• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Untari Kusuma Dewi: Duta ASI Eksklusif Tokopedia

Share

Untari Kusuma Dewi: Duta ASI Eksklusif Tokopedia

Sebelumnya kami ucapkan Selamat Tahun Baru 2012 terlebih dahulu pada Tokopediawan sekalian. Semoga apa yang sudah kita rencanakan dan resolusikan untuk sepanjang tahun ini dapat terlaksana tanpa kesulitan berarti.

Ngomong-ngomong udah lama juga yah kami gak menghadirkan wawancara cerita sukses Tokopediawan? Nah, mengawali tahun yang baru ini, kami pun ingin mengangkat sesuatu yang baru. Kali ini yang menjadi narasumber kami adalah Untari Kusuma Dewi, pemilik toko Alifah Shop di Tokopedia yang menjual perlengkapan bayi, balita, dan anak-anak. Belum pernah kan kami mengangkat kisah seperti itu sebelumnya?

Kenapa harus anak-anak? Karena menurut kami sih, balita dan anak-anak itu identik dengan kelahiran dan keceriaan. Karena itu rasanya cocok juga dipasang di awal tahun, sebagai lambang awal yang baru dan penuh kegembiraan.

Seperti apa kira-kira pengalaman ibu dua anak ini dalam membagi kewajibannya antara menjadi seorang istri, ibu, dan juga pebisnis online handal? Langsung aja yuk kita simak ceritanya. Oh iya, di sini pendukung ASI eksklusif ini juga turut membagikan sejumlah tips menarik seputar ibu dan anak lho. Jadi buat kamu-kamu yang udah siap berumah tangga dan menjadi ibu jangan sampe kelewatan yah.

Pertanyaan standar dulu yah, bisnis onlinenya dimulai sejak kapan?
Sejak hamil anak ke-2 sekitar 3 tahun lalu. Waktu itu terinspirasi artikel yang memuat bisnis online, kebetulan saya ingin berbisnis, tetapi tidak bisa keluar rumah karena sedang hamil. Awalnya suami kurang mendukung, tetapi setelah melihat keseriusan dan hasil yang saya capai, akhirnya sekarang suami mendukung.

Ada kegiatan lain selain berbisnis?
Tidak ada. Saya murni berbisnis online.

Lalu waktu luang biasanya digunakan untuk apa?
Saya tidak memiliki waktu luang, karena di rumah saya mengerjakan semuanya sendiri, dari mengurus rumah hingga menjadi seller. Saya harus pintar-pintar membagi waktu sebagai ibu, istri, dan juga seller. Terkadang suami juga mengingatkan untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri, seperti ke Salon dan Spa.

Apa yang membuat tertarik pada bisnis yang dijalani?
Saya memilih menjual perlengkapan baby karena kecintaan saya pada dunia bayi dan balita.

Kenapa bisa tertarik pada dunia tersebut?
Karena dari dulu hingga sekarang saya suka dengan anak-anak, terutama balita. Mereka lucu-lucu, little angel.

Ada produk terfavorit?
Untuk bulan ini Earmuff bayi. Bentuknya modis dan masih sulit ditemukan.

Produk yang paling unik dan revolusioner yang dijual menurut Ibu?
Yang terbaru munchkin grinder karena memudahkan bunda-bunda menyiapkan makanan yang fresh buat balita. Lalu juga ada softpotty lipat: memudahkan balita untuk ke kamar mandi, terutama di kamar mandi umum.

Lalu bagaimana produk-produk yang dijual dapat membantu perkembangan bayi dan anak ?
Ada beberapa produk yang bisa membantu perkembangan balita, seperti perlengkapan makan, minum, berenang, alat bantu belajar jalan, dan sebagainya.

Apa sih kendala terbesar saat berjualan online? Lalu bagaimana solusinya?
Umumnya pengiriman yang terlambat/delay. Solusinya memberikan estimasi waktu yang melebihi estimasi pengiriman dari ekspedisi, atau kalau ada overload pengiriman, pembeli akan saya informasikan sebelum melakukan transaksi.

Dari mana mengenal Tokopedia?
Secara tidak sengaja, waktu itu tidak sengaja browsing mencari baju.

Apa kelebihan Tokopedia menurut Ibu?
Tokopedia menurut saya adalah tempat berbelanja bagi yang masih ragu untuk berbelanja online, yang membutuhkan pihak ke-3 untuk menjaga keamanan transaksi pembelian mereka. Terkadang ada pembeli yang menanyakan keamanan berbelanja di online store saya, dan saya anjurkan untuk berbelanja di Tokopedia.

Bisa dibagikan tips berjualan online untuk penjual lain?
Selalu jujur dalam kondisi apapun, karena kejujuran itu priceless. Lebih baik kehilangan beberapa rupiah, dibandingkan kehilangan kepercayaan pelanggan.

Kalau tips seputar ibu dan anak?
Saya sangat mendukung pemberian ASI dan homemade food, karena sangat membantu perkembangan dan daya tahan balita.

Apa kelebihan ASI dibanding asupan nutrisi dari bahan makanan lain?
Yang utama adalah pencernaan. Hal ini berdasarkan pengalaman saya yang memiliki dua putri. Yang pertama karena ketidaktahuan saya terhadap ASI dan homemade food, putri pertama saya mengenal susu formula sejak usia 9 bulan dan selalu makan makanan instan. Hingga saat ini pencernaannya sangat sensitif, gampang sekali diare, dan ini juga terjadi pada beberapa anak teman saya yang mengenal susu formula dan makanan instan sejak usia dibawah 1 tahun. Berbeda sekali dengan putri kedua saya yang full ASI 2 tahun dan selalu saya berikan homemade food. Selain jarang sakit, perkembangan intelegensia dan emosionalnya juga sangat bagus.

Okay, jadi kesimpulannya adalah, ASI eksklusif wajib diberikan pada usia 1 tahun pertama untuk beradaptasi. Pemberian susu formula dan makanan instan akan memengaruhi sensitivitas pencernaan sang anak.

Mau bertanya-tanya lebih lanjut seputar balita dan anak-anak? Atau masih bingung apa itu Earmuff dan Munchkin Grinder? Langsung aja kunjungi tokonya di sini.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
Seller Story
Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
© 2009-2024, PT Tokopedia