Download Tokopedia App
Tentang TokopediaMitra TokopediaMulai Berjualan PromoTokopedia Care
tokopedia-logo
Kategori
Share
Banner Image
Banner Image
Banner Image
Banner Image
Banner Image
Banner Image
Banner Image
Banner Image

Beramal kian mudah dengan Kotak Amal Tokopedia Salam

Melakukan dan menyebarkan kebaikan bagi sesama makhluk dan manusia adalah perbuatan terpuji. Terlebih Allah S.W.T berjanji akan melipat gandakan semua kebaikan yang dilakukan oleh hamba-hambaNya baik di dunia maupun di akhirat. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan selain sholat, puasa, zakat dan haji adalah mengamalkan harta dan benda kepada orang yang membutuhkan. Ibadah ini merupakan ibadah yang mampu membersihkan harta yang kita miliki dari hal buruk. Selain itu, beramal juga dapat menjauhkan dan menolong kita dari api neraka. Dengan berbagai keutamaan yang akan kita dapatkan dengan beramal atau bersedekah pastinya kita ingin mendapatkan pula semua keutamaan tersebut terutama di bulan Ramadhan. Saat bulan suci dan penuh berkah tiba, semua amal dan kebajikan yang kita buat pastilah mendapatkan berkah dan pahala yang berlipat ganda. Oleh sebab itu, marilah kita memperbanyak amal amal selama di bulan Ramadhan.  Di Tokopedia Salam, kini kamu dapat melakukan donasi lewat fitur Kotak Amal Tokopedia. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan nominal yang diinginkan kemudian top up saldo melalui ovo atau kartu kredit. Sangat-sangat mudah karena kamu tak perlu pergi jauh-jauh ke beberapa tempat untuk beramal kepada orang yang membutuhkan dan lebih tepat sasaran. Tokopedia Salam juga bekerjasama dengan berbagai lembaga-lembaga donasi dan zakat terpercaya di Indonesia yang akan memastikan seluruh dana yang sudah masuk sampai pada orang-orang yang tepat. Tunggu apalagi, yuk segera perbanyak amal di bulan ramadhan dengan donasi dan bersedekah lewat Kotak Amal Tokopedia.

Sebarkan kebahagiaan dan ringankan beban dengan bersedekah

Sebagaimana firman Allah pada Al Quran surah Saba’ ayat 39 yang berbunyi :

( قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ ) dan memiliki arti “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)`. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” Merupakan sebuah janji dari Allah S.W.T yang menjamin bahwa dengan melakukan donasi dan sedekah tidak akan membuat kita menjadi miskin, karena Allah S.W.T akan melipat gandakannya. Dengan melakukan sedekah dan donasi, kita juga dapat menumbuhkan jiwa sosial pada diri masing-masing. Selain itu, sedekah juga dapat menghilangkan kesenjangan sosial yang terjadi di antara lapisan masyarakat. Tahukah kamu jika saat ini terdapat fitur Kotak Amal Tokopedia yang akan memudahkan kamu melakukan amal di bulan Ramadhan? Kotak Amal Tokopedia adalah solusi bagi Anda yang ingin menyebarkan kebaikan dan meringankan beban sesama umat manusia secara mudah, tepat dan pastinya amanah. Kotak Amal Tokopedia  adalah sebuah fitur yang akan semakin memudahkanmu untuk melakukan donasi dan zakat di mana saja dan kapan saja melalui website atau aplikasi Tokopedia Salam. Jangan khawatir, semua dana yang kamu donasikan akan sampai kepada orang yang tepat dan membutuhkan. Karena beberapa program yang dimiliki oleh Kotak Amal Tokopedia seperti buka puasa untuk dhuafa, parsel paket sekolah, parsel lebaran, dan tunjangan hari raya akan menjamin tersebarnya kebahagian secara merata.

Hukum bersedekah

Sama seperti kewajiban membayar zakat, bersedekah atau memberikan donasi sebenarnya juga tidak diwajibkan bagi hamba-hambanya yang sedang kesusahan. Bersedekah mempunyai hukum-hukum yang berbeda bagi setiap orang. Namun, bukan berarti jika hal tersebut malah mengurungkan niat kita untuk melakukan amal. Sesuai dengan Al Quran surah Al Hadid ayat 18 (إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ) yang berarti “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” Bersedekah memang dianjurkan untuk dilakukan tak memandang apa jenis kelaminnya dan akan dilipat gandakan pahala serta rezekinya oleh Allah S.W.T. Sebelum memberikan sedekah atau donasi, pastikan Anda mengetahui hal-hal yang wajib diperhatikan saat bersedekah seperti berikut. Sedekah memang memiliki hukum sunnah yang berarti bila dilakukan akan mendapatkan ganjaran berupa pahala atau rezeki yang dilipat gandakan. Namun, apabila tidak dilakukan Allah S.W.T tidak akan memberi dan mengadzabnya dengan dosa. Harta dan benda yang disedekahkan haruslah berasal dari pekerjaan yang halal. Akan menjadi haram hukumnya apabila orang yang menyedekahkan harta dan benda yang dimilikinya berasal dari perbuatan maksiat yang dibenci oleh Allah S.W.T. Sebaiknya, kita menyedekahkan harta benda dari pekerjaan halal saja. Meskipun harta tersebut tidak memiliki nominal yang begitu besar. Sama seperti zakat, melakukan donasi dan sedekah akan wajib hukumnya bila kita memiliki harta berlebih yang cukup untuk dibagikan bagi orang yang membutuhkan. Sedekah atau donasi juga menjadi wajib untuk dilakukan bagi orang yang sebelumnya bernadzar pada Allah S.W.T untuk menyedekahkan harta bendanya.

Amalan-amalan dengan pahala yang terus mengalir bahkan saat kita sudah meninggal

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana semua amal kebaikan dan ibadah kita akan mendapatkan keutamaan berlebih. Saat bulan Ramadhan tiba kita sebagai manusia sebaiknya berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan. Seperti menunaikan sholat, zakat, membaca Al Quran, berpuasa dan haji. Namun, tahukah kamu selain amal perbuatan tersebut ternyata terdapat amalan-amalan yang memiliki ganjaran yang besar dan tetap dihitung pahalanya bahkan setelah kita meninggal. Amalan tersebut salah satunya adalah melakukan donasi dan bersedekah. Hal ini sesuai dengan sebagaimana sabda Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi sebagai berikut “Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya.” Dari hadist tersebut dapat kita simpulkan bahwa, Ilmu yang bermanfaat pastinya akan membantu generasi-generasi selanjutnya dan akan terus memberikan kemaslahatan bagi sesama umat manusia, maka tak ayal jika dengan menyebarkan ilmu yang kita miliki nantinya akan menolong kita pada hari akhir nanti. Selain itu, memiliki anak yang sholeh selalu berbakti pada kedua orang tuanya akan dapat dijadikan penolong bagi dosa-dosa selama di dunia. Anak yang sholeh akan selalu berdoa, menebar kebaikan dan kebaikan yang berguna sebagai penolong tak hanya bagi dirinya saja. Namun, juga kepada kedua orang tua. Terlebih melakukan sedekah atau donasi dengan memberi sejumlah uang, bantuan, bahkan sebuah senyuman yang kita lakukan selama hidup. Ternyata juga akan membuat pahala-pahala yang datang ke kita akan tetap lancar meskipun sudah meninggal. Untuk itu marilah kita perbanyak amal harian dan amal Ramadhan kita dengan Bayar Zakat Fitrah Online, Bayar Zakat Maal Online serta Donasi Online lewat Kotak Amal Tokopedia. Selain  itu, di Tokopedia Salam kamu juga dapat membaca Al Quran online, membeli perlengkapan ibadah, investasi reksadana syariah dan mengetahui Jadwal Sholat Hari Ini. Lengkap bukan? Yuk, cek Tokopedia Salam sekarang juga.

Top
  • Keamanan

Ikuti Kami

icon-facebookicon-twittericon-pinteresticon-instagram
© 2009 - 2020, PT. Tokopedia.Server process time: 0.040 sec