PulsaPulsa
Paket DataPaket Data
Listrik PLNListrik PLN
FlightFlight
E-MoneyE-Money
VouchersVouchers
DealsDeals
Donasi PaluDonasi Palu
Angsuran KreditAngsuran Kredit
TelkomTelkom
Gas PGNGas PGN
lainnyalainnya
Salurkan Bantuan Untuk Sesama
Donasi
Baznas
ACT
Dompet Dhuafa
Donasi Palu
Rumah Yatim
YCAB
PKPU
Rumah Zakat
LAZ Al-Azhar
NU Care-LAZISNU
Yayasan Tangan Pengharapan
YPAC

Bayar Donasi Baznas Lebih Mudah Mulai Aja Dulu di Tokopedia

Mengapa Bayar Donasi Baznas di Tokopedia?

Dalam kehidupan bermasyarakat, kegiatan saling membantu dan tolong menolong antar sesama merupakan hal penting yang tidak hanya memberikan kemudahan pada orang yang dibantu, tetapi juga membuat hati terasa tenang dan bahagia setelah melakukan suatu kebaikan. Ada berbagai bentuk bantuan yang dapat kita berikan kepada orang-orang yang membutuhkan, salah satunya adalah donasi untuk masyarakat kurang mampu. Baznas, salah satu badan resmi yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengelola sedekah dan zakat di Indonesia, kini telah bekerja sama dengan Tokopedia, sehingga Anda dapat membayar donasi Baznas dengan praktis dan cepat di Tokopedia.

Kini, Anda dapat menyetorkan donasi Baznas hanya dari genggaman tangan Anda, karena Tokopedia telah menyediakan fasilitas bayar donasi Baznas secara online, dilengkapi dengan metode pembayaran yang beragam dan pastinya memudahkan Anda. Mulai dari kartu debit, Internet Banking, Virtual Account, OVO, hingga pembayaran di Alfamart atau Indomaret terdekat, Anda dapat memilih metode pembayaran apapun yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hanya dengan mengunjungi Tokopedia.com/donasi-online, pilih nominal donasi yang Anda inginkan, dan klik Bayar, lalu bukti pembayaran akan segera dikirimkan ke e-mail Anda. Mudah, kan?

Selain donasi online, Tokopedia juga memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi produk digital lainnya, seperti beli paket datavoucher gamebayar angsurantagihan listrikBPJS, dan tagihan air. Tidak perlu ragu lagi, Mulai Aja Dulu bayar donasi online Baznas di Tokopedia sekarang juga!

Donasi Baznas Lebih Mudah Hanya di Tokopedia

Beli ini itu, bayar ini itu, dan sekarang untuk menyumbang bagi lembaga sosial juga bisa dimulai dari Tokopedia!

Apa itu Baznas?

Badan Amil Zakat Nasional, atau yang lebih dikenal dengan Baznas, merupakan lembaga atau badan resmi yang dibentuk secara langsung oleh pemerintah Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001. Tugas dan fungsi dari Baznas adalah mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Peran Baznas sebagai lembaga pengelolaan zakat di tingkat nasional semakin didukung oleh munculnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dalam UU tersebut, Baznas ditetapkan sebagai lembaga pemerintah non-struktural yang bersifat independen, namun bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. Bersama pemerintah, Baznas mengemban tanggung jawab sebagai pengelola resmi zakat yang memiliki asas syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

Sejak didirikan 11 tahun yang lalu, Baznas telah memiliki beberapa pencapaian selama beroperasi sebagai pengelola zakat di skala nasional, salah satunya adalah Baznas menjadi rujukan untuk pengembangan pengelolaan zakat di daerah, baik provinsi maupun kabupaten atau kota. Tidak hanya itu, Baznas juga berhasil meraih berbagai penghargaan, termasuk sertifikat ISO selama empat tahun berturut-turut.

Program Baznas

Baznas Tanggap Bencana

Baznas Tanggap Bencana atau BTB merupakan unit kerja yang dibentuk dari bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas. Tugas dari BTB adalah meminimalisir dampak bencana yang menyebabkan kemiskinan dan mengurangi risiko kemiskinan akibat bencana. BTB juga bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan penanggulangan bencana dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Agar tujuan tersebut tercapai, BTB memiliki tiga program. Program pertama adalah penanganan korban bencana melalui rescue, relief, recovery, dan reconstruction. Kemudian, ada program penanganan risiko bencana melalui sosialisasi dan edukasi di sekolah. Ada juga program kerelawanan, yaitu kegiatan rekrutmen dan pelatihan relawan darurat dan relawan terencana.

Lembaga Beasiswa Baznas

Lembaga Beasiswa Baznas atau LBB merupakan kegiatan pendanaan pendidikan oleh Baznas untuk masyarakat kurang mampu dari jenjang sekolah dasar, menengah, sarjana, hingga pascasarjana. Tidak hanya pendanaan pendidikan, LBB juga memberikan pembinaan untuk para penerima beasiswa agar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. LBB adalah salah satu unit kerja yang berasal dari divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat yang beroperasi di bidang pendidikan dengan memberi beasiswa biaya pendidikan, pengembangan keterampilan dengan sistem pembinaan, pelatihan dan pendampingan. Salah satu tujuan utama dari LBB adalah berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, dan menghasilkan masyarakat yang mandiri dan mampu mengembangkan diri dan lingkungannya sebagai solusi pemerataan pembangunan dan solusi komersialisasi pendidikan.

Layanan Aktif Baznas

Layanan Aktif Baznas atau LAB adalah program khusus yang dibentuk oleh divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat. Fungsi dan tugas dari LAB adalah menyalurkan dana zakat sesuai dengan ketentuan yang dibentuk oleh Baznas, sehingga penyaluran dana zakat dapat ditangani dengan tepat waktu dan tepat sasaran demi terpenuhinya kebutuhan penerima zakat secara optimal. LAB dibagi menjadi beberapa unit, yaitu Unit Layanan, Unit Respon, dan ATM Beras. Tiap unit melayani penerima zakat dengan jenis layanan bantuan yang berbeda-beda, seperti akses tempat tinggal, pengobatan, kesehatan, bantuan pendidikan, konsumsi, dan bantuan hutang untuk pemenuhan biaya hidup.

Rumah Sehat Baznas

Rumah Sehat Baznas adalah suatu program bentukan Baznas yang berfokus pada pelayanan kesehatan terpadu kepada seluruh penerima zakat atau donasi, termasuk layanan kesehatan di daerah bencana yang meliputi aspek kuratif, preventif, rehabilitatif, promotif dan advokatif . Rumah Sehat Baznas bergerak dan mengikuti peraturan dan perundang-undangan kesehatan yang berlaku di Indonesia. Visi yang dimiliki Rumah Sehat Baznas adalah menjadi model pelayanan dan pemberdayaan kesehatan, khususnya untuk masyarakat dhuafa, yang berstandar nasional. Rumah Sehat Baznas diperuntukkan khusus masyarakat kurang mampu dengan sistem keanggotaan gratis, yaitu satu membership untuk seluruh anggota keluarga. Model pelayanan Rumah Sehat Baznas dibagi menjadi dua bentuk, yaitu pelayanan dalam ruang dan pelayanan luar ruang atau unit kesehatan keliling.

Zakat Community Development

Zakat Community Development (ZCD) merupakan program pemberdayaan Baznas yang bergerak melalui komunitas dan desa dengan menggabungkan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara terpadu. Tujuan dari ZCD adalah membentuk masyarakat berakhlak, tangguh, mandiri, memiliki keinginan belajar dan pengetahuan tentang kesehatan, serta memperbaiki pendapatan masyarakat dengan menyediakan lapangan pekerjaan yang bersifat berkelanjutan. Dalam melaksanakan tugasnya, ZCD berpegang erat pada empat prinsip, yaitu amanah dan bertanggung jawab, berkelanjutan, partisipatif, dan terintegrasi.

Microfinance Baznas

Salah satu faktor utama yang penting dalam mengembangan suatu unit usaha adalah permodalan. Untuk para penerima donasi atau zakat yang berkeinginan untuk mengembangkan usaha kecil menengah, Baznas menghadirkan Microfinance Baznas, yaitu bantuan pembiayaan produktif kepada mustahik dalam rangka pengembangan usaha. Dengan adanya Microfinance Baznas, masyarakat yang ingin memulai usaha dapat mengakses layanan pembiayaan produktif tanpa dipungut biaya apapun.

Pusat Kajian Strategis

Untuk menjadikan Baznas sebagai badan pengelola zakat bertaraf nasional yang terpercaya, transparan, dan profesional, maka dibentuklah Pusat Kajian Strategis Baznas yang bertugas untuk mendukung terciptanya manajemen dan pengembangan sistem zakat yang terarah di dalam Baznas. Agar hal tersebut terwujud, Pusat Kajian Strategis Baznas menjalankan berbagai studi lapangan, memperluas koneksi dengan beberapa institusi zakat, dan upaya pengembangan yang terintegrasi.

Alamat Kantor Baznas

Alamat Baznas Jabodetabek

Menteng (Pusat)

Wisma Sirca, Lantai 3 dan 4
Jl. Johar No.18, RT.18/RW.6
Menteng, Jakarta Pusat 10340
No. Telepon: (021) 3904555

Tebet

Jl. Kp. Melayu Besar No.53
Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan 12840

Tangerang

Jl. Jend. Ahmad Yani No.8,
Sukarasa, Kota Tangerang, Banten 15111
No. Telepon: (021) 5534906



Alamat Baznas Jawa Timur

Surabaya

Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur 60225
No. Telepon: (031) 5613661

Sidoarjo

Jl. Pahlawan I No.10, Sidokumpul
Sidoarjo, Jawa Timur 61212
No. Telepon: (031) 8055202

 

Alamat Baznas Jawa Tengah

Semarang

Jl. Wr. Supratman No.77
Gisikdrono, Semarang Barat, Kota Semarang 50149
No. Telepon: (024) 7600240

Boyolali

Dawungan Lor, Pulisen
Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57316
No. Telepon: (0276) 322194

Cilacap

Jl. Masjid No.27
Sidanegara, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap 53223
No. Telepon: (0282) 5390181

Kendal

Jl. Notomudigdo, Karanggeneng
Pegulon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51318

Purbalingga

Jl. Letkol Isdiman No.32B, Purbalingga Kidul
Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53313
No. Telepon: (0281) 896706

Sragen

Jl. Raya Timur KM 3
Kebayanan Jetis, Pilangsari, Ngrampal, Kabupaten Sragen 57252
No. Telepon: (0271) 8825250

 

Alamat Baznas Jawa Barat

Bandung

Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler
Bandung, Jawa Barat 40122
No. Telepon: (022) 82526395

 

Garut

Jl. Pramuka, Pakuwon
Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44117

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai alamat kantor Baznas di sekitar Anda, silakan kunjungi website resmi Baznas (http://pusat.baznas.go.id/), akun Facebook, dan Twitter Baznas.

Cara Donasi Baznas di Tokopedia

Kini, bayar donasi tidak perlu lagi repot-repot mendatangi konter donasi, karena Tokopedia telah menyediakan fasilitas bayar donasi online hanya dengan melalui ponsel atau komputer yang memiliki koneksi internet. Berikut cara bayar donasi Baznas di Tokopedia:

  1. Kunjungi laman Tokopedia > Donasi.
  2. Pilih “Baznas” sebagai lembaga donasi.
  3. Pilih nominal donasi yang Anda inginkan.
  4. Rincian pembayaran akan otomatis muncul, kemudian klik Lanjut.
  5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  6. Sistem akan segera memproses pembayaran donasi Anda dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.

 

Cara Donasi Baznas Melalui Aplikasi Tokopedia

  1. Buka aplikasi Tokopedia di smartphone Anda. Apabila belum ada, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store.
  2. Pilih Tagihan > Donasi.
  3. Pilih “Baznas” sebagai lembaga donasi.
  4. Pilih nominal donasi yang Anda inginkan.
  5. Rincian pembayaran akan otomatis muncul, kemudian klik Lanjut.
  6. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  7. Sistem akan segera memproses pembayaran donasi Anda dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.

 

Cara Donasi Baznas dengan Pembayaran di Indomaret

  1. Kunjungi laman Tokopedia > Donasi.
  2. Pilih “Baznas” sebagai lembaga donasi.
  3. Pilih nominal donasi yang Anda inginkan.
  4. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
  5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Indomaret. Klik Bayar Sekarang.
  6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
  7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
  8. Anda akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran

 

Cara Donasi Baznas dengan Pembayaran di Alfamart

  1. Kunjungi laman Tokopedia > Donasi.
  2. Pilih “Baznas” sebagai lembaga donasi.
  3. Pilih nominal donasi yang Anda inginkan.
  4. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
  5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Alfamart. Klik Bayar Sekarang.
  6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
  7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Alfamart/Alfamidi/Lawson terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
  8. Anda akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran

Kendala dalam Pembayaran Donasi Baznas

Saat ini Tokopedia semakin memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan, termasuk pembayaran donasi Baznas. Anda dapat membaca kembali syarat dan ketentuan terkait proses pembayaran donasi Baznas melalui Tokopedia agar dapat menghindari kendala terkait pembayaran donasi Anda.

Pembayaran Donasi Baznas di Tokopedia Gagal

Apabila donasi Baznas melalui Tokopedia gagal, maka dana Anda akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia dan ke OVO Points (untuk pembayaran dengan OVO Points) dalam waktu 1X24 jam. 

Jika terdapat kendala lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Frequently Asked Question

Apa Kepanjangan dari Baznas?

Baznas merupakan singkatan dari Badan Amil Zakat Nasional.

Apakah Baznas Lembaga Resmi Pemerintah?

Ya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) adalah badan resmi yang dibentuk secara langsung oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang berfungsi mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Disalurkan Kemana Donasi Saya di Baznas?

Donasi yang telah Anda bayarkan ke Baznas melalui Tokopedia sepenuhnya merupakan tanggung jawab dan wewenang pihak Baznas untuk disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan. Tokopedia hanya berperan sebagai penghubung antara pihak donatur dan pihak Baznas.