Menyusuri 12 Pura di Bali Paling Ikonik

0
147
Pura di Bali
Sumber gambar: Okezone

Wisata Pura di Bali – Sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia, Pulau Dewata Bali memang menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata. Tak hanya pantai, sebagai pulau dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, di Bali juga terdapat banyak Pura yang menjadi tempat beribadah umat Hindu. Dengan arsitektur yang khas dan unik, tak jarang bila Pura di Bali kerap menjadi tujuan objek wisata di Bali.

Beberapa Pura di Bali bahkan dibangun di tempat-tempat indah dengan arsitektur yang megah menjadikan potensi wisata Pura di Bali sangatlah besar. Banyaknya destinasi wisata Pura di Bali ini bahkan membuat Bali juga dijuluki “Pulau Seribu Pura”. Penasaran seperti apa indahnya arsitektur Pura di Bali? Intip dan kenali rekomendasi Pura-Pura di Bali paling terkenal berikut:

Baca juga: 10 Masjid Tertua dan Paling Bersejarah di Indonesia

Destinasi Wisata Pura Terbaik di Bali

1. Pura Tanah Lot

Pura di Bali
Sumber gambar: Bali Gateway

Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura paling terkenal di Bali yang memiliki keindahan yang tak diragukan. Menjadi salah satu destinasi wisata favorit, Pura di Bali dibangun megah di atas batu karang di area lepas pantai sehingga hanya bisa dikunjungi saat air laut surut. Ketika air laut pasang, jalan setapa untuk menuju Pura akan terbenam sehingga Pura ini bak berada di tengah lautan.

Momen paling favorit untuk wisatawan yang hendak mengunjungi Pura di Bali satu ini adalah di sore hari, ketika air pasang dan matahari mulai terbenam menciptakan panorama indah khas Pura Tanah Lot yang eksotis.

2. Pura Agung Besakih

Pura di Bali
Sumber gambar: Wikipedia

Berlokasi di Desa Besakih, Karang Asem, Pura Agung Besakih merupakan Pura terbesar tak hanya di Pulau Dewata, tapi juga di Indonesia. Kompleks Pura ini terdiri dari satu Pura Penataran (pusat pura) dengan 18 Pura pendamping. Dengan deretan anak tangga untuk bisa menjadi Gerbang Pura Penataran, Pura di Bali satu ini sangat terkenal akan kemegahannya.

3. Pura Taman Ayun

Pura di Bali
Sumber gambar: Bali Indonesia

Salah satu Pura di Bali lainnya yang kerap menjadi tujuan wisata adalah Pura Taman Ayun yang berada di Mengwi. Pura di Bali satu ini sendiri sangat disakralkan karena dibangun sebagai bentuk penghormatan roh para leluhur Raja-raja Kerajaan Mengwi.

Tak hanya arsitekturnya yang unik, daya tarik dari Pura Bali satu ini adalah keasrian lingkungan sekitarnya dimana Toppers bisa merasakan atmosfer menyegarkan diiringi suara-suara serangga dan burung-burung yang hidup liar disekitar kawasan Pura ini.

4. Pura Uluwatu

Pura di Bali
Sumber gambar: Tempo

Dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut, Pura Uluwatu dipercaya sebagai penyangga sembilan arah mata angin bagi umat Hindu di Bali. Pura Bali yang berada di Desa Pecatu ini memiliki pemandangan menakjubkan karena lokasinya yang memang sangat strategis sehingga mampu memberikan panorama indah yang memanjakan mata.

5. Pura Ulun Danu Beratan

Pura di Bali
Sumber gambar: Wikipedia

Berada di tepi Danau Beratan, Pura Ulun Danu Beratan adalah Pura di Bali lainnya yang telah terkenal akan keindahannya. Bahkan, Pura Hindu ini sempat menghiasi uang rupiah pecahan 50.000 dahulu kala.

Tak hanya menikmati keindahan arsitektur Pura Ulun Danu Beratan, lokasi Danau Beratan sendiri telah dikelola menjadi salah satu destinasi wisata sehingga Pura di Bali ini tepat menjadi salah satu tujuan wisata saat berada di Pulau Dewata.

6. Pura Saraswati

Pura di Bali
Sumber gambar: Wikipedia

Sesuai dengan namanya, Pura Saraswati ini dibangun untuk memuja Dewi Saraswati yang merupakan perwujudan ilmu pengetahuan dan Seni. Berlokasi di daerah Ubud, tak jauh dari Monkey Forest, Pura Bali satu ini terekenal akan taman air-nya yang indah dengan bunga-bunga teratai.

Baca juga: 24 Candi Hindu-Buddha di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

7. Pura Tirta Empul Tampak Siring

Pura di Bali
Sumber gambar: Flickr

Tirta Empul dalam bahasa Indonesia memiliki makna mata air suci, jadi tak heran jika di Pura Tirta Empul Toppers akan menemukan sumber mata air alami. Mata air alami ini kemudian dialirkan ke dalam sebuah pemandian yang berada di area Pura. Pemandian inilah yang menjadi daya tarik utama dari Pura Tirta Empul.

Mata air ini sendiri dianggap sebagai air suci bagi umat Hindu Bali yang mampu membawa kesucian, ketenangan, hingga keberuntungan.

8. Pura Goa Lawah Klungkung

Pura di Bali
Sumber gambar: Bali Indonesia

Berbeda dengan pura-pura di Bali sebelumnya, Pura Goa Lawah ini sangat unik karena dibangun tepat di depan area Goa yang menjadi rumah bagi ribuan kelelawar. Selain itu, Pura Bali yang berlokasi di Desa Pesinggahan ini berada tak jauh dari Pantai Pasir Hitam yang juga merupakan tujuan wisata di Bali yang tak kalah menarik.

9. Pura Lempuyang Luhur

Pura di Bali
Sumber gambar: Okezone

Untuk Toppers yang hendak berburu foto instagrambale di Bali, Pura Lempunyang Luhur adalah salah satu tujuan wisata Pura kekinian yang kini tengah sangat digemari sebagai lokasi hunting foto, terutama foto gapura tingginya yang sangat ikonik tersebut.

Berada di ketinggian, dari Pura Lempuyang Luhur Toppers bisa melihat Gunung Agung dari kejauhan. Sering disebut sebagai Pura terindah di Bali, Pura Lempunyag juga dijuluki “Gates of Heaven” karena keindahannya.

Namun, untuk bisa mencapai lokasi puncak dari Pura ini, Toppers harus mendaki setidaknya 1.700 anak tangga. Dengan keindahannya, tentu rasa lelah menaiki tangga ini takkan ada artinya.

10. Pura Goa Gajah

Destinasi tempat wisata di Ubud
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi wisata Pura di Bali selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Pura Goa Gajah, salah satu situs arkeologi dengan perjalanan sejarah yang panjang. Dibangun sekitar abad ke-11, Pura berbentuk Goa dengan ukiran kepala gajah ini awalnya digunakan sebagai tempat bermeditasi.

Berdekatan dengan Pura Goa Gajah, terdapat pula sebuah kolam pemandian dan juga Sungai Petanu yang memiliki pemandangan tak kalah menarik.

11. Pura Menjangan

Pura di Bali
Sumber gambar: Visit

Menjangan merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang terkenal sebagai salah satu tempat diving terbaik. Namun, di pulau yang berjarak sekitar 76 km dari Kota Singaraja terdapat Pura Segara Giri Dharma Kencana yang dikenal juyga dengan nama Pura Menjangan yang disakralkan. Salah satu pemandangan paling ikonik dari Pura Bali satu ini adalah patung Ganesha berwarna putih megah menghadap ke lautan lepas.

Namun, tak hanya Ganesha, di Pura ini terdapat tujuh titik sembahyang yang meliputi Pura Tirta Pingit Klenting Sari, Pura Pesraman Agung Brahma Ireng (Ratu Patih Keboiwa), Pura Pagoda Dewi Kwan Im, Pura Pendopo Agung Gadjah Mada (Hyang Wisnu Murti), Bhatara Lingsir Sang Hyang Pasupatu, Pura Dalem Erlangga & Dalem Waturenggong, dan barulah pemujaan Ganesha dan Dewi Parwati.

12. Pura Alas Kedaton

Pura di Bali
Sumber gambar: BaliKami

Berlokasi di Desa Kukuh, Pura Alas Kedaton merupakan Pura Bali yang dibangun ditengah-tengah Hutan Alas Kedaton. Hutan ini sendiri merupakan rumah bagi tak kurang dari seribu ekor kera. Tak hanya itu saja, daya tarik lain dari Pura di Bali ini adalah kepercayaan warga bahwa Pura ini memiliki kekuatan magis untuk melindungi hutan dan warga sekitar.

Tak heran jika suasana di sekitar Pura ini sangatlah menyejukkan karena warga memang menjaga kelestarian dari Hutan dan Pura ini.

Baca juga: 18 Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicicipi di Pulau Dewata

Itulah berbagai Pura di Bali yang menawarkan pengalaman liburan ke Bali yang berbeda daripada sekedar ke Pantai. Pura Bali mana yang paling ingin Toppers kunjungi saat liburan ke Bali selanjutnya?

Untuk buat liburan ke Bali jadi lebih praktis, kini Toppers bisa dengan mudah lakukan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel lewat aplikasi Tokopedia, lho! Tak cuma itu, beli keperluan traveling terlengkap hingga beli tiket atraksi hiburan juga bisa dilakukan dengan mudah di Tokopedia.

Sudah buat rencana perjalanan liburanmu selanjutnya jadi lebih praktis?

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel