18 Tujuan Wisata Pantai di Yogyakarta Terpopuler

0
2507
Pantai di Jogjakarta

Tempat Wisata di Jogjakarta

Wisata Kuliner Jogjakarta

Pantai di Jogjakarta

Candi-candi di Jogjakarta

Oleh-oleh Khas Jogjakarta

Wisata Museum di Jogjakarta

Makanan Khas Jogjakarta

Tempat Nongkrong Seru di Jogja

Wisata Pantai di Jogjakarta – Jika Toppers berkunjung ke kota Jogjakarta, jangan sampai kamu melewatkan keindahan alam kota Jogjakarta. Salah satunya adalah keindahan Pantai Jogjakarta.

Kota Jogjakarta memiliki banyak pantai dengan pemandangan alam yang indah yang akan membuat kamu terpana. Ingin tahu apa saja pantai di Jogjakarta dengan pemandangan alam terbaik?

Yuk, simak artikel berikut ini!

Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Jogjakarta

1. Pantai Pok Tunggal

Sumber Foto : wikipedia

Wisata pantai di Jogjakarta pertama adalah Pantai Pok Tunggal, Toppers! Hamparan pasir putihi dan lautan lepas pantai Jogja ini benar-benar menyejukkan mata dan membuat rasa lelah langsung hilang!

Jika kamu ke pantai Jogjakarta ini, kamu akan menemukan sebuah pohon duras besar yang tumbuh di tengah pantai. Sebaiknya, kamu tidak mencoba memanjatnya karena pohon ini dianggap keramat oleh penduduk sekitar.

Alamat        : Jl. Pok Tunggal, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.3.000 – Rp.15.000 / orang

2. Pantai Parangtritis

Sumber Foto : wikipedia

Tentunya Toppers sudah pernah mendengar nama pantai ini kan, Toppers? Pantai di kota Jogjakarta ini tak hanya lekat dengan mitos mistisnya, tetapi keindahan alamnya memang patut diacungi jempol, Toppers!

Pantaslah bila Pantai Jogja ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Waktu terbaik ke pantai ini adalah sore hari, karena Pantai Parangtritis merupakan salah satu spot melihat sunset terbaik di Jogja, Toppers!

Alamat        : Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Harga Tiket :  Rp.3.000 / orang

3. Pantai Baron

Sumber Foto : wikipedia

Pantai Baron menjadi salah tujuan wisata pantai di Jogjakarta yang ramai dikunjungi wisawatan. Pantai Jogja ini sangatlah unik karena pantai ini merupakan teluk yang diapit oleh dua tebing. Karena berupa teluk itulah, pengunjung diperbolehkan berenang asalkan tidak melewati tanda batas terjauh yang telah ditentukan.

Keunikan lainnya, ada aliran sungai air tawar yang berada di bawah tebing dan mengalir langsung ke Laut Selatan. Nah Toppers, pada waktu-waktu tertentu, masyarakat sekitar biasanya akan mengadakan upacara sedekah laut. Upacara ini dimaksudkan sebagai ucapan rasa syukur atas berlimpahnya hasil laut.

Upacara tersebut sifatnya terbuka dan bisa dilihat secara langsung! Jadi, jika kamu penasaran, kamu bisa langsung menonton upacaranya, Toppers!

Alamat        : Kemadang, Tanjungsari, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp 10.000 / orang

4. Pantai Parangkusumo

Pantai Parang Kusumo di Jogjakarta
Sumber gambar: Merdeka

Karena terletak tak jauh dari Parangtritis, pantai di Jogja satu ini menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi. Pantai Parangkusumo bahkan menjadi buah bibir di kalangan wisatawan karena memiliki kawasan gumuk pasir (padang pasir).

Hamparan padang pasir yang luas seakan membuat lupa bahwa saya sedang di tanah Jawa, bukan di Mesir atau Afrika. Jika kamu mampir ke sini, jangan lupa untuk mencoba olahraga sandboarding (ski pasir). Kamu bisa menyewa perlengkapannya yang dipatok harga mulai dari Rp100.000.

Aktivitas lainnya, kamu bisa menyewa kendaraan ATV atau naik kuda untuk menikmati suasana sekitar pantai terbaik di Jogjakarta.

Alamat        : Jl. Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.3.000 – Rp.15.000 / orang

5. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayati di Jogjakatra
Sumber gambar: Tribun Wisata

Kawasan Gunung Kidul memang dipenuhi deretan pantai berpasir putih yang menawan, Toppers! Salah satunya, Pantai Indrayanti yang disebut-sebut sebagai Bali-nya Yogyakarta.

Yang spesial dari salah satu pantai di kota Jogjakarta ini adalah pemandangan dari bukit di sebelah kanan pantai. Kamu bisa menaiki bukit tersebut untuk  melihat pemandangan sekitar Pantai Indrayanti dari atas.

Bila kelelahan, kamu bisa beristirahat dengan menyewa payung pantai atau duduk santai di warung tepi pantai di Jogjakarta ini sambil menikmati air kelapa.

Alamat        : Jl. Pantai Selatan Jawa, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp 10.000 / orang

6. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor di Jogjakarta
Sumber gambar: Destinasi Wisata

Pantai Jogjakarta ini mungkin masih terdengar asing di telingamu. Wajar saja banyak yang tak tahu karena letaknya memang agak tersembunyi. Meskipun butuh sedikit perjuangan untuk menemukan salah satu wisata pantai di Jogjakarta ini, tetapi perjuanganmu pasti sepadan, Toppers!

Kamu akan disambut dengan pemandangan yang indah dan suasananya yang tenang. Berenang dan snorkeling di Pantai Nglambor pun tergolong aman tanpa harus takut tergulung ombak.

Alamat        : Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.5.000 / orang

7. Pantai Drini

Sumber Foto : wikipedia

Sama seperti kebanyakan pantai Gunung Kidul lainnya, Pantai Drini memiliki laut yang bersih dan hamparan pasir putih. Keunikannya justru terlihat dari sebuah pulau karang kecil di tengah pantai.

Pulau karang ini seakan menjadi pembatas dari ‘wajah’ Pantai Drini sesungguhnya. Mengapa? Karena, jika kamu berjalan ke sisi barat, Pantai Jogjakarta ini memiliki ombak besar. Sementara di sisi timur justru memiliki karakter ombak lebih tenang.

Alamat        : Jl. Drini Timur, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp 10.000 / orang

8. Pantai Ngobaran

Sumber Foto : wikitravel

Pesona budaya dan suasana religi yang kuat dari destinasi wisata pantai di Jogjakarta ini tidak bakal kamu temukan di pantai kawasan Gunung Kidul manapun. Di pantai ini juga terdapat candi yang digunakan sebagai tempat sembahyang.

Di Pantai Ngobaran kamu akan menemukan beberapa kehidupan beragama atau kepercayaan hidup berdampingan satu sama lain.

Alamat        : Jl. Ngobaran, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.1.500 – Rp.7.000 / orang

9. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan di Jogjakarta
Sumber gambar:: Harian Jogja

Pantai Jogjakarta berikut ini memiliki keindahan bawah lautnya menjadikan tujuan wisata pantai di Jogjakarta ini salah satu snorkeling spot favorit wisatawan,Toppers!

Tapi jangan khawatir, selain snorkeling, kamu bisa berjalan di sepanjang pinggir pantai sambil menikmati hamparan pasir putih dan merasakan kesejukan air laut yang menggulung menerpa kakimu di Pantai Sadranan ini.

Alamat        : Pantai Sadranan, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.10.000 / orang

10. Pantai Wediombo

Pantai weiombo di Jogjakarta
Sumber gambar: Dinas Pariwisata DIY

Kamu bisa menikmati sensasi berenang di kolam alam di Pantai Wediombo, Toppers! Pantai ini memiliki kolam-kolam karang dengan air yang tenang dan sangat jernih.

Sementara bagi kamu yang hobi memancing tentu juga tak boleh lewatkan tempat yang satu ini. Bukit karang dekat pantai menjadi spot favorit para pemancing untuk menunjukkan kemampuan mereka menangkap ikan.

Alamat        : Jl. Wediombo Jungwok, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.5.000 / orang

11. Pantai Glagah

Pantai Glagah di Jogjakarta
Sumber gambar: Tanah Nusantara

Pantai di Jogjakarta tak hanya terpusat di kawasan Gunung Kidul dan Bantul saja. Ada Pantai Glagah di daerah Kulon Progo yang kini nge-hits dan banyak diunggah di Instagram.

Ujung dermaga yang dipenuhi tumpukan batu sebagai pemecah ombak seringkali menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto.

Selain itu, daya tarik lainnya adalah laguna pantai Jogja ini yang memiliki air tenang dan banyak dimanfaatkan wisatawan untuk wisata perahu.

Alamat        : Jl. Daendels Pantai Selatan, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.4.000 / orang

12. Pantai Jogan

Pantai Jogan di Jogjakarta
Sumber gambar: Wisata Nasional

Kamu butuh suasana wisata oantai di Jogjakarta yang berbeda? Kamu bisa mencoba  kunjungi Pantai Jogan, Toppers! Dengan air terjunnya yang cantik sukses membuat siapapun terpana.

Seperti sebuah harta karun tersembunyi, keberadaan air terjun yang mengalir ke arah pantai benar-benar menciptakan suasana unik. Ditambah perpaduan suara ombak, gemercik air terjun, dan hembusan angin.

Kombinasi unik seperti ini tak akan bisa kamu temukan pada pantai  manapun di Jogja.

Alamat        : Jl. Pantai Siung, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.5.000 / orang

13. Pantai Krakal

Di pantai Jogjakarta berikut ini kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih, ombak yang cukup kuat, batu karang dan air laut yang jernih di Pantai Krakal. Banyak juga wisatawan yang berselancar di pantai Jogja ini.

Karena pantai Jogja ini memang menjadi destinasi favorit para peselancar, Toppers! Banyak peselancar yang  tertantang untuk menaklukkan keganasan ombak Pantai Krakal.

Alamat        : Ngestirejo, Tanjungsari, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.7.000 – Rp.10.000 / orang

14. Pantai Siung

Untuk kamu yang hobi panjat tebing, Pantai Suing menjadi tempat terbaik untukmu! Pantai di Jogjakarta yang satu ini dikelilingi tebing karang, sehingga banyak pemanjat tebing baik lokal maupun internasional berdatangan untuk menaklukkan tebing-tebing tersebut.

Tapi tenang saja, Toppers. Untuk kamu yang tidak gemar dengan olahraga ekstrim bisa menikmati keindahan panorama Pantai Siung ini

Alamat        : Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.6.000 / orang

15. Pantai Sundak

Pantai Sundak di Jogjakarta
Sumber gambar: Kompasiana

Hamparan pasir putih dan bersih dengan deburan ombak besar, dan dua buah bukit karang besar yang kokoh mengapit kedua sisi pantainya menjadi pemandangan khas Pantai Sundak.

Di Pantai Jogjakarta ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berenang di tepi pantai hingga berjalan-jalan sambil menikmati keindahan yang disuguhkan pantai. Namun tetap berhati-hati, Toppers! Karena banyak bebatuan karang kecil yang tajam di tepi pantai ini.

Alamat        : Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Tepus Gunungkidul, Yogyakarta.
Harga Tiket : Rp.5.000 / orang

16. Pantai Depok

Pantai di kota Jogjakarta ini memiliki deburan ombak besar dan hamparan pasir hitam pekat namun tetap bersih. Jika berencana ke sini, datanglah di sore hari agar kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam, Toppers.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah bermain air di tepi pantai. Kamu juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati suasana sekitar karena Pantai Depok menyuguhkan panorama yang masih alami.

Alamat        : Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok
Harga Tiket : Rp.5.000 / orang

17. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan di Jogjakarta
Sumber gambar: Pemuda Maritim

Di Pantai Ngrenehan, kamu bisa menyaksikan aktivitas para nelayan yang bekerja dari pagi hingga sore hari. Kamu juga bisa membeli ikan tangkapan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan dengan harga murah.

Di sisi lain, Pantai Ngrenehan juga terkenal dengan keindahannya. Wisata pantai di Jogjakarta satu ini dikelilingi perbukitan kapur dan pantai yang berupa teluk yang indah.

Alamat        : Jl. Ngrenehan, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.3.000 / orang

18. Pantai Sepanjang

Pantai terakhir adalah Pantai Sepanjang yang wajib kamu kunjungi, Toppers! Tujuan Wisata Pantai di Jogjakarta ini dinamai Sepanjang karena mendeskripsikan panjang garis pantainya.

Pantai Sepanjang juga menjadi pantai dengan garis pantai terpanjang di antara semua pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Hamparan pasir putih, gelombang besar, dan bebatuan karang di tepi pantai menjadi pemandangan yang ditawarkan pantai ini.

Alamat        : Jl. Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.4.000 / orang


Itulah 18 pantai terindah di Jogjakarta yang harus kamu kunjungi, Toppers! Jika kamu mendatangi pantai-pantai diatas, liburanmu bersama teman dan keluarga dijamin seru!

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan alat renang agar main di pantai semakin asik! Kamu dapat menemukan peralatan renang terlengkap hanya di Tokopedia!

tiket kereta api

Bagikan Artikel