9 Destinasi Wisata Kuliner Bulan Ramadan Terbaik

937
wisata kuliner ramadan

Saat Ramadan tiba, muncul berbagai kuliner khas dan unik. Membuat periode ini menarik untuk berwisata kuliner. Simak tempat kuliner Ramadan terbaik berikut!


Wisata Kuliner Ramadan – Selain momen untuk mengumpulkan amal ibadah, bulan suci Ramadan juga terkenal sebagai momen di mana berbagai kuliner khas dan unik bermunculan. Sehingga menjadikannya waktu yang tepat untuk berwisata kuliner.

Tertarik mencoba wisata kuliner di bulan puasa kali ini? Yuk, cari tahu berbagai spot wisata kuliner Ramadan terbaik di Indonesia berikut!

Ramadan Ekstra

Baca juga: Tips Mempersiapkan Acara Buka Puasa Bersama yang Seru

Destinasi Wisata Kuliner Bulan Ramadan

1. Pasar Pabukoan – Padang

Wisata Kuliner Ramadan
Sumber gambar: Antara News

Untuk Toppers yang berdomisili di Padang, ikon wisata kuliner di Bulan Ramadan yang nggak boleh dilewatkan adalah Pasar Pabukoan. Terletak di depan Balai Kota Padang, Pasar Pabukoan bertransformasi menjadi pusat jajanan untuk berburu makanan buka puasa yang lezat.

Mulai dari Lamang Tapai, Bubur Kampiun, Lopis Sarabi dan berbagai kuliner khas Padang lainnya bisa Toppers temui disini.

2. Pasar Benhill – Jakarta

Wisata Kuliner Ramadan
Sumber gambar: Tribunnews

Di Jakarta, salah satu tujuan berburu kuliner pada Bulan Ramadan adalah Pasar Benhill. Setiap harinya Toppers bisa menemui penjaja makanan di sepanjang jalan. Berbagai jajanan khas nusantara dari berbagai daerahpun bisa ditemui dengan mudah disini.

3. Pasar Kramat Jaya – Jakarta

Wisata Kuliner Ramadan
Sumber gambar: Pos Kota News

Selain Pasar Benhill, Kramat Jaya adalah alternatif berburu kuliner khas Ramadan di Kota Jakarta. Hampir sama seperti Pasar Benhill, jajanan Ramadan di Pasar ini bervariasi dan terdiri dari jajanan tradisional dari berbagai daerah.

4. Pasar Kaget Bantarjati – Bogor

wisata kuliner ramadan
Sumber gambar: Detik

Untuk Toppers yang mengunjungi atau tinggal di Bogor, pasar kaget yang kerap buka di Bulan Ramadan di kawasan Bantarjati bisa jadi tujuan wisata kuliner Ramadan selanjutnya. Aneka ragam Ta’jil mulai dijajakan di pasar ini dari sekitar pukul 4 sore hingga waktu berbuka puasa.

Dari es buah, kolak, dan olahan kurma serta berbagai sajian ta’jil manis menyegarkan bisa Toppers temukan di sini.

5. Lapangan Gasibu – Bandung

Bandung memang terkenal akan kekayaan kuliner-nya. Di Bulan Ramadan, Toppers bisa berburu kuliner Ramadan di Lapangan Gasibu yang berubah menjadi ikon wisata kuliner pada saat Bulan Ramadan.

Pilihan wisata kuliner Ramadan di Bandung lain yang bisa Toppers coba juga adalah area depan Gedung Sate yang diramaikan penjaja jajanan khas Bulan Puasa kala Ramadan tiba.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Pasar Kaget Jalan Ayani – Denpasar

Wisata kuliner Ramadan juga bisa Toppers temui di Denpasar yang notabene mayoritas penduduknya memeluk agama Hindu. Tepatnya di pasar kaget sepanjang jalan Ayani, Denpasar Barat, Toppers bisa mencicipi berbagai makanan khas buka puasa seperti kolak pisang, es cendol, bubur kacang hijau, dan kuliner lainnya.

7. Pantai Losari – Makassar

wisata kuliner ramadan
Sumber gambar: Detik

Pantai Losari adalah objek wisata kota Makassar yang populer. Namun, memasuki Bulan Ramadan pantai ini bertransformasi menjadi destinasi wisata kuliner Ramadan yang wajhib dikunjungi. Berbagai kuliner khas Makassar, seperti es palu butung, pisang epe, dan es pisang hijau bisa Toppers cicipi disini.

8. Masjid Sunda Kelapa – Jakarta

Kawasan di Kota Jakarta lainnya yang juga bisa Toppers kunjungi sebagai destinasi wisata kuliner Ramadan adalah Masjid Sunda Kelapa. Pada saat Bulan Puasa, kawasan pelataran masjid ini dipenuhi berbagai gerobak yang menjajakan kuliner khas kaki lima yang bisa Toppers santap saat berbuka puasa.

9. Pasar Blauran – Surabaya

Wisata Kuliner Ramadan
Sumber gambar: Kompasiana

Untuk Toppers yang berada di Surabaya pada saat Bulan Ramadan, objek wisata kuliner Ramadan yang bisa dikunjungi adalah Pasar Blauran. Variasi menu buka puasa mulai dari kue basar hingga makanan berat seperti bubur madura dan tiwul bisa Toppers temukan disini.

Alternatif wisata kuliner Ramadan lainnya di Surabaya yang bisa Toppers kunjungi adalah Pasar Atom.

Baca juga: Destinasi Buka Puasa Romantis untuk Suami-Istri

Seru bukan berburu kuliner khas Ramadan di berbagai ikon wisata kuliner Ramadan di Nusantara. Makanan khas bulan Ramadan mana yang jadi favoritmu?

Tiket Pesawat Tokopedia
ramadan ekstra 2019

Bagikan Artikel