• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Step Korean Skincare: Urutan dan Caranya

Share

10 Step Korean Skincare: Urutan dan Caranya

Dari essence sampai sheet mask, produk dan tren kecantikan dari Korea mengambil alih pasar kecantikan global.

Semua orang membicarakan tentang rutinitas 10 langkah yang populer di kalangan wanita Korea yang disebut dengan 10 step korean skincare.

Lalu apa sajakah 10 langkah tersebut? Apakah hal ini benar-benar diperlukan ataukah menggunakan 10 produk kecantikan setiap pagi dan malam berlebihan? Yuk, simak cara dan urutan 10 step korean skincare berikut ini!

tokopedia x bts

Baca juga: 7 Produk Skincare Korea Untuk Kulit Berjerawat

10 Step Korean Skincare

Makeup Remover & Oil Cleanser

10 skin method

Sumber gambar: thewanderlustproject.com

Langkah pertama tentunya adalah membersihkan sisa makeupmu. Tentu saja kamu bisa menggunakan makeup remover dan membersihkan sisa makeup dan berhenti sampai situ saja, tapi kemungkinan besar kamu akan bangun di pagi hari dengan sisa-sisa makeup seperti maskara yang belum dibersihkan secara menyeluruh di seluruh wajah dan bantal.

Untuk benar-benar menghapus semua sisa makeup, gunakan pembersih minyak atau oil cleanser.

Pijatlah di atas wajah kering dan leher untuk membersihkan makeup dan kemudian tambahkan sedikit air.

Minyak akan perlahan-lahan berubah tekstur dan warna menjadi milky atau seperti susu. Pijat lagi dan kemudian bilas semuanya.

Water-based Cleanser

10 skin method

Sumber gambar: beautymnl.com

Jika kamu pikir bahwa membersihkan wajah dengan makeup remover atau oil cleanser saja sudah cukup, kamu salah.

Kamu baru membersihkan makeup-mu dari wajah, tetapi kamu belum membersihkan wajahmu secara menyeluruh setelah makeup selesai di angkat.

Langkah berikutnya ialah cuci wajah dengan menggunakan water-based cleanser atau pembersih wajah yang berbahan dasar air. Teknik ini disebut dengan double cleansing atau pembersihan ganda.

Hal ini Ini disebut pembersihan ganda karena pencucian wajah dengan pembersih berbasis air gunanya adalah untuk membersihkan sisa residu dan kotoran dari pembersih minyak yang kamu gunakan sebelumnya dan membersihkan wajah hingga menyeluruh.

Terbayang kan, jika kamu hanya menggunakan makeup remover atau oil cleanser dan water-based cleanser saja? Wajah akan masih kotor karena sisa-sisa makeup. Jadi jangan lupa lakukan double cleansing, ya!

Exfoliator

10 skin method

Sumber gambar: Mrs James Recommends

Exfoliator atau exfoliasi adalahhal yang sangat penting untuk membuat kulit tetap halus dan selalu dalam kondisi “baru”.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan physical exfoliator atau eksfoliasi fisik seperti menggunakan scrub dan chemical exfoliator atau eksfoliasi secara kimia menggunakan bahan-bahan seperti AHA dan BHA.

Tentu saja kamu tidak selalu harus mengeksfoliasi kulit setiap hari (terutama jika kamu memiliki kulit sensitif), namun perlu diingat bahwa eksfoliasi kulit setidaknya perlu dilakukan dua kali seminggu untuk kulit yang bersih.

Eksfoliasi perlu diklakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kulit mati yang ada di wajah yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga jerawat akan muncul Pijat lembut atau tekan exfoliant ke kulit untuk kulit bersih dan halus.

Toner

10 skin method

Sumber gambar: Marie Claire

Analogikan kulit mu seperti spons. Spons yang kering akan lebih sulit untuk meresap apapun dibandingkan dengan spons yang lembab.

Toner adalah produk yang dapat menyeimbangkan kadar pH kulit serta menyiapkan kulit seperti spons yang lembab untuk meresap skincare berikutnya yang akan diaplikasikan ke wajah.

Tuangkan satu sampai dua tetes toner ke tangan dan tepuk langsung ke kulit atau kamu juga dapat menuangkannya ke kapas terlebih dulu, lalu sapukan toner dengan kapas secara perlahan ke sekitar wajah.

Essence

10 skin method

Sumber gambar: k-beauty europe

Essence adalah hal terpenting dalam perawatan kulit Korea. Mungkin kamu masih bingung tentang apa itu essence.

Essence adalah cairan sejenis toner / serum yang dikombinasikan menjadi satu, dibuat untuk menghidrasi dan membantu perbaikan kulit dan perputaran sel kulit sehingga kulit dapat menghasilkan sel kulit baru secara rutin dan teratur, menyebabkan pengurangan pori-pori tersumbat dan jerawat.

Cara pengaplikasiannya sama dengan toner, tuangkan essence ke telapak tangan, lalu aplikasikan ke kulit dan tepuklah wajah secara perlahan hingga essence meresap secara sempurna.

Baca juga: Ini Dia 12 Tips Alami Membuat Bibirmu Sexy Ala Korea

Treatments

10 skin method

Sumber gambar: k-beauty europe

Boosters, serum, dan ampoule adalah essence yang berkonsentrat tinggi yang secara langsung menangani masalah yang paling kamu khawatirkan. Semua ini adalah treatments.

Boosters, serum, dan ampoule dapat menangani masalah kulit seperti anti aging, kulit kusam, kulit berjerawat, dan masih banyak lagi.

Treatments adalah tahap penyempurnaan kulit yang ideal. Gunakan secukupnya dan tepuk-tepuk treatments di wajah anda hingga meresap.

Sheet Mask

Kamu pasti tahu, kan, apa itu sheet mask? Sheet mask adalah masker yang penuh dengan essence.

Kamu dapat aplikasikan sheet mask dan tunggu selama 15-20 menit. Jangan biarkan sheet mask sampai mengering, hanya gunakan sheet mask selama waktu yang ditentukan.

Sheet mask dapat memberikan kamu waktu untuk beristirahat dan dapat memiliki manfaat yang banyak bagi kulit. Gunakan setidaknya satu sheet mask dalam seminggu atau juga kamu dapat menggunakannya setiap hari.

Eye Cream

10 skin method

Sumber gambar: Marie Claire

Kulit di sekitar mata sangatlah tipis dan halus, yang berarti kamu harus memberikan krim mata atau eye cream. Krim mata membuat daerah bagian mata lembab, terhidrasi dan terlindung.

Gunakan jari manis mu untuk mengaplikasikannya di bawah mata dengan lembut. Hanya perlu di tepuk-tepuk kecil menggunakan jari manis, jangan pernah digosok atau diaplikasikan secara kasar, karena hal ini dapat membuat kerutan dini di daerah mata. Tidak mau, kan?

Moisturizer

10 skin method

Sumber gambar: hello glow

Hidrasi adalah jalur cepat untuk mendapatkan kulit yang lembab dan bercahaya, jadi penting untuk menemukan pelembab atau moisturizer yang sesuai untuk jenis kulit mu. Kini pelembab sudah hadir dalam berbagai formula, mulai dari emulsi, lotion, gel, atau krim, yang semuanya berfungsi untuk menyegel kelembaban kulit wajah.

Tepuk-tepuk pelembab ke wajah dan leher mu pada pagi dan malam setiap hari. Pada hari-hari ketika kulit terasa ekstra kering, gunakan sleeping pack atau masker tidur yang dapat memberikan hidrasi lebih banyak dibandingkan moisturizer.

Sun Protection

10 skin method

Sumber gambar: k-beauty europe

Pada pagi dan siang hari, sun protection atau perlindungan dari sinar matahari sangatlah penting untuk digunakan. Bahkan jika kamu melangkah keluar hanya dalam beberapa menit, kamu harus menggunakan tabir surya.

Tabir surya adalah cara termudah dan paling efektif untuk mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Gunakan tabir surya setiap pagi dan aplikasikan kembali sepanjang hari sesuai kebutuhan hingga matahari terbenam.

“10 Step Korean Skincare” adalah tentang konsistensi dan hasil jangka panjang. Kamu tidak akan melihat keajaiban dalam semalam, tidak ada produk yang bekerja hanya semalam.

Baca juga: 7 Pilihan Lipstik dari Drama Korea yang Bisa Kamu Coba

Walaupun 10 langkah skincare alias perawatan kulit wajah ala Korea terlihat seperti sangat banyak yang harus dilakukan, faktanya adalah kamu tidak benar-benar melakukan 10 langkah sekaligus setiap pagi dan malam hari.

Misalnya, kamu hanya akan menggunakan tabir surya di pagi hari,dan langkah sheet mask hanya disarankan setiap beberapa hari sekali.

Bagaimana, Toppers tertarik untuk mencoba 10 step korean skin care?

Share

Namira FazaNamira Faza

Related Articles

10 Rekomendasi Serum Flek Hitam Terbaik 2024, Wajah  Cerah Merata!
Kecantikan
10 Rekomendasi Serum Flek Hitam Terbaik 2024, Wajah Cerah Merata!
© 2009-2024, PT Tokopedia