilihan lho. Tahu pong adalah tahu goreng yang didalamnya kosong (kopong) dan disajikan dengan sambal petis. Jajanan satu ini tentunya paling nikmat dimakan saat masih panas. Di Semarang, kamu bisa mencoba tahu pong yang dijual di Jalan Gajah Mada, tepatnya di seberang Gereja Bethel.

jajanan khas semarang - tahu pong
sumber: klikhotel.com

7. Kue Lekker Paimo

Destinasi wisata kuliner di Semarang selanjutnya adalah Kue Lekker Paimo. Meskipun hanya dijual dengan gerobak di depan sebuah sekolah, kelezatan Kue Lekker Paimo tidak diragukan lagi. Jika biasanya kue lekker hanya berisi susu atau cokelat meses, Kue Lekker Paimo ini memiliki puluhan varian rasa, mulai dari pisang cokelat, keju, sampai lekker isi tuna dan sosis mozarella tersedia di sini.

Karena termasuk jajanan sekolah, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni dari Rp 1.000 sampai paling mahal Rp 15 ribu.

Lokasi: Jalan Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

jajanan khas semarang - kue lekker paimo
sumber: foodyplace.com

8. Pisang Plenet

Makan pisang goreng sih biasa, tapi kalau pisang plenet pasti Toppers penasaran dengan rasanya. Pisang plenet merupakan pisang kepok yang dibakar diatas arang dan kemudian dipipihkan dengan cara dipencet hingga gepeng.

Untuk menambah cita rasa, pisang plenet juga ditaburi gula halus, cokelat meses, atau selai nanas. Kuliner Semarang satu ini paling pas dinikmati saat sore hari sambil ditemani teh atau kopi panas.

Lokasi: Jalan Pemuda, Pandansari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

jajanan khas semarang - pisang plenet
sumber: tempatwisataseru.com

9. Kampoeng Semawis

Kampoeng Semawis adalah pasar malam yang berada kawasan Pecinan Semarang dan merupakan salah satu surga wisata kuliner Semarang. Destinasi kulineran di Semarang yang hanya buka pada akhir pekan mulai pukul 18.00 ini tak cuma menjajakan beragam kuliner khas peranakan seperti Lumpia Semarang, Siomay, Martabak Bangka, namun juga berbagai kuliner lainnya seperti Bakmi Jawa, ragam olahan seafood, hingga snack kekinian seperti Churros dan sebagainya.

Lokasi: Jalan Gang Warung Nomor 50, Semarang.

10. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Untuk Toppers penggemar Gulai, Semarang juga memiliki kuliner legendaris yang pas. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang telah berdiri sejak 1969 ini merupakan salah satu tujuan wisata kuliner di Semarang yang masih populer dan ramai hingga saat ini.

Alasan mengapa destinasi wisata kuliner Semarang ini masih digemari adalah racikan bumbunya yang sangat gurih dan meresap hingga ke dalam dagingnya. Ditambah perasan jeruk nipis, menambah kesegaran dari kuliner legendaris Semarang satu ini.

Lokasi: Tanjung Mas, Semarang Utara.

11. Mie Siang Kie

Telah berdiri dan digemari sejak zaman Belanda, Kedai Mie Siang Kie merupakan destinasi wisata kuliner legendaris di Semarang selanjutnya yang tak boleh terlewatkan. Dengan topping yang sangat banyak, wisata kuliner Semarang ini wajib dicoba, khusunya untukmu yang merupakan penggemar kuliner bakmi.

Lokasi: Jalan Gang Lombok No. 10, Kauman, Semarang.

12. Bebek Goreng Pak Thori

Alternatif wisata kuliner di Semarang lainnya adalah Bebek Goreng Pak Thori. Meski sekilas bebek goreng di sini terlihat tak jauh berbeda dengan olahan bebek goreng pada umumnya, namun setelah mencicipinya Toppers bisa menyimpulkan mengapa tempat wisata kuliner Semarang ini disukai oleh para wisatawan.

Dilengkapi dengan sambal yang tingkat kepedasannya bisa Toppers pilih sesuai selera, destinasi wisata kuliner di Semarang ini juga cocok untuk kamu yang menyukai olahan makanan bercita rasa pedas.

Lokasi: Jalan Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang.

13. Rumah Makan Kampung Laut

Destinasi wisata kuliner di Semarang
Sumber gambar: Reresepan

Melakukan wisata kuliner di Semarang tak hanya soal rasa saja. Suasana tempat makan juga menjadi salah satu aspek yang tak kalah penting. Jika Toppers ingin mencoba wisata kuliner di Semarang yang memiliki suasana unik dan menarik, cobalah singgah ke Rumah Makan Kampung Laut.

Destinasi wisata kuliner seafood ini memiliki konsep restaurant yang menyatu dengan kolam pemancingan. Jadi, setelah puas memancing, Toppers bisa langsung meminta ikan hasil tangkapan untuk dimasak. Dengan suasana gazebo-gazebo yang romantis, tempat wisata kuliner di Semarang ini cukup digemari sebagai tempat liburan keluarga.

Lokasi: Puri Maerokoco Tawang Mas, Jalan Anjasmoro Raya, Semarang Barat, Tawangsari, Semarang.

14. Soto Bangkong

Soto Bangkong merupakan kuliner legendaris di Semarang yang telah ada sejak 1950-an. Dengan isian daging ayam suwir dan berbagai bahan lainnya, Soto Bangkong disajikan bersama kuah bening yang sangat gurih.

Tak cuma itu, Toppers juga bisa memilih berbagai makanan sebagai pendamping seperti perkedel, sate kerang, menthok goreng, dan macam-macam lauk lainnya.

Lokasi: Jalan Brigjen Katamso No. 1, Peterongan,  Semarang

15. Asem Asem Koh Liem

Kuliner legendaris di Semarang selanjutnya adalah menu asem-asem yang bisa di temukan di Warung Makan Koh Liem. Sudah sejak lama Warung Makan Koh Liem menjadi tujuan wisata kuliner favorit di Semarang dan Asem-Asem adalah menu andalannya. Selain kesegaran Asem Asem, ada banyak menu makanan lainnya yang bisa Toppers cicipi di Warung Makan ini yang menjajakan kuliner peranakan ini.

Lokasi: Jalan Karanganyar No. 28/C4, Gabahan, Semarang Tengah, Semarang

Baca juga: 29 Destinasi Wisata Kuliner Lezat di Jogjakarta

Semarang memang sangat identik dengan beragam kuliner legendaris sehingga wisata kuliner sudah wajib hukumnya saat liburan ke Semarang. Sudah temukan destinasi wisata kuliner Semarang mana yang ingin Toppers singgahi saat berkunjung ke Semarang Nanti?

Bagikan Artikel


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here