Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Urutan Cerita Trilogi Jurassic, dari Jurassic Park 1993 hingga Jurassic World: Dominion

20 May 2022
Share icon
Share
Urutan Cerita Trilogi Jurassic, dari Jurassic Park 1993 hingga Jurassic World: Dominion

Simak urutan cerita trilogi Jurassic lengkap dari tahun 1993. Film terbaru Jurassic World: Dominion akan tayang 8 Juni 2022.


Toppers pastinya tahu tentang film dinosaurus adaptasi novel sci-fi Michael Crichton? Ya, film berjudul Jurassic Park atau yang kini lebih dikenal dengan nama Jurassic World pertama kali rilis pada tahun 1993.

Secara keseluruhan, trilogi film Jurassic Park bercerita mengenai kegagalan sebuah perusahaan taman hiburan dalam menjaga kloningan dinosaurus. Terjadi sebuah petaka yang menyebabkan dinosaurus keluar dari kandangnya.

Nyawa pengunjung terancam oleh berbagai dinosaurus seperti t-rex, velociraptor, spinosaurus, dan lain-lain. Sebelum nonton, ketahui terlebih dahulu urutan cerita trilogi Jurassic.

Baca Juga: Daftar Film Batman: 9 Urutan Film Batman dari 1989 Hingga Sekarang

Urutan Trilogi Jurassic

Cek urutan cerita trilogi Jurassic untuk mengetahui alur cerita dari Jurassic Park (1993) hingga sekuel Jurassic World: Dominion (2022) berikut ini. Yuk, ingat lagi ceritanya sebelum nonton!

1. Jurassic Park (1993)

Film Jurassic Park

Sumber Gambar: IMDb

Film pertama dari trilogi Jurassic yakni, Jurassic Park (1993). Film ini merupakan adaptasi dari novel best-seller Michael Crichton yang digarap oleh Steven Spielberg.

Bercerita tentang para ahli paleontologis yang berusaha menyelamatkan para pengunjung taman hiburan yang berisi kloningan dinosaurus. Dinosaurus tersebut berhasil merangsek keluar kandang karena pagar listrik bertegangan 10.000 volt padam.

Pilihan pengunjung hanya dua yakni, memperbaiki sistem listrik terlebih dahulu atau pergi dari pulau privat tersebut. Namun, misi mereka akan sulit karena harus menghadapi para kloningan dinosaurus yang berkeliaran.

2. The Lost World: Jurassic Park (1997)

Film Jurassic Park

Sumber Gambar: Dreadcentral.com

The Lost World: Jurassic Park (1997) adalah lanjutan dari Jurassic Park (1993). Mengambil latar waktu empat tahun setelah peristiwa di Isla Nublar, perusahaan InGen memanfaatkan kesempatan untuk menangkap dinosaurus.

InGen pada akhirnya berhasil membawa t-rex dari pulau yang terletak tidak jauh Isla Nobar, yakni Isla Sorna. Akan tetapi, perbuatan mereka justru menimbulkan kekacauan di San Diego. t-rex yang mereka bawa mengamuk dan menghancurkan seisi kota.

3. Jurassic Park III (2001)

Film Jurassic Park

Sumber Gambar: IMDb

Sekuel tiga dari Jurassic Park, berjudul Jurassic Park III (2001) berfokus pada aksi dan survival menantang di pulau dinosaurus. Kali ini, Dr. Grant (Sam Neill) membantu sepasang suami istri mencari anaknya yang hilang ketika berlibur di Isla Sorna.

Teror dari kloningan dinosaurus bertubi-tubi menyerang mereka. Namun, mau tidak mau mereka harus mencari cara agar tetap hidup dan kembali ke rumah. Proyek film Jurassic Park III ini disutradarai oleh Joe Johnston.

4. Jurassic World (2015)

Film Jurassic World

Sumber Gambar: Best Clip

Berselang hampir 10 tahun kemudian, franchise Jurassic Park pun lanjut. Universal Pictures merilis Jurassic World (2015) pada 12 Juni 2015 dengan latar lebih modern. Di film ini hadir dinosaurus modifikasi gen baru, Indominus Rex, yang begitu ganas menyerang para pengunjung di taman.

Para ahli pun mencoba berbagai cara untuk menghentikan dinosaurus hibrida tersebut. Salah satunya dengan menurunkan dinosaurus lain untuk melawannya.

5. Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

Film Jurassic World

Sumber Gambar: Gaelle Segullion

Dengan latar empat tahun setelah runtuhnya taman Jurassic World, kini film Jurassic World: Fallen Kingdom (2018) kembali lagi ke pulau dinosaurus, Isla Nublar. Kali ini Claire (Bryce Dallas) dan Owen (Chris Pratt) memiliki misi menyelamatkan dinosaurus yang tersisa di pulau tersebut dari gunung yang akan meletus.

Mereka ingin memindahkan para dinosaurus ke pulau Shangri-La yang jauh lebih aman dari gangguan aktivitas vulkanik, ataupun turis. Akan tetapi, misi penyelamatan mereka terganjal oleh adanya konspirasi yang menyelimuti Isla Nublar.

6. Jurassic World: Dominion (2022)

Film Jurassic World

Sumber Gambar: Universal Pictures

Akhir dari trilogi Jurassic World, yang akan dirilis pada 10 Juni 2022, yakni Jurassic World: Dominion (2022). Setelah empat tahun kemudian dari Jurassic World Fallen Kingdom (2018) para manusia kini bisa hidup berdampingan dengan dinosaurus.

Manusia dan dinosaurus bisa berburu bersama, namun masih ada dinosaurus liar yang menimbulkan kekacauan dimana-mana. Di film ini juga akan diramaikan oleh cast trilogi Jurassic Park terdahulu.

Baca Juga: Urutan Film Marvel Berdasarkan Kronologi Waktu MCU

Begitulah urutan cerita trilogi Jurassic dari awal hingga yang akan datang. Trilogi dengan genre sci-fi ini memang begitu menegangkan karena aksi untuk bertahan hidup.

Tonton film terbaru di bioskop dengan beli saldo M-Tix di Tokopedia, Toppers. Dapatkan penawaran dengan promo dan diskon yang menarik!

Penulis: Melly Yustin Aulia

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    Daftar Film Indonesia Terbaru yang Sedang Tayang di Bioskop Bulan Ini
    Entertainment
    Daftar Film Indonesia Terbaru yang Sedang Tayang di Bioskop Bulan Ini
    Editor Picks
    20 Cara Menghasilkan Uang dari Rumah Terbaru 2022: Mudah dan Untung Terus!
    20 Cara Menghasilkan Uang dari Rumah Terbaru 2022: Mudah dan Untung Terus!
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia