Tren Belanja Online Fashion Muslim di Tokopedia selama Bulan Ramadan

281
tren belanja ramadan tokopedia

Analisis dilakukan dengan menggunakan data transaksi dan perilaku lebih dari 200 ribu konsumen fashion muslim di platform Tokopedia selama Ramadan.


Ramadan merupakan bulan suci yang penuh berkah bagi ratusan juta umat muslim di Indonesia. Selama bulan puasa, terjadi banyak perubahan pada aktivitas sehari-hari. Mulai dari jam sekolah dan kerja, waktu makan, istirahat, hingga berbelanja.

Aktivitas belanja di bulan Ramadan berbeda secara signifikan dengan bulan-bulan biasa. Pasalnya saat Ramadan, kebiasaan berbelanja orang Indonesia meningkat, terutama untuk kebutuhan barang-barang fashion muslim dan perlengkapan beribadah. Ini juga bisa kita lihat dari tren berbelanja para pengguna Tokopedia selama bulan Ramadan.

Mungkin kita pernah bertanya-tanya, produk fashion muslim apa saja kah yang paling banyak dibeli? Lalu jenis penutup kepala, pakaian atasan muslim hingga sarung seperti apa yang menjadi favorit?

Simak tren belanja pengguna Tokopedia berdasarkan analisis data transaksi dan perilaku lebih dari 200 ribu konsumen fashion muslim selama periode Ramadan!

Produk Fashion Muslim Wanita vs Pria

tren belanja ramadan tokopedia

Berdasarkan data dua minggu sebelum puasa dan dua minggu awal Ramadan, ada kenaikan yang begitu signifikan terhadap jumlah transaksi produk muslim wanita maupun pria di Tokopedia.

Secara keseluruhan, kaum wanita tentu lebih banyak melakukan aktivitas belanja saat bulan puasa dibandingkan dengan pria. Namun, jumlah belanja online pembeli pria tercatat memiliki kenaikan pertumbuhan aktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kaum wanita.

  • Fashion Muslim Wanita
tren belanja ramadan tokopedia

Untuk Fashion Muslim Wanita, produk yang paling laris saat memasuki bulan Ramadan adalah Mukena Katun (13,31%). Produk terlaris berikutnya adalah Kaftan (4,51%) dan Gamis Polos (8,35%) di tempat kedua dan ketiga.

Sementara produk yang paling tinggi pertumbuhannya untuk Fashion Muslim Wanita adalah Kaftan, dengan angka pertumbuhan mencapai 7x lipat dari periode sebelumnya.

  • Fashion Muslim Pria
tren belanja ramadan tokopedia

Produk Fashion Muslim Pria juga mencatat lonjakan yang cukup besar. Saat Ramadan, para pria paling banyak membeli Peci (28,12%), disusul dengan Sarung (25,45%) dan Baju Koko (17,23%) di tempat kedua dan ketiga.

Sementara itu, produk Fashion Muslim Pria yang tertinggi pertumbuhannya adalah Baju Koko. Bahkan, kenaikannya begitu pesat thingga 10x lipat!

Penutup Kepala

tren belanja ramadan tokopedia

Selain produk Fashion Muslim secara keseluruhan, jenis produk yang lebih spesifik juga menarik untuk dibandingkan. Contohnya, kerudung jenis apakah yang paling banyak dibeli? Dan mana yang lebih laris antara peci dan sorban?

  • Penutup Kepala Wanita

Untuk Penutup Kepala Wanita alias Hijab, ada empat jenis yang paling banyak dibeli secara keseluruhan. Hijab Instan (41,99%) adalah yang paling laris, disusul dengan Hijab Segi Empat (28,28%), Khimar (21,40%) dan Pashmina (8,34%).

Dari berbagai jenis hijab di atas, motif polos adalah yang paling banyak disukai para wanita. Hal tersebut ditunjukkan dengan angka penjualan sebesar 89,69% jika dibandingkan dengan motif semarak yang hanya 10,31%.

  • Penutup Kepala Pria

Bagi pria, varian penutup kepala yang bisa dipilih tidak sebanyak untuk wanita. Jika membandingkan antara Peci dan Sorban, Peci adalah pilihan mayoritas pria dengan angka 86,19%. Sedangkan Sorban mencatat angka 13,81%.

Sementara itu, para pria juga lebih menyukai peci maupun sorban bermotif polos (93,82%) dibandingkan dengan motif semarak (6,18%).

Pakaian Atasan Muslim

Setelah penutup kepala, kini kita membandingkan produk Pakaian Atasan Muslim Wanita dan pria mana kah yang paling banyak dibeli untuk menyambut Ramadan. Wanita memiliki lebih banyak jenis atasan jika dibandingkan dengan pria.

  • Atasan Muslim Wanita

Untuk Pakaian Atasan Muslim wanita, yang terlaris adalah Gamis (91,09%), dengan angkanya yang begitu mendominasi jika dibandingkan dengan jenis lain seperti Kaftan (31,63%), Abaya (13,28%) dan Tunik (10,06%).

  • Atasan Muslim Pria

Sementara untuk Pakaian Atasan pria, Baju Koko tetap jadi pilihan kebanyakan para kaum Adam yang berbelanja di Tokopedia dengan angka 87,42%. Sementara jenis Gamis jadi pilihan untuk12,58% pembeli Atasan Muslim pria.

Bawahan Sarung

tren belanja ramadan tokopedia

Sarung telah menjadi salah satu perlengkapan ibadah yang paling umum digunakan oleh umat muslim di Nusantara. Berikut ini adalah perbandingan merek sarung, warna sarung dan daerah pembeli sarung terbanyak di Tokopedia.

  • Merek Sarung

Sarung merek Wadimor jadi produk yang dipercaya masyarakat dengan persentase paling tinggi, yakni 57,64%. Sementara posisi kedua hingga keempat ditempati oleh Gajah Duduk (21,67%), Atlas (20,38%), dan Gajah Unggul (0,31%).

  • Warna Sarung

Sementara warna sarung yang paling difavoritkan di Indonesia adalah sarung warna hitam dengan angka 87,3%, jauh lebih tinggi dibanding warna sarung lainnya.

  • Daerah Pembeli Sarung

Sedangkan, daerah pembeli sarung di Indonesia yang terbanyak berasal dari daerah Jawa Barat (29,34%). Di tempat kedua dan ketiga sebagai pembeli terbanyak, ada provinsi DKI Jakarta (27,97%) dan Banten (14,18%).

Kesimpulan

Itulah tren belanja fashion muslim pengguna Tokopedia di bulan Ramadan. Secara keseluruhan, para wanita tentu lebih sering menghabiskan waktunya untuk belanja jika dibandingkan dengan pria. Meski begitu, tren belanja kaum pria meningkat begitu tinggi saat bulan suci tiba.

Selain itu, jenis produk Fashion Muslim wanita jauh lebih beragam dibandingkan pria yang tidak terlalu banyak pilihan. Sementara warna produk muslim polos jadi favorit bagi kebanyakan pria maupun wanita.

Note:
– Artikel dibuat berdasarkan kerjasama antara Tokopedia dengan iPrice.
– Artikel ini dipublikasikan di Blog iPrice dengan judul: “[Perbandingan] Tren Belanja Online Fashion Muslim Pria dan Wanita Selama Bulan Ramadan.”

Bagikan Artikel