Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
12 Wisata Kuliner Tanjung Pinang Terlezat
08 October 2018
Share icon
Share
12 Wisata Kuliner Tanjung Pinang Terlezat

Wisata Kuliner Tanjung Pinang – Halo, Toppers! Apabila sedang berkunjung ke suatu kota atau daerah, rasanya tidak afdol jika belum menyicipi wisata kuliner khas daerah tersebut. Nah, di ibu kota provinsi Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, terdapat beraneka ragam tempat wisata kuliner yang populer dan wajib didatangi pecinta kuliner, lho.

Di artikel kali ini, Tokopedia akan berbagi rekomendasi 12 wisata kuliner Tanjung Pinang terlezat dan dijamin akan menggoyang lidah kamu! Penasaran, kan? Ayo, simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga: 11 Rekomendasi Wisata Kuliner di Batam Favorit

Tujuan Wisata Kuliner Tanjung Pinang

Mie Lendir Jalan Bintan

Walaupun terdengar aneh, namun mie lendir merupakan kuliner khas Tanjung Pinang yang paling populer, lho. Kuah kentalnya yang terbuat dari kacang, gula merah, dan terigu lalu disiramkan ke mi kuning dan sayur-sayuran menyimpan daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Konon, mie lendir yang paling enak di Tanjung Pinang terdapat di kedai milik Pak Sumardi di Jalan Bintan, yang sudah buka sejak tahun 1968.

Lokasi: Jalan Bintan, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Jam Operasional: 08.00 – 22.00

Sei Enam Seafood Restaurant

Salah satu hal yang akan membuatmu rindu Tanjung Pinang adalah kelezatan dan kesegaran seafoodnya. Di Sei Enam Seafood Restaurant, kamu akan mendapati berbagai varian olahan makanan laut yang menggugah selera dan kesegarannya pun terjamin. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan laut lepas sembari menyantap sajian yang ada.

Lokasi: Jl. Usman Harun No. 31, Teluk Keriting, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29113
Jam Operasional: 09.00 – 22.00

RM Mie Tarempa

Berkunjung ke Tanjung Pinang rasanya tidak lengkap apabila belum mampir ke RM Mie Tarempa. Mie dengan rasa asam pedas dan disajikan dengan ikan tongkol ini selalu menjadi favorit masyarakat Tanjung Pinang maupun turis dari luar. Di RM Mie Tarempa, kamu bisa mie Tarempa dengan atau tanpa kuah, dan topping-nya pun dapat diganti dengan daging ayam atau daging sapi.

Lokasi: Jl. DI. Panjaitan km. 7, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29123
Jam Operasional: 06.30 – 22.00

Restoran Bumi Maitri

Ingin menikmati santapan yang lezat tapi sehat dan kaya akan gizi? Restoran Bumi Maitri adalah pilihan yang tepat, karena tempat wisata kuliner Tanjung Pinang yang satu ini menyediakan berbagai macam makanan yang semuanya berbahan dasar sayur, bahkan hingga olahan dagingnya seperti rendang dan gulai! Makan sayur mayur di sini pun terasa lebih menyenangkan karena cara mengolahnya yang unik dan berbeda.

Lokasi: Jl. Prof. Ir. Sutami No. 168, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Jam Operasional: 09.00 – 21.00

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Melayu Square

Melayu Square merupakan sebuah food court terbuka di Tanjung Pinang yang populer bagi para penikmat makanan khas Tanjung Pinang dan Melayu, terutama bagi para muda-mudi yang ingin duduk-duduk santai sambil mengisi perut dan menikmati udara sore di tepi pantai. Yang wajib dicoba di Melayu Square adalah gonggong, ikan bakar, lakse, ayam kalasan, teh tarik, dan bandrek.

Lokasi: Jl. Hang Tuah, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Jam Operasional: 16.00 – 00.00

Nasi Lemak Gesek

Nasi lemak merupakan makanan khas Melayu yang juga banyak ditemukan di Tanjung Pinang, dan kamu dapat mencoba nasi lemak paling legendaris yang ada di Jalan Gesek. Di warung nasi lemak yang sudah ada sejak tahun 1980-an ini, kamu juga harus mencoba otak-otak yang dibuat dari daging ikan atau cumi-cumi, dengan campuran bumbu cabe yang lezat. Hmm!

Lokasi: Jl. Gesek km. 21, Bintan, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Jam Operasional:

Baca juga: Petualangan Menuju Surga Kecil di Pulau Natuna

Akau Potong Lembu

Mirip dengan Melayu Square, Akau Potong Lembu merupakan pusat jajanan dan wisata kuliner di Tanjung Pinang yang tidak pernah sepi pengunjung. Kelezatan dan keragaman makanan yang dijual di Akau Potong Lembu sudah tidak diragukan lagi, terutama untuk hidangan laut seperti sop ikan, otak-otak, ikan bakar, dan cumi.

Lokasi: Kemboja, Tanjung Pinang Barat, Kepulauan Riau
Jam Operasional: 16.00 – 03.00

Kedai Kopi Hawaii

Untuk kamu penggemar kopi, jangan lupa kunjungi Kedai Kopi Hawaii yang namanya sudah tidak asing lagi bagi warga Tanjung Pinang. Berdiri sejak tahun 1969, kopi buatan Kedai Kopi Hawaii memiliki cita rasa khas yang tidak pernah berubah dari masa ke masa. Sebagai teman ngopi, kamu dapat memesan sepiring roti bakar srikaya andalan kedai kopi ini.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat, Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29112
Jam Operasional: 08.00 – 23.00

Restoran Surya Indah

Rasanya tidak ada habisnya apabila membicarakan kelezatan masakan seafood di Tanjung Pinang. Restoran Surya Indah adalah salah satu dari sekian banyak wisata kuliner di Tanjung Pinang yang tidak hanya menghadirkan sajian yang menggugah selera, namun juga pemandangan Sungai Jang yang memukau.

Lokasi: Jl. Seijang No. 06, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29124
Jam Operasional: 10.30 – 21.30

Pondok Makan Sarbana

Penasaran bagaimana rasanya makan sambil ‘terapung’ di atas laut? Temukan jawabannya di Pondok Makan Sarbana. Rumah makan yang dibangun di pinggir pantai ini menghadirkan berbagai varian seafood yang kesegarannya patut diacungi jempol, terutama sembilang cabe ijo-nya.

Lokasi: Jl. Sultan Sulaiman, Kampung Bulang, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29115
Jam Operasional: 10.00 – 21.00 (hari Minggu tutup)

Rumah Makan Bakar Bakar

Rumah Makan Bakar Bakar merupakan salah satu wisata kuliner di Tanjung Pinang yang juga terkenal dengan makanan berbahan dasar seafood. Di sini, kamu dapat memilih secara langsung ikan yang ingin kamu santap sebelum dimasak, lho.

Lokasi: Jl. Kamboja No. 58A, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29125
Jam Operasional: 16.00 – 22.00

Rumah Makan Alim

Satu lagi tempat makan seafood yang memiliki cita rasa juara, yaitu Rumah Makan Alim. Apabila mampir ke sini, jangan lupa memesan kerapu asam manis, kepiting saus telor asin, dan kakap asam pedasnya. Waktu yang paling tepat untuk datang ke Rumah Makan Alim adalah di sore hari, ketika matahari mulai terbenam. Sambil melahap sajian yang lezat, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan sunset di tepi laut.

Lokasi: Jl. Pos no. 19, Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Jam Operasional: 12.00 – 22.00

Baca juga: 9 Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau Favorit

Nah, itu dia daftar 12 wisata kuliner Tanjung Pinang yang menjadi surga pecinta makanan! Ketika berkunjung ke Tanjung Pinang, tentunya kamu tidak boleh melewatkan tempat-tempat makan yang sudah disebutkan di atas. Untuk kamu penyuka kuliner, jangan lupa cek Tokopedia dan temukan berbagai macam makanan kekinian yang bisa kamu pesan secara online. Selamat makan!

Banner Tiket Pesawat
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia