• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

20 Wisata Malang Terbaik & Harga Tiketnya, Lagi Hits!

27 March 2023

Share

20 Wisata Malang Terbaik & Harga Tiketnya, Lagi Hits!

Punya rencana berlibur ke Malang? Simak berikut ini rekomendasi destinasi wisata Malang terbaik yang wajib kamu kunjungi!


Saat berlibur ke daerah Jawa Timur rasanya kurang jika tidak berkunjung ke kota Malang. Kota ini terkenal dengan destinasi wisatanya yang beragam. Mulai dari wisata alam, kampung tematik, spot selfie, wahana bermain, hingga wisata budaya.

Apalagi jika kamu berlibur bersama keluarga, Malang menjadi destinasi liburan yang pas karena banyak tempat yang family friendly dan wajib kamu kunjungi. Suasananya yang sejuk dan kulinernya yang juara menjadi alasan utama kamu harus ke Malang.

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata Malang terbaik yang hits dan wajib dikunjungi saat ke Malang. Apa saja? Simak ulasannya berikut!

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Malang Terpopuler Paling Favorit

Tempat Wisata Terbaik di Malang

Malang memiliki udara yang sejuk dan banyak destinasi wisata yang bisa dijelajahi oleh wisatawan, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah semuanya ada! Yuk, simak informasi lengkapnya berikut!

1. Kampung Warna Jodipan

Kampung Warna Jodipan

Sumber Gambar: Lontar.id

Awalnya, Kampung Jodipan merupakan pemukiman warga biasa yang disulap oleh beberapa mahasiswa menjadi lokasi wisata lokal Malang yang menarik. Kampung warna-warni ini menarik wisatawan untuk berkunjung karena banyak spot foto yang menarik.

Selain pemandangan perkampungan yang tak biasa, pengunjung bisa menjumpai berbagai kerajinan tangan dan wisata kuliner di tempat ini. Kampung Jodipan bisa menjadi alternatif wisata murah dengan destinasi tempat wisata menarik yang memiliki banyak objek yang bisa kamu explore!

  • Lokasi: Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang
  • Jam Operasional: 07.00 - 18.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp3.000/orang*

2. Florawisata San Terra de Lafonte

Florawisata San Terra de Lafonte

Sumber Gambar: Travelspromo

Destinasi wisata yang satu ini memiliki taman bunga yang luas dan beragam dengan konsep ala wisata di luar negeri. Florawisata San Terra de Lafonte memiliki 700 jenis bunga lokal dan impor dari Eropa serta Amerika.

Selain menyajikan hamparan taman bunga yang cantik. San Terra de Lafonte juga memiliki banyak spot Instagramable dan wahana yang bisa pengunjung jajahi. Warna bangunan replikanya yang mencolok dan warna-warni juga memberikan daya tarik tersendiri.

  • Lokasi: Jalan Raja Madya, Jurangrejo, Desa Pandesari, Kec. Pujon, Malang
  • Jam Operasional: 08.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Senin-Jumat Rp25.000 dan Weekend Rp30.000 /orang*

3. Jatim Park

Jatim Park

Sumber Gambar: WisataOke

Jatim Park menjadi salah satu wisata yang paling populer di Malang. Jatim Park sendiri memiliki beberapa bagian, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, tempat ini merupakan taman rekreasi sekaligus taman bermain yang berlokasi di kota Batu.

Tempat ini menjadi ikon wisata Malang karena memiliki puluhan wahana bermain bertemakan sejarah, yaitu kolam renang raksasa, drop zone, dan spinning coaster. Adapun wahana edukasi seperti Volcano, Galeri Nusantara, berbagai diorama binatang langka, miniatur candi, dan taman argo.

  • Lokasi: Jalan Kartika no. 2, Kota Wisata Batu
  • Jam Operasional: 08.30 - 16.30 WIB
  • Harga Tiket: Senin-Jumat Rp100.000 dan weekend Rp120.000*

4. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

Sumber Gambar: HypeAbis

Hamparan Kebun Teh Wonosari siap menyambut kamu dengan pemandangannya yang indah ditambah suasana sejuk hawa pegunungan. Dijamin kamu bakal betah deh saat berkunjung ke sini.

Selain dapat menikmati panoramanya, kamu juga bisa melihat langsung pengolahan teh dan langsung menikmatinya. Merasa lelah mengelilingi perkebunan teh? Kamu bisa langsung berendam di kolam air panas yang tersedia di sini. Tidak sampai di situ, kebun teh ini juga menyediakan fasilitas outbound, lho!

  • Lokasi: Desa Tirtomoyo, Singosari, Malang
  • Jam Operasional: 06.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Senin-Jumat Rp15.000 dan weekend Rp20.000*

5. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Sumber Gambar: Pantainesia

Ingin berwisata ke pantai ketimbang tempat wisata lainnya? Pantai Batu Bengkung jawabannya. Sesuai dengan namanya, pantai yang terletak di Desa Gajah Rejo ini memiliki bebatuan yang mengitari membentuk barikade dan disebut-sebut menyerupai wanita yang sedang dibekung.

Dalam tradisi Jawa menggunakan stagen usai melahirkan agar perutnya kembali ramping. Pantai Batu Bengkung ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, karena itu memiliki ombak yang besar dan relatif tidak aman untuk berenang di sana.

Tapi di sini, kamu bisa merasakan pengalaman berendam yang berbeda, lho. Ombak laut yang menghempas barikade akan membentuk kolam renang air asin alami. Dengan begitu kamu tetap bisa berenang sesuka hati di dalam barikade tersebut karena relatif aman.

  • Lokasi: Jalur Lintas Selatan, RT. 42/RW. 05, Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Harga Tiket: Rp7.500 /orang*
Baca Juga: Daftar Wisata Tulungagung Terbaru yang Lagi Hits, Wajib Dikunjungi!

6. Alun-alun Malang

Alun-alun Malang

Sumber Gambar: Facebook/Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Malang menjadi alternatif wisata murah di Malang yang dikelilingi dengan kuliner enak. Kamu bisa menjajal berbagai tempat makan legendaris di sekitaran area alun-alun.

Saat malam hari, Alun-alun Malang sangat Instagramable yang dilengkapi dengan dekorasi lampu hias. Sekedar jalan santai atau duduk-duduk sembari melihat keramaian sekitar juga seru!

  • Lokasi: Jalan Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Malang
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

7. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul

Sumber Gambar: Go Trip Indonesia

Jika kamu sedang berkunjung ke sekitar Malang-Batu, ada satu lokasi wisata yang bisa dikunjungi, yaitu Desa Wisata Pujon Kidul. Desa ini merupakan kampung argowisata yang berasa di dataran tinggi dengan pemandangan yang indah dan suasanya yang sejuk.

Desa ini juga dikelola langsung oleh warganya langsung secara mandiri. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa pengunjung jajal di Desa Pujon Kidul, diantaranya cafe sawah, hiking menuju kawasan Coban, mengunjungi peternak sapi, hingga beberapa wahana seru lainnya.

  • Lokasi: Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang
  • Jam Operasional: 08.00 - 18.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp8.000 /orang*

8. Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak

Sumber Gambar: Daka Tour

Jika kamu suka foto-foto di spot yang unik dan tempat yang Instagramable, bisa berkunjung ke taman yang satu ini. Taman Langit Gunung Banyak memiliki konsep yang menarik, yaitu tentang tujuh cahaya cakra manusia yang digambarkan dengan dua patung perempuan sebagai penggambaran bidadari..

Selain menawarkan spot foto yang cantik dengan latar Gunung Banyak, pengunjung juga bisa menikmati udara yang sejuk. Adapun cake dengan pemandangan Kota Batu dan Kota Pujon dari puncak Gunung Banyak yang memanjakan mata.

  • Lokasi: Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kec. Bumiaji, Malang (kawasan Gunung Banyak)
  • Jam Operasional: 07.00 - 00.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000 /orang*

9. Bukit Teletubbies Batu

Bukit Teletubbies Batu

Sumber Gambar: Instagram/@exploremalang

Selain terdapat di kawasan Bromo, “Bukit Teletubbies” juga ada di Kota Batu, loh! Ini menjadi salah satu destinasi wisata warga Batu yang lokasinya memiliki hamparan bukit bergelombang seperti yang ada di film anak-anak Teletubbies.

Tempatnya Instagramable, cocok untuk kamu yang ingin sekadar bersantai, duduk sembari ngobrol, atau piknik sambil menunggu matahari tenggelam. Selain pemandangan bukit, kamu juga akan disajikan panorama Gunung Arjuno yang indah.

  • Lokasi: Bumiaji, Kec.Bumiaji, Kota Batu
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Harga Tiket: Gratis

10. Kampung Biru Arema

Kampung Biru Arema

Sumber Gambar: Instagram/@gglusac

Setelah Kampung Warna-Warni Jodipan, Malang juga punya wisata kampung tematik lainnya yang berlokasi tepat diseberangnya, yaitu Kampung Biru Arema. Diberi nama seperti itu karena Malang memiliki klub sepak bola kebangganan yaitu Arema dengan warna biru sebagai ciri khasnya.

Menariknya, Kampung Biru Arema ini merupakan replikasi dari Santorini di Yunani dan Chefchaouen di Maroko. Pengunjung akan disuguhkan dengan desa yang warnanya didominasi biru dan terdapat display bertuliskan logo Arema di salah satu sudutnya.

  • Lokasi: Kiduldalem, Kec.Klojen, Malang
  • Jam Operasional: 08.00 - 19.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp3.000 /orang*
Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Yogyakarta Terkenal paling Favorit

11. Candi Badut

Candi Badut

Sumber Gambar: Inspirasipendidikan

Malang juga punya wisata sejarah yang menarik untuk kamu kunjungi, salah satunya adalah Candi Badut. Ini menjadi candi tertua di Jawa Timur dan sampai saat ini masih digunakan untuk upacara umat Hindu. Pengunjung bisa belajar sejarah sekaligus menikmati keindahan cagar budaya candi di sini!

  • Lokasi: Jl. Candi 5D, Doro, Kawangwidoro, Kec. Dau, Malang
  • Jam Operasional:
  • Harga Tiket: Rp10.000 /orang*

12. The Onsen Hot Spring Resort

The Onsen Hot Spring Resort

Sumber Gambar: Malang Guidance

Jepang memiliki pesonanya tersendiri, untuk Toppers yang ingin berkunjung ke negeri sakura namun belum memiliki budget, bisa berkunjung ke tempat yang satu ini! Sebuah resort di Malang bernama The Onsen Hot Spring Resort menawarkan suasana penginapan ala Jepang yang terletak di tengah-tengah pohon pinus dan berlatar pegunungan.

Pengunjung bisa merasakan pengalaman berendam air panas Onsen ala Jepang. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi taman dengan interior khas Jepang dan Torii Gate. Adapun kostum Yukata yang bisa disewa untuk foto-foto, agar kesan ‘Jejepangan’-nya semakin terasa!

  • Lokasi: Jl. Raya Arumdalu, Songoriti, Batu, Malnang
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Harga Tiket: Rp50.000 /orang*

13. Bukit Nirwana

Bukit Nirwana

Sumber Gambar: Kompas

Malang memiliki banyak wisata di kawasan perbukitan, salah satunya adalah Bukit Nirwana yang spesial karena menawarkan pemandangan 10 gunung. Lokasinya berada di ketinggian sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan sunrise dan sunset di sini.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Bukit Nirwana, salah satunya adalah berkemah sambil menyalakan api unggun. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan hamparan hijau yang memanjakan mata.

  • Lokasi: Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang
  • Jam Operasional: 08.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000 /orang*

14. Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco

Sumber Gambar: TopWisata

Pemandian ini baru saja dibuka sebagai destinasi wisata dengan sumber mata air alami yang indah. Meski berasal dari mata air alami, tapi airnya dipastikan bersih bahkan kamu bisa melihat dasar kolamnya dengan jelas. Ditambah lagi, suasana yang sejuk dengan pepohonan yang rindang.

Tempat pemandiannya tidak begitu besar, pengunjung bisa berenang, berswafoto, sekaligus menghilangkan rasa penat di Pemandian Kalireco. Menariknya lagi, pemandian ini tidak menarik tarif untuk setiap pengunjungnya.

  • Lokasi: Jl. Sumber Waras 2 No.97, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Malang
  • Jam Operasional: 06.00 - 18.00
  • Harga Tiket: Seikhlasnya*

15. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Sumber Gambar: GoTravelly

Mau lebih dekat dengan alam yang masih alami? Air Terjun Coban Rondo cocok untuk kamu kunjungi. Air terjun setinggi 84 meter ini merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di kota Malang.

Panorama air terjun dihiasi dengan hijaunya pepohonan di sekeliling, plus udara pegunungan yang masih alami adalah paket lengkap buat kamu. Wisata air terjun ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Punjong, Kabupaten Malang.

Selain kamu bisa menikmati keeksotisannya, di sini kamu juga bisa memacu adrenalin dengan disediakannya wahana-wahana permainan seperti Fun Tubing, Labirin, Bersepeda Gunung, Berkuda dan banyak lagi.

  • Lokasi: Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang
  • Jam Operasional: 07.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp15.000 /orang

16. Museum Angkut

museum angkut

Sumber gambar: Travel Kompas

Museum Angkut adalah salah satu tempat yang bisa menjadi destinasi Toppers saat berkunjung ke Malang. Muesum ini berisikan koleksi moda transportasi yang telah ada di dunia sejak zaman dulu hingga moda transportasi modern yang saat ini telah ramai.

  • Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Batu, Jawa Timur
  • Jam Operasional: 12.00 - 20.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp100.000 / Orang (Weekdays) dan Rp110.000 / Orang (Weekend)

17. Paralayang Gunung Banyak

parahlayang gunung banyak

Sumber gambar: TribunNews Wiki

Paralayang Gunug Banyak merupakan landasan take off untuk para atlet paralayang. Namun kini telah dijadikan sebagai lokasi wisata. Kamu bisa mengunjungi Gunung Banyak ini di ketinggian 1.326 meter di atas permukaan laut untuk menikmati pengalaman paralayang.

  • Lokasi: Jl. Gunung Banyak, Songgokerto, Batu, Jawa Timur.
  • Jam Operasional: -
  • Harga Tiket: Mulai dari Rp400.000 / Orang

18. Pantai Parang Dowo

pantai parang dowo

Sumber gambar: Travel Kompas

Jika Toppers suka dengan pantai, destinasi yang satu ini cocok untuk kamu. Pantai Parang Dowo adalah pantai yang memiliki batu karang dengan warna yang bisa berubah-ubah tergantung cuaca. Biasanya pada musim hujan, batu karang akan berubah menjadi hijau. Memiliki tampilan pemandangan yang indah, pantai ini sering dijadikan sebagai tempat berfoto.

  • Lokasi: Pantai Parang Dowo, Desa Gajahrejo, Gedangan, Malang
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Harga Tiket: Rp10.000

19. Malang Night Paradise

malang night paradise

Sumber gambar: Tribun Travel

Sebagai salah satu tempat wisata di Malang, tempat ini menyajikan berbagai hiburan menari pada malam hari. Malang Night Paradise menghadirkan banyak lampu dan beragam permainan yang seru. Pada Malang Night Paradise ini terdapat taman hiburan seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Museum Ganesya, Fun Clown, dan Flying Car.

  • Lokasi: Jl. Balearjosari, Malang
  • Jam Operasional: 17.45 - 22.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp55.000

20. Taman Rekreasi Selecta

taman rekreasi selecta

Sumber gambar: selectawisata.id

Taman yang satu ini mengahdirkan pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata. Taman Rekreasi Selecta dikelilingi oleh Gunung Arjuna, Welirang, dan Anjasmoro yang membuatnya sangat dikagumi oleh banyak pengujungnya. Pada wisata ini juga terdapat beberapa wahana seperti fly fox, perahu ayun, sky bike, dan cinema 4D.

  • Lokasi: Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Operasional: 06.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp40.000

*Informasi yang tertera berlaku saat artikel ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Beach Club di Bali yang Nyaman untuk Nongkrong

Itulah rekomendasi wisata Malang terbaik yang bisa kamu jadikan referensi saat berlibur ke Malang. Ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, apakah Toppers tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Yuk, rencanakan liburan bersama keluarga ataupun sahabat dengan Tokopedia. Mulai dari booking hotel, pesan tiket pesawat, tiket kereta, hingga berbagai perlengkapan travelling lainnya. Melalui Tokopedia, kamu bisa belanja berbagai kebutuhan, dapatkan juga promo 12.12 dan promo akhir tahun yang menarik dari Tokopedia!

Penulis: Nabilah Muhamad

© 2009-2024, PT Tokopedia