Clodi Specialist

Clodi Specialist

Your Specialist in Cloth Diapering

  • 4 jam yang lalu
  • Kab. Bekasi
  • Hanya Online
  • March 2015

Kami adalah DISTRIBUTOR clodi dan baby stuff terpercaya. 100% ORIGINAL produk lokal maupun impor. Melayani grosir dan ecer :D

  • Kecepatan Toko
  • reputation
    Reputasi
  • 9.1rb
    Produk Terjual
  • 1.5rb
    Followers
Catatan

Tips Memilih Clodi

Anda adalah bunda/ ayah yang sedang kebingungan memilih clodi? Pertama saya ucapkan selamat, karena Anda termasuk golongan orang yang mencintai bumi dan gaya hidup sehat serta hemat. Begitu banyak pilihan clodi saat ini, dan banyaknya masukan entah dari teman, keluarga, atau internet yang semakin membuat calon ayah/ ibu kelimpungan. Tapi jangan khawatir, berikut saya berikan beberapa tips untuk pertimbangan membeli clodi.

  •  Harga 

Berclodi berarti berinvestasi. Jika dibandingkan pospak, harga clodi tentunya jauh lebih mahal. Tapi sebenarnya clodi jauh lebih hemat secara jangka panjang. Pengeluaran yang berat di awal akan terkompensasi dengan masa pakai yang lama, bahkan hingga tahunan.

Harga clodi amat variatif, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Yang harus Anda perhatikan adalah value, bukan sekedar harga. Artinya bagaimana keseimbangan antara harga yang dibayar dan kualitas barang yang diterima. Ada clodi yang harganya sangat murah, tapi karena kualitasnya jelek akhirnya malah membuat jengkel dan hanya tersimpan rapi di lemari. Atau ada pula clodi yang kualitasnya premium tapi harganya sangat di luar kemampuan.

 

Saran kami:

Sesuaikan clodi yang dipilih dengan keuangan Anda. Belilah satu atau dua buah dulu per merk untuk melihat kecocokannya dengan anak Anda atau apakah clodi itu memenuhi ekspektasi Anda secara umum. Bila Anda puas, baru Anda dapat membeli merk tsb lebih banyak. Anda juga bisa mulai mencicil beli sedikit demi sedikit sejak hamil.

Orang sering menyebut ‘ada harga ada rupa’. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Ada clodi yang harganya menengah, tapi kualitasnya setara dengan clodi impor berkualitas premium. Ada clodi impor yang kualitasnya memang amat memuaskan sesuai dengan harganya, tapi ada pula yang overrated (terlalu mahal tapi kualitas biasa-biasa saja). Sementara bagi para orang tua yang berkantong tebal, tentu tak masalah untuk memilih clodi premium untuk buah hati tercinta.

 

  • Potongan (Cutting) Clodi dan Bentuk Tubuh Bayi

Ada clodi yang potongannya besar dan lebih cocok untuk bayi yang montok. Ada pula clodi yang bentuknya slim yang pas di bayi bertubuh mungil. Andalah sebagai orang tua yang paling tahu mana yang cocok bagi bayi anda.

Soal ukuran, umumnya clodi adalah berukuran one-size. Artinya bisa dipakai untuk bayi/anak 3-15 kg dengan fitur adjustment  snap (kancing pengatur ukuran), seperti merk Pempem Snap, Pempem Velcro, Cluebebe Pocket Classic, Cluebebe Classic Snap, Sobi Minky Snap, GG, Coolababy dan Babyland. Tapi saat ini banyak pula produsen yang mengeluarkan clodi khusus untuk Newborn yang bisa dipakai untuk berat 3-8 kg, atau untuk bayi yang berat lahirnya rendah, seperti varian GG Lil G dan Cluebebe Coveria Petit. Dan clodi ukuran Jumbo atau Extra Large untuk anak yang sudah agak besar (3-5 tahun) tapi masih mengompol.

 

  • Fase Tumbuh Kembang Anak

Fase anak menjadi penentu tipe dan model apa clodi yang akan kita pilih.

Untuk newborn yang frekuensi berkemih dan BAB-nya masih sangat sering lebih cocok memilih clodi model cover yang bisa diganti insertnya saja (GG Lil G dan Cluebebe Coveria Petit). Atau clodi berbahan fleece yang tidak waterproof sehingga cepat dideteksi kebasahannya agar segera diganti.

Untuk anak yang lebih besar sedikit dan mulai belajar membalik badan, lebih baik menggunakan jenis pocket system, yaitu insert dimasukkan dalam kantong clodi (Cluebebe Pocket Classic, Cluebebe Classic Snap, GG Tutu, Pempem Velcro, Pempem Snap, Sobi Minky Snap). Untuk anak yang sudah aktif yang sulit dipakaikan clodi dalam posisi berbaring akan cocok memakai clodi model pull up/ pants (Sobi Minky Pants dan Coolababy Pants).

Untuk anak yang sedang memasuki fase toilet training, akan cocok memakai training pants yang hanya dapat menampung 1x pipis.

 

  • Karakteristik dan Tipikal Orang Tua

Anda sebagai orang tua pasti memiliki poin tertentu yang Anda anggap penting dalam memilih popok kain.

Ada orang tua yang suka popok yang benar-benar tahan bocor selama berjam-jam (insert bamboo dan hemp), tapi ada pula orang tua yang memilih popok yang cepat terasa lembab saat mulai jenuh agar anak sensitif terhadap kebasahan dan cepat lulus dalam toilet training (insert microfiber).

Ada orang tua yang sangat tidak nyaman melihat anaknya memakai clodi yang bulky sehingga faktor trim and slim amat penting bagi mereka. Tapi ada pula orang tua yang tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Ada orangtua yang tidak mempermasalahkan motif dan warna, sementara ada pula orang tua yang justru menjatuhkan pilihan karena kepincut dengan warna atau motif tertentu.

Ada orangtua yang lebih memilih pengait jenis velcro karena lebih mudah dipakaikan, tapi ada juga yang lebih memilih snap dengan alasan lebih kuat melekat dan susah dilepas si baby.

 

Saran kami:

Learning by doing. Experiece is the best teacher. Anda baru akan dapat mengidentifikasi mana clodi favorit Anda dan anak Anda setelah mencobanya langsung melalui pengalaman sendiri. 

 

Bagaimana? Sudah sedikit tercerahkan atau malah tambah bingung? Hehehe. Semua contoh merk yang disebut diatas tersedia di etalase kami. Jangan segan atau malu berkonsultasi pada kami via PM atau diskusi produk. Kami juga memberi layanan konsultasi aftersales bila Anda mengalami kesulitan dengan clodi Anda. Happy parenting and cloth diapering ^^

-Clodi Specialist dari berbagai sumber-

06 Juli 2015, 22:28 WIB

gimmick-talkTips Belanja Online Aman:

Gunakan fasilitas escrow / rekening bersama gratis dari Tokopedia. Modus penipuan umumnya terjadi dengan cara mengiming-imingi transaksi di luar situs, dengan cara transfer dana langsung ke nomor rekening bukan milik PT. Tokopedia.