15 Tempat Wisata di Bali selain Pantai yang Nggak Kalah Indah

1208
tempat wisata bali selain pantai

Wisata Bali Selain Pantai – Siapa yang enggak familiar atau mengenal pulau dewata ini? Bali pasti menjadi destinasi liburan nomor satu bagi turis dalam negeri atau luar negeri ketika liburan tiba. Mungkin saat berlibur ke Bali, Toppers berpikir untuk mengunjungi berbagai pantai Bali yang terkenal dan mendunia ataupun wisata laut lainnya seperti surfing, snorkeling, hingga diving. Tapi sebenarnya banyak banget yang bisa dilakukan dan dikunjungi saat berlibur di Bali, lho! Selain pantai, Bali mempunyai berbagai tempat wisata selain pantai yang enggak kalah indah dan menariknya.

Mau tahu apa saja tempat wisata di Bali selain pantai yang enggak kalah indah dan serunya yang bisa kamu kunjungi? Yuk, simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

Baca juga: 7 Pantai Indonesia Yang Tidak Kalah Dari Maldives

Tempat Wisata di Bali selain Pantai

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

tempat wisata bali - Garuda Wisnu KencanaSumber gambar: Wikimedia

Kalau Toppers berencana untuk berlibur ke Bali dengan waktu yang lama, wajib hukumnya mengunjungi Garuda Wisnu Kencana atau GWK yang berlokasi di Bali Selatan ini. Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah patung yang besar karya I Nyoman Nuarta dan sekarang menjadi tempat wisata di Bali. Selain patung, kamu juga bisa melihat berbagai keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar yang penuh dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga tersedia teater seni dimana pengunjung bisa menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

Pura Uluwatu

tempat wisata bali - pura uluwatuSumber gambar: Wikimedia

Pura Uluwatu ini merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang terletak di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu enggak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, tapi juga menawarkan keindahan panoramanya, terutama keindahan matahari tenggelamnya yang enggak kalah dengan pantai dan sudah terkenal. Di Pura Uluwatu Toppers akan melihat sejumlah kera yang dipercaya berfungsi menjaga kesucian Pura Uluwatu. Untuk memasuki area Pura Uluwatu, kamu akan diharuskan untuk menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu.

Monkey Forest

tempat wisata bali - mongkey forestSumber gambar: Flickr

Monkey Forest merupakan salah satu tempat wisata alam di Bali yang paling populer. Monkey Forest ini merupakan sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar dan terletak di Ubud, Bali. Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat dan enggak boleh diganggu dan dibiarkan hidup berkeliaran di hutan. Kera di Monkey Forest ini suka banget sama makanan dan bisa diberi makan lho. Di tempat ini Toppers akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik.

Seminyak Square

tempat wisata bali - seminyak squareSumber gambar: Seminyak Square

Tempat perbelanjaan yang berada di Jalan Kayu Aya, Seminyak ini berkesan modern dan elegan. Seminyak Square memang enggak terlalu besar dan hanya terdiri dari dua lantai, tapi didesain khusus untuk menarik pengunjung dari kalangan atas. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Seminyak Square, mulai dari berbelanja pakaian dan perhiasan mewah, souvenir dan hiasan dari Indonesia, berburu buku-buku berbahasa Inggris, menikmati anggur dan makan malam yang nyaman, dan lainnya. Jam operasional toko-toko di pusat perbelanjaan ini berbeda, tapi Seminyak Square sendiri buka mulai pukul 10.00-22.00 WITA.

Baca juga: Liburan di Indonesia? Ini Dia Deretan Oleh-Oleh yang Harus Kamu Bawa Saat Kembali Ke Luar Negeri!

Museum Bali

tempat wisata bali - museum baliSumber gambar: Wikimedia

Museum yang terletak di tengah kota Denpasar ini merupakan bangunan gedung tua, tepatnya bersebelahan dengan Pura Agung Jagat Natha. Dari bandara, kamu ikuti saja jalan menuju pusat kota sekitar 45 menit. Tapi, museum ini bukan museum seni lho, melainan museum sejarah. Kamu bisa lebih mengenal kota Bali lebih dalam karena di museum ini terdapat koleksi peralatan saat zaman prasejarah, peralatan upacara keagamaan dan adat, dan perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali dari zaman ke zaman.

Monumen Bajra Sandhi

tempat wisata baliSumber gambar: Wikimedia

Toppers, apakah kamu sudah tahu sejarah Monumen satu ini belum? Monumen Bajra Sandhi ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bali. Monumen ini berada di depan Kantor Gubenur Bali dan Gedung DPRD Provinsi Bali. Di tempat inilah Perang Puputan terjadi. Toppers bisa mengetahui perjuangan rakyat Bali dari masa prasejarah hingga merebut kemerdekaan di lantai dua monumen ini. Dalam menceritakan kisah perjuangan rakyat Bali, pengelola museum menggunakan konsep diorama sejumlah 33. Di lantai tiga, kamu bisa menikmati pemandangan Denpasar dan sekitarnya melalui kaca, mirip seperti di Monas.

Gunung Agung

tempat wisata bali - gunung agungSumber gambar: Flickr

Puncak tertinggi Bali berada di puncak Gunung Agung, yang disucikan umat Hindu Bali ini. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Gunung Agung merupakan tempat para dewa yang senantiasa mengawasi manusia. Di lereng gunung inilah pura terbesar di Bali, Pura Besakih, juga berada.

Baca juga: 10 Gunung di Indonesia Yang Wajib Ditaklukan Pendaki Pemula

Air Terjun Gitgit

tempat wisata bali - air terjun gitgitSumber gambar: Flickr

Toppers, mau berasa lebih rileks dan santai dengan suasana alam? Air terjun Gitgit ini merupakan destinasi yang pas bagi kamu yang mau santai menikmati perpaduan wisata air dan trekking. Air Terjun Gitgit ini terletak di Buleleng, Singaraja, dan destinasi ini pasti enggak akan mengecewakan. Air terjun ini merupakan air terjun dengan tebing tertinggi di kawasan Bali utara.

Gua Gajah

tempat wisata bali - gua gajahSumber gambar: Wikimedia

Gua ini merupakan gua buatan di Tampaksiring, Gianyar, dan ramai banget dikunjungi oleh wisatawan. Menurut masyarakat setempat, daerah Gua Gajah ini merupakan tempat yang disucikan dan dijadikan sebagai pusat kegiatan agama Hindu dan Buddha pada masa pemerintahan Dinasti Warnadewa. Sekarang oleh masyarakat setempat, situs bersejarah ini dijadikan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial.

Bali Bird Park

tempat wisata bali bird parkSumber gambar: Wikimedia

Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga. Bali Bird Park ini dibuka pertama kali pada tahun 1995. Taman burung seluas dua hektar ini merupakan salah satu taman burung terbesar di Indonesia. Enggak heran, karena di dalamnya terdapat, kurang lebih 1.000 satwa unggas dari 250 spesies lho. Selain melihat secara langsung aneka satwa unggas di sini, kamu juga bisa menikmati sensasi teater 4D.

Taman Kupu-kupu Bali

tempat wisata bali - taman kupu-kupuSumber gambar: Pexels

Ada satu lagi tempat wisata yang unik dan cantik di Tabanan, Bali, yang wajib dikunjungi selain pantai yaitu Taman Kupu-kupu Bali. Taman Kupu-Kupu ini merupakan objek edukasi dan penelitian kupu-kupu terbesar se-Asia Tenggara. Ribuan ekor kupu-kupu dari beragam spesies memenuhi taman ini. Toppers bisa berkunjung ke taman yang telah dibuka sejak tahun 1996 ini pada pukul 08.00-17.00 WITA, setiap hari.

Puja Mandala

tempat wisata bali - puja mandalaSumber gambar: Wikimedia

Lokasi ini merupakan salah satu bukti kebersamaan dan nilai toleransi antar umat beragama di Indonesia. Tempat ini merupakan kompleks rumah ibadah lima agama yang diakui di Indonesia, yang terdiri dari Masjid Agung Ibnu Batutah, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Pura Jagatnatha, dan, Vihara Buddha Guna. Di sini, Toppers bisa merasakan indahnya keharmonisan dalam perbedaan, dan tanpa biaya masuk.

Baca juga: 12 Destinasi Wisata Religi dengan Asal Usul yang Dijamin Bikin Tercengang!

New Kuta Golf

tempat wisata bali - new kuta golfSumber gambar: New Kuta Golf

Lokasi tempat bermain golf ini menakjubkan banget, karena berada di atas bukit dengan tebing-tebing terjal yang berbatasan langsung dengan tepi laut. Terletak di kawasan Pecatu Indah Resort, New Kuta Golf merupakan satu dari lima lapangan golf yang ada di Bali. Selain bermain golf, menikmati pemandangan matahari terbenam juga akan memberi kepuasan pengalaman tersendiri.

Pelabuhan Gilimanuk

Kamu sering mendengar tentang pelabuhan satu ini? Pelabuhan Gilimanuk merupakan pintu masuk bagi para wisatawan yang datang ke Bali melalui kapal feri dari Pulau Jawa. Pelabuhan ini berada di bawah pengelolaan ASDP Indonesia Ferry. Setiap hari, dengan durasi sekitar satu jam penyeberangan, ratusan kapal feri melayani penumpang dari Pulau Bali ke Pulau Jawa dan sebaliknya untuk bekerja ataupun berlibur. Lokasi pelabuhan ini berada di Kabupaten Jembrana dan buka selama 24 jam.

Arung Jeram Sungai Ayung

tempat wisata bali - arung jeramSumber gambar: Flickr

Arung jeram ini berbeda dengan arung jeram lainnya yang bisanya menegangkan dan penuh tantangan karena Arung Jeram Sungai Ayung ini menawarkan keindahan. Panorama sepanjang Sungai Ayung indah banget, ditambah dengan pahatan di tebing sungai, dan hijaunya pepohonan di sekitar sungai melengkapi keindahan Arung Jeram Sungai Ayung.

Baca juga: 9 Olahraga Ekstrem yang Populer di Indonesia

Bali memang merupakan destinasi favorit untuk berlibur, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Berbagai wisata alam, sejarah, bahkan ekstrim bisa dirasakan dan nikmati di kota yang menakjubkan ini. Pastinya Toppers akan merasa puas dan lebih bersemangat ketika mengunjungi Bali dengan beragam tempat wisata yang ditawarkan dan bisa  dinikmati bersama orang-orang terdekatmu. Tertarik untuk mengunjungi Bali dan datang ke berbagai tempat wisatanya ini, Toppers?

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel