• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Destinasi Wisata Angker dan Horror di Indonesia

Share

9 Destinasi Wisata Angker dan Horror di Indonesia

Indonesia terkenal sebagai negara dengan banyak sekali tujuan wisata. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, hingga wisata alam tersedia di negara kepulauan yang berada di tengah garis khatulistiwa ini.

Nggak cuma itu, buat Toppers yang ingin nuansa liburan yang berbeda, Indonesia juga menyimpan banyak destinasi wisata angker dan horror menarik.

Berbagai tempat angker dan horror di Indonesia ini nggak cuma memiliki nilai sejarah, mistis, tapi juga keindahan yang cocok banget buat jadi pilihan liburan anti-mainstream buat kamu.

Baca juga: 12 Film Horor Suzzanna Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

Destinasi Wisata Angker dan Horror di Indonesia

1. Lawang Sewu – Semarang

destinasi wisata angker lawang sewu

Sumber gambar: Wikipedia

Lawang Sewu sudah terkenal sebagai destinasi wisata di Semarang dan juga salah satu tempat paling angker di Indonesia. Berdiri sejak 1907, destinasi wisata angker Lawang Sewu awalnya merupakan gedung pemerintahan kolonial dan juga Jepang pada masa penjajahan.

Lawang Sewu sendiri memiliki arti “seribu pintu” yang menggambarkan betapa banyak pintu dan jendela yang terdapat pada bangunan angker satu ini.

Tempat angker ini memiliki lorong-lorong dan juga beberapa penjara yang dahulu digunakan untuk menyiksa tahanan bahkan eksesusi pemenggalan. Nggak heran, banyak kisah mistis yang muncul di destinasi wisata horror Lawang Sewu, mulai dari penampakan noni-noni Belanda hingga suara-suara misterius pada malam hari.

2. Kamar 308 Hotel Samudra Beach – Sukabumi

destinasi wisata angker - Nyi Roro Kidul

Sumber gambar: Merdeka

Destinasi wisata angker selanjutnya berada di Sukabumi, tepatnya Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Meski memiliki pantai indah dengan ombak yang cocok untuk peselancar, Pelabuhan Ratu merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal sebagai tempat angker yang ada di Indonesia. Destinasi wisata horror Pelabuhan Ratu Identik dengan legenda Nyi Roro Kidul, Ratu mistis penguasa pantai selatan Jawa.

Bahkan, salah satu Hotel, yakni Hotel Samudra Beach yang berada di destinasi wisata ini memiliki salah satu kamar untuk didedikasikan kepada sang Ratu Mistis. Kamar bernomor 308 ini dianggap merupakan tempat singgah Nyi Roro Kidul dan semua pengunjung yang datang bisa berkomunikasi dengan sang Ratu. Horror banget, kan?

3. Alas Purwo – Banyuwangi

destinasi wisata angker alas purwo

Sumber gambar: Tribunus-Antara

Banyak orang yang percaya jika Alas Purwo merupakan salah satu Kerajaan Jin di Indonesia. Destinasi wisata ini memang memiliki keindahan alam yang menakjubkan sekaligus aura angker dan mistis begitu Toppers memasukinya.

Destinasi wisata angker ini juga banyak dijadikan sebagai tempat semedi, terutama pada saat malam satu suro. Sekedar mencari wangsit, atau bahkan pesugihan ilmu hitam dipercaya bisa didapat melalui semedi di tempat angker ini. Alas Purwo sendiri memiliki 40 goa dan sebuah makan. Salah satu goa yang terkenal sebagai tempat semedi adalah Goa Istana.

4. Desa Trunyan – Bali

destinasi wisata angker - trunyan

Sumber gambar: Wikimedia

Bali terkenal sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia. Tapi, siapa sangka Bali juga memiliki destinasi wisata angker menarik, yaitu Desa Trunyan. Desa yang terletak di tepi Danau Batur, Kintamani ini memiliki tradisi membiarkan jenazah membusuk disebuah kandang bambu sekitar pohon Trunyan. Aroma wangi dari pohon ini menghilangkan aroma tak sedap dari jenazah. Ketika yang tersisa hanya tulang bendulang, tengkorak kemudian disusun rapi dibawah pura.

Sayangnya, destinasi wisata angker di Bal ini kini sudah tidak terbuka untuk umum.

Baca juga: Goa Belanda & Goa Jepang yang Menyimpan Misteri

5. Lubang Buaya

destinasi wisata angker - lubang buaya

Sumber gambar: Wikimedia

Lubang buaya merupakan destinasi wisata yang banyak mengandung nilai sejarah Indonesia. Tempat ini juga identik dengan kisah pemberontakan PKI yang berakibat tewasnya 7 perwira TNI pada 1965 silam. Kini di Lubang Buaya bediri sebuah museum dan monumen untuk mengenang peristiwa tersebut.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Di museum angker ini terdapat diorama yang menceritakan persitiwa bersejarah tersebut, lengkap dengan pakaian asli yang masih berlumuran darah kering yang menempel pada jenazah yang ditemukan di lubang buaya tersebut. Nggak heran, kini banyak cerita mistis yang selalu disangkutpautkan dengan tempat wisata angker ini.

6. Jembatan Ancol – Jakarta

destinasi wisata angker - jembatan ancol

Sumber gambar: Tribunnews

Kisah horror Jembatan Ancol sempat booming di era tahun 90-an setelah diangkat menjadi film layar lebar bertajuk “Si Manis Jembatan Ancol”. Alkisah, dahulu ada seorang wanita cantik yang diperkosa dan dibunuh. Jenazah sang wanita kemudian dibuang dari atas Jembatan angker ini.

Semenjak itu, sering ada cerita mengenai penampakan wanita cantik misterius yang selalu dikait-kaitan dengan kisah seram mengenai “Si Manis”. Nggak percaya? Buktikan sendiri dengan berkunjung ke tempat angker ini.

7. Goa Belanda dan Goa Jepang – Bandung

goa jepang tahura bandung
Goa Jepang | Sumber gambar: Maribayabandung.com

Masa perang dunia dan juga penjajahan menyisakan rekam jejak sejarahnya di Indonesia berupa benteng-benteng dan juga goa-goa yang digunakan untuk berperang pada masa tersebut. Salah satunya bisa Toppers temukan di Bandung.

Goa Belanda terletak di taman hutan raya Ir.H. Juanda dan dahulu digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata. Namun, banyak juga yang percaya bahwa goa ini merupakan tempat pembantaian pada masa lalu. Jika berkunjung ke Goa angker ini, kamu disarankan untuk berlaku sopan dan tidak bertindak sembarangan. Yang terpenting, jangan mengucapkan kata “Lada” karena dianggap akan memicu amarah penghuni tempat angker ini. “Lada” dipercaya adalah sebutan untuk leluhur mereka.

Tak jauh dari Goa Belanda, terdapat juga Goa Jepang yang nggak kalah angker. Pembangunan goa angker peninggalan Jepang ini belum selesai dan juga jauh lebih gelap sehingga memberikan aura horror yang lebih mencegangkan.

8. Goa Kontilola – Papua

Destinasi wisata angker Kontilola

Sumbar gambar: Bintang

Goa Kontilola memang sangat indah dan menakjubkan, namun juga dikenal sebagai salah satu tempat paling angker di Indonesia. Goa angker yang berada di  Lembah Baliem, Wamena, Papua ini dipercaya sebagai tempat tinggal manusia purba di zaman purbakala. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya lukisan-lukisa aneh yang berada di kedalaman Goa. Bahkan, banyak yang percaya bahwa lukisan ini menggambarkan Alien yang pernah tinggal dan hidup di Goa angker ini. Teori alien ini muncul karena lokasi lukisan yang berada sangat tinggi sehingga rasanya nggak mungkin jika manusia yang membuat lukisan tersebut. Horror banget, ya.

9. Hotel PI – Bedugul, Bali

destinasi wisata angker bedugul

Sumber gambar: Flickr

Satu lagi destinasi wisata angker berasal dari pulau Dewata. Jika menilik perencanaannya, Hotel PI yang berada di dataran tinggi Bedugul, Bali harusnya akan menjadi bangunan hotel yang megah dan mewah. Sayangnya pembangunan Hotel milik Tommy Soeharto ini terhenti karena konflik dan sengketa sehingga bangunan setengah jadi ini terbengkalai selama dua dekade lebih.

Karena tak terurus, Hotel ini kian berubah menjadi terlihat menyeramkan dan angker. Perlahan mulai muncul kisah-kisah penampakan hingga suara-suara mistis yang dipercaya berasal dari bangunan angker ini. Jika berkunjung ke Bali untuk wisata horror, jangan sampai lupa singgah ke destinasi wisata angker ini, ya.

Baca juga: 9 Game PC Terbaik dan Terlaris bergenre Horror yang Wajib Kamu Mainkan!

Itulah kesembilan destinasi wisata angker dan horror yang ada di Indonesia. Percaya tidak percaya, tempat ini tetap layak kamu kunjungi saat liburan karena menyimpan banyak keindahan dan juga sejarah yang menarik. Apalagi, kini beli tiket kereta buat liburan sudah nggak susah lagi karena bisa menggunakan Tokopedia. Pastinya berburu lokasi-lokasi angker jadi lebih mudah, kan?

Jadi, destinasi wisata angker mana yang paling Toppers suka?

tiket kereta

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Ingin Naik Kereta Cepat Jakarta - Bandung WHOOSH? Ini Harga Tiket & Rutenya
Travel dan Kuliner
Ingin Naik Kereta Cepat Jakarta - Bandung WHOOSH? Ini Harga Tiket & Rutenya
© 2009-2024, PT Tokopedia