Note

Sistem Kurir

Artikel ini dibuat untuk membahas masalah pengiriman paket pesanan Anda.

Demi kelancaran dan kenyaman bersama, seluruh pelanggan diharapkan memberikan alamat yang lengkap kepada kami, baik nama jalan, no rumah, RT/RT, kecamatan dan kelurahan serta kota dan kode posnya. Harap dimengerti, kami sebagai seller selalu menjalankan kewajiban kami untuk mengirimkan paket yang Anda pesan maksimal 1x24 jam setelah konfirmasi transfer. Kami pun bersedia memberikan resi paketnya kapanpun Anda memintanya. Anda bisa memilih apakah kami harus mengirimkan paket via kurir.

A). Kami akan bertanggung jawab/mengganti/mengirim ulang terhadap paket Anda jika :
1. Isi paket yang Anda terima tidak sesuai dengan yang Anda pesan.
2. Paket yang tidak sampai di tangan Anda karena kesalahan penulisan alamat dari pihak kami, akan kami kirim ulang.


B). Namun, kami tidak akan bertanggung jawab terhadap paket Anda jika :
1. Terjadi kerusakan isi paket yang disebabkan pihak ketiga/kurir. Anda bisa meng-klaim kepada pihak kurir.
2. Paket tidak sampai di tangan Anda karena kesalahan alamat penerima yang dibuat oleh pemesan barang (tidak mencantumkan no rumah/alamat yang jelas sehingga kurir kesulitan menemukan alamat).3. Paket sudah dinyatakan "delivered" dalam tracking kurir, namun pemesan barang menyatakan belum menerima barang pesanannya. Misal, pemesan barang bernama "X" dan di status kurir, barang sudah diterima di tujuan oleh "Ms. Y". Namun si "X" menyatakan bahwa ia tidak mengenal "Ms. Y" dan tidak ada nama "Ms.Y" di rumah tersebut. Kejadian ini di luar tanggung jawab kami karena sebagai seller kami sudah memenuhi semua kewajiban kami yaitu mengirimkan barang pesanan Anda dan memberikan resi/AWB pesanan Anda. Anda bisa mengkordinasikan kepada orang rumah dan JNE terdekat untuk menginvestigasi kebenaran orang yang menerima paket Anda.

Pada poin B tersebut, kami menyatakan jika terjadi kejadian seperti itu, DI LUAR TANGGUNG JAWAB KAMI sebagai seller, namun kami akan tetap mencoba membantu masalah paket Anda dengan mem-follow up JNE dari tempat seller mengirimkan barang dan memberikan info akurat mengenai keberadaan barang. Namun, buyer pun harus mau bekerjasama dengan berusaha menghubungi JNE terdekat dari rumahnya untuk mengklaim pesanan paketnya dengan no resi yang sudah kami berikan.

C). Waktu Tiba Pesanan

Kami tidak dapat memprediksi secara tepat waktu barang akan tiba di alamat penerima setelah barang kami drop di kurir karena sistem pengiriman masing-masing kurir berbeda dan baik seller maupun buyer sama2 bisa track melalui tombol tokopedia. Setiap kali buyer bertanya dimana barangnya, silahakan klik 'track/lacak' melalui apps kalian.

Tanggung jawab kami adalah memastikan barang dikirim sebelum jangka waktu pengiriman barang melalui tokopedia yang ditentukan. Kami hanya dapat memberikan estimasi berdasarkan informasi yang diberikan oleh masing-masing kurir. Berdasarkan lokasi dan jenis kurir yang dipilih malah estimasi waktu berbeda, silahkan google untuk cek estimasi hari sampai melalui gadget kalian. 

Artikel ini kami buat agar kami dan konsumen semua dapat saling mengerti dan memaklumi sejauh mana seller bertanggung jawab terhadap paket pesanannya karena kami menggunakan jasa pihak ketiga/ekspedisi dalam pengiriman barang. Kejadian/kesalahan seperti ini mungkin memang sangat jarang terjadi, dialami hanya oleh 1:1000 paket yang kami kirimkan. Namun tidak ada salahnya jika kami mempertegas masalah-masalah pengiriman yang mungkin dapat terjadi agar semuanya dapat saling membantu jika terjadi masalah seperti ini. Kami sebagai seller tentunya tidak bisa mengganti/bertanggung jawab terhadap paket bermasalah yang terjadi di luar kesalahan kami. Namun kami akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik yang kami bisa untuk konsumen setia semuanya.

29 May 2018, 20:24 WIB

gimmick-talkTips for a secure online shopping:

Use free escrow accounts from Tokopedia. Fraud usually occurs from the invitation to do your transaction behind our back, using other bank accounts that are not ours.