9 Destinasi Wisata Museum di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

1087
Museum Terbaik di Surabaya

Destinasi Wisata Surabaya

Wisata Kuliner Surabaya

Oleh-oleh Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya

Wisata Museum di Surabaya

Wisata Malam di Surabaya

Wisata Pantai & Alam di Surabaya

Tempat Nongkrong di Surabaya


Museum Terbaik di Surabaya – Sebagai Kota Pahlawan yang menyimpan banyak sejarah, Surabaya juga memiliki banyak destinasi tujuan wisata museum yang menarik. Intip berbagai pilihan tujuan wisata museum di Surabaya yang wajib Toppers singgahi saat berada di Ibukota Jawa Timur ini:

Wisata Museum Terbaik di Surabaya

1. Museum Surabaya Siola

Museum di Surabaya
Sumber gambar: Jawa Pos

Wisata museum di Surabaya pertama adalah Museum Surabaya Siola yang sudah berdiri sejak tahun 1877. Menyimpan sejarah kota Surabaya, salah satu museum terbaik di Surabaya ini memiliki banyak koleksi bersejarah seperti replika biola sang maestro WR Soepratman, angkutan becak antik, mobil-mobil antik di zaman kemerdekaan, wayang kulit kuno hingga berbagai koleksi dokumen tua bersejarah.

Lokasi: Jalan Tunjungan Genteng Surabaya.
Jam Operasional: Selasa – Minggu, 09.00 – 21.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

2. Museum W.R Soepratman

Museum terbaik di Surabaya - Museum WR Soepratman
Sumber gambar: Sport Tourism

Siapa tak kenal W.R Soepratman penciptakan lagu kebangsaan. Meski lahir di Jakarta, beliau dimakamkan di Surabaya. Untuk mengenang jasa pahlawan nasional yang terkanl akan permainan Biola-nya ini, kamu bisa mengunjungi Museum W.R Soepratman, salah satu museum di Surabaya yang menyimpan kisah sejarah dan profil beliau.

Lokasi: Jalan Mangga 21, Tambaksari Surabaya.
Jam Operasional: Selasa – Minggu,  09.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

3. Museum 10 November

Museum 10 November
Sumber gambar: Wikimedia

Untuk mengenang kisah bersejarah pada 10 November yang membuat Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan, destinasi wisata museum di kota Surabaya selanjutnya bisa jadi pilihanmu. Dilengkapi koleksi frakmen – frakmen perjuangan, dokumen sejarah perjuangan hingga koleksi senjata perjuangan, wisata museum di Surabaya ini populer di kalangan wisatawan.

Lokasi: Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya
Jam Operasional: Senin – Jumat (8.00 – 16.00), Sabtu – Minggu (7.00 – 15.00)
Harga Tiket: Rp 2.000

4. House of Sampoerna

House of Sampoerna - Museum di Surabaya
Sumber gambar: Tribunnews

House of Sampoerna adalah sebuah bangunan tua yang dibangun pada 1864 yang berisikan kisah bersejarah mengenai perkembangan industri rokok yang dirintis Liem Seeng Tee dan Siem Tjiang Nio. Destinasi wisata museum di Surabaya ini menampilkan koleksi replika warung rokok Sampoerna yang antik, berbagai bahan – bahan membuat rokok seperti tembakau, cengkeh, hingga mesin pembuat rokok.

Lokasi: Taman Sampoerna No 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian Surabaya.
Jam Operasional: 09.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

5. Museum Kesehatan

Museum Kesehatan di Surabaya
Sumber gambar: Tanah Nusantara

Museum Kesehatan di Surabaya ini juga dikenal dengan nama Museum Kesehatan Dr. Adhyatma. Museum di Surabaya satu ini terkenal akan kesan horror karena salah satu koleksi yang ada di dalamnya adalah boneka jelangkung yang dahulu dipercaya untuk mendiagnosa penyakit dan pengobatan dan juga boneka Nini Towok yang dahulu digunakan untuk ritual menjaga keselamatan desa dan menolak bala.

Selain itu, museum di kota Surabaya satu ini juga menyimpan berbagai alat peraga kesehatan kuno dan juga modern lainnya.

Lokasi: Jl. Indrapura Jaya No.17, Kemayoran, Krembangan, Surabaya
Jam Operasional: Senin – Jumat, 09.00 – 15.15
Harga Tiket: Rp 1.500

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Museum Bank Indonesia Surabaya

Museum Bank Indonesia Surabaya
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi wisata museum di kota Surabaya selanjutnya adalah Museum Bank Indonesia yang merupakan hasil restorasi dari gedung bersejarah De Javasche Bank, Bank sentral Hindia Belanda yang bermarkas di Batavia pada masa kolonialisasi. Selain melihat perkembangan sejarah perbankan, Toppers juga bisa menikmati keindahan arsitektur dari gedung bersejarah.

Lokasi: Jalan Garuda No. 1, Surabaya
Jam Operasional: Selasa – Minggu, 09.00 – 15.00
Harga Tiket: Gratis

7. Museum Kanker Indonesia

Tujuan wisata museum di Surabaya satu ini adalah destinasi wisata edukasi yang tepat untuk keluarga. Disini Toppers bisa melihat berbagai alat peraga kesehatan yang berkaitan dengan penyakit kanker dan juga banyak sumber-sumber referensi untuk mengetahui lebih dalam penyakit mematikan satu ini

Lokasi: Jl. Kayon Blok A No.16, Genteng, Surabaya
Jam Operasional: Senin – Jumat (9.00 – 16.00), Sabtu (09.00 – 21.00), Minggu (09.00 – 17.00)
Harga Tiket: Senin – Jumat (gratis), Sabtu (Domestik Rp 5.000 ; Mancanegara Rp. 20.000), Minggu (Domestik Rp 10.000 ; Mancanegara Rp 50.000)

8. Museum Dr. Soetomo

Dr. Soetomo merupakan salah satu pahlawan nasional yang peranan dan jasanya bisa Toppers telusuri dengan mengujungi museum di Surabaya satu ini. Bangunan museum Dr. Soetomo sendiri awalnya merupakan Kantor Penyebar Semangat, majalah berbahasa jawa yang terbit pada masa perjuangan.

Lokasi: Jl. Bubutan No.85-87, Bubutan, Surabaya
Jam Operasional: Senin – Jumat (7.30 – 15.00), Sabtu – Minggu (7.00 – 14.00)
Harga Tiket:-

9. Monumen Kapal Selam Pasopati

Museum di Surabaya
Sumber gambar: Kompasiana

Monumen kapal selam adalah destinasi wisata museum Surabaya lainnya yang merupakan sebuah armada kapal selam asli TNI angkatan laut yang diimport dari Rusia buatan tahun 1952 yang dahulu digunakan untuk perjuangan pembebasan Irian Barat dari Belanda.

Toppers bisa menjelajahi kapal selam ini mulai ruang kemudi, ruang tempat tidur sampai dengan ruang mesin kapal.

Lokasi: Jalan Pemuda No 39, Embong Kaliasin, Genteng Surabaya
Jam Operasional: 8.00 – 22.00
Harga Tiket: Rp 10.000


Berlibur ternyata bisa menjadi sarana edukasi, bukan? Berbagai destinasi wisata museum terbaik di Surabaya tersebut nggak cuma bisa menjadi sumber pengetahuan baru, tetapi juga sarana menghabiskan akhir pekan ataupun liburan yang lebih bermanfaat.

tiket kereta api

Bagikan Artikel