Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Urutan Peredaran Darah Kecil yang Benar Beserta Gambar dan Penjelasannya

27 May 2022
Share icon
Share
Urutan Peredaran Darah Kecil yang Benar Beserta Gambar dan Penjelasannya

Penjelasan lengkap mengenai urutan peredaran darah kecil yang benar beserta gambarnya. Yuk, simak artikel berikut!


Darah merupakan unsur terpenting dan memiliki banyak fungsi serta manfaat dalam tubuh manusia. Cairan agak kental berwarna merah ini mengalir ke seluruh tubuh dan berhubungan langsung dengan sel-sel yang terdapat dalam tubuh. Agar darah dapat mengalir ke seluruh bagian tubuh, diperlukan sistem peredaran darah. Sistem tersebut dapat melakukan berbagai fungsi seperti mengatur suhu tubuh, mengatur keseimbangan zat, mengangkut oksigen, dan lain sebagainya. Peredaran darah dapat terjadi karena dibantu oleh jantung serta pembuluh darah. Peredaran darah manusia disebut peredaran darah ganda atau rangkap karena setiap satu kali beredar ke seluruh tubuh, darah melewati jantung hingga dua kali. Selain peredaran darah besar, ada yang namanya peredaran darah kecil. Keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mendasar.

Baca Juga: Merk Susu Kedelai Terbaik, Sehatkan Jantung hingga Turunkan Kolesterol

Perbedaan Peredaran Darah Besar dan Kecil

Perbedaan Peredaran Darah Besar dan Kecil

Sumber Gambar: Roboguru

Sistem peredaran darah besar disebut juga peredaran darah sistemik. Sistem peredaran darah besar dimulai ketika bilik kiri jantung memompa darah yang mengandung oksigen dan nutrisi melalui aorta (arteri utama) ke seluruh tubuh. Ketika darah telah rendah oksigen atau hanya tersisa karbondioksida, maka darah akan terkumpul di pembuluh darah dan kembali ke bilik kanan jantung. Peredaran darah kecil disebut juga peredaran darah pulmonal. Sistem peredaran darah ini dimulai ketika darah di bilik kanan jantung yang rendah oksigen dipompa oleh arteri pulmonalis menuju paru-paru. Di sinilah karbondioksida yang ada dalam darah dilepaskan ke saluran paru, sementara oksigen yang baru masuk ke aliran darah. Lain hanya dengan darah yang mengandung oksigen, darah tersebut akan mengalir melalui vena paru-paru ke bilik kiri jantung. Setelah itu, akan dimulai kembali sistem peredaran darah besar.

Baca Juga: Detak Jantung Normal: Ini Cara Menghitung dan Penjelasannya

Urutan Peredaran Darah Kecil

Urutan Peredaran Darah Kecil

Sumber Gambar: Djawaranews

Peredaran darah kecil merupakan sirkulasi peredaran darah yang mengalir dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Proses sirkulasi peredaran darah kecil dimulai dari jantung (bilik kanan) yang memompa darah lalu mengalirkan darah ke paru-paru dan kembali ke jantung (serambi kiri) dengan membawa darah kotor dari seluruh tubuh Secara detail, urutan peredaran darah dimulai dari jantung (bilik kanan) → pembuluh nadi paru-paru → paru-paru → pembuluh balik paru-paru → jantung (serambi kiri).

Pada peredaran darah kecil, darah melakukan pertukaran gas di paru-paru. Darah melepaskan karbon dioksida dan mengambil oksigen dari alveoli paru-paru. Oleh karena itu, darah yang berasal dari paru-paru banyak mengandung oksigen. Singkatnya, urutan peredaran darah kecil adalah:

jantung (bilik kanan melalui arteri pulmonalis) → paru-paru → jantung (serambi kiri melalui vena pulmonalis)

Baik peredaran kecil maupun besar, keduanya memiliki fungsi untuk membawa hormon dan sel-sel kekebalan tubuh dari tempat produksinya ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan dan pada sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Buah Penambah Darah untuk Anemia Yang Kaya Nutrisi

Itulah penjelasan mengenai sistem peredaran darah kecil serta perbedaannya dengan sistem peredarah besar yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan serta ganti kebiasaan buruk dan kebiasaan yang tidak sehat supaya sistem peredaran darahmu tetap lancar. Dapatkan banyak nutrisi makanan yang lengkap, zat besi, mineral, dan banyak lagi yang dapat menambah darah pada tubuhmu agar tidak cepat lemas, pusing, dan lelah. Untuk mendapatkan banyak obat atau suplemen lainnya yang memiliki kegunaan yang sama dengan produk di atas, yuk cek Tokopedia sekarang!

laptop terbaik tokopedia

Belajar semakin semangat dengan laptop terbaik. Temukan di Tokopedia!

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    Cara Cek Tilang Elektronik Beserta Dendanya, Berlaku untuk Mobil & Motor
    Topik Seru Lainnya
    Cara Cek Tilang Elektronik Beserta Dendanya, Berlaku untuk Mobil & Motor
    Editor Picks
    26 Tempat Wisata Pontianak dan Sekitarnya Favorit Traveler
    26 Tempat Wisata Pontianak dan Sekitarnya Favorit Traveler
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia