11 Urutan Pemakaian Skincare yang Benar dari Pagi hingga Malam

0
7395
Urutan pemakaian Skincare Wajah

Menggunakan skincare tidak boleh sembarangan. Berikut ini urutan pemakaian skincare yang benar untuk pagi dan malam hari beserta tipsnya.


Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat tentu diperlukan perawatan yang rutin. Pemilihan produk skincare yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit juga tidak boleh dikesampingkan. Agar, jangan sampai kita menggunakan produk yang tidak cocok bagi kulit kita.

Tetapi, selain pemilihan produk yang tepat, urutan penggunaan skincare juga harus diperhatikan, Toppers. Hal ini berguna agar skincare yang kamu gunakan memberikan hasil yang maksimal.

Sebab, meski sekilas urutan pemakaian skincare pagi dan malam terlihat sama, tetapi ada beberapa perbedaan urutan dan produk yang sebaiknya digunakan sekali, baik saat pagi, atau malam hari saja.

Nah, agar tidak membingungkan, berikut ini urutan pemakaian skincare pagi dan malam hari yang wajib kamu ketahui.

Urutan Skincare Pagi Hari

Sebenarnya, tidak banyak produk skincare yang harus kamu aplikasikan pada saat pagi hari. Sebab, skincare bekerja lebih baik saat malam hari, terutama saat kamu tidur. Nah, berikut ini urutan skincare pagi hari yang harus kamu terapkan.

1. Cleanser/Sabun Pencuci Wajah

urutan pemakaian skincare Cleanser/Sabun Pencuci Wajah
Sumber gambar: getty Image

Mulailah skincare di pagi hari dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Pembersih ini berguna untuk mengangkat sisa-sisa skincare di malam hari.

Kamu bisa menggunakan pembersih wajah dengan berbagai jenis yang tentunya harus sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Baca juga: 10 Manfaat Air Beras untuk Wajah, Kulit & Rambut, Cantik Instan!

2. Toner

urutan pemakaian skincare Toner
Sumber gambar: Bustle

Setelah mencuci atau membersihkan wajah, sebaiknya kamu menggunakan toner untuk menyeimbangkan ph kulit wajah. Pastikan juga kamu menggunakan toner yang alcohol free agar kulit wajah tidak iritasi.

Buat kamu yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi, jangan sampai melewatkan skincare yang satu ini karena toner dapat membantu mengurangi kadar minyak pada wajah kamu,

3. Pelembab

urutan pemakaian skincare Pelembab
Sumber gambar lorealparisusa

Jangan sampai kamu melewatkan produk yang satu ini, ya! Pelembab sangat penting digunakan agar kulit kamu tetap terhidrasi dengan baik. Biasanya, pelembab untuk pagi hari juga disebut dengan krim pagi.

Pelembab tidak hanya untuk kulit kering, loh! Buat kamu yang punya kulit berminyak atau kombinasi, kamu bisa pilih pelembab berbentuk gel.

4. Tabir Surya

urutan pemakaian skincare Tabir Surya
Sumber gambar: getty image

Pastikan kamu selalu menggunakan tabir surya saat di pagi hari apalagi kalau kamu akan beraktivitas di luar ruangan.

Tabir surya melindungi kulit wajah kamu dari paparan sinar UV yang berbahaya untuk kulit dan merusak jaringan kulit.

semangat ramadan
Ikuti keseruan Bagi-bagi Semangat Ramadan 4 & 11 Mei, raih diskon dan cashback fantastis, hingga bebas ongkir sepuasnya untuk memenuhi semua kebutuhan Ramadan-mu!

Urutan Skincare Malam

Urutan skincare malam hari dapat dikatakan lebih banyak daripada pagi hari. Salah satu alasannya adalah skincare bekerja lebih baik saat malam hari. 

Selain itu, ada produk yang mengandung efek exfoliating dan tidak boleh terpapar sinar matahari.

5. Makeup Remover

urutan pemakaian skincare Makeup Remover
Sumber gambar: csmakeupmy

Setelah seharian di luar rumah dan menggunakan make up seharian, saatnya kamu membersihkan wajah khusus makeup remover.

Pastikan tidak ada lagi sisa make up di wajah kamu. Kamu bisa memilih berbagai jenis make up remover seperti cleansing balm, micellar water, cleansing oil, dan sebagainya yang cocok dengan kondisi wajah kamu.

7. Cleanser/Sabun Pencuci Wajah

urutan pemakaian skincare Cleanser/Sabun Pencuci Wajah
Sumber gambar: shutterstock

Pada malam hari, kamu bisa melakukan double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka setelah menggunakan micellar water dan sebagainya.

Double cleansing ini berguna untuk memastikan bahwa sisa-sisa make up dan kotoran di wajah kamu sudah benar-benar bersih, Toppers!

Wajah yang bersih ini akan terasa halus dan rileks, serta membuat skincare lebih mudah meresap, loh!

Baca juga: 10 Tips Memilih Pelembab Wajah agar Cocok dengan Jenis Kulit

8. Toner

urutan pemakaian skincare Toner
Sumber gambar: getty images

Setelah mencuci wajah dengan sabun, aplikasikan toner ke wajah untuk menyeimbangkan pH kulit. Toner juga berfungsi untuk meminimalisir peradangan kulit wajah.

Tuangkan toner di kapas, usapkan ke wajah dengan arah ke atas agar kulit wajah tidak turun dan terjadi penuaan dini.

9. Serum

urutan pemakaian skincare Serum
Sumber gambar: lorealparisusa

Tidak ada salahnya memberikan nutrisi tambahan dalam perawatan kulit wajah. Kamu bisa menggunakan serum untuk nutrisi tambahan tersebut. 

Pilih serum sesuai dengan kondisi atau masalah kulit yang ingin kamu atasi. Seperti mengatasi kerutan, mencerahkan, menghilangkan noda, dan sebagainya. 

Teteskan 3-4 serum ke tangan dan tepuk-tepuk ke wajah secara perlahan. Pastikan serum meresap dengan baik dan sebaiknya kamu tidak menggunakan serum dengan jenis yang berbeda secara bersamaan.

10. Eye Cream

urutan pemakaian skincare Eye Cream
Sumber gambar: fustany

Selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan eye krim yang dapat membantu melembabkan area bagian mata.

Krim mata juga berguna untuk mengurangi bengkak, mencerahkan bawah mata, dan mengurangi kerutan.

11. Pelembab/Krim Malam

urutan pemakaian skincare
Sumber gambar: stockbyte

Pelembab untuk malam hari biasanya juga disebut krim malam. Pelembab untuk malam hari biasanya bertekstur lebih berat dan tebal, Toppers.Kandungan krim malam pun berbeda dengan krim pagi. 

Pelembab untuk malam hari ini memiliki banyak bahan aktif yang dapat memperbaiki masalah kulit, seperti penuaan, pigmentasi, dan kerutan.

Baca juga: 10 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Kulit, Bikin Glowing!

Nah, itu dia perbedaan dari urutan skincare pagi dan malam hari. Gunakanlah produk atau skincare yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit wajah kamu.

Sebagai tambahan, kamu bisa exfoliate kulit kamu seminggu sekali agar kulit wajah bersih optimal. 

Selain itu, kamu jangan lupa untuk menggunakan masker tiga kali seminggu untuk nutrisi tambahan. Selamat mencoba Toppers.

10 step korean skincare

Penulis: Felly Eliza Putri