• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Turut Meriahkan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo, Tokopedia Hadirkan Live Shopping bersama MenkopUKM RI

11 September 2023

Share

Turut Meriahkan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo, Tokopedia Hadirkan Live Shopping bersama MenkopUKM RI

Solo, 12 Agustus 2023 - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo, Tokopedia sebagai bagian dari GoTo, mengajak ratusan UMKM lokal untuk bergotong royong mendorong pemberdayaan UMKM melalui berbagai aktivitas, salah satunya live shopping dari Tokopedia PLAY yang digelar di Pura Mangkunegaran hari ini.

Kegiatan live shopping bertema #FlexingLokal yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Grup GoTo untuk memeriahkan acara peringatan Hari UMKM Nasional 2023, dilakukan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Republik Indonesia, Teten Masduki bersama Presiden E-Commerce GoTo (Tokopedia), Melissa Siska Juminto, dan Pemilik usaha Onde-Onde Njonja Moeda, Debby Natalia.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Republik Indonesia, Teten Masduki mengungkapkan, “Salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM adalah mendorong digitalisasi bagi para pelaku usaha Indonesia. Saat ini sebanyak 22 juta UMKM sudah onboarding, dan angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan target Pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital. Saya juga berharap melalui digitalisasi UMKM ini, para pengusaha lokal dapat mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan, serta naik kelas. Ayo kita cintai, beli dan konsumsi produk-produk lokal.”

“Tokopedia PLAY menjadi salah satu contoh dari inovasi teknologi GoTo melalui Tokopedia sebagai sarana promosi UMKM yang saat ini semakin diminati oleh pelanggan. Kota Medan, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kab. Sidoarjo tercatat sebagai beberapa daerah dengan jumlah penonton Tokopedia PLAY tertinggi selama semester I 2023,” ungkap Presiden E-Commerce GoTo (Tokopedia), Melissa Siska Juminto.

Ia menambahkan, “Tokopedia PLAY juga mencatat pertumbuhan positif bagi pelaku UMKM. Selama semester I 2023, kenaikan rata-rata jumlah transaksi penjual naik lebih dari 7 kali lipat dibandingkan semester I 2022. Sejumlah penjual bahkan mengalami rata-rata kenaikan transaksi hingga lebih dari 60 kali lipat,” tambah Melissa

Selain itu, Tokopedia PLAY juga turut mendorong kategori Makanan & Minuman, Fesyen, Kecantikan & Perawatan Tubuh, Kesehatan, serta Rumah Tangga menjadi kategori terlaris di Tokopedia PLAY selama semester I 2023.

Pemilik usaha Onde-Onde Njonja Moeda, Debby Natalia juga mengatakan, “Salah satu kunci agar bisa sukses berjualan online di Tokopedia adalah dengan terus berinovasi serta konsisten memanfaatkan beragam fitur demi mendongkrak penjualan. Lewat kanal live streaming Tokopedia PLAY, para pelaku usaha di seluruh Indonesia, termasuk saya, punya kesempatan yang sama untuk memasarkan produk dengan lebih interaktif kepada para pelanggan kami.”

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | pr@tokopedia.com

Share

Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

 Mengenal Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh Bagi Pelaku Bisnis di Indonesia
Siaran Pers
Mengenal Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh Bagi Pelaku Bisnis di Indonesia
© 2009-2024, PT Tokopedia